Lompat ke konten

5 Fungsi Manajemen Sumber Daya Manusia Yang Perlu Diketahui Setiap Manajer SDM

  • Rangga 
Manajemen Sumber Daya Manusia

Ada sesuatu yang dibutuhkan setiap perusahaan untuk beroperasi, terlepas dari industri atau produknya, dan itu adalah manusia.

 

Sama seperti ada profesional yang mengkhususkan diri dalam mengelola produk dan layanan, ada juga kebutuhan untuk manajemen sumber daya manusia.

Pelajari apa itu dan fungsi utama yang dibutuhkan setiap HRM untuk beroperasi.

Baru-baru ini, kami mendengar istilah “Operasi Orang” lebih sering digunakan daripada sumber daya manusia. Apakah mereka sama? Tidak tepat. People ops secara teknis dianggap sebagai bagian dari HR. Namun, di banyak perusahaan, mereka digunakan secara bergantian.

Sementara sumber daya manusia fokus pada pilar struktural dan hukum seperti perekrutan, kepatuhan, kompensasi, dan tunjangan, people ops melihat implikasi budaya dan fokus pada hal-hal seperti kepuasan karyawan, produktivitas, dan keragaman dan inklusi.

5 Fungsi Utama Manajemen Sumber Daya Manusia

1. Rekrutmen dan Kepegawaian

Ketika Anda memikirkan SDM, rekrutmen dan penempatan staf mungkin adalah hal pertama yang Anda pikirkan.

HRM membutuhkan kerja bahu membahu dengan perekrut untuk mengidentifikasi talenta terbaik, menetapkan anggaran, melakukan pemeriksaan latar belakang, dan menegosiasikan kompensasi dan manfaat.

Selain itu, mereka harus berpengalaman dalam hukum ketenagakerjaan untuk mengetahui bagaimana mematuhi undang-undang federal dan negara bagian mengenai hak-hak pekerja, diskriminasi, dan banyak lagi.

HRM juga mengawasi onboarding, proses mengintegrasikan karyawan baru ke dalam perusahaan. Ini melibatkan pengaturan pelatihan, penyediaan peralatan dan akses ke perangkat lunak yang diperlukan, dan pengenalan tim.

Mengetahui bagaimana karyawan baru merespons mereka dapat membantu memastikan kesuksesan jangka panjang karyawan di perusahaan.

Faktanya, data tahun 2021 oleh Microsoft mengungkapkan bahwa karyawan baru 3,5 kali lebih mungkin puas dengan pengalaman orientasi mereka jika manajer mereka memainkan peran aktif.

Dengan mengetahui informasi ini, mereka dapat mengubah proses untuk meningkatkan keterlibatan manajerial dalam orientasi.

2. Hubungan karyawan

Sebuah studi HBR 2021 menemukan bahwa 89% pekerja tidak puas dengan pekerjaan mereka-85% mengatakan bahwa kesejahteraan mereka telah menurun dan 56% mengatakan bahwa tuntutan pekerjaan mereka meningkat.

Bagi SDM, itu menjadi perhatian utama karena secara langsung dapat menyebabkan atrisi yang tinggi. Profesional SDM ditugaskan untuk mengidentifikasi masalah ini melalui survei NPS internal, rapat, dan metode lainnya, kemudian menerapkan sistem untuk mengatasinya.

Selain tanggung jawab ini, resolusi konflik adalah aspek utama lain dari hubungan majikan-karyawan di tempat kerja. Ini bisa apa saja mulai dari gesekan antara dua karyawan yang tidak akur hingga klaim pelecehan seksual.

Manajemen sumber daya manusia ditugaskan untuk menyelidiki klaim ini dan mengambil tindakan yang tepat untuk menjaga tempat kerja yang aman bagi semua.

Di luar konflik, standar komunikasi juga dapat ditetapkan oleh SDM untuk mempromosikan transparansi dan mendorong keterbukaan. Ini bisa terlihat seperti pertemuan satu lawan satu mingguan wajib antara manajer dan bawahan langsung, pertemuan tingkat lewati bulanan, AMA triwulanan, dan banyak lagi.

3. Pembelajaran dan Pengembangan

Menurut data Glint 2021, memiliki kesempatan untuk belajar dan berkembang sekarang menjadi faktor utama yang dikatakan orang mendefinisikan lingkungan kerja yang luar biasa.

Survei juga menemukan bahwa karyawan yang menilai budaya mereka tinggi 25% lebih mungkin untuk bahagia di tempat kerja dan 31% lebih mungkin untuk merekomendasikan bekerja di organisasi mereka.

Inilah sebabnya mengapa berinvestasi dalam pengembangan karyawan dapat berdampak langsung pada laba perusahaan.

Ini bisa terlihat seperti mengalokasikan tunjangan untuk kursus terkait peran, menyediakan akses ke penyedia pihak ketiga, dan menyelenggarakan pelatihan manajemen. Memiliki opsi yang melayani kontributor individu dan manajer sangat penting untuk memastikan semua karyawan tumbuh.

Setelah program ini berjalan dan berjalan, SDM harus mengevaluasi keefektifannya dan membuat perubahan sesuai kebutuhan.

4. Manajemen Kinerja

Manajemen kinerja adalah fungsi utama SDM lainnya, yang melibatkan pengaturan metrik kinerja, jadwal peninjauan, pedoman pelaksanaan, dan banyak lagi.

Misalnya, apa yang terjadi jika seorang karyawan berkinerja buruk selama kuartal tersebut? Apa langkah-langkah yang dapat mereka dan manajer mereka ambil? Proses ini harus ditentukan oleh SDM.

Dari masa percobaan hingga pemutusan hubungan kerja dan segala sesuatu di antaranya, HRM telah menanggungnya.

5. Budaya Perusahaan

Budaya perusahaan adalah seperangkat nilai, keyakinan, dan perilaku yang menentukan caranya menjalankan bisnis.

Budaya sangat penting karena memengaruhi setiap aspek perusahaan, mulai dari cara karyawan berinteraksi satu sama lain hingga cara mereka melayani pelanggan. Karyawan yang tidak bahagia membuat pelanggan yang tidak bahagia.

HRM memerlukan mencari tahu apa yang diinginkan dan dipedulikan oleh karyawan dan menyeimbangkan mereka dengan sumber daya perusahaan. Misalnya, telah terjadi pergeseran ke kerja jarak jauh sejak awal pandemi pada tahun 2020.

Meskipun ini mungkin tampak terpisah dari budaya perusahaan, betapa mudahnya perusahaan beradaptasi dengan perubahan ini mewakili budaya mereka.

Pada tahun 2020, laporan Glint menemukan bahwa rasa memiliki adalah pendorong budaya kerja tertinggi kedua, di belakang kesempatan untuk belajar dan tumbuh. Bagaimana Anda menciptakan rasa memiliki itu?

Di situlah HRM masuk – menciptakan lingkungan ini dan memastikannya skalabel dan fleksibel.

Manajemen sumber daya manusia adalah bagian penting dari setiap organisasi, memastikan bahwa aset terpenting mereka – orang-orang – memiliki semua yang mereka butuhkan untuk berhasil.

Baca Juga: Jasa Pembuatan Website Company Profile Gresik

Tinggalkan Balasan

WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
👋 Hi, how can I help?