Lompat ke konten

13 Kalender, Alat, & Template Media Sosial untuk Merencanakan Konten Anda

  • Rangga 
Calender Content

Apa kesamaan perjalanan lintas negara, pidato pernikahan, dan pemasaran media sosial? Perencanaan.

Anda dapat berimprovisasi ketiganya, tetapi lebih baik memiliki rencana ke arah mana Anda akan menuju — terutama ketika mengembangkan strategi konten media sosial Anda.

Saat ini, sebagian besar pemasar menyadari bahwa media sosial memainkan peran integral dalam strategi pemasaran masuk yang efektif. Dengan begitu banyak jejaring sosial yang tersedia bagi kami, penting untuk tetap teratur dan memiliki rencana kapan dan apa yang akan Anda bagikan di platform ini.

Mari selami daftar alat teratas kami untuk tetap teratur dan di atas permainan Anda.

Alat Kalender Konten Media Sosial untuk Merencanakan Pesan Anda

1. Template HubSpot yang Dapat Diunduh untuk Excel

Kalender Konten

Harga: Gratis

alat kalender media sosial: HubSpot

 

Pemasar mungkin sudah menggunakan Excel untuk berbagai jenis laporan dan analisis data dalam peran mereka, tetapi alat multifaset ini juga sempurna untuk organisasi kalender konten media sosial. Excel dapat dikustomisasi sesuai dengan prioritas dan metrik yang menjadi fokus tim Anda, jadi ini adalah pilihan yang bagus untuk perencanaan ke depan.

Berita bagus? Kami telah melakukan pekerjaan berat untuk Anda dengan membuat templat kalender konten media sosial gratis yang dapat diunduh menggunakan Microsoft Excel. Pemasar dapat menggunakan template ini untuk merencanakan posting media sosial individu dengan mudah — bulanan atau tahunan — sambil mengawasi acara gambar yang lebih besar, liburan, publikasi, dan kemitraan.

  • Gunakan Tab Kalender Perencanaan Bulanan di atas untuk mendapatkan gambaran menyeluruh tentang apa yang akan terjadi di saluran konten pada bulan tertentu.
  • Di tab Repositori Konten, Anda dapat menambahkan konten yang akan Anda publikasikan di tab ini untuk melacak bagian mana yang telah dipromosikan dan untuk dengan mudah mengingat konten lama yang dapat dipromosikan kembali.
  • Anda dapat menyusun dan merencanakan posting media sosial terlebih dahulu di tab Pembaruan Jaringan Sosial. Tab ini untuk tujuan organisasi. Setelah merencanakan posting media sosial Anda, Anda akan secara manual mengunggah konten posting ke penerbit media sosial.

Untuk lebih lanjut tentang cara menggunakan template, lihat panduan mendalam ini dari rekan saya Lindsay Kolowich.

Sumber daya gratis ini dapat membuat draf posting media sosial atau mengunggahnya secara massal ke dalam aplikasi penerbitan untuk memaksimalkan efisiensi. (Pelanggan HubSpot: Anda dapat menggunakan spreadsheet ini untuk mengatur konten dan mengunggahnya langsung ke Kotak Masuk Sosial. Untuk petunjuk melakukannya, lihat lembar sampul template di sini.)

Mengapa kami menyukai alat media sosial ini:

Pemasar dengan tim kecil dan beban kerja berat akan menyukai template intuitif ini. Ini bertindak sebagai perencana, pelacak, dan arsip konten media sosial, menjadikannya sempurna untuk berbagi rencana sosial Anda dengan pemangku kepentingan dan merujuknya ketika Anda perlu menggunakan kembali konten lama.

2. Google Drive

Kalender Konten dan Organisasi Aset

Harga: Gratis untuk penggunaan pribadi. Paket Google Workspace untuk bisnis mulai dari $6 per bulan.

Google Drive memiliki beberapa fitur bermanfaat yang memudahkan pemasar media sosial untuk membuat kalender konten yang efektif.

Berikut adalah contoh bagaimana tim dapat menggunakan Kalender Google untuk melacak kalender editorial dan media sosial mereka untuk memastikan posting selaras dengan konten blog baru. Kalender ini dapat dengan mudah dibagikan dengan beberapa tim untuk menghindari konflik penjadwalan dan menyelaraskan kampanye.

alat kalender media sosial: Google Drive

Pemasar juga dapat menggunakan Google Spreadsheet bersama untuk menjadwalkan posting di media sosial, melacak status berbagai konten, dan menetapkan tugas kepada anggota tim tanpa beralih antar platform.

Ide kalender media sosial terdaftar di Google Spreadsheet

Dengan bantuan Google Documents, pengguna dapat menyimpan semua komentar di satu tempat dan berkolaborasi dalam berbagai proyek tanpa harus bolak-balik mengirim email atau menjadwalkan rapat. Ini adalah fitur yang sangat berguna saat mengedit konten untuk media sosial, yang mungkin perlu dirancang dan disetujui dengan cepat.

Dokumen Google Documents dengan proyek yang terdaftar dan komentar pada proyek tersebut

Mengapa kami menyukai alat media sosial ini:

Google memiliki beberapa produk yang dapat digunakan bersama untuk membuat alur kerja yang cepat dan lancar. Jadi, apakah Anda menerbitkan lusinan posting per hari di berbagai platform atau meningkatkan satu saluran untuk bisnis lepas Anda, Anda akan menemukan nilai dalam sistem Google Drive. Bagian terbaiknya adalah pelanggan HubSpot dapat dengan mudah menautkan akun Google Drive mereka ke portal HubSpot untuk mengunggah file dari Drive ke perangkat lunak HubSpot.

3. Loomly

Perencanaan Konten, Pembuatan, Penerbitan, dan Kalender

Harga: Uji coba gratis 15 hari. Paket Dasar adalah $26 per bulan untuk 2 pengguna dan 10 akun saat Anda memilih perjanjian tahunan.

alat kalender media sosial: loomly

Image Source

Jika Anda ingin lebih banyak jarak tempuh dari kalender konten Anda, Anda dapat beralih ke platform perencanaan dan penerbitan konten lengkap seperti Loomly.

Loomly menawarkan alat di luar penjadwalan dan manajemen konten. Alat ini memberikan inspirasi dan arahan untuk membantu Anda membuat konten. Ini juga memungkinkan Anda untuk mengelola aset konten Anda, menjadwalkan posting, melihatnya sebagai daftar atau kalender, dan menganalisis posting apa yang berfungsi versus mana yang perlu dikerjakan.

Rangkaian fitur Loomly yang paling kuat mencakup lingkungan kolaborasi dan persetujuan sehingga tim dapat mengirimkan maket, memberikan komentar, melihat log versi, dan menandai persetujuan. Ini dapat membantu Anda merampingkan proses untuk efisiensi ketika ada “terlalu banyak juru masak di dapur” pada proyek tertentu.

Mengapa kami menyukai alat media sosial ini:

Jika tim Anda bertanggung jawab atas sosial organik dan berbayar, alat ini dapat melakukan keduanya. Dan untuk tim Anda yang ingin menghindari penggunaan akun pribadi mereka untuk tugas media sosial, mereka dapat menanggapi komentar dan balasan langsung di Loomly — itu berarti mereka tidak perlu masuk ke setiap platform asli untuk terlibat dengan pengikut.

4. Trello

Manajemen Tugas dan Kalender Konten

Harga: Gratis untuk penggunaan individu. Paket Standar mulai dari $5 per pengguna per bulan, ditagih setiap tahun.

alat kalender media sosial: Trello

Image Source

Mencari alat organisasi yang sangat efektif untuk kolaborasi tim? Coba Trello. Platform ini menawarkan tampilan kalender penuh, membuatnya mudah untuk memvisualisasikan konten apa yang akan keluar dan kapan. Lebih khusus lagi, manajer media sosial dapat menggunakan “kartu” tugas fleksibel Trello dan “papan” dan “daftar” yang dapat disesuaikan untuk memetakan daftar tugas, mengelola kalender konten, merencanakan kampanye, dan menyimpan ide brainstorming.

Anda tidak terbatas hanya pada satu struktur. Pengguna dapat menyesuaikan papan sesuai dengan kebutuhan mereka. Misalnya, tim dapat membuat papan untuk mengatur postingan media sosial selama minggu tertentu, pada platform tertentu, atau memposting ide seputar topik, seperti kampanye atau hari kesadaran.

Mengapa kami menyukai alat media sosial ini:

Kartu Trello dapat diberikan ke anggota tim yang berbeda, ditandai dengan tanggal jatuh tempo, dan dikomentari. Pengguna bahkan dapat menyesuaikan label dengan status publikasi yang berbeda sehingga seluruh tim dapat melihat kemajuan posting media sosial mereka dan kapan waktunya di kalender. Label juga dapat menunjukkan jaringan sosial yang berbeda tempat konten dipublikasikan.

5. SproutSosial

Penerbitan Sosial dan Kalender Konten

Harga: Paket Standar mulai dari $89 per bulan untuk lima profil sosial, ditagih setiap tahun.

alat kalender media sosial: SproutSocial

Kalender media sosial dan alat penerbitan Sprout Social memudahkan tim atau individu untuk merencanakan dan menjadwalkan semua posting sosial mereka. Anda dapat menjadwalkan konten untuk diposkan secara otomatis ke Twitter, Facebook, Instagram, LinkedIn, Pinterest, dan lainnya.

Anda juga dapat menandai setiap pos sosial dan menambahkan catatan untuk melacak dan melaporkan strategi dan kampanye pengeposan Anda. Selain itu, paket penerbitan mereka mencakup alat yang disebut Waktu Kirim Optimal, yang menganalisis data media sosial Anda dan secara otomatis menerbitkan pada saat audiens Anda paling terlibat.

Mengapa kami menyukai alat media sosial ini:

Menemukan ide konten media sosial tidak selalu mudah. Alat pendengar sosial Sprout Social memungkinkan pemasar seperti Anda mengungkap percakapan khusus yang diminati audiens Anda. Dari sana, Anda dapat bergabung dalam percakapan untuk kesadaran merek atau memulai percakapan Anda sendiri tentang topik tersebut untuk menumbuhkan pengikut Anda.

6. Evernote

Kalender Konten, Manajemen Tugas, dan Organisasi Aset

Harga: Paket Basic gratis. Buat templat khusus menggunakan paket Pribadi seharga $7,99 per bulan.

alat kalender media sosial: Evernote

Evernote adalah aplikasi pencatat yang dapat digunakan pemasar untuk melacak semua bagian bergerak yang membentuk kampanye media sosial.

Alat ini juga menampilkan log tahunan, bulanan, mingguan, dan per jam, sehingga memudahkan untuk melacak kapan Anda menerbitkan konten di media sosial, saat Anda memproduksi konten blog, dan prioritas seluruh tim lainnya. (Evernote menawarkan templat yang dapat disesuaikan untuk masing-masing templat yang dapat diunduh ke dalam aplikasi.)

Fitur berguna lainnya adalah ekstensi Web Clipper Evernote untuk Chrome. Pemasar dapat menggunakan alat ini untuk dengan mudah menyimpan tautan ke Buku Catatan Evernote mereka untuk dibagikan nanti.

Mengapa kami menyukai alat media sosial ini:

Aplikasi seluler Evernote juga menawarkan fitur menarik untuk membantu pemasar menjaga ide konten sosial mereka tetap lurus. Misalnya, Anda dapat dengan mudah mengambil foto dan menyimpannya ke file Evernote Anda untuk ditinjau nanti. Fitur ini memiliki nilai khusus bagi pembuat konten sosial yang ingin mempertahankan simpanan foto untuk dipublikasikan di Instagram.

7. Hootsuite

Penerbitan Sosial dan Kalender Konten

Harga: Paket Profesional mulai dari $49 per bulan dan dimulai dengan uji coba 14 hari gratis.

alat kalender media sosial: Hootsuite

Hootsuite menawarkan alat Planner bawaan untuk membantu Anda membuat kampanye, mengidentifikasi celah penerbitan, dan berkolaborasi dengan tim pembuatan konten Anda. Fitur utamanya adalah dalam penerbitan sosial sehingga Anda dapat merilis konten ke jaringan Anda terlebih dahulu, tetapi juga memiliki fitur yang kaya untuk kolaborasi dan persetujuan posting.

Anda bahkan dapat mengkurasi konten dari sumber lain tanpa masuk ke akun Anda. Setelah konten Anda dibuat, Anda dapat mempratinjaunya dengan alat Komposer, yang ditampilkan sesuai dengan format unik masing-masing jejaring sosial.

Mengapa kami menyukai alat media sosial ini:

Kolaborasi silang adalah masalah besar di hampir semua tim pemasaran, dan Hootsuite memiliki cara untuk membuatnya lebih mudah. Platform penerbitan sosial dilengkapi dengan pustaka konten bawaan yang berfungsi sebagai titik kebenaran tunggal untuk seluruh organisasi Anda. Apakah tim penjualan Anda memerlukan lembar contekan fitur produk? Layanan pelanggan mencari detail tentang fitur produk terbaru? Semua itu dan lebih banyak lagi dapat ditemukan di pustaka konten Hootsuite tim Anda.

8. Agorapulse

Penerbitan Sosial dan Kalender Konten

Harga: Paket individu gratis, atau Anda dapat menggunakan paket Pro untuk tim kecil mulai dari $79 per bulan.

alat kalender media sosial: Agorapulse

Mirip dengan Hootsuite, Agorapulse menawarkan alat penerbitan sosial dan kalender konten sehingga Anda dapat mengelola akun media sosial Anda dengan mudah. Ini termasuk penjadwalan (atau penjadwalan ulang), antrian, dan unggahan massal, yang sangat membantu tim yang menggunakan paket konten triwulanan atau bulanan.

Mengapa kami menyukai alat media sosial ini:

Yang membuat Agorapulse berbeda adalah kotak masuk sosialnya yang memungkinkan Anda mengelola semua interaksi dari berbagai platform di satu tempat. Lagi pula, konten bukan hanya aktivitas satu-dan-selesai; ini tentang membangun kesadaran dan keterlibatan dengan pembaca Anda juga.

9. Ketua Cerita

Perencanaan dan Distribusi Konten

Harga: Harga tim mulai dari $90 per bulan, ditagih setiap tahun.

social media calendar tools: StoryChief

Jika Anda menginginkan lebih dari kalender konten Anda daripada sekadar mengetahui kapan posting ditayangkan, StoryChief adalah pilihan untuk Anda. Dengan kalender pintar StoryChief, Anda dapat menyusun strategi dan merencanakan strategi konten Anda di seluruh saluran dengan lebih baik.

Ini menampilkan lebih dari sekadar jadwal Anda — ini juga memungkinkan Anda untuk menugaskan kolaborator ke tugas dan memfilternya berdasarkan kampanye. StoryChief menggambarkan sendiri alatnya sebagai “platform distribusi konten” yang menyatukan analitik dan penerbitan di berbagai saluran untuk pendekatan yang lebih sederhana dalam pembuatan konten. Yang terbaik dari semuanya, ini disinkronkan dengan HubSpot dan semua aplikasi kalender favorit Anda.

Mengapa kami menyukai alat media sosial ini:

Percaya atau tidak, ada beberapa kesamaan antara pemasaran media sosial dan pemasaran SEO— StoryChief menjembatani kesenjangan ini dengan alat SEO Copywriting-nya. Dengan menyoroti area Anda dapat meningkatkan salinan Anda untuk pembaca (dan selanjutnya mesin pencari), Anda dapat menulis konten yang lebih jelas dan lebih menarik yang berfungsi di media sosial dan situs web atau blog Anda.

10. ClearVoice

Pembuatan dan Pengelolaan Konten

Harga: Minta konsultasi gratis untuk harga.

alat kalender media sosial: ClearVoice

Jadi bagaimana dengan perencanaan dan pembuatan konten? ClearVoice menawarkan alat pembuatan konten agar sesuai dengan alur kerja Anda. Klaim besar mereka untuk ketenaran adalah Talent Network Search mereka yang memungkinkan Anda menemukan dan terhubung dengan pembuat konten untuk mengerjakan proyek Anda. Namun, ClearVoice juga memiliki fitur untuk manajemen tugas untuk kolaborator internal dan eksternal.

Anda dapat membuat, mengedit, dan menyetujui proyek dalam antarmuka yang memudahkan pengelolaan editorial. Ini juga mencakup dasbor dan kalender editorial dinamis dengan banyak fungsi interaktif dan integrasi dengan perangkat lunak populer lainnya.

Mengapa kami menyukai alat media sosial ini:

Tidak semua tim sosial bekerja untuk agensi atau klien besar. Untuk tim konten lepas yang ingin tetap teratur dan tepat waktu dengan penerbitan media sosial mereka, ClearVoice menawarkan beberapa fitur hebat yang sama dengan harga yang disesuaikan untuk tim Anda.

11. Zerys

Pembuatan dan Pengelolaan Konten

Harga: $40 per dokumen ditambah $49 per bulan untuk manajemen proyek.

alat kalender media sosial: Zerys

Zerys adalah platform lain yang cocok dengan Anda dengan freelancer pembuatan konten ideal Anda. Namun, ia memasarkan dirinya sebagai platform yang didedikasikan untuk kesuksesan konten, menawarkan perencanaan konten, produksi, penerbitan, promosi, konversi, dan fitur analitik.

Mengapa kami menyukai alat media sosial ini:

Anda dapat mengelola proyek konten tanpa batas, merencanakan kata kunci dan judul untuk konten blog, mempekerjakan penulis, dan melihat tenggat waktu pada kalender terintegrasi. Dengan fitur manajemen proyek yang ditawarkan Zerys, penulis internal dapat menggunakan platform untuk menghasilkan karya berkualitas tepat waktu setiap saat. Ini juga terintegrasi dengan HubSpot sehingga penerbitan menjadi mudah.

Template Media Sosial

Templat Kalender Media Sosial HubSpot

Jika Anda baru dalam mengatur kalender media sosial, HubSpot menawarkan template gratis yang dapat diunduh yang dapat Anda gunakan untuk menjadwalkan posting berminggu-minggu penuh.

Templat Kalender Media Sosial Gratis HubSpot

Templat Kalender Konten Media Sosial HubSpot untuk Startup

Template ini sangat mirip dengan yang terlihat di atas, tetapi menyertakan tab yang berfungsi sebagai repositori untuk ide konten. Template ini juga menyertakan tips bermanfaat untuk memposting di jaringan media sosial tertentu.

Tab penyimpanan ide media sosial pada templat Kalender Media Sosial dari HubSpot

Jika Anda bertujuan untuk mendapatkan semua ide Anda untuk mengembangkan rencana gambaran besar untuk aset sosial Anda, kami sarankan untuk memulai dengan template ini.

Manfaat Menggunakan Kalender Konten Media Sosial

Kita semua sibuk, dan mau tidak mau, tugas-tugas lolos begitu saja. Konten media sosial tidak terkecuali.

Sama seperti blogging, strategi media sosial yang sukses memerlukan penerbitan reguler dan keterlibatan dengan pengikut untuk melihat hasil yang positif — baik itu dalam hal SEO, pengenalan merek, perolehan prospek, atau ketiganya.

Jadi, jika Anda belum menggunakan kalender konten media sosial, berikut adalah tiga fakta yang menarik minat Anda:

  1. Anda dapat berputar dengan sempurna saat rencana berubah dengan menggunakan kalender konten. Dengan kalender konten media sosial, pemasar dapat merencanakan posting selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan sebelumnya, yang membebaskan jam kerja untuk menyusun strategi untuk masa depan. Bagian terbaiknya adalah Anda selalu dapat meninggalkan ruang untuk berita atau peristiwa terkini di industri Anda. Jika tidak, Anda akan menghabiskan waktu berharga mencari di internet setiap hari untuk konten yang akan dibagikan, yang dikenal sebagai pembunuh produktivitas.
  2. Kembangkan audiens Anda di setiap platform dengan membuat konten khusus untuk mereka. Pemasar media sosial harus meluangkan waktu untuk membuat pesan khusus untuk setiap jaringan karena audiens mengharapkan untuk melihat sesuatu yang berbeda di setiap jaringan. Misalnya, pengikut Instagram Anda ingin melihat Gulungan dan Video, sementara pengikut Twitter Anda menyukai kutipan cepat dan kutipan yang dapat dibagikan. Merencanakan konten ini terlebih dahulu menggunakan kalender media sosial akan menghemat waktu Anda sepanjang minggu dan memastikan Anda bijaksana dan disengaja saat memposting di setiap situs.
  3. Optimalkan strategi sosial Anda dengan melacak kinerja konten Anda setiap bulan. Tanpa kalender, pemasar media sosial memublikasikan konten ke dalam kehampaan. Mereka tidak dapat melacak gambaran besar dan kinerja masa lalu. Dengan kalender, pemasar dapat melihat ke belakang dan menganalisis konten mana yang berkinerja terbaik sehingga mereka dapat menyesuaikan strategi mereka. Jika jenis postingan tertentu menerima jumlah penayangan yang signifikan, Anda dapat membuatnya ulang untuk topik yang berbeda dan melihat kesuksesan yang sama.
  4. Manfaatkan liburan media sosial untuk menjangkau audiens baru namun relevan. Dengan bantuan kalender, pemasar dapat merencanakan hari libur dan hari raya, seperti Hari Kucing Nasional, saat mereka dapat menyesuaikan konten mereka dan terlibat dengan audiens yang lebih luas.

Contoh Kalender Media Sosial

1. Kalender Media Sosial JotForm

alat kalender media sosial JotForm

Kalender media sosial JotForm tidak hanya menarik secara visual; itu juga fungsional. Tab di bagian atas mengungkapkan rencana sosial Anda untuk setiap saluran tempat Anda menjalankan strategi, termasuk acara tatap muka atau virtual. Jika Anda memodelkan kalender sosial Anda setelah ini, jangan lupa untuk menyertakan tab untuk detail konten dan siapa di tim Anda yang akan bertanggung jawab untuk membuat konten. Anda juga dapat menyertakan tab terpisah untuk setiap bulan agar semuanya tetap teratur.

2. Kalender Konten Media Sosial Pemasaran Firefly

alat kalender media sosial Firefly Marketing

Pergi ke rute yang lebih tradisional dengan kalender media sosial Anda? Coba template Google Spreadsheet seperti yang dibuat oleh Firefly Marketing. Setiap tab didedikasikan untuk bulan yang berbeda, sedangkan lembar kerja mencakup setiap saluran yang mungkin Anda perlukan di bagian atas. Baris dipisahkan menurut minggu, sehingga Anda dapat dengan mudah mengidentifikasi tanggal dan waktu posting dijadwalkan untuk diterbitkan. Bagian favorit kami dari template ini adalah kolom liburan media sosial yang telah diisi sebelumnya dengan tanggal menyenangkan yang akan disukai audiens Anda.

Cara Membuat Jadwal Posting Media Sosial untuk Bisnis Anda

Menjadwalkan posting sosial bisnis Anda dapat membuat Anda tetap teratur dan membantu Anda secara konsisten mengirimkan konten kepada pengikut Anda tanpa khawatir tentang tenggat waktu yang membayangi. Strategi posting konten dapat berbeda tergantung pada platform media sosial, dan Anda harus mempertimbangkan tidak hanya apa yang Anda posting tetapi juga kapan Anda memposting dan seberapa sering. Dengan membuat jadwal posting sosial dan menyesuaikan jadwal agar sesuai dengan setiap platform, Anda dapat meningkatkan kemungkinan posting Anda akan menjangkau audiens Anda.

Facebook

Meta Business Suite Facebook memudahkan untuk menjadwalkan postingan dan cerita untuk bisnis Anda.

Menjadwalkan Postingan Facebook di Desktop

Langkah 1: Untuk menjadwalkan posting menggunakan Meta Business Suite di desktop, mulailah dengan memilih Halaman Facebook bisnis Anda dari menu tarik-turun di kiri atas bilah sisi Anda.

Langkah 2: Selanjutnya, klik Posts & Stories atau Kalender, lalu klik Buat Postingan.

Langkah 3: Klik Umpan Berita Facebook untuk menjadwalkan posting ke umpan berita Anda.

Langkah 4: Masukkan detail posting Anda, termasuk teks, media, dan tautan atau lokasi. Jika Anda memilih untuk menambahkan foto ke postingan Anda, Anda tidak akan dapat menambahkan pratinjau tautan. Klik Ajakan Bertindak atau Perasaan/Aktivitas untuk menambahkan ajakan bertindak atau perasaan/aktivitas opsional ke postingan Anda. Anda tidak dapat menambahkan ajakan bertindak dan perasaan/aktivitas.

Langkah 5: Saat Anda membuat postingan, pratinjau akan muncul di sebelah kanan. Anda dapat mengubah pratinjau untuk melihat tampilan postingan Anda di desktop dan seluler dengan menggunakan menu tarik-turun di bagian atas jendela.

Langkah 6: Setelah membuat posting Anda, klik panah di sebelah Publikasikan dan klik Jadwalkan Postingan. Pilih tanggal dan waktu ketika Anda ingin posting Anda dipublikasikan dan klik Jadwalkan untuk menjadwalkan posting Anda.

Menjadwalkan Postingan Facebook di Seluler

Langkah 1: Anda juga dapat menjadwalkan posting Facebook di perangkat seluler dengan menggunakan aplikasi seluler Meta Business Suite. Mulailah dengan mengetuk Posting untuk membuat postingan baru.

Langkah 2: Masukkan detail posting Anda, termasuk teks, media, tautan, warna latar belakang, dan perasaan/aktivitas. Kemudian pilih halaman Facebook bisnis Anda untuk dipublikasikan ke Facebook.

Langkah 3: Ketuk Jadwalkan untuk nanti dan pilih tanggal dan waktu kapan Anda ingin posting Anda dipublikasikan. Lalu ketuk Jadwal untuk menjadwalkan posting Anda.

Instagram

Seperti Facebook, Instagram juga menggunakan Meta Business Suite untuk menjadwalkan posting.

Menjadwalkan Postingan Instagram di Desktop

Langkah 1: Untuk menjadwalkan posting ke Instagram menggunakan Meta Business Suite di desktop, mulailah dengan menghubungkan akun Instagram Anda ke Meta Business Suite.

Langkah 2: Setelah akun Instagram Anda terhubung, klik menu dropdown di kiri atas sidebar Anda dan pilih akun Instagram Anda.

Langkah 3: Klik Postingan & Cerita atau Kalender, lalu klik Buat Postingan. Klik Umpan Instagram untuk menjadwalkan kiriman ke umpan Instagram Anda.

Langkah 4: Masukkan detail posting Anda, termasuk teks, media, dan tautan atau lokasi opsional. Jika Anda memilih untuk menambahkan tautan ke postingan Instagram Anda, itu tidak akan menampilkan pratinjau foto.

Langkah 5: Saat Anda membuat postingan, pratinjau akan muncul di sebelah kanan. Anda dapat mengubah pratinjau untuk melihat tampilan postingan Anda di desktop dan seluler dengan menggunakan menu tarik-turun di bagian atas jendela.

Langkah 6: Setelah membuat posting Anda, klik panah di sebelah Publikasikan dan klik Jadwalkan Postingan. Pilih tanggal dan waktu ketika Anda ingin posting Anda dipublikasikan dan klik Jadwalkan untuk menjadwalkan posting Anda.

Menjadwalkan Postingan Instagram di Seluler

Langkah 1: Seperti Facebook, Anda dapat menjadwalkan posting Instagram di perangkat seluler menggunakan aplikasi seluler Meta Business Suite. Mulailah dengan mengetuk Posting untuk membuat postingan baru.

Langkah 2: Masukkan detail posting Anda, termasuk teks, media, dan tautan. Kemudian pilih halaman Instagram bisnis Anda untuk dipublikasikan ke Instagram.

Langkah 3: Ketuk Jadwalkan untuk nanti dan pilih tanggal dan waktu kapan Anda ingin posting Anda dipublikasikan. Lalu ketuk Jadwal untuk menjadwalkan posting Anda.

LinkedIn

LinkedIn tidak memberi pengguna kemampuan untuk menjadwalkan posting, tetapi dengan menggunakan perangkat lunak pihak ketiga seperti alat manajemen media sosial Hubspot yang disertakan dengan akun Marketing Hub Professional HubSpot, Anda dapat dengan mudah membuat dan menjadwalkan posting LinkedIn.

Langkah 1: Untuk menjadwalkan posting LinkedIn menggunakan alat manajemen media sosial HubSpot, mulailah dengan masuk ke akun Marketing Hub Professional Anda.

Langkah 2: Selanjutnya, navigasikan ke Pemasaran > Sosial dan klik Buat Postingan Sosial.

Langkah 3: Di panel kanan, klik LinkedIn. Buat posting Anda di kotak teks, termasuk emoji, tagar, sebutan, tag, dan tautan konten. Saat menggunakan alat manajemen media sosial HubSpot, Anda hanya dapat menyebutkan atau menandai halaman perusahaan LinkedIn, bukan pengguna LinkedIn.

Jika Anda menambahkan tautan konten ke postingan Anda, pratinjau postingan akan muncul. Anda juga dapat menambahkan hingga empat gambar ke pos Anda dengan mengeklik ikon gambar, atau menambahkan video ke pos Anda dengan mengeklik ikon video.

Langkah 4: Klik Pratinjau untuk melihat pratinjau bagaimana posting Anda akan muncul di LinkedIn.

Langkah 5: Untuk menjadwalkan posting Anda, klik menu tarik-turun Kapan, pilih tanggal dan waktu dan klik Jadwalkan posting.

Twitter

Langkah 1: Anda dapat menjadwalkan Tweet untuk bisnis Anda dengan masuk ke akun Iklan Twitter dan membuka tab Materi Iklan > Tweet. Untuk mengakses tab Materi Iklan di akun Iklan Twitter Anda, akun Anda harus memiliki kartu kredit.

Langkah 2: Selanjutnya, klik Tweet Baru di sudut kanan atas dan buat Tweet Anda. Jika Anda ingin Tweet Anda hanya dilihat oleh pengguna yang telah Anda targetkan dalam kampanye Iklan yang Dipromosikan, klik kotak centang Hanya yang Dipromosikan. Biarkan ini tidak dicentang jika Anda ingin tweet dilihat secara organik oleh pengikut Anda.

Langkah 3: Setelah Anda menulis tweet, klik panah bawah di sebelah Tweet, klik Jadwalkan, dan pilih tanggal dan waktu yang Anda inginkan untuk memposting tweet.

Pinterest

Menjadwalkan Postingan Pinterest di Desktop

Pinterest memungkinkan Anda menjadwalkan hingga 100 Pin. Anda dapat menjadwalkan satu Pin pada satu waktu, hingga dua minggu sebelumnya.

Langkah 1: Untuk menjadwalkan Pin untuk bisnis Anda, masuk ke akun Pinterest Business Anda. Selanjutnya, klik Buat di sudut kiri layar Anda, lalu klik Buat Pin.

Langkah 2: Pilih gambar atau video, dan tambahkan judul, deskripsi, dan tautan.

Langkah 3: Klik Terbitkan di kemudian hari dan pilih hari dan waktu Anda ingin menerbitkan Pin Anda.

Langkah 4: Pilih papan dari menu tarik-turun, atau buat papan baru dengan mengklik Buat papan.

Langkah 5: Klik Publikasikan.

Menjadwalkan Postingan Pinterest di iOS

Anda juga dapat menjadwalkan pin menggunakan aplikasi Pinterest di iOS.

Langkah 1: Untuk memulai, masuk ke akun Bisnis Pinterest Anda.

Langkah 2: Ketuk ikon plus, lalu ketuk Pin.

Langkah 3: Ambil foto untuk Pin Anda atau pilih gambar atau video dari perangkat Anda, lalu ketuk Berikutnya.

Langkah 4: Tambahkan judul, deskripsi, dan situs web tujuan ke Pin Anda.

Langkah 5: Di bawah Tanggal Jadwal, ketuk ikon edit dan pilih tanggal dan waktu Anda ingin menerbitkan Pin Anda.

Langkah 6: Ketuk Selesai.

Langkah 7: Ketuk Berikutnya.

Langkah 8: Pilih papan yang ada untuk menyimpan Pin Anda atau ketuk Buat papan untuk membuat papan baru.

Cara Membuat Kalender Konten

  1. Unduh templat kalender konten HubSpot.

  2. Draf tujuan konten Anda.

  3. Tentukan jenis konten yang ingin Anda terbitkan.

  4. Pilih platform tempat Anda akan memposting.

  5. Rencanakan jadwal posting yang paling efisien untuk konten Anda.

Langkah 1: Unduh templat kalender konten HubSpot.

Kalender konten HubSpot

Memposting konten secara konsisten adalah kunci untuk memaksimalkan akun media sosial bisnis Anda. Templat kalender konten HubSpot memudahkan pengaturan jadwal posting bulanan untuk semua akun media sosial bisnis Anda. Template dapat dibuka di Excel atau diunggah ke Google Spreadsheet, sehingga Anda dapat dengan mudah merencanakan konten dengan tim Anda dari mana saja.

Templat kalender konten HubSpot mencakup kalender perencanaan bulanan, repositori konten, dan jadwal posting untuk Twitter, Facebook, LinkedIn, Instagram, dan Pinterest. Dengan templat kalender konten HubSpot, tim Anda dapat melihat dan mengelola semua jadwal dan tenggat waktu posting media sosial bisnis Anda secara sekilas.

Langkah 2: Pilih tujuan konten Anda.

Orang Amerika menghabiskan sekitar 2 jam di media sosial setiap hari, menjadikannya cara yang bagus untuk menjangkau pelanggan bisnis Anda saat ini dan calon pelanggan. Tidak cukup hanya mengetahui apa yang ingin Anda posting; Anda juga perlu memahami mengapa bisnis Anda memposting konten.

Memposting konten ke media sosial dapat membantu bisnis Anda mencapai banyak tujuan, termasuk meningkatkan kesadaran merek, mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda, memperkenalkan produk dan layanan baru kepada pelanggan Anda, dan bahkan meluncurkan kampanye rebranding, untuk beberapa nama.

Saat memilih sasaran konten bisnis Anda, pertimbangkan apa yang paling perlu dicapai merek Anda. Apakah Anda ingin menjangkau demografi baru dan menghasilkan prospek? Apakah Anda ingin meningkatkan keterlibatan pelanggan dengan bisnis Anda? Mengetahui sasaran konten Anda dapat membantu memastikan bahwa konten bisnis Anda menjangkau audiens yang tepat dengan pesan yang tepat.

Langkah 3: Tentukan jenis konten yang ingin Anda terbitkan.

Setelah Anda mengetahui tujuan bisnis Anda, putuskan jenis konten apa yang akan diposting oleh bisnis Anda. Setiap jenis konten media sosial memiliki kelebihan dan kekurangan. Misalnya, posting blog dan artikel dapat membantu bisnis Anda membangun kredibilitas, tetapi pembuatannya bisa memakan waktu lama. Sementara itu, Tweet dapat membantu bisnis Anda mendapatkan wawasan konsumen dan mengasah suara mereknya, tetapi batas Twitter 280 karakter per Tweet berarti bisnis Anda mungkin harus menggunakan utas panjang dari beberapa Tweet untuk menyampaikan pesan Anda. Memilih jenis konten yang akan diposkan oleh bisnis Anda dengan hati-hati dapat membantu memastikan bahwa konten Anda memberikan nilai bagi audiens Anda.

Langkah 4: Tentukan platform apa yang akan Anda posting.

Setelah Anda mengetahui tujuan konten bisnis Anda dan jenis konten yang akan Anda terbitkan, saatnya untuk memilih di mana bisnis Anda akan memposting.

Kehadiran media sosial bisnis Anda harus diinformasikan oleh konten, sasaran, dan demografi audiens targetnya. Misalnya, meskipun memposting di Instagram dapat membantu bisnis Anda menjangkau audiens muda dan memasarkan barang, platform berbagi foto dan video mungkin menjadi pilihan yang buruk jika Anda ingin meningkatkan lalu lintas blog di antara para profesional di industri Anda. Demikian juga, posting LinkedIn dapat membantu mengarahkan lalu lintas ke blog bisnis Anda tetapi mungkin tidak membantu Anda mengarahkan lalu lintas ke toko online Anda.

Mempertimbangkan kekuatan dan kelemahan setiap platform media sosial dapat membantu Anda mencapai tujuan konten bisnis Anda tanpa membuang waktu dan uang untuk pemasaran kepada pengguna yang berada di luar audiens target Anda.

Langkah 5: Tentukan jadwal posting yang paling efisien untuk konten Anda.

Setelah menentukan tujuan bisnis Anda, jenis konten yang akan Anda terbitkan, dan di mana Anda akan memposting konten, Anda perlu membuat jadwal posting yang akan digunakan bisnis Anda. Setiap platform media sosial memiliki waktu keterlibatan puncak — hari dan waktu tertentu saat pengguna paling mungkin melihat dan terlibat dengan pos. Oleh karena itu, mengetahui waktu terbaik untuk memposting di setiap platform media sosial akan membantu Anda memaksimalkan jangkauan postingan bisnis Anda. Misalnya, keterlibatan pengguna di Facebook mencapai puncaknya antara pukul 11.00 dan 13.00. pada hari Rabu. Keterlibatan pengguna di Facebook terendah pada hari Minggu, sebelum jam 7 pagi setiap hari, dan setelah jam 5 sore. setiap hari.

Saat membuat kalender konten bisnis Anda, perhitungkan pola keterlibatan untuk setiap akun media sosial bisnis Anda untuk mengungkap proses penjadwalan, menghemat waktu, dan menampilkan postingan Anda di depan audiens saat mereka kemungkinan besar akan melihatnya.

Apa kalender media sosial terbaik?

Sekarang kami telah meninjau beberapa alat yang berguna untuk meningkatkan strategi media sosial Anda, saatnya bagi Anda untuk bereksperimen dengan mereka. Kalender media sosial terbaik adalah yang menghemat waktu Anda, merampingkan proses, dan membantu Anda bekerja lebih cerdas, bukan lebih keras.

Beberapa platform yang kami sarankan gratis untuk digunakan atau menawarkan uji coba gratis. Mintalah satu orang di tim Anda menguji satu dan melaporkan temuan mereka. Anda mungkin menemukan alat yang membantu Anda mencapai KPI media sosial Anda berikutnya. Jangan lupa, setiap tim media sosial berbeda. Menggabungkan alat-alat ini dapat membantu Anda menjalankan strategi Anda secara efisien untuk mendorong ROI.

Baca Juga: Jasa Pembuatan Website Company Profile Gresik

Tinggalkan Balasan

WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
👋 Hi, how can I help?