Lompat ke konten

Cara Membuat Infografis Di Powerpoint [+ Template Gratis]

  • Rangga 
Cara Membuat Infografis Di Powerpoint

Cara Membuat Infografis Di Powerpoint – Mungkin menakutkan untuk membuat infografis Anda sendiri ketika Anda tidak memiliki latar belakang desain. Anda selalu dapat menugaskan agensi atau menyewa seorang desainer — tetapi itu bisa menjadi mahal dengan cepat. Untuk membuat infografis yang terlihat profesional dan memikat audiens Anda, Anda dapat memperoleh manfaat dari mempelajari cara membuat infografis Anda sendiri di PowerPoint.

PowerPoint dapat menjadi teman terbaik pemasar dalam hal pembuatan konten visual. Faktanya, Infografis adalah jenis pemasaran konten keempat yang paling banyak digunakan. Dan jelas untuk melihat mengapa, pemasar yang menyelaraskan topik, konten, dan gaya infografis mereka dengan kebutuhan dan preferensi audiens target mereka masih menemukan kesuksesan di antara audiens mereka.

Jadi Anda mungkin berpikir, dari mana saya harus memulai? Kami akan memandu Anda melalui cara membuat infografis Anda sendiri dan bahkan memberi Anda contoh berbagai jenis yang dapat Anda gunakan menggunakan 15 template infografis luar biasa kami secara gratis di dalam PowerPoint.

Cara Membuat Infografis di PowerPoint

Langkah 1: Di Tab Desain, sesuaikan Ukuran Slide agar sesuai dengan infografis Anda.
Langkah 2: Pilih SmartArt dari bilah navigasi PowerPoint.
Langkah 3: Temukan grafik yang sesuai dengan data Anda dari menu Proses atau Gambar.
Langkah 4: Tambahkan atau hapus titik data, stempel waktu, atau informasi penting lainnya.
Langkah 5: Masukkan data Anda ke dalam grafik.
Langkah 6: Edit teks dan citra grafik SmartArt Anda.

Untuk pemahaman yang lebih baik, kita akan membahas cara membuat infografis garis waktu sederhana di PowerPoint.

1. Di Tab Desain, sesuaikan Ukuran Slide agar sesuai dengan infografis Anda.

Untuk mulai membuat infografis dari awal, Anda harus menyesuaikan kembali ukuran Slide PowerPoint untuk memberi Anda lebih banyak ruang untuk dikerjakan.

Mulailah dengan membuka PowerPoint baru, di bilah navigasi atas, klik Desain dan pilih Ukuran Slide.

cara membuat infografis langkah #1: buka ukuran slide di tab desain

cara membuat langkah infografis #1: sesuaikan ukuran slide di pengaturan halaman

Kemudian di menu tarik-turun, pilih salah satu ukuran yang telah ditentukan atau klik Pengaturan Halaman.

cara membuat infografis di powerpoint langkah #1: masukan lebar dan tinggi infografis

Masukkan dimensi lebar dan tinggi yang Anda inginkan dan klik OK.

cara membuat infografis di powerpoint langkah #1: atur lebar dan tinggi yang diinginkan

2. Pilih SmartArt dari bilah navigasi PowerPoint.

Untuk membuat grafik garis waktu di PowerPoint, cocok untuk infografis apa pun, buka PowerPoint dan klik Sisipkan dari bilah navigasi atas, lalu pilih ikon SmartArt di bawah bilah navigasi, tempat Anda akan menemukan beberapa kategori grafik untuk dipilih.

cara membuat infografis di powerpoint langkah #2: pilih SmartArt

3. Temukan grafik yang sesuai dengan data Anda dari menu Proses atau Gambar.

Ada dua kategori grafik yang membuat garis waktu efektif. Yang pertama adalah kategori Proses. Klik opsi ini untuk memperluas menu grafik yang ditunjukkan di bawah ini.

Membuat Grafik untuk Garis Waktu

Jika Anda sedang bekerja untuk membuat infografis garis waktu, kami telah menyorot dengan warna merah beberapa grafik terkait garis waktu yang paling pas.

cara membuat infografis di powerpoint langkah #3: temukan grafik yang sesuai dengan data Anda

Selain dari menu Proses grafik, Anda juga akan menemukan grafik garis waktu yang layak dalam kategori Gambar. Pilih kategori ini dan Anda akan menemukan opsi Alternating Picture Circles di dekat bagian tengah menu grafik. Kami telah menyorotnya dengan warna merah, di bawah.

cara membuat infografis di powerpoint langkah #3: explore gambar grafis

4. Menambah atau menghapus titik data, stempel waktu, atau informasi penting lainnya.

Demi instruksi ini, kami akan menggunakan grafik Alternating Picture Circles dari menu Picture. Setelah Anda menyisipkan grafik ini ke slide PowerPoint pertama Anda, Anda dapat menambahkan atau menghapus ikon melingkar agar sesuai dengan tipe data dan input yang Anda presentasikan.

cara membuat infografis di powerpoint langkah #4: menambah atau menghapus titik data, stempel waktu, atau informasi lainnya

5. Masukkan data Anda ke dalam grafik.

Pada titik ini, ukuran grafik garis waktu Anda harus sesuai dengan jumlah data yang Anda miliki. Mulailah mengisi timeline Anda dengan informasi yang Anda rencanakan untuk dilaporkan menggunakan timeline ini dan jelajahi fitur drag and drop PowerPoint yang sangat baik untuk membantu mengatur grafik seperlunya.

6. Edit teks dan citra grafik SmartArt Anda.

Seperti grafik lain yang tersedia di SmartArt PowerPoint, Anda dapat mengedit teks dan gambar yang terkait dengan garis waktu sesuai keinginan Anda. Seperti yang Anda lihat di bawah, kami telah mengedit tahun dan gambar untuk lebih mewakili apa yang terjadi pada setiap titik waktu.

Untuk menyisipkan gambar ke grafik garis waktu Anda, klik kanan ikon lanskap persegi, pilih grafik Dari File dan unggah gambar dari komputer Anda ke slide PowerPoint Anda.

cara membuat infografis di powerpoint langkah #6: edit teks dan gambar grafik SmartArt Anda

Untuk menceritakan kisah Anda, Anda dapat memperbarui periode waktu di lingkaran tengah, mengganti teks placeholder, dan menyesuaikan visual dan warna sesuai keinginan Anda. Untuk penyesuaian terakhir tersebut, Anda dapat memilih Sisipkan > Bentuk di PowerPoint untuk menambahkan visual yang berbeda dan menggunakan ikon ember cat (alias Isi Warna) untuk mengubah warna elemen yang berbeda.

Anda dapat memilih untuk membuat infografis yang Anda sukai, menambahkan warna latar belakang, lebih banyak citra, atau elemen visual lainnya sesuka Anda, tetapi demi memandu Anda melalui cara dasar untuk membuat infografis Anda sendiri, contohnya berhenti di sini.

Tetapi jika Anda mencari sesuatu yang lebih nyaman, Anda dapat mengunduh beberapa template infografis kami yang terbuka langsung di PowerPoint sehingga Anda dapat membuat lebih cepat.

Contoh Infografis PowerPoint

1. Contoh Infografis Data-Centric

Infografis dan visualisasi data adalah selai kacang dan jeli dunia konten visual.

Saat Anda memiliki data baru untuk diungkapkan kepada dunia, Anda dapat menggunakan infografis untuk menampilkan data tersebut sebagai bagian dari narasi visual yang kohesif. Dan itulah gunanya template Data Geek.

Template infografis Data Geek

Kami telah memuat template ini dengan berbagai bagan dan grafik yang berbeda, yang dapat Anda perbarui dengan mudah dengan data Anda sendiri. (Cukup klik kanan pada grafik, pilih Edit Data, dan Anda akan dapat menyesuaikan nilai dalam spreadsheet Excel.)

Apa yang Harus Ditambahkan ke Infografis Data-Centric

  • Bagan kolom: Gunakan untuk membandingkan kategori yang berbeda atau untuk menunjukkan perubahan dari waktu ke waktu (dari kiri ke kanan).
  • Diagram lingkaran: Gunakan untuk membuat perbandingan sebagian ke keseluruhan. (Catatan: Mereka bekerja paling baik dengan kumpulan data kecil.)
  • Grafik garis: Gunakan untuk menampilkan data yang terus berubah dari waktu ke waktu. Ideal untuk menampilkan volatilitas, tren, akselerasi, atau deselerasi.
  • Bagan donat: Gunakan diagram lingkaran. Variasi gaya ini memungkinkan Anda untuk menempatkan angka, grafik, atau visual lainnya di tengah bagan.
  • Bagan batang: Gunakan bagan kolom. (Bilah horizontal memudahkan untuk menampilkan nama kategori yang panjang.)

2. Infografik Linimasa

Menceritakan sejarah industri, produk, merek, tren, atau taktik tertentu bisa menjadi topik yang bagus untuk sebuah infografis. Dan meskipun ada berbagai cara berbeda untuk memvisualisasikan waktu — termasuk dalam lingkaran, yang kami lakukan dengan infografis pembaruan algoritme Google kami — garis waktu sejauh ini merupakan metode desain yang paling umum dan termudah untuk digunakan.

Template infografis Timeline untuk PowerPoint

Praktik Terbaik Infografis Linimasa

  • Riset. Riset. Riset. Infografis garis waktu terbaik tidak hanya dirancang dengan indah — mereka juga menceritakan kisah hebat berdasarkan penelitian ekstensif. Jadi sebelum Anda memulai fase desain infografis Anda, luangkan waktu untuk menampilkan informasi terbaik.
  • Mempersempit ruang lingkup: Garis waktu yang mencakup ratusan atau ribuan tahun tentu saja menarik, tetapi juga dapat memerlukan penelitian selama berminggu-minggu atau berbulan-bulan. Untuk menjaga kewarasan Anda, tetaplah dengan periode waktu yang lebih singkat.
  • Buat salinan Anda tetap ringkas: Infografis seharusnya visual. Jika Anda menemukan diri Anda menulis 100+ kata untuk setiap tanggal di timeline Anda, posting blog mungkin merupakan format konten yang lebih baik.

3. Infografis Desain Modern

Untuk template infografis ini, kami ingin melakukan sesuatu yang mencerminkan tren desain modern, termasuk menggunakan spanduk dan panah.

Dalam hal konten, kami menyediakan banyak ruang untuk statistik dan salinan. Ada juga bagan kolom di bagian bawah. Tapi ingat, Anda selalu dapat menambahkan bagan dan grafik yang berbeda ke template di mana pun Anda mau. Cukup pilih Sisipkan > Bagan … dan Anda akan memiliki beberapa opsi untuk dipilih.

Template infografis Hipster

Praktik Terbaik Infografis Desain Modern

  • Bereksperimenlah dengan palet warna baru. Ada banyak palet warna online gratis. Tidak percaya padaku? Lakukan pencarian gambar Google “Palet Warna”. Saat Anda menemukan palet yang Anda suka, seret gambar langsung ke presentasi PowerPoint Anda. Selanjutnya, pilih ember Isi Warna, pilih Lebih Banyak Warna … dan klik ikon pipet. Dengan alat pipet, Anda dapat memilih warna dari palet Anda dan menggunakannya untuk elemen dalam infografis Anda.

Luangkan waktu untuk memanipulasi bentuk. PowerPoint memiliki pustaka bentuk yang luas — termasuk spanduk, pita, dan panah — yang dapat Anda gunakan dalam desain infografis Anda. Dengan mengklik dan menyeret berlian kuning kecil yang muncul pada bentuk ini, Anda dapat menyesuaikannya. Misalnya, Anda bisa membuat ujung runcing pita lebih panjang atau lebih pendek, atau membuat badan panah lebih tipis atau lebih tebal.

4. Flowchart Infografis

Sementara di permukaan infografis diagram alur mungkin tampak sederhana dan menyenangkan, banyak pemikiran dan perencanaan perlu dilakukan untuk memastikan bagian yang berbeda secara logis mengalir satu sama lain.

Dalam template diagram alur PowerPoint kami, kami membuat struktur diagram alur dasar, dengan respons positif memandu pemirsa ke kesimpulan di kiri bawah infografis dan tanggapan negatif memandu pemirsa ke kesimpulan terpisah di kanan bawah infografis.

Template infografis Flowchart

Flowchart Infografis Praktik Terbaik

  • Gambarlah cabang-cabangnya terlebih dahulu. Sebelum Anda masuk ke PowerPoint, keluarkan pena dan kertas dan buat garis besar diagram alur Anda. Uji kelemahan logika Anda dengan menjawab pertanyaan dalam setiap kemungkinan kombinasi dan lihat di mana Anda akan berakhir. Untuk hasil terbaik, mintalah teman atau rekan kerja menjalankan diagram alur juga.
  • Semakin kecil cakupannya, semakin mudah eksekusinya. Semakin banyak pertanyaan atau tahapan yang Anda tambahkan ke diagram alur, semakin sulit untuk dibuat (dan semakin sulit bagi pemirsa untuk memahami). Jadi cobalah untuk mempersempit fokus diagram alur Anda.

5. Infografis Penuh Gambar

Sejauh ini, template infografis yang telah kita lihat sebagian besar mengandalkan ilustrasi yang dapat Anda buat dalam PowerPoint. Tapi tentu saja, tidak ada alasan mengapa Anda tidak bisa membawa foto eksternal dan gambar lain ke dalam desain infografis Anda.

Kami telah membuat template infografis penuh gambar ini untuk tujuan yang tepat. Ini bagus untuk membandingkan berbagai kategori, ide, atau hasil, dan karena Anda tidak perlu membuat atau menyesuaikan banyak bentuk, itu jauh lebih sedikit pekerjaan.

Gambar Template infografis berat

Praktik Terbaik Infografis Penuh Gambar

  • Gunakan gambar berkualitas tinggi. Lebih baik memperkecil ukuran gambar besar (misalnya 2.000 piksel kali 2.000 piksel) daripada memperbesar gambar kecil (misalnya 20 piksel kali 20 piksel) agar sesuai dengan ruang tertentu. Pendekatan terakhir akan menghasilkan gambar yang tampak berpiksel dan berbintik.
  • Gunakan batas. Menambahkan batas ke gambar Anda akan membantu membuatnya merasa seperti bagian dari desain yang kohesif. Di PowerPoint, Anda dapat mengontrol ukuran, gaya, dan warna batas di bawah tab Format Gambar.
  • Simpan infografis Anda sebagai file PNG. Ini adalah praktik terbaik untuk semua infografis tetapi sangat relevan saat menerbitkan infografis yang berisi foto. Ekstensi PNG menawarkan kualitas yang lebih baik daripada opsi lain. Untuk menyimpan infografis Anda yang sudah selesai sebagai file PNG, Anda hanya perlu memilih File > Save As … dan pilih PNG dari dropdown.

Baca Juga: Jasa Pembuatan Website Company Profile Gresik

Buat Infografis yang Menarik Hari Ini

Kemungkinannya tidak terbatas ketika Anda menemukan cara untuk mulai membuat infografis. Anda akan dapat memperluas keterampilan Anda sebagai pemasar dan membuat konten yang lebih rumit sehingga audiens Anda akan tertarik dan terlibat. Kami harap artikel ini bermanfaat bagi Anda dan Anda akan mengambil inisiatif untuk membuat infografis Anda sendiri di PowerPoint.

Tinggalkan Balasan

WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
👋 Hi, how can I help?