Lompat ke konten

Atribut SEO untuk Konten dalam Berbagai Bahasa

  • Rangga 
Atribut SEO untuk Konten dalam Berbagai Bahasa

Pernahkah Anda mengunjungi halaman web yang menggunakan bahasa lain, dan browser Anda menanyakan apakah Anda ingin mengubahnya ke bahasa pertama Anda?

Ini penyelamat hidup, bukan?

Ini mungkin karena tag bahasa atau tag hreflang, yang digunakan untuk memberi tahu mesin telusur bahasa konten.

Sekarang pikirkan apakah Anda telah mengatur fungsi itu sehingga Anda milik sendiri halaman web yang tersedia untuk audiens global. Jika Anda tidak memberi tag atau mengarahkan ulang konten Anda dengan benar untuk dioptimalkan dalam bahasa yang berbeda, itu mungkin tidak mendapatkan lalu lintas. Mari kita lihat bagaimana tag hreflang dapat membantu memberikan hasil yang tepat kepada pengunjung Anda.

Tag Hreflang (juga dikenal sebagai rel = “alternate” hreflang = “x”) memungkinkan Anda menunjukkan kepada Google dan mesin telusur lain hubungan antara halaman web dalam bahasa yang berbeda. Misalnya, jika tag Anda perlu ditautkan ke blog berbahasa Inggris, Anda akan menggunakan tag berikut: hreflang = “en”.

Seperti apa tampilan tag hreflang?

Tag HReflang memiliki sintaks yang ditentukan. Berikut ini adalah contoh penulisan tag hreflang.

Sintaksis

 

Tag dibagi menjadi tiga bagian:

  • link rel = “alternate”: Memberi tahu mesin pencari bahwa ini adalah versi alternatif dari halamannya.
  • hreflang = “x”: Menentukan bahasa.
  • href = “https://example.com/alternate-page”: Halaman alternatif ada di URL ini.

Contoh

Berikut ini contoh tampilan halaman web saat diberi tag dengan atribut hreflang:

 

“en” di bagian pertama tag mengacu pada kode bahasa, Inggris dan “US” mengacu pada kode negara, untuk Amerika Serikat.

Katakanlah kita menginginkan halaman yang sama dalam bahasa Spanyol untuk pelanggan di Meksiko. Tag hreflag adalah:

 

Pengguna dengan alamat IP yang memberi tahu bahasa yang digunakan akan secara otomatis melihat halaman web yang diberi tag dengan benar, jadi tag hreflang sangat membantu jika Anda memiliki audiens global dan ingin membuat pengalaman pengguna mereka menyenangkan.

Tag Hreflang vs. Hanya tag HTML

Ada dua jenis tag bahasa yang berbeda: tag HTML lang dan tag hreflang.

Meskipun tag HTML dan hreflang dimaksudkan untuk mengoptimalkan konten dalam berbagai bahasa, keduanya memiliki beberapa perbedaan.

Singkatnya, atribut tag bahasa (atau lang) pada tag HTML memberi tahu browser Anda bahasa tag tersebut selama dokumen atau halaman web, sementara atribut tag hreflang memberi tahu browser Anda bahasa halaman web yang ditautkan – misalnya, tag lang di HubSpot.com memberi tahu browser Anda bahasa HubSpot.com, tetapi atribut tag hreflang memberi tahu mesin pencari bahasa HubSpot.com ketika pengguna mencari HubSpot.

Jika pengguna mencari HubSpot.com dari Jerman, tag hreflang bertanggung jawab untuk mengubah tautan yang tersedia di mesin pencari. Namun, ketika seseorang membuka HubSpot.com di Jerman, tag lang mengubah bahasa di halaman itu sendiri.

Contoh

Mungkin lebih mudah untuk dijelaskan, jadi berikut adalah contoh tag bahasa:

 

Atau, berikut adalah contoh tag hreflang:

 

Google merekomendasikan penggunaan hreflang saat mengindeks situs web dalam berbagai bahasa.

Anda mungkin juga ingin menggunakan tag bahasa HTML bersama dengan tag hreflang – mereka dapat bekerja sama untuk menginformasikan mesin pencari tentang konten di halaman web Anda. Memiliki kedua tag memberi tahu mesin pencari dalam bahasa apa halaman web itu, sambil mengarahkan pengguna dari negara lain ke halaman web yang sesuai.

Selanjutnya, mari kita jelajahi penggunaan tag hreflang dan bagaimana Anda dapat menggunakannya untuk halaman web Anda sendiri.

Mengapa Anda memerlukan tag hreflang?

Terakhir, berguna untuk menggunakan tag hfreflang sehingga Anda dapat menciptakan pengalaman pengguna yang lebih baik. Jika pengguna di Jerman mencari HubSpot, kami ingin memastikan hasil di mesin pencari menunjukkan situs kami dalam bahasa Jerman dan bukan dalam bahasa Inggris. Selain pengalaman pengguna yang lebih baik, ini juga dapat membantu mengurangi rasio pentalan dan meningkatkan rasio konversi saat Anda menampilkan versi terbaik situs Anda kepada audiens yang tepat.

Manfaat lain menggunakan tag hreflang adalah mencegah duplikat konten. Katakanlah Anda memiliki konten yang sama pada URL berbeda yang ditujukan kepada penutur bahasa Spanyol di Meksiko, Spanyol, dan Cile, tetapi dengan sedikit perbedaan bergantung pada audiens target, seperti mata uang. Tanpa tag hreflang, Google mungkin hanya melihat ini sebagai konten duplikat.

Tag Hreflang memberi tahu mesin pencari bahwa meskipun kontennya mungkin terlihat serupa, itu ditujukan untuk audiens yang berbeda.

Bagaimana cara kerja tag hreflang?

Untuk mengilustrasikan cara kerja hreflang, mari pertimbangkan sebuah contoh. Misalkan Anda membuat dua beranda identik, tetapi satu dalam bahasa Inggris (hreflang = “en”) dan satu lagi dalam bahasa Spanyol (hreflang = “es”).

Saat pengguna menelusuri beranda Anda dalam bahasa Spanyol atau dari browser Spanyol, mereka akan menerima versi Spanyol dari beranda Anda, selama itu ditandai dengan benar.

Setiap bahasa dan negara memiliki tag hreflang sendiri. Berikut ini adalah daftar umum:

  • Jerman/Jerman: de-de
  • Inggris/AS: en-us
  • Irlandia/Irlandia: ga-ie
  • Hindi/India: hi-in
  • Italia/Italia: it-it
  • Jepang/Jepang: ja-jp
  • Korea/Korea: ko-kp
  • Portugis/Brasil: pt-br
  • Federasi Rusia/Russain: ru-ru
  • China (disederhanakan untuk China Daratan)/China: zh-hans-cn
  • Thailand/Thailand: th-th

Jika Anda berbagi halaman yang sama di wilayah yang berbeda, perhatikan bahwa Anda dapat memiliki beberapa tag di halaman yang sama. Misalnya, jika situs web Prancis Anda juga dijual kepada pelanggan di Jerman dan Spanyol, Anda akan dapat memberi tag pada laman Anda sesuai dengan itu dalam HTML.

Tag HReflang adalah dua arah dan bekerja berpasangan. Jika Anda menambahkan tag ke halaman bahasa Inggris yang mengarah ke versi bahasa Spanyol, maka halaman versi bahasa Spanyol juga harus memiliki tag hreflang yang mengarah ke halaman bahasa Inggris.

Ingatlah bahwa karena tag hreflang dapat ditimpa oleh opsi SEO lainnya, halaman Anda mungkin memiliki peringkat yang lebih tinggi dalam bahasa yang berbeda. Untuk menghindari hal ini, pastikan mesin telusur datang dengan atribut yang tepat, sehingga mereka tahu bahasa mana yang akan menampilkan halaman Anda.

Jika semua ini agak membingungkan, jangan khawatir. Anda dapat menggunakan generator tag Hreflang gratis sehingga Anda hanya perlu menyalin dan menempelkan kode. Mari kita lihat beberapa contoh di bawah ini.

Alat Pembuat Tag Hreflang

1. Alat Pembuat Tag Hreflang

Alat Pembuat Tag Hreflang: Alat Pembuat Tag Hreflang

Dengan alat ini, Anda dapat membuat tag hreflang untuk situs multibahasa Anda. Yang harus Anda lakukan adalah menambahkan URL ke situs Anda dan memilih bahasa yang digunakan.

Ini adalah alat yang hebat karena Anda juga dapat mengunggah CSV hingga 50 URL dan dapat menghasilkan tag hreflang untuk 50 situs sekaligus.

Apa yang Kami Suka

Kemampuan mereka untuk mengunggah 50 URL sekaligus untuk menghasilkan 50 tag hreflang akan menghemat waktu Anda.

2. Penargetan Geografis

Alat Pembuat Tag Hreflang Target Geo

Geo Targetly adalah alat pembuat hreflang hebat lainnya. Sangat mudah dan gratis untuk digunakan. Yang harus Anda lakukan adalah memasukkan URL dan bahasa Anda, lalu voila.

Meskipun Anda tidak dapat mengunggah 50 situs sekaligus, ini masih merupakan opsi yang cepat dan mudah.

Apa yang Kami Suka

Alat Geo Targely sederhana dan mudah digunakan, menjadikannya pilihan yang cocok untuk pemula atau mereka yang memiliki situs lebih kecil.

3. Sistrix

Alat Pembuat Tag Hreflang Sistrix

Alat Sistrix mirip dengan dua alat lain di atas. Yang harus Anda lakukan adalah memasukkan URL dan bahasa Anda dan kemudian alat akan menghasilkan kode untuk Anda.

Meskipun Anda tidak dapat mengimpor daftar dari CSV, Anda dapat memasukkan beberapa domain sekaligus untuk membuat tag yang Anda butuhkan.

Apa yang Kami Suka

Generator dari Sistrix ini memungkinkan Anda memasukkan beberapa domain sekaligus untuk menghasilkan tag hreflang, serta memiliki alat verifikasi tag biaya jika Anda ingin memastikan tag yang ada di situs Anda sudah benar.

Gunakan Tag Hreflang untuk Pengalaman Pengguna yang Lebih Baik

Saat Anda mengoptimalkan konten Anda untuk mesin pencari, penting untuk melakukan semua yang Anda bisa untuk mendapatkan peringkat di SERP. Ini membantu orang di seluruh dunia menemukan bisnis Anda.

Terakhir, tujuan dari tag hreflang adalah untuk memberi pelanggan yang berbicara bahasa yang berbeda, atau yang tinggal di berbagai wilayah di dunia, konten yang ditujukan untuk mereka.

Tinggalkan Balasan

WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
👋 Hi, how can I help?