Lompat ke konten

Dasbor KPI & Cara Menggunakannya dalam Pemasaran Anda

Dasbor KPI & Cara Menggunakannya dalam Pemasaran Anda

Dasbor KPI  – Tetapi dengan sejuta dan satu hal lain yang memperebutkan perhatian Anda, terkadang sulit untuk tetap up to date. Untungnya, ada alat untuk membantu Anda sukses.

Dasbor KPI dapat membantu Anda memeriksa berbagai aspek bisnis Anda dan memastikan semuanya berjalan lancar.

Mari kita lihat lebih dekat apa itu dasbor KPI dan apa yang dapat mereka lakukan untuk membantu tim pemasaran Anda sukses di tahun 2022 dan seterusnya.

Apa itu dasbor KPI?

Dasbor KPI adalah dokumen yang menggambarkan kinerja bisnis secara visual. Visualisasi ini menunjukkan kepada Anda, secara sekilas, bagaimana kinerja departemen atau organisasi Anda terhadap indikator kinerja utama (KPI).

Setiap departemen mulai dari penjualan hingga operasi memerlukan dasbor, dan dasbor sangat berguna untuk pemasaran. Di antara sekitar selusin saluran online untuk dipertimbangkan (ditambah upaya pemasaran offline), banyak elemen digunakan untuk menciptakan dan mempertahankan ekosistem pemasaran yang sehat.

Dasbor KPI membantu pemasar dan eksekutif bisnis mengidentifikasi apa yang terjadi dengan elemen strategi pemasaran mereka yang paling penting, di mana membuat perubahan jika keadaan mulai kacau, dan bagaimana mengidentifikasi peluang untuk inisiatif baru yang dapat memacu kesuksesan yang lebih besar.

Memperbaiki dasbor Anda membutuhkan waktu, tetapi hasilnya sangat besar. Eksekutif yang berhasil menerapkan dasbor yang efektif dapat memperoleh hasil yang lebih baik dan menciptakan suasana kerja yang lebih bermanfaat dan menyenangkan di mana tim memiliki lebih banyak ruang untuk kreativitas dan eksperimen.

KPI yang Anda pilih harus terkait dengan strategi Anda dan mencakup campuran variabel berwawasan ke depan dan berwawasan ke belakang.

Meskipun tergoda untuk menjejalkan setiap metrik yang dapat Anda pikirkan ke dalam laporan ini, itu adalah kesalahan besar. Ketika Anda dihadapkan dengan segunung data, hampir tidak mungkin untuk memberikan angka-angka paling kritis tingkat pengawasan yang layak mereka dapatkan.

Apa yang harus disertakan dalam Dasbor KPI?

Dasbor terbaik hanya mencakup lima hingga sembilan KPI. Bagaimanapun, ini harus menjadi indikator kinerja utama di balik buku pedoman bisnis Anda.

Jika Anda tidak yakin titik data mana yang harus menjadi fokus, pikirkan seperti ini: hal-hal kecil apa yang benar-benar dapat menghambat bisnis Anda jika mereka pergi ke selatan?

Membingkainya seperti itu dapat membantu Anda menyortir metrik cantik, seperti jumlah tayangan media sosial bulanan, dari hal-hal yang penting, seperti biaya per akuisisi.

Manfaat Dasbor KPI

Dasbor KPI sangat bagus karena memudahkan untuk melacak kemajuan menuju tujuan. Berikut adalah beberapa alasan lain mengapa Anda mungkin ingin memilikinya.

1. Gambaran Rinci

Dasbor KPI menawarkan kepada pemirsa penyelaman mendetail tentang kemajuan suatu organisasi. Karena sangat visual, memungkinkan untuk mengatur, menganalisis, dan memfilter metrik terpenting untuk bisnis apa pun.

Alih-alih mengarungi banyak data yang kompleks, dasbor KPI memecah data dalam bentuk yang sederhana dan mudah dipahami.

2. Pengambilan Keputusan yang Lebih Baik

Anda memerlukan kemampuan untuk menggunakan data yang akurat dan terkini jika Anda ingin membuat keputusan bisnis yang baik — dan dasbor KPI membantu Anda dalam hal itu.

Mereka menunjukkan data operasional vital suatu organisasi di satu tempat, sehingga KPI lebih terlihat. Dengan menghilangkan silo data, alat ini meningkatkan efisiensi analitis dan kemampuan untuk membuat keputusan berdasarkan data yang tepat.

3. Analisis Waktu Nyata

Dasbor KPI memungkinkan Anda memantau metrik kinerja penting secara real-time.

Dengan tersedianya informasi ini, pembuat keputusan dapat membuat langkah proaktif dan mendorong hasil bisnis yang lebih baik.

5 Perangkat Lunak Dasbor KPI Terbaik untuk Digunakan

Anda memerlukan perangkat lunak dasbor KPI sebelum membuat dasbor KPI. Berikut adalah 5 yang terbaik di sekitar hari ini.

1. Hubspot

Perangkat Lunak Dasbor KPI Terbaik: HubSpot

Dasbor KPI & Cara Menggunakannya dalam Pemasaran Anda

Hubspot memiliki perangkat lunak KPI gratis yang dapat Anda gunakan untuk dengan cepat membuat dasbor KPI yang menarik secara visual dan mudah dipahami.

Dengan perangkat lunak dasbor KPI Hubspot, Anda juga dapat menarik data dari berbagai departemen untuk meninjau kinerja organisasi Anda. Anda juga tidak perlu khawatir tentang pelanggaran data karena Anda dapat mengontrol siapa yang dapat mengakses dasbor Anda.

2. Geckoboard

Perangkat Lunak Dasbor KPI Terbaik: Geckoboard

Perangkat lunak dasbor KPI Geckoboard memungkinkan Anda untuk fokus pada metrik yang penting dalam bisnis Anda. Mudah dibuat dan memungkinkan Anda mengambil data dari berbagai sumber seperti spreadsheet, database, dan bahkan integrasi Zapier.

3. Klipfolio

Perangkat Lunak Dasbor KPI Terbaik: Klipfolio

Klipfolio membantu pemilik bisnis memvisualisasikan data mereka untuk memahami seberapa baik kinerja mereka dan membuat keputusan yang tepat tentang masa depan.

Kilpfolio juga menyimpan data historis sehingga pemilik bisnis dapat membandingkan kinerja selama periode waktu yang berbeda.

4. Databox

Perangkat Lunak Dasbor KPI Terbaik: Databox

Seperti Geckoboard, Databox juga mengambil data dari berbagai sumber untuk membantu tim memantau tren, berkolaborasi dengan lebih baik, dan membuat keputusan yang lebih tepat guna mendorong pertumbuhan bisnis.

Bahkan jika Anda tidak memiliki keterampilan pengkodean, Anda dapat dengan cepat mempelajari cara menggunakan Databox untuk membuat dasbor KPI yang hebat. Berkat lebih dari 70 integrasi yang dimiliki Databox, Anda juga dapat dengan mudah menghubungkannya ke platform lain untuk mengumpulkan lebih banyak data.

5. Zoho

Perangkat Lunak Dasbor KPI Terbaik: Zoho

Zoho adalah platform intelijen bisnis (BI) dan analitik fantastis lainnya yang dapat Anda gunakan untuk membuat dasbor KPI.

Pembuat dasbor seret dan lepas membuat platform menjadi sangat intuitif bahkan jika Anda tidak memiliki pelatihan sebelumnya. Anda juga dapat mengakses laporan yang Anda buat di Zoho dari ponsel dan tablet, sehingga sangat cocok untuk mobilitas.

Setelah Anda memilih perangkat lunak yang Anda inginkan, berikut adalah beberapa tip dan praktik terbaik untuk membantu Anda membuat dasbor KPI yang luar biasa.

Cara Membuat Dasbor KPI

  1. Kenali audiens Anda
  2. Tetap relatif sederhana
  3. Sertakan hanya yang dibutuhkan
  4. Draf desain Anda

1. Kenali audiens Anda

Mengetahui audiens Anda sangat penting untuk setiap upaya pemasaran, dan hal yang sama berlaku untuk membuat dasbor KPI.

Oleh karena itu, Anda harus tahu siapa yang akan bekerja dengan KPI dan jenis informasi yang mereka perlukan untuk mendesain dasbor KPI dengan benar. Misalnya, Anda tidak dapat mengharapkan dasbor yang sama yang Anda buat untuk audiens eksekutif berfungsi untuk tim penjualan.

2. Tetap relatif sederhana

Baik Anda membuat dasbor untuk manajer yang sibuk dengan waktu luang yang hanya beberapa menit atau untuk tim yang memiliki waktu luang untuk mempelajari detail, dasbor Anda perlu memberikan informasi penting dalam format yang sederhana dan mudah dipahami.

3. Sertakan hanya apa yang dibutuhkan

Inti dari setiap dasbor KPI adalah singkatnya dan utilitas. Oleh karena itu, tetap sertakan hanya KPI yang paling kritis dan berwawasan luas yang diperlukan untuk memenuhi tujuan bisnis dan organisasi.

4. Draf desain Anda

Desain dasbor KPI akan bergantung pada komposisi, distribusi, perbandingan, atau hubungan metrik.

Misalnya, dasbor untuk menganalisis tren akan terdiri dari bagan kolom atau garis. Di sisi lain, dasbor untuk komposisi data akan memberikan manfaat terbaik jika Anda membuatnya dengan peta atau bagan bertumpuk.

Contoh Dasbor KPI

  1. Dasbor Model Berlangganan
  2. Dasbor Item Tiket Besar
  3. Dasbor Tertutup Penawaran
  4. Template Prospek Pemasaran

Berikut adalah beberapa contoh dasbor KPI. Perhatikan bahwa mereka hanya mengasah metrik yang paling penting dan menampilkan informasi dalam format visual yang jelas, ringkas, dan mudah dicerna.

1. Dasbor Model Berlangganan

Bisnis berbasis langganan bermunculan di mana-mana. Dari pisau cukur hingga pakaian hingga perlengkapan persiapan makan, apa saja yang Anda inginkan atau butuhkan dalam kehidupan sehari-hari dapat dikirimkan ke depan pintu Anda secara teratur.

Model berlangganan sangat bagus karena menjamin pendapatan berulang bisnis — pelanggan mengunci layanan Anda untuk jangka waktu tertentu, yang berarti pendapatan bulanan reguler untuk jangka waktu layanan.

Dalam contoh ini, tim kepemimpinan telah memilih untuk fokus pada metrik yang memberi mereka gambaran tentang berapa banyak pendapatan bulanan dan tahunan yang mereka harapkan untuk dihasilkan dan tingkat churn mereka.

Dengan dasbor ini, tim kepemimpinan dapat dengan cepat mengidentifikasi potensi masalah dari beberapa titik data tersebut sebelum masalah tersebut menjadi sangat penting.

Misalnya, katakanlah tim kepemimpinan melihat peningkatan yang stabil dalam tingkat churn, yang tidak ideal.

Dari sana, mereka dapat mulai menggali lebih dalam, mengajukan pertanyaan tentang perubahan apa yang dapat mereka lakukan untuk menarik lebih banyak pelanggan yang sudah ada agar memperbarui keanggotaan mereka.

Contoh Dasbor KPI: Model Berlangganan

2. Dasbor Item Tiket Besar

Dasbor dari DataPine ini adalah jenis yang dapat berguna bagi tim pemasaran di hampir semua industri yang memiliki titik harga tinggi — dan, oleh karena itu, biaya akuisisi pelanggan yang tinggi. Fokus mereka adalah pada sembilan metrik terbesar yang memberi mereka wawasan tentang kesuksesan strategi mereka.

Alih-alih berfokus pada angka granular, seperti pengikut Twitter yang diperoleh atau jumlah suka pada setiap konten yang dibagikan di Facebook, mereka mengukur angka yang terkait langsung dengan anggaran mereka dan terkait dengan upaya tim penjualan.

Memahami angka akuisisi dan biaya per akuisisi memberikan wawasan berharga jauh di luar jangkauan departemen pemasaran.

Masalah dengan biaya per akuisisi yang buruk dapat mengindikasikan kebutuhan untuk memotong pengeluaran iklan, tetapi mungkin juga mengisyaratkan perlunya mengubah struktur harga untuk penawaran Anda. Atau mereka mungkin berarti bahwa tim penjualan perlu mempersingkat waktu tunggu untuk meningkatkan jumlah akuisisi per bulan.

Apa pun yang akhirnya diidentifikasi sebagai sumber masalah, memiliki dasbor memberdayakan semua tim Anda untuk menginformasikan, diskusi kolaboratif tentang tantangan yang dihadapi bisnis Anda yang didukung oleh data dan angka aktual.

Contoh Dasbor KPI: Item Tiket Besar

3. Dasbor Tertutup Penawaran

Epec Engineered Technologies menggunakan fitur pelaporan HubSpot untuk membuat dasbor KPI yang ramping dengan semua informasi paling penting, termasuk “Formulir ke MQL” dan “Halaman Pertama Dilihat.”

Ini adalah dasbor KPI yang sangat membantu untuk melihat apakah strategi pemasaran Anda sesuai dengan tujuan Anda. Bagian “Halaman Pertama yang Dilihat” menunjukkan kepada Anda halaman mana yang pertama kali berinteraksi dengan pengunjung Anda — jika halaman tersebut belum diperbarui dalam beberapa saat, pertimbangkan untuk mengoptimalkannya untuk konversi yang lebih tinggi.

Selain itu, kategori “Pemasaran prospek yang memenuhi syarat” vs. “Prospek yang memenuhi syarat penjualan”, yang ditampilkan dalam bentuk bagan di bawah “RFQ ke MQL”, akan membantu Anda menyesuaikan strategi dan menentukan prospek mana yang dikonversi dengan persentase tertinggi dan apa yang dapat Anda lakukan untuk meratakan kesenjangan.

Contoh Dasbor KPI: Transaksi Ditutup

4. Dasbor Prospek Pemasaran

Dasbor yang dibuat oleh Geek Dashboard ini adalah contoh fantastis tentang bagaimana tim pemasaran Anda dapat menggunakan dasbor KPI untuk mengukur kinerja tim Anda, terutama melalui prospek dan konversi.

Jelas dan ringkas, dengan fokus pada faktor penting untuk pemasaran — prospek, dan persentase konversi dibandingkan dengan sasaran. Selain itu, visual membantu tim Anda tetap fokus pada aspek paling penting dari strategi Anda untuk memastikan Anda berada di jalur yang tepat untuk mencapai sasaran bulanan atau tahunan Anda.

Contoh Dasbor KPI: Template Prospek Pemasaran

Templat Excel Dasbor KPI

Jika Anda siap untuk mulai membuat dasbor KPI Anda sendiri, kabar baiknya adalah ada banyak sumber daya di luar sana untuk membantu Anda menyelesaikannya.

1. HubSpot

HubSpot menawarkan templat dasbor yang terintegrasi dengan Excel, Google Drive, dan PowerPoint, sehingga Anda dapat dengan mudah melacak metrik yang sangat penting dalam program yang paling sesuai untuk Anda dan tim Anda.

Templat Excel Dasbor KPI: HubSpot

2. Lembar Pintar

Smartsheet menyediakan template Excel untuk berbagai dasbor pemasaran.

Jadi, baik Anda mencari template yang luas untuk melacak KPI besar hingga template yang lebih spesifik untuk pemasaran media sosial, Smartsheet telah membantu Anda.

Yang terbaik dari semuanya, template gratis untuk diunduh di situs web mereka.

Templat Excel Dasbor KPI: Smartsheet

3. Kefasihan

Eloquens menawarkan template dasbor pemasaran dengan metrik yang telah dipecah menjadi tujuh kategori utama. Kategori ini mencakup efektivitas penjualan, metrik pelanggan, dan metrik anggaran, dan setiap kategori memiliki beberapa KPI yang dapat Anda pilih untuk dilacak.

Templat Excel Dasbor KPI: Eloquens

Anda Sudah Membuat Dasbor, Sekarang Apa?

Setelah dasbor pemasaran pertama Anda aktif dan berjalan, kesenangan sesungguhnya dimulai! Mulailah menarik angka secara teratur — mingguan atau bulanan, tergantung pada seberapa cepat hal-hal bergerak dalam bisnis Anda. Kemudian, tinjau secara teratur dan mulailah mencari polanya.

Ketika angka muncul yang mengejutkan Anda, inilah saatnya untuk memeriksa penyebabnya.

Menampilkan semua informasi pemasaran Anda di dasbor sederhana ini memudahkan untuk mengidentifikasi sumber potensi masalah dan mendapatkan umpan balik dari pihak yang paling relevan tentang apa yang mungkin ada di balik titik data yang mengejutkan.

Setelah Anda merasa telah mengidentifikasi sumber perubahan, saatnya untuk melakukan beberapa eksperimen. Jika Anda melewatkan tujuan Anda, cobalah pendekatan baru. Jika angka Anda melebihi harapan, sesuaikan hal-hal untuk bersandar pada strategi mana pun yang ada yang paling bertanggung jawab atas angka yang tinggi.

Buat perubahan secara perlahan sehingga Anda dapat melihat bagaimana setiap perubahan dalam pendekatan memengaruhi hasil Anda. Selain itu, terus lacak KPI tersebut secara teratur sehingga Anda dapat memahami efek dari setiap taktik baru.

Baca juga: 6 Strategi Sukses Pemasaran Sosial Media Marketing Indonesia

Apa pun yang terjadi, Anda ingin terus kembali ke dasbor. Dokumen ini harus menjadi Bintang Utara Anda, memandu perubahan strategi Anda dan memberi Anda informasi yang Anda butuhkan untuk memahami strategi mana yang mendorong hasil terbaik.

Tinggalkan Balasan

WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
👋 Hi, how can I help?