Lompat ke konten

7 Mata Uang Digital Terpopuler di Indonesia

mata uang digital indonesia

Mata Uang Digital Indonesia – Seorang investor harus berhati-hati saat mempertimbangkan cryptocurrency yang mana yang terbaik di investasikan. Seiring berkembangnya perkembangan teknologi, ada begitu banyak cryptocurrency baru yang bermunculan dan fluktuasi harga yang kompleks sehingga membuat investor harus terus mengikuti jalannya berita dan melengkapi pengetahuan tentang cryptocurrency.

Akhir kata, cryptocurrency baru pasti bermunculan, tetapi investor harus mewaspadai aset digital cryptocurrency tertentu berdasarkan promosi, desentralisasi, serta kinerja di masa lalu.

Mata Uang Digital Indonesia

Lebih dari 10 tahun yang lalu Satoshi Nakamoto yang misterius menciptakan Bitcoin dan menjadi awal dari Cryptocurrency pertama dan terpopuler di dunia.

Bitcoin menjadi mata uang digital yang paling banyak ditukar dengan rupiah di Indonesia. Meski demikian, Bitcoin bukan akhir dari Cryptocurrency, karena banyak developer baru, inovator dan spin-off yang telah bermunculan sehingga telah menciptakan lebih dari 7000 jenis Cryptocurrency yang beredar di pasar saat ini.

Ini meninggalkan para investor bertanya-tanya, mata uang digital mana yang terbaik untuk diinvestasikan?

Apa itu mata uang digital?

Mata uang digital adalah aset digital yang dibuat khusus untuk berfungsi sebagai media pertukaran yang menggunakan kriptografi yang kuat untuk mengamankan transaksi keuangan, mengontrol pembuatan unit tambahan dan memverifikasi transfer aset.

Kini berbagai macam aset digital Cryptocurrency telah tersedia, diantaranya Bitcoin, Tether, Bitcoin Cash, Litcoin, Ethereum, Binance Coin dan Polkadot. Bitcoin telah memimpin pasar sejak diciptakan pertamanya pada 2009. Namun, meski telah mencapai titik teratas seharga 20.000 dollar pada Desember 2017, Bitcoin kembali menurun di tahun 2018.

Setelah mengalami keruntuhan Bitcoin kembali naik pada 2021 dengan harga lebih dari 40.000 dollar dan kapitalisasi pasar lebih dari satu triliun dollar.

Tether juga merupakan salah satu dari Cryptocurrency yang paling populer dan disebut stablecoin. Stablecoin adalah Cryptocurrency yang bertujuan untuk mematok nilai pasar mereka ke mata uang atau titik referensi lainnya guna mengurangi volatilitas.

Harga Tether bergantung langsung pada harga dolar Amerika Serikat. Sistem ini memungkinkan para pengguna untuk dengan lebih mudah kembali bertransaksi.

7 Mata Uang Digital Indonesia Terpopuler

Uang digital indonesia populer di indonesia

Berikut adalah penjelasan singkat mengenai beberapa cryptocurrency yang paling populer:

  1. Bitcoin (BTC) adalah cryptocurrency pertama yang diciptakan pada Januari 2009. Harga Bitcoin telah mengalami volatilitas yang tinggi dalam beberapa tahun terakhir, mencapai titik tertinggi sebesar $ 20.000 pada Desember 2017, lalu turun drastis di tahun 2018, dan naik lagi menjadi lebih dari $ 40.000 pada Januari 2021.
  2. Tether (USDT) adalah salah satu stablecoin pertama yang bertujuan untuk mematok nilai pasar mereka ke mata uang atau titik referensi eksternal lainnya untuk mengurangi volatilitas. Harga Tether terkait langsung dengan harga dolar AS, memungkinkan pengguna untuk lebih mudah melakukan transfer dari cryptocurrency lain kembali ke dolar AS dengan lebih tepat waktu.
  3. Bitcoin Cash (BCH) diciptakan pada Agustus 2017 sebagai versi “ringan” dari Bitcoin dengan blok yang bisa menyimpan 8 MB data, sehingga memungkinkan transaksi lebih cepat dan biaya yang lebih rendah.
  4. Litecoin (LTC) diciptakan pada tahun 2011 oleh pendiri Charlie Lee sebagai versi “ringan” dari Bitcoin. Litecoin memperbaiki beberapa kekurangan dari Bitcoin, seperti waktu verifikasi transaksi yang lebih cepat.
  5. Ethereum (ETH) diciptakan pada tahun 2015 dan merupakan salah satu cryptocurrency terpopuler di dunia. Ethereum lebih memilih untuk mendesentralisasikan internet dengan menukar server dengan mekanisme node di penjuru dunia, membuat “satu komputer untuk seluruh dunia”.
  6. Binance Coin (BNB) awalnya dihosting di Ethereum, lalu pindah ke Binance DEX pada tahun 2017. Binance DEX adalah basis terdesentralisasi di mana pengguna bisa melakukan trading cryptocurrency dengan keamanan yang lebih tinggi.
  7. Polkadot (DOT) merupakan cryptocurrency proof-of-stake unik yang ditujukan untuk memberikan interoperabilitas di antara berbagai blockchain. Protokolnya dirancang untuk menghubungkan berbagai blockchain yang diizinkan ataupun tanpa izin serta oracle untuk memungkinkan jaringan bekerja dalam satu atap.Komponen inti Polkadot adalah rantai relay yang mampu menghubungkan interoperabilitas antar jaringan.  Ini juga memungkinkan para pengembang membuat blockchain paralel atau parachain dengan masing-masing token asli untuk kasus penggunaan tertentu.Perbedaan sistem ini dengan Ethereum adalah, di Polkadot, para pengembang tidak hanya dapat membuat aplikasi terdesentralisasi, namun juga dapat membuat blockchain mereka sendiri yang dapat menikmati keamanan yang dimiliki oleh rantai Polkadot. Jadi, Anda sekarang harus mempertimbangkan membeli Altcoin Polkadot (DOT) pada tahun ini.

Baca juga: Apa itu Uang Cryto?, Ini Penjelasan Lengkapnya

Mata Digital Indonesia Digital Marketing Agency

Mata Digital Indonesia adalah sebuah agensi pemasaran digital yang siap membantu Anda meningkatkan visibilitas dan popularitas bisnis Anda di dunia maya. Kami memiliki tim ahli yang berpengalaman dalam bidang SEO, SEM, social media marketing, content marketing, dan lainnya.

Kami menawarkan strategi yang dibangun khusus untuk kebutuhan bisnis Anda sehingga akan membawa dampak yang baik pada pertumbuhan bisnis Anda. Dengan cara ini, Anda akan memperoleh pelanggan baru, meningkatkan penjualan, dan mendorong kepercayaan menjadi lebih baik.

Selain itu, kami juga memberikan layanan yang terjangkau dan didukung dengan analisis yang akurat dan aktual. Bergabunglah dengan kami dan rasakan manfaat dari pemasaran digital yang profesional!

Hubungi kami

 

Tinggalkan Balasan

WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
👋 Hi, how can I help?