Lompat ke konten

Waktu Terbaik untuk Posting di Media Sosial pada tahun 2022

  • Rangga 
Waktu Terbaik untuk Posting di Media Sosial pada tahun 2022

Mata Didigital Indonesia – Waktu Terbaik untuk Posting di Medsos, Media sosial adalah salah satu cara terbaik untuk memperkuat merek Anda dan konten hebat yang Anda buat. Tetapi tidak cukup hanya memposting konten ke sosial kapan pun Anda ingin-posting pada waktu tertentu berkinerja lebih baik daripada yang lain.

Jadi, kapan waktu terbaik untuk memposting di setiap saluran media sosial pada tahun 2022? Kami menyurvei lebih dari 300 pemasar media sosial di Amerika Serikat dan mendapatkan jawabannya.

Sebelum kita masuk ke detail spesifik untuk setiap platform, penting untuk dicatat bahwa untuk survei kami, kami meminta responden untuk menjawab di zona waktu mereka saat ini – dengan 38% responden berada di zona waktu Timur. Ingatlah selalu hal ini saat Anda meninjau informasi dan melihat bagaimana informasi tersebut dapat diterapkan pada merek Anda.

Waktu Terbaik untuk Posting di Instagram

Pada tahun 2022, Instagram telah melampaui 2 miliar pengguna bulanan, dengan sebagian besar basisnya mengakses platform melalui ponsel.

Waktu Terbaik Untuk Posting di Instagram

  • Rata-rata, waktu terbaik untuk memposting di Instagram di berbagai industri adalah tengah hari hingga sore hari, khususnya antara pukul 18:00 dan 21:00, 15:00 dan 18:00, serta pukul 21:00 dan 12:00.
  • Hari terbaik untuk memposting di Instagram adalah hari Sabtu. Yang terburuk adalah pada hari Senin. Namun, ketika membandingkan merek B2C dan B2B, yang pertama melaporkan hari Sabtu sebagai hari terbaik sementara yang kedua mengatakan hari Jumat.
  • Waktu terburuk untuk memposting adalah:

6 pagi hingga 9 malam

9 malam sampai 12 pagi

12 siang sampai 3 sore

Salah satu industri yang melaporkan banyak keberhasilan dalam periode 12-3pm adalah manufaktur dan material, dengan 50% yang disurvei mengatakan ini adalah waktu terbaik untuk merilis.

Waktu Terbaik untuk Posting di Facebook

Ketika waktu terbaik tiba untuk memposting, pemasar melaporkan jumlah yang hampir sama di Facebook seperti yang mereka lakukan di Instagram.

Waktu Terbaik Untuk Posting di Facebook

  • Rata-rata, waktu terbaik untuk memposting di Facebook di seluruh industri adalah di tengah hingga sore hari, khususnya antara jam 6 dan 9 malam, 3 dan 6 sore dan 9 dan 12 malam.
  • Hari terbaik untuk memposting di Instagram adalah hari Sabtu. Yang terburuk adalah pada hari Senin.
  • Waktu terburuk untuk memposting adalah:
    • 6 pagi hingga 9 malam
    • 9 malam sampai 12 pagi
    • 12 siang sampai 3 sore

Industri yang lebih sukses untuk memposting di pagi hari adalah merek pertanian, makanan dan minuman, dengan 50% memilih pukul 9 pagi hingga 12 siang sebagai waktu terbaik untuk memposting di Facebook. Selain itu, 100% pemasar yang disurvei dari merek perjalanan dan perhotelan juga memilih istilah ini.

Waktu Terbaik untuk Posting di Twitter

Platform media sosial berbasis teks ini dikenal menarik pengguna pagi hari yang menggunakan aplikasi untuk mendapatkan berita dan night owl yang ingin berbagi pemikiran larut malam mereka.

Namun, data menunjukkan bahwa waktu terbaik untuk menjangkau pengguna adalah tengah hari, antara tengah hari hingga 9 malam.

Waktu Terbaik Untuk Posting di Twitter

  • 27% pemasar yang disurvei mengatakan pukul 18:00 hingga 21:00 adalah waktu terbaik untuk memposting di platform, diikuti oleh pukul 15:00 hingga 18:00, lalu siang hingga pukul 15:00
  • Tidak seperti Instagram dan Facebook, hari Jumat adalah hari terbaik untuk memposting di platform.
  • Waktu terburuk? Dini hari. Khususnya jam 6 pagi sampai 12 malam

Waktu Terbaik untuk Posting di LinkedIn

Sekitar 28% orang dewasa AS menggunakan LinkedIn untuk berjejaring dan berbagi upaya profesional mereka. Tidak mengherankan, ini adalah satu-satunya platform sosial yang melaporkan hari kerja sebagai salah satu hari teratas untuk memposting.

Waktu Terbaik Untuk Posting di LinkedIn

  • Bertujuan untuk memposting di LinkedIn antara 6 – 9 malam, 3 – 6 sore atau 12 – 3 sore
  • Hari terbaik untuk memposting adalah Sabtu, Minggu, dan Rabu.
  • Hari dengan kinerja terendah adalah Senin dan Jumat.

Waktu Terbaik untuk Posting di Pinterest

  • Waktu terbaik untuk memposting di Pinterest adalah antara pukul 18:00 dan 21:00
  • Waktu terpopuler kedua adalah siang hingga jam 3 sore, dipilih oleh pemasar yang disurvei di bidang konstruksi, jasa keuangan, pertanian, makanan dan minuman, bahan kimia dan logam, manufaktur produk konsumen, serta perjalanan dan perhotelan.
  • 22% merek B2C mengatakan hari Minggu adalah hari terbaik untuk memposting di Pinterest, dibandingkan dengan hanya 6% merek B2B. Sebaliknya, hanya 2% merek B2C yang memilih hari Senin dibandingkan dengan 13% merek B2B.

Waktu Terbaik untuk Menyiarkan di YouTube

Lebih dari 80% orang dewasa AS menggunakan YouTube dan data dari studi Pew Research 2021 menunjukkan bahwa jangkauannya terus meningkat. Jadi, bagaimana Anda bisa mendapatkan jangkauan terbaik di platform? Mari menyelam.

 

Waktu Terbaik Untuk Posting di YouTube

  • Posting antara jam 6 sore dan jam 9 malam (31%), jam 3 sampai 6 sore dan siang sampai jam 3 sore
  • 25% pemasar yang disurvei merekomendasikan memposting pada hari Sabtu sementara 23% mengatakan Jumat adalah hari terbaik untuk memposting.
  • Senin sampai Rabu adalah hari terburuk untuk membuat siaran di platform, bersama dengan pagi hari dari jam 6 pagi sampai jam 9 pagi

Jangka waktu paling populer untuk merek periklanan/pemasaran, elektronik, dan layanan keuangan adalah pukul 15:00 hingga 18:00

Waktu Terbaik untuk Posting di TikTok

Sejak tahun 2020, TikTok telah menjadi platform video pendek yang digunakan untuk pengguna Gen-Z dan Milenium.

Waktu Terbaik Untuk Posting di TikTok

  • Waktu terbaik untuk memposting adalah 6 hingga 9 malam, 3 hingga 6 sore, dan 12 hingga 3 sore.
  • Untuk merek B2B, Sabtu dan Kamis adalah hari terbaik untuk memposting. Untuk merek B2C, Sabtu dan Minggu.
  • Sementara merek transportasi dan jasa keuangan tampaknya berhasil memposting antara pukul 6 dan 9 pagi, sebagian besar pemasar tidak merekomendasikannya.
  • Hari terburuk untuk mengudara di TikTok adalah Selasa, diikuti oleh Senin, lalu Kamis.

Baca juga: Jasa Admin Sosmed, 5 Hal Ini yang Perlu Anda Diketahui!

Membuat Jadwal Siaran yang Efektif

Sementara setiap jejaring sosial melihat peningkatan keterlibatannya pada waktu dan hari tertentu dalam seminggu, Anda masih perlu menyesuaikan pendekatan Anda dengan audiens Anda.

Gunakan data ini sebagai panduan jika Anda belum memiliki cukup data. Setelah Anda mulai memposting secara teratur dan mengumpulkan data, periksa untuk menentukan kapan audiens Anda paling aktif di platform dan jadwal siaran yang paling mereka tanggapi.

Anda mungkin menemukan bahwa jenis konten tertentu berfungsi lebih baik bila diposting pada waktu tertentu. Misalnya, video Anda mungkin berkinerja baik saat disiarkan di pagi hari sementara gambar Anda mungkin tampil lebih baik di sore hari.

sumber: hupspot.com

Tinggalkan Balasan

WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
👋 Hi, how can I help?