4 Perbedaan Promosi Offline dan Online

perbedaan online dan offline marketing
Online Marketing dan Offline Marketing

Perbedaan Promosi Offline dan Online, Promosi merupakan suatu kegiatan pemasaran yang mempunyai peran penting bagi perusahaan untuk mempertahankan perusahaannya dan meningkatkan kualitas penjualan dalam memasarkan barang atau jasa perusahaan.

Promosi Offline dan Online

Promosi atau Marketing adalah semua bentuk komunikasi yang menginformasikan atau mengingatkan orang tentang suatu produk yang dihasilkan oleh perusahaan, individu, atau rumah tangga.

Berikut ini keuntungan promosi adalah:

  • Meningkatkan omzet penjualan
  • Menambah jumlah konsumen
  • Meningkatkan kinerja perusahaan

Henry Simamora dalam bukunya menulis bahwa ada beberapa alasan pemasar melakukan promosi, yaitu untuk memberikan informasi, merangsang permintaan, membedakan produk, mengingatkan pelanggan saat ini, memblokir promosi pesaing, menanggapi berita negatif, dan memuluskan fluktuasi permintaan.

Promosi dapat dilakukan baik secara offline maupun online, dengan perkembangan teknologi semakin banyak media yang dapat digunakan untuk melakukan promosi. Akan tetapi jika anda melakukan sebuah kesalahan dalam marketing online atau pun offline bisa produk kita tidak laku.

Apa itu Marketing offline dan online?

Apa bedanya?

Apa itu promosi offline dan online?
Apa itu Marketing offline dan online?

Beda Offline dan Online Marketing, Promosi offline adalah proses dimana produsen bertemu langsung dengan calon buyer guna menawarkan barang/jasa kepada konsumen hingga terjadi proses jual beli.

Promosi Online atau digital marketing adalah, proses transaksi penjualan barang dan jasa yang menggunakan teknologi elektronik yang dapat memudahkan konsumen. Promosi ofline atau online keduanya memiliki peranan penting dalam pemasaran produk akan tetapi keduanya memiliki perbedaan. Berikut perbedaan promosi online dan Offline diantaranya:

1). Yang pertama dari segi manfaat. Dalam promosi online ini, lebih mudah bagi produsen untuk mempromosikan produk dan jasanya kepada pelanggan yang jauh. Dan mengurangi biaya untuk mengunjungi konsumennya secara langsung, dan konsumen dapat membeli produk atau jasa secara online tanpa perlu repot datang ke toko.

2). Sedangkan dalam promosi offline, dengan adanya transaksi langsung dimana produsen dan konsumen bertemu akan membuat konsumen semakin percaya diri untuk membeli produk atau jasa yang ditawarkan.

3). Perbedaan dalam hal biaya pemasaran. Promosi online lebih murah daripada biaya promosi offline, karena hanya dengan membuat situs sendiri atau mendistribusikan di situs atau media sosial yang sudah ada, sedangkan dalam pemasaran offline perlu mencetak dan memperbanyak brosur, iklan dan juga butuh tenaga untuk mendistribusikannya.

4). Dari segi luasnya pemasaran, promosi online memiliki lokasi pemasaran yang lebih luas, tanpa batas wilayah karena siapapun yang memiliki internet dapat mengaksesnya.
Dari segi tingkat kepercayaan konsumen, promosi offline terlihat lebih meyakinkan karena konsumen bisa bertemu langsung dengan orang yang menawarkan produk.

Sama-sama Penting

Dari perbedaan marketing online dan offline dapat analisis kelebihan dan kekurangan promosi offline dan marketing online. Jika kita ingin memulai usaha, kita dapat memilih diantara kedua promosi tersebut dengan bijak dalam memanfaatkannya.

Baca juga: Jasa digital marketing terbaik

Dengan membuat pemasarannya semenarik mungkin, serta disarankan juga lebih baik menggunakan kedua cara tersebut. Dikarena akan lebih meyakinkan dalam membangun kepercayaan (brand awareness) dengan konsumen sehingga konsumen yang jauh lebih mempercayai produk kita.

Jika anda membutuhkan jasa untuk digital marketing perusahaan atau instansi silahkan hubungi kami melalui kontak.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here