Perbedaan SEM dan SEO Pada Digital Marketing

perbedaan seo dan sem
perbedaan seo dan sem

Mata Digital Indonesia:: Perbedaan SEM dan SEO, banyak orang yang membahas apa itu SEO, namun jarang ada yang membahas SEM secara bersamaan. Padahal keduanya adalah sesuatu yang penting untuk dipahami dalam dunia internet. Apalagi jika Anda seorang pebisnis yang menggunakan internet untuk digital marketing. Untuk itu, Anda perlu memahami terlebih dahulu perbedaan SEO dan SEM dengan baik.

Memahami Perbedaan SEO dan SEM

Perbedaan SEM dan SEO Pada Digital Marketing
Perbedaan SEM-SEO Pada Digital Marketing

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. Arti dari SEO adalah upaya mengoptimalkan sebuah website untuk mendapatkan peringkat teratas dalam hasil pencarian. Jika posisi website Anda berada di posisi hasil pencarian terbaik di SERP akan memudahkan orang lain menemukan website Anda dengan mudah.

SEO (Search Engine Optimization)

SEO yang merupakan singkatan dari Search Engine Optimization atau optimisasi mesin pencari adalah strategi atau serangkaian teknik sistematis untuk menempatkan sebuah situs web atau blog pada halaman utama SERP (Search Engine Result Page) dan berpotensi sesuai dengan kata kunci yang ditentukan. Melakukan SEO membutuhkan keterampilan dan ketekunan. Selain itu, melakukan SEO juga membutuhkan keterampilan analitis, kompetitif, dan strategis.

Hal ini karena membutuhkan analisis untuk meneliti kata kunci atau kata kunci apa yang akan dibidik. Secara teknis, SEO membutuhkan waktu minimal tiga bulan untuk mendapatkan hasil yang optimal. Tujuan utama melakukan SEO adalah untuk meningkatkan traffic pengunjung atau kunjungan dengan kata kunci yang tertarget.

Salah satu indikator utama keberhasilan SEO adalah semakin tinggi posisi website atau blog dengan kata kunci tertentu di mesin pencari. Semakin tinggi posisi website atau blog dengan kata kunci tertentu di mesin pencari, maka semakin tinggi pula visitor atau pengunjung yang mengunjungi website atau blog tersebut. Kenali lebih jauh tentang Layanan SEO yang kami berikan agar website Anda berada di halaman pertama Google.

SEM (Search Engine Marketing)

SEM adalah
SEM adalah Search Engine Marketing

Sedangkan SEM adalah singkatan dari Search Engine Marketing. Arti dari SEM adalah mengoptimalkan sebuah website agar muncul di mesin pencarian google, yahoo, bing dll. dengan memanfaatkan iklan. Dengan kata lain, dalam penerapan SEM membutuhkan trik untuk mengiklankan website secara tepat menggunakan berbagai metode, seperti Pay Per Click (PPC), dan lain sebagainya. Tentunya dalam penerapan metode ini membutuhkan biaya juga.

Meskipun ada, umumnya sangat jarang ditemukan pengguna SEM yang hanya mempromosikan konten tertulis. Yang membedakan SEO dan SEM adalah dari segi biaya. SEM adalah trik internet marketing yang membutuhkan biaya, sedangkan SEO gratis alias tanpa biaya. Secara teknis, pembayaran Search Engine Marketing umumnya dilakukan dengan pay per click atau dengan ketentuan berapa lama.

Hasil SEM akan cepat terlihat dari seberapa besar dana yang dialokasikan. SEM berfungsi untuk meningkatkan pengunjung dan popularitas, serta kata kunci yang akan dibidik. Baik SEO maupun SEM memiliki tingkat kesulitannya masing-masing.

Search Engine Optimization dan Search Engine Marketing tidak digunakan untuk bersaing satu sama lain, tetapi SEO dianggap sebagai bagian dari layanan SEM. Jika Anda memutuskan untuk berbisnis di dunia internet, kami menyarankan agar situs web Anda dapat ditampilkan di mesin pencari organik maupun di bagian yang diiklankan. Artinya SEO dan SEM sangat dibutuhkan untuk memperluas jaringan bisnis di dunia online.

Secara fungsional, keduanya memiliki banyak kesamaan. Namun dari segi pekerjaan, keduanya memiliki perbedaan dan kelebihan serta kekurangan masing-masing. Agar lebih jelas, mari sama-sama kita pahami perbedaan SEO dan SEM.

Apa Perbedaan antara SEO Juga SEM

Berikut ini 5 perpedaan mendasar dari SEM-SEO

1. Target Pemirsa

Di bagian ini, Anda sudah bisa mengetahui perbedaan antara SEO dan SEM. Dengan SEM, Anda dapat memilih target audiens yang Anda inginkan, mulai dari kategori usia, jenis kelamin, wilayah dan lebih baik daripada dengan SEO. Selain itu, target audiens yang digunakan dalam SEM jauh lebih terukur dan dapat dilakukan di awal penyiapan iklan.

Sedangkan dalam penerapan SEO, Anda belum tentu bisa membidik audiens. Anda perlu terlebih dahulu menaikkan konten di website, kemudian Anda bisa menganalisa apakah konten tersebut sesuai dengan target yang telah ditetapkan. Jika tidak, maka Anda perlu melakukan optimasi berkali-kali.

2. Kecepatan Loading Website

Dilihat dari prosesnya, baik yang menggunakan SEO maupun SEM, tidak langsung muncul di halaman pertama pencarian. Namun jika dibandingkan dengan SEO, kecepatan hasil yang diberikan oleh SEM bisa dirasakan lebih cepat. SEM juga bisa dimatikan jika ternyata target yang dituju belum ditemukan, kemudian diaktifkan kembali setelah Anda mendefinisikan ulang target audiens.

3. Durasi

Berbeda dengan SEM, SEO akan memberikan dampak optimasi yang cukup tahan lama. Sedangkan SEM hanya akan bertahan dalam jangka waktu tertentu. Dalam bahasa yang lebih sederhana, durasi sebuah iklan hanya berlangsung sejumlah uang yang Anda bayarkan. Sedangkan SEO akan bertahan lama sesuai dengan perkembangan yang ada.

4. Anggaran

Perbedaan lain antara SEO dan SEM adalah dari segi anggaran yang dibutuhkan. SEM berupa iklan berbayar tentunya membutuhkan anggaran yang sudah ditentukan untuk jangka waktu yang Anda inginkan.

Otomatis untuk penggunaannya, Anda perlu menyiapkan budget yang tidak sedikit. Sedangkan SEO dapat digunakan tanpa mengeluarkan biaya. Sederhananya, SEO itu gratis dan SEM berbayar.

5. Potensi RKPT (Rasio Klik Tayang)

Terakhir, tapi bukan yang terakhir. Potensi RKPT SEO lebih besar dibandingkan SEM. Meskipun kedua metode digunakan dan hasil SEO-SEM muncul di halaman pertama secara bersamaan, orang cenderung tidak mengklik iklan berbayar daripada hasil optimasi SEO.

Ini karena orang cenderung kurang senang dengan tanda “iklan” yang muncul bersamaan di baris teratas pencarian. Mereka akan mengira bahwa link yang muncul bersama iklan/iklan tersebut hanyalah iklan biasa dan belum tentu memiliki konten yang mereka inginkan.

Memahami perbedaan antara SEO dan SEM akan membantu Anda membuat keputusan yang lebih baik dalam meningkatkan kinerja situs web. Kemudian pilih dan putuskan sesuai dengan kebutuhan Anda saat ini.

SEO-SEM akan sering ditemukan jika Anda baru mulai terjun ke dunia digital marketing. SEO-SEM bertujuan untuk meningkatkan traffic dalam hal promosi dan pemasaran penjualan produk baik produk maupun jasa. Untuk memahaminya, mari kita bahas satu per satu.

Baca juga: Jasa Digital Marketing Terbaik dalam Pengembangan Bisnis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here