Lompat ke konten

Blue Ocean Strategy Pengertian dan Penerapanya

Apa itu Blue Ocean Strategy

Blue Ocean Strategy Pengertian dan Penerapanya – Dunia bisnis semakin ketat dalam menjangkau konsumen. Persaingan ini muncul karena banyaknya pesaing yang berusaha mendapatkan konsumen yang sejenis.

Diperlukan strategi dan ide yang kreatif dan inovatif untuk mengatasinya. Jika Anda dapat memanfaatkan ini, akan ada peluang bisnis yang bagus. Salah satunya adalah penerapan Blue Ocean Strategy.

Pengertian Blue Ocean Strategy

Blue Ocean Strategy adalah sebuah teori strategi marketing dan bisnis dikembangkan oleh profesor strategi bisnis W. Chan Kim dan Renée Mauborgne, dari INSEAD Business School. Teori ini menekankan pada pentingnya menemukan pasar baru yang belum terjamah oleh pesaing, sebagai cara untuk mencapai pertumbuhan yang substansial dan meningkatkan margin laba. 

Teori Blue Ocean Strategy mengajarkan cara menciptakan kesempatan pasar baru dengan menghilangkan persaingan, mengintegrasikan faktor-faktor yang biasanya dianggap terpisah, dan menciptakan tawaran yang komprehensif kepada pelanggan.

Kim dan Mauborgne menulis buku tentang teori ini pada tahun 2005, yang kemudian menjadi best seller dan telah diterjemahkan ke dalam lebih dari 40 bahasa.

Blue Ocean Strategy adalah sebuah metode untuk menciptakan pasar baru dengan menawarkan sesuatu yang belum pernah ada sebelumnya, sehingga bisa menghindari persaingan dengan pesaing yang sudah ada. Berikut adalah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti untuk menciptakan Blue Ocean Strategy:

Identifikasi segmen pasar yang belum terlayani. Carilah segmen pasar yang belum terlayani oleh pesaing atau yang belum ditargetkan oleh perusahaan lain.

Tentukan ciri-ciri yang unik dan menarik bagi konsumen. Carilah ciri-ciri unik yang dapat menarik perhatian konsumen dan membedakan produk atau jasa Anda dari pesaing.

Buatlah value proposition yang menarik. Tentukan nilai yang ditawarkan oleh produk atau jasa Anda kepada konsumen dan bagaimana ini bisa memenuhi kebutuhan dan keinginan mereka.

Buatlah strategi pemasaran yang tepat. Tentukan strategi pemasaran yang tepat untuk menjangkau konsumen dan mempromosikan produk atau jasa Anda.

Contoh:

Salah satu contoh Blue Ocean Strategy yang terkenal adalah strategi yang digunakan oleh perusahaan musik streaming, Spotify. Sebelum munculnya Spotify, pasar musik dianggap sudah sangat penuh dengan pesaing seperti iTunes dan Amazon Music. 

Namun, Spotify berhasil menciptakan pasar baru dengan menawarkan layanan streaming musik dengan model berlangganan yang memberikan akses ilimitado kepada ribuan lagu. Ini membuat konsumen tidak perlu membeli lagu satu per satu, seperti yang biasa dilakukan di iTunes, dan menawarkan nilai tambah yang lebih besar.

Study case:

Perusahaan otomotif, Tesla, juga merupakan contoh yang baik dari Blue Ocean Strategy. Sebelum munculnya Tesla, pasar mobil listrik dianggap tidak menarik dan terbatas oleh baterai yang tidak tahan lama dan jangkauan yang terbatas.

Namun, Tesla berhasil menciptakan pasar baru dengan menawarkan mobil listrik yang memiliki baterai yang tahan lama dan jangkauan yang lebih besar, serta desain yang menarik. Ini membuat Tesla menjadi pemimpin pasar mobil listrik dan mengubah cara orang berpikir tentang mobil listrik. (credit: chatGPT Open AI )

Blue Ocean Strategy pertama kali diimplementasikan oleh W. Chan Kim dan Renee Mauborgne. Sederhananya, blue ocean strategy adalah jenis strategi bisnis yang mencari konsumen dengan segmen tertentu untuk menghindari persaingan dari kompetitor.

Untuk itu, perusahaan perlu lebih inovatif dan kreatif dalam menentukan strategi. Selain inovatif dan kreatif, perusahaan membutuhkan modal yang lebih dari cukup untuk membangun pasar dengan segmen tertentu.

Perbedaan Antara Blue Ocean Strategy dan Red Ocean Strategy

Sebagaimana dijelaskan di atas, strategi samudra biru menghindari persaingan dan membangun pasarnya sendiri. Sebaliknya, strategi Red Ocean berpihak pada persaingan dengan pihak lain dan memimpin persaingan.

Blue Ocean Strategy Red Ocean Strategy
Tidak ada kompetisi Menghadirkan kompetisi
Menciptakan pasar sendiri Bersaing dengan pasar yang telah ada
Melawan pertukaran nilai biaya Memilih antara nilai biaya
Melakukan diferensiasi pada sistem Melakukan pilihan strategis pada sistem
Menciptakan permintaan baru Bersaing dengan permintaan yang ada

 

4 Tindakan Blue Ocean Strategy

Ada bisnis yang sepertinya mencampur produk hanya untuk mengikuti tren. Padahal tindakan tersebut bisa berdampak sebaliknya pada bisnis. Jika perusahaan ingin menerapkan strategi di atas, diperlukan langkah yang berani, yaitu eliminasi. Buang atau singkirkan hal-hal yang seharusnya tidak ada dalam produk.

Mengurangi

Ini sedikit berbeda dari acara pertama. Jika ada penghapusan sebelumnya, ini adalah tindakan pengurangan. Misalnya, ada warna produk yang seharusnya diminimalkan atau dikurangi, tetapi warna utama tidak dipindahkan. Contoh lain adalah mengurangi fitur agar tidak menumpuk. Jika ini terjadi, sebenarnya akan ada penghematan.

Perbaikan

Ada hal-hal yang dikurangi, berarti ada juga hal-hal yang perlu diperbaiki. Jika sebuah perusahaan membatasi atau bahkan menghapus fitur yang kurang bermanfaat, maka seharusnya memperkenalkan fitur yang lebih baik.

Ciptakan

Suatu tindakan yang dinantikan konsumen dan yang akan membedakan agar pesaing tidak tersaingi. Perusahaan dapat menciptakan tren atau produk yang belum ada di pasaran. Ini akan menjadi sesuatu yang berbeda sehingga konsumen akan lebih tertarik.

Tips Menerapkan Blue Ocean Strategy

Menargetkan Segmen Pasar

Seperti yang telah dijelaskan di atas, strategi samudra biru mampu menciptakan pasar yang berbeda. Pasar tidak memiliki pesaing, sehingga meningkatkan permintaan produk. Oleh karena itu, agar tetap konsisten dengan pasar yang ada, perusahaan harus fokus untuk mempertahankannya.

Ciptakan inovasi

Tidak dapat disangkal bahwa menciptakan inovasi adalah sesuatu yang mudah diucapkan namun sulit dilakukan. Namun, tidak ada yang tidak mungkin jika Anda terus berusaha. Inovasi bisa datang dari ide yang tiba-tiba.

Slogan yang unik

Dalam dunia bisnis, brand awareness itu penting. Salah satu cara untuk menyajikannya adalah dengan memiliki tagline yang unik. Ada banyak perusahaan terkenal yang memiliki slogan sederhana namun bermakna.

Baca juga: Apa Itu Pemasaran?

Yang terpenting konsumen tidak hanya mengetahuinya, tetapi mampu mengingatnya dengan baik. Inilah pengertian, perbedaan dari Red Ocean dan tips menerapkan strategi Blue Ocean yang harus Anda pahami.

Tinggalkan Balasan

WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
👋 Hi, how can I help?