Lompat ke konten

Apa Itu PPC – Pay Per Clik ?

Apa Itu PPC - Pay Per Clik ?

Apa Itu PPC – Pay Per Clik ? – PPC adalah model periklanan digital di mana pengiklan membayar setiap kali iklan mereka diklik oleh pengguna internet. Secara sederhana, ini adalah cara pengiklan membayar hanya ketika iklan mereka benar-benar menghasilkan tindakan oleh pengguna internet.

Dalam dunia bisnis digital saat ini, PPC telah menjadi salah satu alat paling efektif untuk menghasilkan lalu lintas situs web yang terarah dan meningkatkan visibilitas merek.

Apa Itu PPC?

Dalam hal ini, pengiklan membayar kepada penyedia iklan, seperti Google, Bing, atau platform media sosial seperti Facebook atau Instagram, untuk menampilkan iklan mereka kepada audiens yang ditargetkan.

Pada saat yang sama, platform periklanan menawarkan berbagai jenis iklan yang dapat disesuaikan dengan preferensi dan kebutuhan pengiklan, termasuk iklan teks, iklan display, iklan video, dan iklan sosial.

Tentu saja, semakin banyak orang yang mengklik iklan tersebut, semakin banyak uang yang harus dibayarkan oleh pengiklan. Oleh karena itu, penting untuk mengoptimalkan kampanye PPC agar biaya pengiklanan dapat dikendalikan sementara hasil yang diharapkan tetap tercapai.

Dalam kesimpulan, PPC adalah alat periklanan digital yang sangat efektif untuk meningkatkan visibilitas merek dan menghasilkan lalu lintas situs web yang terarah.

Dengan menargetkan iklan pada audiens yang tepat dan mengoptimalkan kampanye PPC, pengiklan dapat memperoleh hasil yang diinginkan dengan biaya yang terkendali.

Jenis-jenis PPC (Pay Per Clik)

Ada beberapa jenis PPC yang umum digunakan di dunia periklanan digital. Berikut adalah beberapa jenisnya:

  1. PPC di mesin pencari (Search Engine PPC) Jenis PPC ini umumnya terkait dengan mesin pencari seperti Google atau Bing. Iklan PPC tampil di hasil pencarian di atas atau di bawah hasil organik, di mana pengiklan membayar untuk menempatkan iklan mereka di sana.
  2. PPC di jaringan iklan (Display Network PPC) Jenis PPC ini berfokus pada tampilan iklan di berbagai situs web yang tergabung dalam jaringan iklan, seperti Google Display Network atau Facebook Audience Network. Jenis iklan ini lebih cenderung menghasilkan kesadaran merek dan branding dibandingkan dengan penjualan langsung.
  3. PPC di media sosial (Social Media PPC) Jenis PPC ini menggunakan platform media sosial seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan LinkedIn sebagai media iklan. Iklan ini muncul di berbagai lokasi di dalam platform media sosial, termasuk feed berita, sidebar, atau sebagai iklan yang ditempatkan di antara postingan organik.
  4. PPC Remarketing Jenis PPC ini bertujuan untuk menargetkan kembali pengguna yang telah mengunjungi situs web atau halaman media sosial perusahaan. Iklan ini muncul di berbagai platform di mana pengguna telah mengunjungi sebelumnya, dan seringkali memberikan insentif khusus atau diskon untuk menghasilkan konversi yang lebih baik.
  5. PPC di aplikasi mobile (Mobile App PPC) Jenis PPC ini digunakan untuk menampilkan iklan di dalam aplikasi mobile. Iklan ini muncul di antara konten aplikasi dan dapat disesuaikan untuk menargetkan pengguna yang relevan dengan bisnis.

Baca juga: Tips Mengoptimalkan Fanpage Bisnis Facebook

Itulah beberapa jenis PPC yang sering digunakan oleh pengiklan dalam mempromosikan bisnis mereka secara online.

Ikuti juga artikel kami di Google News 

Tinggalkan Balasan

WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
👋 Hi, how can I help?