Lompat ke konten

Apa Itu SEO?, Berikut Penjelasan Lengkapnya

Apa itu SEO dan Cara Kerjanya

Apa Itu SEO? – SEO itu singkatan dari Search Engine Optimization. Ini adalah teknik buat bikin website kita makin mudah ditemukan sama mesin pencari dan nempatin website kita di halaman pertama hasil pencarian dengan kata kunci yang kita tentuin.

SEO tuh bekerja buat bikin website kita jadi nomor satu pas orang cari di mesin pencari. Kalo Search Engine Marketing itu strategi pemasaran guna nempatin website di halaman atas waktu orang cari.

Kamu bisa menaikkan jumlah pengunjung di website-mu dengan menerapkan SEO (Search Engine Optimization). Apalagi kalau kamu baru mulai nge-website, SEO itu wajib banget untuk kamu kuasai.

Apa Itu SEO?

SEO tuh singkatan dari Search Engine Optimization, yang artinya teknik buat bikin website-mu lebih gampang ditemuin sama mesin pencari dan masuk ke halaman pertama pencarian dengan kata kunci yang dipilih sama user.

Kalo website-mu masuk ke halaman pertama pencarian atau urutan pertama, makin besar kemungkinan orang bakal mampir ke website-mu. Nah, SEO ini sangat fokus sama kata kunci yang dicari user. Jadi dengan teknik SEO, kamu bisa temuin user yang tepat buat semua konten yang kamu buat.

Ini bisa ngasih manfaat buat user karena mereka bisa dapetin konten yang sesuai sama yang mereka cari. Kalo manfaatnya buat user oke, pasti mereka bakal kembali lagi ke website-mu dan baca konten-konten terbaru yang kamu buat, baca Belajar SEO Untuk Pemula: Konsep Dasar, Strategi, dan Tren Terbaru.

Apa sih manfaat dari SEO?

Pertama-tama, dengan menerapkan SEO pada website kamu, kamu bisa meningkatkan traffic pengunjung ke website kamu. Ini artinya website kamu akan muncul di halaman pertama mesin pencari dan pengunjung akan lebih mudah menemukannya.

Selain itu, teknik SEO juga membantu website kamu lebih relevan dan tepat sasaran dengan target pengunjung. Mesin pencari akan mempertimbangkan kata kunci yang diinputkan oleh pengunjung untuk menemukan website kamu yang paling relevan.

Manfaat lainnya adalah meningkatkan kepercayaan pengunjung terhadap website kamu. Website yang tampil di halaman pertama mesin pencari dianggap lebih relevan dan bisa memberikan informasi yang dibutuhkan oleh pengunjung.

Bagi para pembisnis atau marketer, menerapkan SEO juga dapat membantu meningkatkan brand awareness. Website kamu akan muncul di halaman pertama mesin pencari dan semakin banyak orang yang mengetahui tentang brand kamu.

Yang terakhir, dengan memanfaatkan SEO, kamu bisa melakukan promosi secara berkelanjutan tanpa biaya tambahan. Kamu tidak perlu membayar iklan Google Ads dan tetap bisa mempromosikan brand kamu 24 jam sehari selama website kamu masih ada.

Cara Kerja SEO (Apa Itu SEO?)

Cara Kerja SEO (Apa Itu SEO?)

Cara Kerja SEO (Apa Itu SEO?)

Jadi gini Lur, mesin pencari tuh jadi bantuan buat orang cari topik yang lagi dicari-cari gitu Lur. Nah, untuk bisa masuk ke hasil pencarian itu, kamu harus pilih kata kunci yang tepat buat artikel atau konten yang mau kamu publikasiin.

Tapi, cuma pilih kata kunci aja nggak cukup. Kamu juga harus tau cara kerja mesin pencari dan bagaimana bisa websitemu bisa di-tempat-in di peringkat 1 sampe 3.

Nah, mesin pencari tuh punya tiga tugas utama buat filter permintaan yang kamu masukin.

Pertama, Crawling. Proses ini jadi yang pertama dilakuin sama mesin pencari. Nah, Bot-nya bakal kerjain proses ini terus-menerus buat kumpulin informasi detil dari websitemu, kayak halamannya, judulnya, kata kuncinya, gambar, dan link internal yang ada di websitemu.

Kedua, Indexing. Setelah Crawling selesai, data-data dari websitemu bakal disimpan di database search engine dengan kata kunci tertentu. Kalo halamannya belum terindex, berarti nggak bakal tampil di search engine.

Ketiga, Processing. Proses ini terjadi kalo mesin pencari dapet permintaan dari user dengan kata kunci yang dimasukin. Nah, mesin pencari bakal membandingin kata kunci itu dengan website-website yang udah terindex di databasenya.

Terus ada yang namanya Calculating Relevancy. Proses ini jadi pembandingin halaman-halaman websitemu dengan kata kunci yang dimasukin oleh user buat cari websitemu yang relevan. Kalo relevannya tinggi, kemungkinan websitemu bakal muncul di halaman utama mesin pencari.

Setelah itu ada Retrieval. Proses ini jadi cara mesin pencari ngasihin halaman websitemu yang relevan buat permintaan user. Tiap mesin pencari punya algoritma yang beda-beda buat tentuin halaman yang bakal ditampilin di halaman pertama. Jadi, hasil pencarian bakal beda-beda walau pake kata kunci yang sama.

Yang terakhir, Ranking. Mesin pencari nggak seenaknya aja tentuin ranking pencarian. Mereka bakal kerjain proses di atas buat tentuin halaman websitemu yang relevan sama user yang lagi ngasihin inputan kata kunci. Nah, inilah yang jadi bagian dari SEO (Search Engine Optimization). Kalo websitemu relevannya tinggi, kemungkinan bakal dapet ranking teratas.

Jadi, SEO itu bakal kerja buat optimize keyword yang digunain sama mesin pencari biar websitemu gampang diindex. Dengan begitu, halamanmu bakal dapet ranking teratas dan tampil di halaman utama mesin pencari sesuai sama relevansi kata kunci yang dimasukin sama user di mesin pencari.

Jenis-jenis SEO nih Lur

Jenis-jenis yang harus kamu tahu setelah paham gimana mesin pencari ngambil website buat ditampilin di halaman pertama.

1. SEO on Page

SEO on Page Ini adalah cara buat ngoptimasi halaman depan website kamu dengan ngurusin detail kayak Permalink, Judul Konten, Struktur Konten, Gambar Konten, Sebaran Kata Kunci, Kualitas konten, Internal linking dan Elemen SEO kayak meta description, tag, dll. Jadi, kalo kamu mau website kamu diurutin lebih atas sama mesin pencari, coba praktikin SEO on page ini ya.

Pastinya jangan lupa bikin konten yang relevan supaya mesin pencari bisa nemuin website kamu dengan kata kunci yang tepat.

2. SEO Off Page

SEO Off Page Nah, kalo SEO on page fokusnya ke internal website, beda banget sama SEO off page yang lebih fokus ke eksternal website. Disini, kamu bisa nge-optimasi SEO dengan cara menanam backlink, ningkatin Domain Authority (DA), ningkatin Page Authority (PA), dan promosi di media sosial atau marketing lainnya.

Dengan nge-praktikin SEO off page, website kamu bisa mendapatkan kredibilitas yang tinggi dan akhirnya dapat ditempatin di ranking teratas oleh Google.

3. Technical SEO

Technical SEO Ini adalah cara buat ngoptimasi bagian dalam website, dengan memperhatikan kecepatan website, struktur website, XML Sitemap, keamanan (SSL), tema yang SEO friendly, layout website dan navigasi.

Kalo kamu menerapkan Technical SEO ini, website kamu bakal punya struktur yang bagus dan mudah untuk dibaca sama mesin pencari.

Perbedaan SEO dan SEM

SEO (Search Engine Optimization) dan SEM (Search Engine Marketing) adalah dua strategi digital marketing yang berbeda dalam cara mereka meningkatkan visibilitas website pada hasil pencarian mesin pencari.

SEO bertujuan untuk meningkatkan peringkat website pada hasil pencarian organik dengan cara mengoptimalkan konten website dan struktur website agar sesuai dengan algoritma mesin pencari. Ini dilakukan dengan cara mengoptimalkan keyword, membuat konten berkualitas, memperbaiki struktur website, dan mendapatkan backlink dari situs web otoritatif. SEO bertujuan untuk meningkatkan jumlah trafik organik ke website tanpa harus membayar iklan.

Sementara itu, SEM adalah strategi pemasaran digital yang melibatkan pembayaran iklan untuk meningkatkan visibilitas website di mesin pencari. Ini meliputi pembayaran iklan PPC (pay-per-click), yang memungkinkan pengiklan untuk memasang iklan pada hasil pencarian mesin pencari. Iklan PPC ditempatkan di bagian atas halaman hasil pencarian dan diberi label “Iklan” untuk membedakannya dari hasil pencarian organik.

Jadi, perbedaan utama antara SEO dan SEM adalah bahwa SEO adalah upaya untuk meningkatkan peringkat organik website pada hasil pencarian mesin pencari, sedangkan SEM adalah upaya untuk meningkatkan visibilitas website melalui pembayaran iklan pada hasil pencarian mesin pencari.

Itulah pengenalan dari apa itu SEO dan Manfaatnya, untuk artikel selanjutnya kita akan membahas secara detail lur bagaimana sih mengoptimasi SEO On Page, SEO Off Page, dan Technical SEO, jangan lupa tulis di komentar ya?.

Kesimpulan dari apa itu SEO?

Secara singkat, SEO (Search Engine Optimization) adalah teknik dan strategi yang digunakan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas lalu lintas organik pada sebuah website dengan cara meningkatkan peringkat website tersebut pada hasil pencarian mesin pencari seperti Google.

Hal ini dilakukan dengan mengoptimalkan berbagai aspek pada website, seperti konten, struktur, dan tautan, sehingga mesin pencari dapat memahami dan menampilkan website tersebut pada posisi teratas pada halaman hasil pencarian.

Dalam melakukan optimasi SEO, sangat penting untuk memahami bagaimana mesin pencari bekerja dan mengapa suatu website muncul pada posisi tertentu pada halaman hasil pencarian. Dengan memahami ini, kita dapat melakukan strategi SEO yang efektif untuk meningkatkan visibilitas dan kredibilitas website, sehingga dapat mendatangkan lalu lintas organik yang lebih banyak dan relevan.

Sumber: upttik.undiksha.ac.id, www.hostinger.co.id, dreambox.id dan dari sumber lainya.

Jangan lupa untuk berlangganan artikel kami secara gratis di Google News

Tinggalkan Balasan

WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
👋 Hi, how can I help?