Lompat ke konten

Upgrade SEO 2023 Untuk Pemula

Upgrade SEO 2023 Untuk Pemula

SEO (Search Engine Optimization) adalah teknik atau strategi untuk meningkatkan kemungkinan website atau blog kita ditemukan oleh pengguna (pencari informasi) dengan lebih mudah. Untuk ditemukan oleh pengguna, website kita harus berada di peringkat pertama dan halaman pertama pada mesin pencari seperti Google atau Bing.

Apa Itu SEO Basic 2023?

Namun, SEO adalah teknik yang tidak pasti karena kita harus mengikuti pembaruan algoritma mesin pencari utamanya Google. Google selalu melakukan perubahan pada algoritmanya dan selalu memastikan hasil pencarian yang relevan dan berkualitas bagi penggunanya.

Meskipun demikian, SEO memiliki manfaat dalam meningkatkan visibilitas website kita di mesin pencari. Namun, ada juga kekurangan dalam pengoptimalan website dengan teknik SEO yang perlu diketahui sebelum memulai.

Mengapa Harus Mengikuti Aturan Google?

Google tetap menjadi mesin pencari yang paling dominan meskipun di beberapa negara tertentu kalah bersaing dengan mesin pencari lain. Banyak pengguna awam masih menggunakan Google untuk mencari, mendapatkan, dan mengolah data dan informasi di internet.

Mengikuti aturan Google memiliki kelebihan dalam mempromosikan website kita melalui SEO. SEO membantu website kita muncul di hasil pencarian mesin pencari seperti Google atau Bing, sehingga mendatangkan trafik organik yaitu pengunjung yang datang langsung ke website kita dari search engine atau sosial media.

Kelebihan dan Kekurangan SEO

Kelebihan SEO:

  1. Trafik organik: SEO membantu situs dan website kita muncul di hasil pencarian mesin pencari seperti Google atau Bing, sehingga mendatangkan trafik organik, yaitu pengunjung yang datang langsung ke website kita dari search engine atau sosial media.
  2. Biaya bisa lebih murah: Biaya SEO bisa lebih murah atau lebih mahal tergantung pada penargetan kata kunci dan tingkat persaingan dengan kompetitor. Namun, menargetkan kata kunci super panjang bisa jadi lebih murah karena persaingannya rendah.
  3. Target hasil jangka panjang: Dengan teknik promosi menggunakan SEO, hasilnya tidak bisa dirasakan secara instan karena SEO perlu dibangun dengan kualitas. Namun, hasilnya bisa bertahan dalam jangka panjang.
  4. Jangkauan bisa lebih luas: SEO membantu website kita menjangkau audiens yang lebih luas, bahkan jika mereka tidak mengetahui nama website kita.

Kekurangan SEO:

  1. Membutuhkan waktu lama: Teknik SEO membutuhkan waktu yang lama untuk membangunnya secara kualitas karena harus memperhatikan banyak faktor yang bisa mempengaruhi hasil SEO tersebut.

Bergantung pada mesin pencari: Teknik SEO bergantung pada mesin pencari karena teknik yang digunakan untuk mesin pencari agar bisa menemukan dan menampilkan website kita.

Algoritma yang Terus Berubah

Algoritma yang Terus Berubah

Algoritma yang Terus Berubah Sumber: https://tinuiti.com/

Grafik di atas menunjukkan perubahan algoritma Google yang terjadi setiap tahun dan terkadang secara tiba-tiba, seiring dengan perkembangan hasil pencarian dan teknologi.

Biaya yang Tinggi Untuk hasil yang baik, SEO bisa membutuhkan biaya yang tinggi, terutama untuk membangun backlink berkualitas dari situs-situs besar.

Backlink berkualitas dari situs web besar tidak gratis, kecuali konten Anda dimuat di situs mereka, di mana mereka dapat memberikan link secara gratis. Namun, faktanya banyak situs besar yang membayar untuk menempatkan link di postingan konten mereka.

Persaingan yang Tinggi Saat ini, banyak situs web berlomba untuk mendapatkan peringkat tinggi di mesin pencari, membuat persaingan untuk peringkat mesin pencari menjadi sangat ketat.

Terutama untuk kata kunci pendek dengan volume pencarian tinggi, sulit untuk bersaing dengan situs web yang sudah mapan.

Namun, walaupun algoritma Google terus diperbarui, dasar-dasar ilmu SEO (Optimisasi Mesin Pencari) tetap tidak berubah.

Pengujian kecepatan loading website bisa menggunakan GTmetrix

Pengujian kecepatan loading website bisa menggunakan GTmetrix

Berikut adalah panduan dasar atau Basic SEO 2023:

  1. Kecepatan loading website sangat mempengaruhi SEO.
  2. Pengujian kecepatan loading website bisa menggunakan GTmetrix.
  3. Faktor-faktor yang mempengaruhi kecepatan loading website: kualitas server hosting, ukuran file gambar, struktur website, jumlah iklan, penggunaan plugin, script atau kode yang berlebihan, dan tidak menggunakan teknologi cache.
  4. Konten berkualitas dengan topik atau pembahasan yang fokus dan panjang konten minimal 1000 kata per artikelnya sangat penting dalam SEO. Hindari thin content atau konten yang sedikit informasinya. Konten harus unik, dengan struktur mudah dibaca dan selalu ter-update secara terjadwal.
  5. Gunakan riset kata kunci untuk memilih kata kunci yang tepat untuk memenangkan persaingan di hasil pencarian mesin pencari.
  6. Perhatikan kualitas backlink yang masuk ke website kita. Mesin pencari menganggap backlink sebagai “suara” atau rekomendasi dari situs lain untuk situs kita. Hal yang perlu diperhatikan dalam kualitas backlink adalah berasal dari situs yang relevan dan otoritasnya tinggi.

 

Baca juga: Pengertian SEO dan Manfaatnya Bagi Bisnis

Ringkasan SEO Basic 2023

SEO dapat digunakan untuk mempromosikan website dengan biaya yang tidak murah.

Beberapa hal dasar yang perlu diperhatikan sebelum memulai optimasi SEO, antara lain:

  1. Kecepatan loading website
  2. Konten harus unik, panjang, dan informatif
  3. Backlink berkualitas lebih penting daripada kuantitas
  4. Struktur website harus mendukung perangkat mobile
  5. Ukuran gambar harus dioptimalkan agar situs tidak terlalu berat.

Tinggalkan Balasan

WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
👋 Hi, how can I help?