Lompat ke konten

Ada Apa Dengan Tiktok?, Tiktoker Pemula Wajib Tahu!

Ada Apa Dengan Tiktok?, Berikut Ulasan Tentang Tiktok Tiktoker Pemula Wajib Tahu!

Ada Apa Dengan Tiktok?, TikTok adalah aplikasi berbagi video pendek yang dikembangkan oleh perusahaan China, ByteDance. Pendiri TikTok adalah Zhang Yiming (dikenal sebagai Douyin di Tiongkok) dia CEO dan pendiri dari ByteDance, perusahaan yang mengembangkan aplikasi TikTok.

Zhang Yiming lahir di Tiongkok pada tahun 1984 dan mulai mengembangkan aplikasi TikTok pada tahun 2014. Aplikasi tersebut diluncurkan secara resmi pada September 2016 di Tiongkok dan kemudian diadaptasi dan diluncurkan di banyak negara lain di dunia dengan nama TikTok.

TikTok menjadi sangat populer di seluruh dunia karena fitur yang memungkinkan pengguna untuk membuat video dengan musik, efek, dan filter yang menarik. Platform ini pertama kali diluncurkan pada September 2016 di China dengan nama Douyin, kemudian diadaptasi dan diluncurkan di banyak negara lain di dunia dengan nama TikTok.

TikTok menjadi sangat populer di seluruh dunia karena fitur yang memungkinkan pengguna membuat video dengan musik, efek, dan filter yang menarik. Namun, aplikasi ini juga menimbulkan kontroversi karena masalah privasi dan keamanan data.

Ada Apa Dengan Tiktok?

Tiktok memiliki positioning dalam pasar bisnis sosial media, TikTok sejak awal sudah memposisikan platformnya sebagain media sharing video-video pendek. Format video yang beda dengan palform lain membuat semakin beda. Instagram sebagai pendahulunya waktu itu masih mengandalkan format video Square (kotak) dengan ukuran 1:1.

Video di TikTok umumnya dibuat dengan rasio aspek 9:16 karena ini adalah rasio aspek yang paling cocok untuk perangkat mobile. Rasio aspek 9:16 memungkinkan video untuk mengisi layar ponsel secara penuh tanpa memiliki bagian hitam di sisi atas atau bawah, sehingga meningkatkan kualitas visual dari video.

Dengan Format Video ukuran 9:16 membuatnya semakin unik, video lebih mudah dibuat dengan Handphone posisi berdiri. Seorang konten kreator TikTok akan dengan mudah membuat video dengan satu tangan jika dibanding dengan format video pada umumya.

Selain format Video yang beda di TikTok, pengguna juga dimanjakan dengan beragam fitur canggih untuk mengedit video dalam satu platform. Ini juga menjadi pembeda dengan platform lainya, yang rata-rata dalam urusan edit video harus keluar dari aplikasi dan  menggunakan aplikasi editing Video.

Fitur unggulan TikTok

Beberapa fitur unggulan TikTok adalah:

  1. Pembuatan video: Pengguna dapat menggunakan kamera ponsel mereka untuk merekam video pendek dan menambahkan musik, efek, dan filter menarik untuk memberikan tampilan yang unik.
  2. Algoritme rekomendasi: TikTok menggunakan algoritme rekomendasi yang canggih untuk menampilkan konten yang sesuai dengan minat pengguna.
  3. Fitur pengeditan video: TikTok memiliki berbagai fitur pengeditan seperti pemangkasan, penggabungan, teks, dan filter yang membuat konten yang dibuat menjadi lebih interaktif.
  4. Fitur musik: TikTok menyediakan daftar putar musik yang dapat ditambahkan pengguna ke video mereka.
  5. Fitur live streaming: TikTok juga menyediakan fitur live streaming agar pengguna bisa langsung menyiarkan kontennya ke followers.
  6. Efek: TikTok memberikan efek khusus seperti filter wajah, efek gerakan yang membuat video lebih menarik dan unik.

Beberapa alasan mengapa pembuat konten lebih suka membuat video di TikTok dibandingkan dengan platform lain antara lain:

  1. Pemirsa luas: TikTok memiliki jangkauan global yang luas, yang memungkinkan pembuat konten menjangkau pemirsa baru yang sebelumnya tidak terjangkau.
  2. Algoritme rekomendasi: TikTok menggunakan algoritme rekomendasi yang canggih untuk menampilkan konten yang sesuai dengan minat pengguna, sehingga memungkinkan konten pembuatnya lebih mudah ditemukan oleh audiens yang sesuai.
  3. Fitur pengeditan video: TikTok menyediakan berbagai fitur pengeditan yang memungkinkan pembuat konten membuat video yang menarik dan unik.
  4. Musik: TikTok menyediakan daftar musik yang dapat digunakan pembuat konten untuk ditambahkan ke video mereka, ini sangat membantu pembuat konten untuk membuat video yang menarik.
  5. Fitur efek: TikTok memberikan efek khusus yang membuat video menjadi lebih menarik dan unik.
  6. Fitur live streaming: TikTok juga menyediakan fitur live streaming sehingga pembuat konten dapat langsung mendistribusikan kontennya ke followers.
  7. Mengubah tren: Perubahan tren yang dihadirkan oleh TikTok memungkinkan pembuat konten untuk mengeksplorasi kreativitasnya dalam membuat konten.
  8. Monetisasi: TikTok menyediakan beberapa cara untuk memonetisasi konten kreator seperti Gift, Marketplace, kesepakatan merek, merchandise, dan yang paling populer saat ini adalah Affliate Tiktok. Untuk Affliate Tiktok ini akan kami bahas dan ulas lebih dalam lagi pada artikel selanjutnya.

Beberapa istilah yang sering digunakan di TikTok adalah:

  1. Hashtag Challenge: Kompetisi video yang ditandai dengan hashtag tertentu. Pengguna dapat membuat video dengan mengikuti aturan dan menandainya dengan tagar yang sesuai untuk berpartisipasi dalam kompetisi.
  2. Duet: Fitur yang memungkinkan pengguna menambahkan video mereka ke video yang sudah ada dengan membuat video yang sama secara bersamaan.
  3. Sinkronisasi Bibir: Fitur yang memungkinkan pengguna merekam video mereka sendiri sambil menyinkronkan bibir atau menirukan lirik lagu.
  4. Filter: Efek yang diterapkan pada video untuk mengubah tampilan atau menambahkan efek khusus seperti augmented reality.
  5. Layar Hijau: Fitur yang memungkinkan pengguna untuk mengubah latar belakang video tanpa harus mengubah konten video itu sendiri.
  6. Pengikut: Jumlah orang yang mengikuti akun seseorang di TikTok.
  7. Suka: Jumlah suka yang diterima pada video.
  8. Penayangan : Jumlah orang yang menonton video.
  9. Reel : fitur yang memungkinkan pengguna membuat video pendek mirip story di Instagram.
  10. Duet video : video yang dibuat dengan membuat video bersama dengan pengguna lain.
  11. FYP: FYP adalah singkatan dari “For You Page” atau halaman “Untukmu” yang ditampilkan di TikTok.
  12. STIT: STIT singkatan dari “same topic in title” yang berarti konten video yang memiliki topik yang sama dalam judul video tersebut. STIT sering digunakan untuk trend yang sedang berlangsung, konten challenge yang ditandai dengan hashtag khusus dan lain-lain yang memiliki topik yang sama.
  13. Spil: SPIL singkatan dari “same performance in lip-sync” yang berarti konten video yang memiliki aksi lip-sync yang sama. SPIL sering digunakan untuk konten lip-sync yang mengikuti aksi yang sama seperti dance challenge atau lip-sync challenge.

10 Hastag Populer di TikTok

Selain istilah-istilah diatas TikTok juga memiliki hastag yang populer dan sering digunakan konten kreator Tiktok.

  1. #TikTokChallenge: Hashtag yang digunakan untuk menandai konten video yang merupakan bagian dari kompetisi atau challenge yang sedang berlangsung di TikTok.
  2. #TikTokMusic: Hashtag yang digunakan untuk menandai konten video yang menampilkan musik, baik musik yang di-lip-sync atau musik yang digunakan sebagai latar belakang.
  3. #TikTokDance: Hashtag yang digunakan untuk menandai konten video yang menampilkan tarian, baik itu tarian yang dibuat oleh pengguna atau tarian yang populer yang di-lip-sync oleh pengguna.
  4. #Fyp : Hashtag yang digunakan untuk konten yang diharapkan ditampilkan di halaman “For You” (FYP) agar dapat dilihat oleh lebih banyak pengguna.
  5. #foryou : Hashtag yang digunakan untuk konten yang diharapkan ditampilkan di halaman “For You” (FYP) agar dapat dilihat oleh lebih banyak pengguna.
  6. #TikTokFunny : Hashtag yang digunakan untuk menandai konten video yang lucu dan menghibur.
  7. #TikTokCreative : Hashtag yang digunakan untuk menandai konten video yang kreatif dan inovatif.
  8. #TikTokDIY : Hashtag yang digunakan untuk menandai konten video yang menampilkan tutorial cara membuat sesuatu.
  9. #TikTokComedy : Hashtag yang digunakan untuk menandai konten video yang lucu dan menghibur, biasanya ada unsur parody, lipsync atau skit.
  10. #TikTokTransition: Hashtag yang digunakan untuk menandai konten video yang menampilkan transisi atau gerakan yang unik dan menarik antar frame, seperti efek “warp” atau “time-freeze”.

Kontroversi Terkait TikTok

Di muat laman liputan 6 setidaknya ada 14 negara yang merlarang dan memblokir keberadaan aplikasi Tiktok di negaranya. Diantaranya adalah negara bagian  Amerika Serikat Alabama dan Utah, India, Bangladesh, Pakistan, China, Jepang dan bahkan di Indonesia juga pernah memblokirnya. (cara membuat akun tiktok)

Beberapa kontroversi utama terkait TikTok adalah:

  1. Masalah privasi: TikTok diduga mengumpulkan data pribadi pengguna tanpa izin yang memadai. Ini termasuk informasi seperti lokasi, kontak, dan riwayat pencarian.
  2. Keamanan data: TikTok ditengarai tidak bisa menjamin keamanan data pengguna dari serangan siber.
  3. Konten yang tidak pantas: TikTok dituding sebagai platform yang digunakan untuk menyebarkan konten yang tidak pantas, seperti pornografi, kekerasan, dan radikalisme.
  4. Politik: TikTok telah dituduh sebagai alat propaganda oleh beberapa pemerintah, yang percaya bahwa perusahaan China menggunakan aplikasi tersebut untuk mempengaruhi opini publik di negara lain.
  5. Keamanan anak: beberapa laporan menyatakan bahwa aplikasi ini dapat digunakan oleh pelaku kejahatan seksual untuk mencari korban.
  6. Tindakan Kebijakan: Pemerintah beberapa negara telah melarang aplikasi ini karena berbagai masalah keamanan data.

Baca juga: Cara Membuat Akun TikTok

Sekilas tentang Tiktok, jika bermanfaat jangan lupa komen dikolom komentar dan share sebanyak-banyaknya.

Sumber: liputan6.com, cnnindonesia, openai, TikTok

Tinggalkan Balasan

WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
👋 Hi, how can I help?