Media Social Marketing: 5 Langka Solusi Jitu Untuk Meningkatkan Penjualan

social media marketing
social media marketing

Media Social Marketing: Solusi Jitu Untuk Meningkatkan Penjualan! Kemajuan teknologi memang telah banyak membawa perubahan pada hampir segala  bidang, termasuk penjualan. Jika dulunya promosi penjualan dilakukan dengan cara yang terbatas, maka saat ini promosi dapat dilakukan melalui media sosial.

Tidak bisa dimungkiri, keberadaan media sosial memang tidak hanya sebagai alat untuk berkomunikasi saja melainkan juga dapat dimanfaatkan sebagai alat promosi produk. Pemasaran media sosial dilakukan dengan membuat konten iklan. Menariknya, beriklan di media sosial dinilai jauh lebih efektif untuk menarik pelanggan dibandingkan iklan jenis konvensional.

Keuntungan Memanfaatkan Media Sosial Sebagai Bentuk Pemasaran

Media Social Marketing
Media Social Marketing image credit freepik.com

Pemasaran media sosial atau yang jauh lebih dikenal dengan media social marketing memang terbukti ampuh dalam promosi penjualan. Hal itu terjadi karena saat ini memang sudah semakin banyak orang yang menggunakan media sosial. Oleh karena itu, tidak mengherankan bila banyak perusahaan yang akhirnya memanfaatkan media sosial sebagai alat promosi karena memang ada banyak keuntungan yang diperoleh diantaranya, yaitu.

Meningkatkan Reputasi Brand dari media sosial marketing

Terhitung sudah ada 4,66 miliar orang di seluruh dunia yang menggunakan media sosial. Sementara itu, pengguna media sosial Indonesia tercatat telah mencapai angka 170 juta jiwa dan angka-angka itu tentu akan terus bertambah. Oleh karena itu, untuk memanfaatkan kesempatan tersebut, maka perusahaan berlomba-lomba memanfaatkan media sosial untuk promosi penjualan.

Faktanya, media sosial ternyata memang memiliki daya tarik tersendiri karena orang-orang dapat dengan mudah untuk saling memberi like, share, tag, dan comment. Maka, pemanfaatan media social marketing akhirnya memang terbukti dapat meningkatkan reputasi dari suatu produk. Terjadinya peningkatan brand awareness itu juga membuat pengguna media sosial akan lebih mudah diarahkan menuju ke website bisnis suatu perusahaan.

Terciptanya Interaksi Dengan Pelanggan

Dikarenakan media sosial sejatinya memang sebuah alat komunikasi, maka pemasaran produk melalui media sosial dapat sangat memungkinkan terciptanya interaksi antara pelanggan dengan pemilik bisnis. Komunikasi tersebut pun semakin dipermudah dengan hadirnya berbagai fitur-fitur pendukung pada setiap media sosial.

Terbangunnya komunikasi itu membuat pemilik bisnis dapat dengan mudah menanyakan keluhan atau permasalahan pelanggan sehingga pemilik bisnis bisa segera mencari solusinya. Selain itu, melalui media social marketing pemilik bisnis dapat dengan mudah meminta pelanggan untuk memberikan penilaian terkait produk yang diluncurkan. Bahkan, terjalinnya komunikasi yang baik dapat otomatis membangun kepercayaan pelanggan pada suatu produk.

Mendapatkan Data Tentang Prospek Keberhasilan Iklan

Memiliki interaksi dengan pelanggan ternyata belum cukup. Pemilik bisnis juga seharusnya perlu mengetahui sudah sebaik apa interaksi tersebut berlangsung. Menariknya, promosi penjualan melalui media sosial memungkinkan pemilik bisnis untuk memperoleh data tentang prospek keberhasilan dari iklan produk yang telah diluncurkan. Maka, pemilik bisnis mudah .untuk melihat dan mengukur interaksi yang ada dalam suatu postingan media sosial.

Bahkan, sejumlah media sosial telah mendukung adanya konversi data konsumen pada saat berinteraksi dengan konten di media sosial. Misalnya Facebook Analytic, Instagram Insights, dan Twitter Analytics. Maka, tidak mengherankan lagi jika media social marketing memang dapat mempermudah pemilik bisnis untuk mendapatkan respon konten iklan di media sosial.

Dapat Mempelajari Strategi Kompetitor

Lebih efektifnya pemasaran melalui media sosial membuat para pelaku bisnis beramai-ramai untuk memperkenalkan bisnisnya melalui berbagai macam media sosial. Dikarenakan konten yang diunggah di media sosial dapat dilihat oleh semua orang, maka strategi bisnis yang dimiliki oleh kompetitor bisa dijadikan bahan pelajaran untuk pengembangan iklan bisnis.

Meski demikian, beriklan dengan memanfaatkan media social marketing tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Perlu diingat bahwa membuat sebuah konten iklan menggunakan media sosial perlu dilakukan secara hati-hati. Oleh karena itu, sejumlah perusahaan biasanya menggunakan jasa social media manager khusus untuk mengurus konten iklan yang nantinya akan diunggah ke media sosial.

Trik Jitu Memanfaatkan Media Social Marketing Untuk Promosi Penjualan

Adanya berbagai keuntungan dari pemasaran iklan produk melalui media sosial tentu memang tidak diragukan lagi. Hal itu karena telah banyak perusahaan yang mengakui bahwa memang terjadi peningkatan penjualan setelah melakukan promosi melalui media sosial. Namun, tidak dapat dimungkiri ada sejumlah pelaku bisnis yang belum begitu merasakan pengaruhnya. Maka, simak trik berikut ini dalam melakukan pemasaran melalui media sosial.

baca juga: Apa Itu Digital Marketing?

Menentukan Target Pembeli

Dalam pemanfaatan media social marketing pemilik bisnis memang perlu melakukannya dengan mengikuti sejumlah langkah. Pertama, yaitu menentukan terlebih dahulu target atau sasaran pembeli. Hal itu sangat penting untuk menyesuaikan dengan produk yang akan ditawarkan nantinya.

Oleh karena itu, pelaku bisnis perlu melakukan riset terkait usia hingga pekerjaan pembeli. Bahkan, perlu diketahui juga apakah produk yang dijual nantinya dominan untuk pembeli laki-laki atau perempuan. Semua hal tersebut penting karena jika sejak awal pelaku bisnis sudah salah menarget pembeli, maka pada akhirnya tidak mengherankan jika produk yang ditawarkan memang tidak laku.

Menentukan Media Sosial Marketing Apa Yang Akan Digunakan

Pada hakikatnya, ada banyak sekali jenis media social marketing yang dapat digunakan sebagai media pemasaran produk. Meski demikian, pelaku bisnis tentu tidak perlu menggunakan itu semua. Artinya, pelaku bisnis sebaiknya fokus ke satu atau dua media saja dibandingkan harus menggunakan semua jenis sosial media dan pada akhirnya juga tidak digunakan secara maksimal.

Maka, penting untuk menentukan media sosial apa yang digunakan. Penentuan media sosial tersebut dapat ditempuh oleh pelaku bisnis dengan cara menilai dan membandingkan media sosial yang paling dominan digunakan oleh target pembeli yang sebelumnya sudah ditentukan.

Misalnya jika target pembeli adalah kaum milenial, maka media sosial yang tepat adalah Instagram. Jika targetnya orang tua, maka media sosial yang cocok adalah Facebook.

Konsisten Dalam Mengunggah Konten Yang Menarik

Semakin banyaknya perusahaan yang menjadikan media social marketing sebagai alat promosi utama membuat persaingan bisnis justru tidak mudah. Untuk mengatasinya, pelaku bisnis perlu konsisten dalam membuat konten yang menarik dan unik. Selain itu, untuk lebih menarik perhatian pelanggan, maka bisa mengadakan giveaway yang penilaiannya didasarkan pada banyaknya like atau comment.

Selain itu, hal yang perlu diperhatikan dalam pengiriman konten adalah pastikan untuk mengunggahnya pada jam-jam saat target pembeli sedang banyak aktif. Hal itu bisa diketahui dengan mudah melalui fitur yang disediakan oleh setiap media sosial. Trik yang satu ini sangat penting dalam keberhasilan pemasaran yang dilakukan melalui media sosial.

Adakan Evaluasi Secara Rutin

Terus-menerus mengunggah konten tanpa mengevaluasinya tentu bukan hal yang benar dalam media social marketing. Bagaimanapun juga pelaku bisnis perlu mengetahui pengaruh dari setiap konten yang telah diunggah terhadap kondisi penjualan. Melalui social media metrics pelaku bisnis dapat menghitung seberapa banyak penonton yang dijangkau pada suatu konten. Hal itu pada akhirnya bisa dijadikan bahan pembelajaran untuk ke depannya.

Itulah penjelasan tentang keuntungan dan trik jitu memanfaatkan media social marketing untuk promosi penjualan. Pada intinya, pemasaran melalui media sosial menjadi kesempatan yang sangat baik bagi para pelaku bisnis dan perusahaan untuk membuat produknya dapat semakin dikenal banyak orang.

Solusi management social media dengan mudah mengelolah social media dan web bisnis anda dengan tool smm mata digital.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here