Lompat ke konten

Cara Membuat Rencana 5 Tahunan, Ini Langkah-langkahnya!

Cara Membuat Rencana 5 Tahunan, Ini Langkah-langkahnya!

Cara Membuat Rencana 5 Tahunan – Ketika datang untuk mempekerjakan manajer, kami biasanya memiliki jawaban yang tersedia. Ketika datang ke kehidupan pribadi Anda, apakah Anda memiliki rencana lima tahun?

Di saat yang paling menegangkan dalam hidup saya, perencanaan memberi saya sukacita dan kedamaian yang luar biasa. Tapi siapa bilang Anda harus menunggu tekanan datang? Dalam artikel ini, kami akan menjelaskan mengapa Anda harus membuat rencana lima tahun dan bagaimana membuat rencana yang akan Anda ikuti.

Apa rencana 5 tahun?

Rencana lima tahun adalah garis besar tujuan profesional dan/atau pribadi yang ingin Anda capai selama lima tahun ke depan. Ini biasanya mencakup tujuan luas yang terkait dengan karier, hubungan, kesehatan, dan keuangan yang dipecah menjadi item tindakan dan pencapaian.

Manfaat Perencanaan 5 Tahun

Apakah profesional atau pribadi, rencana lima tahun dapat berfungsi sebagai tempat kembali untuk Anda.

Siapa yang tidak suka awal yang baru?

Cara Membuat Rencana 5 Tahunan, Ini Langkah-langkahnya!

Cara Membuat Rencana 5 Tahunan, Awal Baru dari setiap perjalanan

Lagi pula, itulah mengapa resolusi Tahun Baru sangat populer. Mereka memberi kita sesuatu untuk dinantikan. Ada juga sesuatu yang bisa dikatakan tentang menulis rencana rinci. Ini bisa menjadi motivator yang hebat untuk menggerakkan sesuatu.

Ini membawa kita ke hal berikutnya: kejelasan. Terkadang, jalan terlihat lebih menakutkan daripada yang sebenarnya karena kita tidak benar-benar tahu seperti apa bentuknya.

Membuat rencana seperti menunjukkan senter di jalan yang gelap. Deskripsi yang lebih akurat adalah bahwa jalan yang gelap dan berliku itu berubah menjadi jalan yang jelas di depan. Bukan berarti tidak akan ada gundukan di jalan, tetapi setidaknya Anda tahu persis di mana Anda akan mendarat dan bagaimana menuju ke sana.

Akhirnya, rencana lima tahun dapat berfungsi sebagai pengingat tentang apa yang dipertaruhkan. Dalam kehidupan sehari-hari Anda, mudah untuk melupakan bahwa setiap hari, kita sedang membentuk masa depan kita.

Keputusan yang kita buat hari ini mempengaruhi tampilan hidup kita bertahun-tahun dari sekarang. Memiliki pengingat visual tentang hal ini dapat membuat Anda tetap fokus pada tujuan Anda.

Cara Membuat Rencana 5 Tahun

1. Cari tahu “mengapa” Anda.

Ini adalah satu-satunya langkah terpenting dalam membuat rencana.

“mengapa” yang jelas adalah bintang Utara Anda. Inilah yang akan memandu Anda sepanjang perjalanan dan memotivasi Anda untuk terus bergerak maju.

Mungkin perlu beberapa waktu untuk meminimalkan ini. Anda akan tahu bahwa Anda memiliki jawabannya ketika dikaitkan dengan nilai inti atau keyakinan. Jika tidak, Anda harus terus menggali.

Salah satu cara untuk mendapatkannya adalah dengan mengajukan pertanyaan berulang-ulang.

Sebagai contoh:

Saya ingin belajar Bahasa Isyarat. mengapa?
Untuk lebih berhubungan dengan budaya lain. mengapa?
Untuk memperluas pandangan saya. mengapa?
Jadilah pribadi yang lebih pengertian, toleran, dan inklusif.

Sekarang, kami telah mengambil sesuatu di tingkat permukaan dan membawanya ke tingkat pribadi, manusia.

Pertimbangkan setiap aspek kehidupan Anda

Pertimbangkan setiap aspek kehidupan Anda

2. Pertimbangkan setiap aspek kehidupan Anda.

Saat membuat rencana lima tahun, Anda ingin meninjau hidup Anda secara keseluruhan dan membuat rencana yang sesuai.

Tidaklah cukup untuk merencanakan karir profesional Anda dan bukan karir pribadi Anda. Bagaimanapun, yang satu mempengaruhi yang lain.

Ada empat inti yang harus selalu Anda miliki:

  • Karier
  • Kesehatan (fisik dan mental)
  • keuangan
  • hubungan

Bergantung pada tujuan Anda, Anda juga dapat menambahkan kategori untuk pengembangan, rekreasi, dan layanan keagamaan atau spiritual.

Apakah Anda ingin belajar bahasa baru?

Atau mungkin Anda ingin mengunjungi setiap negara di dunia. Item daftar ember sempurna untuk rencana lima tahun karena Anda dapat menyebarkannya dalam jangka waktu yang lama dan bersenang-senang melacak kemajuan Anda.

3. Jadikan SMART

Untuk memberi Anda peluang sukses terbaik, setiap tujuan harus lulus ujian SMART. Artinya menjadi:

  1. Spesial – Semakin tidak jelas tujuan Anda, semakin sulit untuk dicapai.
  2. terukur – Anda harus dapat mengukur tujuan Anda karena jika tidak, bagaimana Anda tahu bahwa Anda telah mencapainya? Ini tidak selalu berarti memberikan sosok kepadanya, itu juga bisa menjadi perasaan.
  3. Dapat dicapai – Meskipun baik untuk mendorong diri Anda melampaui batas Anda, tujuan Anda harus dapat dicapai dan realistis berdasarkan posisi Anda saat ini.
  4. terkait – Bagaimana tujuan ini cocok dengan gambaran yang lebih besar? Apakah itu sejalan dengan nilai-nilai pribadi Anda? Apa dampaknya bagi hidup Anda?
  5. Waktu terikat – Tidaklah cukup untuk mengatakan itu adalah rencana lima tahun, Anda perlu membuat garis waktu dan menetapkan tonggak pencapaian pada titik tertentu dalam perjalanan Anda.

4. Mulailah dengan ide-ide besar kemudian persempit fokus Anda.

Ketika Anda pertama kali menulis rencana lima tahun Anda, mulailah dengan ide-ide besar dari setiap kategori.

Jika Anda tidak tahu harus mulai dari mana, gunakan ini: “Dalam lima tahun, saya ingin menjadi [fill in the blank]. ”Ini akan membantu Anda mengetahui tujuan yang mungkin belum pernah Anda suarakan sebelumnya.

Dari sana, pecahkan menjadi potongan-potongan kecil.

Ini berarti mengubah ide Anda menjadi item tindakan yang dapat diimplementasikan selama periode waktu tertentu, khususnya dari lima tahun hingga pencapaian bulanan.

Penelitian akan memainkan peran besar dalam hal ini, karena Anda perlu belajar bagaimana mencapai beberapa tujuan Anda. Misalnya, katakanlah rencana keuangan lima tahun Anda bebas utang.

Itu ide yang bagus tetapi Anda harus menyelam lebih dalam. Bagaimana tepatnya Anda akan mencapainya? Riset Anda mungkin akan menyarankan untuk menetapkan anggaran, melunasi pinjaman Anda yang paling mahal terlebih dahulu, mengkonsolidasikan utang Anda, dan banyak lagi.

Setelah Anda mengetahui item tindakan utama, Anda dapat mengelompokkannya berdasarkan tahun, bulan, dan bahkan minggu.

Ini adalah tujuan SMART dalam tindakan. Semakin spesifik Anda, semakin baik Anda memenuhi rencana lima tahun Anda.

Baca juga: 6 Strategi Pemasaran Sosial Media Marketing

Jika Anda ingin menambahkan lebih banyak struktur ke dalam hidup Anda dan memainkan peran yang lebih aktif dalam membentuk masa depan Anda, pertimbangkan untuk membuat rencana lima tahun.

Meskipun segala sesuatunya mungkin tidak berjalan seperti yang Anda harapkan, Anda akan terkejut melihat seberapa jauh Anda akan mencapai apa yang Anda inginkan.

sumber: hupspot.com

Tinggalkan Balasan

WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
👋 Hi, how can I help?