Lompat ke konten

Bagaimana Lanskap Bisnis (& Konsumen) Dapat Bergeser di Web 3 [Executive Insights + Podcast Episode]

  • Rangga 
Web 3

Jika Anda bekerja di bidang teknologi, media, atau bahkan pemasaran, Anda mungkin pernah mendengar banyak desas-desus tentang Web 3.

Dan, ketika menyaring semua kebisingan tentang versi internet masa depan, Anda mungkin merasa sulit untuk membedakan semua prediksi dari mitos dan kenyataan. Dan, yang lebih penting, jika Anda mungkin mengajukan pertanyaan seperti, “Bagaimana Web 3 dapat memengaruhi bisnis saya?”, “Apakah saya akan tertinggal jika tidak masuk ke Web 3 sekarang?”, dan “Apakah Web 3 adil? dibangun di atas hype?”

“Saat Anda mendengarkan berita, atau di Twitter, dan orang-orang membicarakan NFT dan Web 3, tampaknya sangat abstrak, futuristik, dan bodoh. Sangat mudah untuk menyangkal semuanya. Saya mengerti,” kata Kipp Bodnar, CMO HubSpot. “Banyak yang akan menjadi omong kosong. Dan banyak yang akan jatuh.”

Namun, Bodnar menambahkan, “Dalam versi terakhir internet, seluruh tugas Anda adalah membuat produk atau proposisi nilai 10 kali lebih baik dari sebelumnya. Pada generasi berikutnya, internet, membuat sesuatu yang orang pikir tidak mungkin menjadi mungkin. ”

“Dan jika Anda tidak dapat menarik trik sulap itu sebagai bisnis selama 10, 20, atau 30 tahun ke depan, Anda tidak akan ada. Karena itulah permainan yang akan berubah. Jangan pikirkan tentang teknologi, pikirkan tentang pengalaman pelanggan yang berubah dan perubahan dari tidak mungkin menjadi mungkin,” kata Bodnar.

Dalam posting ini, kita akan membahas pertanyaan yang mulai ditanyakan oleh bisnis tentang Web 3 dan bagaimana hal itu dapat memengaruhi lanskap yang berubah.

Untuk mendengar lebih banyak tentang Web 3 dari CMO kami sendiri Kipp Bodnar, dan SVP Pemasaran kami, Kieran Flanagan, Anda juga dapat melihat episode podcast mereka, Marketing Against the Grain (ditambah episode dan wawancara lainnya segera hadir).

Catatan Editor: Posting ini akan membahas dampak bisnis Web 3 yang lebih luas, dan sementara kami akan sedikit menyebutkan pemasaran, Anda dapat menemukan bagian khusus tentang bagaimana Web 3 akan berdampak pada pemasar dan karakteristik intinya di sini.

Apa itu Web 3 (Dan Bagaimana Kita Sampai Di Sini) ?

Saat menjelaskan kemungkinan dampak Web 3, akan sangat membantu untuk kembali dan melihat bagaimana evolusi internet sebelumnya berdampak pada konsumen dan bisnis. Grafik di bawah ini hanya menyoroti beberapa karakteristik tingkat tinggi dari Web1, Web2, dan Web 3 tanpa terlalu teknis.

Web 1 (1983 hingga Awal 2000-an) Web 2 (Awal 2000-an hingga Hari Ini) Web 3 (Evolusi Internet Berikutnya)
Kecepatan rendah

Perpesanan dasar, email, kueri penelusuran, dan penelusuran web berbasis PC yang diaktifkan.

Kecepatan tinggi

Menawarkan pesan/komunikasi tingkat lanjut, panggilan video, streaming, media sosial, dan AR/VR awal.

Kecepatan tertinggi

Terdesentralisasi di blockchain. Dapat Mengaktifkan realitas yang diperluas, platform buatan pengguna, insentif koin/token, dan pengalaman lainnya.

Ketika internet diluncurkan, pada dasarnya terdesentralisasi dan banyak perusahaan yang berfokus pada layanan internet mengalami sedikit peningkatan karena banyak perusahaan teknologi mulai berinvestasi di dalamnya dan mempelajari apa yang dapat dilakukannya. Saat ini, internet telah menjadi terpusat secara drastis dengan perusahaan seperti Google dan Meta yang memiliki banyak platform yang kami kunjungi setiap hari.

Karena konsumen ingin meningkatkan kontrol atas pengalaman mereka dan lebih terhubung dengan teknologi daripada sebelumnya, beberapa menggambarkan Web 3 sebagai “memberikan internet kembali kepada orang-orang”, karena pengalaman web yang dibangun oleh blockchain sering kali terdesentralisasi.

Gambar di bawah ini menunjukkan bagaimana infrastruktur Web 3 dapat dibandingkan dengan infrastruktur internet kita saat ini. Sementara pemilik bisnis dan pemasar yang tidak menargetkan investasi Web 3 tidak perlu mengetahui semua istilah teknis pada gambar di bawah, grafik ini pada dasarnya menunjukkan jalur yang lebih ramping dan terpusat dari pengguna ke akses internet sementara Web 3 akan menjadi tuan rumah jalur yang lebih kompleks dan terdesentralisasi yang memanfaatkan teknologi blockchain.

gambar membandingkan kerangka kerja web 2 dan web 3

Meskipun kami tidak akan membahas terlalu dalam tentang teknologi di balik Web 3, Anda dapat menemukan beberapa sumber daya hebat di sisi teknis dengan kursus online – seperti yang ini dari Coursera atau konten ini dari Reforge.

Pada titik ini, masih terlalu dini untuk mengetahui berapa banyak prediksi yang kita lihat akan terungkap. Dan, jika mereka benar-benar menjadi kenyataan, mereka kemungkinan akan membutuhkan kurva pembelajaran dan siklus hidup adopsi yang panjang. Karena itu, perpindahan dari Web 2 ke Web 3 mungkin jauh lebih lambat dan lebih bertahap daripada yang diperkirakan beberapa orang.

Namun, meskipun kita mungkin tidak akan melihat seluruh internet berubah dalam satu hari, minggu, atau tahun, kita masih akan melihat beberapa konsep, perusahaan, dan teknologi Web 3 tumbuh di tahun-tahun mendatang — yang memungkinkan kita untuk mengadopsi itu dengan kecepatan yang lebih cepat.

Pada akhirnya, Anda tidak perlu membuang rencana bisnis Anda saat ini untuk fokus pada investasi utama Web 3 dulu. Namun, ada konsep, perilaku konsumen, dan teknologi yang mungkin ingin Anda perhatikan agar perusahaan Anda dapat beradaptasi jika dan ketika evolusi skala besar terjadi.

Web 3 Konsep & Pergeseran Bisnis yang Bisa Anda Lihat Segera

Implementasi Web 3 Lengkap masih jauh, dan kami tahu banyak pemasar UKM belum memiliki minat, bandwidth teknis, atau anggaran untuk menyelami kompleksitas Web 3. Dan, tidak apa-apa.

Namun, jika Anda mengesampingkan istilah teknis dan prediksi liar yang berlebihan, cara konsumen secara optimis berdengung tentang potensi Web 3 menunjukkan betapa mereka siap untuk melihat internet, bisnis, dan masyarakat berkembang. Dan, bahkan jika bisnis Anda berencana untuk tetap berada di dunia Web 2 di masa mendatang, Anda harus tetap memperhatikan bagaimana perubahan dan perkembangan teknologi web ini dapat memengaruhi bisnis Anda.

Berikut adalah beberapa perubahan bisnis yang akan segera kita lihat, sebagian karena pengembangan Web 3.

1. Konsumen akan menginginkan lebih banyak suara dalam produk dan platform online yang mereka gunakan.

Saat ini, platform yang kami gunakan sehari-hari, seperti Google dan Facebook, terpusat. Saat Anda masuk ke platform seperti Facebook, Anda bertukar data web dengan server Meta-nya.

Ini berarti bahwa Meta dan pemangku kepentingan terbesarnya pada akhirnya menentukan cara kerja Facebook, aturan pengguna, cara menggunakan data Anda, dan bagaimana UX berubah dari waktu ke waktu. Dan, jika Meta mencabut steker di server Facebook, itu akan menonaktifkan penggunaan untuk semua orang.

Karena itu, hanya beberapa perusahaan teknologi utama dan perusahaan investasi besar yang memiliki pegangan kuat atas banyak hal yang kita lakukan dan lihat secara online. Dan, di area tertentu – seperti penggunaan data, umpan media sosial, mesin telusur, atau pengalaman web – banyak pengguna berharap mereka memiliki lebih banyak pendapat.

Namun, bagaimana jika pengguna diperlakukan lebih seperti pemegang saham dan dapat memberikan masukan tentang cara kerja platform, penggunaan data, atau pengalaman yang dibangun untuk mereka? Di dunia Web 3 yang terdesentralisasi, beberapa orang percaya ini mungkin.

Misalnya, beberapa platform, seperti metaverses akan memungkinkan Anda untuk memperdagangkan kripto, NFT, mata uang non-kripto, atau barang berharga lainnya untuk sebidang tanah (atau saham di platform). Sementara merek besar dan perusahaan investasi kemungkinan masih akan memiliki saham mayoritas di platform mereka dan berfungsi sebagai pengambil keputusan untuk ketentuan penggunaan, pengguna setidaknya dapat mempersonalisasi pengalaman mereka sedikit lebih banyak, atau memiliki kontrol lebih besar atas cara kerja platform untuk mereka.

Meskipun tidak semua bisnis akan bersandar pada platform terdesentralisasi, mereka yang melakukannya dapat menempatkan beberapa perkembangan penting dari produk online mereka ke tangan pengguna atau pelanggan setia.

Memberi pengguna kemampuan untuk berperan dalam evolusi platform yang mereka gunakan tidak hanya memungkinkan mereka untuk merasa terhubung dengan merek melalui rasa kepemilikan dan kepercayaan, tetapi juga memungkinkan Anda sebagai pemilik bisnis untuk mendapatkan keuntungan dari ROI pengalaman pengguna perbaikan yang dibuat oleh pengguna itu sendiri.

Bagaimana Bisnis Dapat Merespon

Bahkan jika Anda belum siap untuk investasi Web 3, atau tidak pernah berencana untuk berinvestasi di dalamnya sama sekali, Anda masih dapat mengambil langkah-langkah untuk membuat audiens atau pelanggan Anda merasa bahwa mereka berdampak pada evolusi bisnis Anda. Berikut adalah beberapa ide skala kecil.

  • Memperkenalkan Pengembang Produk kepada Pelanggan: Seringkali, penjualan dan layanan adalah satu-satunya yang berbicara dengan pelanggan. Namun, pengembang produk dapat belajar banyak dari bertemu dengan beberapa pelanggan setia, mendengarkan umpan balik, dan belajar tentang poin kesulitan mereka. Pada gilirannya, pelanggan merasa umpan balik mereka yang dapat ditindaklanjuti dan konstruktif telah didengar.
  • Riset Umpan Balik Pelanggan: Jika tim pengembangan produk Anda lebih suka melihat lebih banyak data kuantitatif, pertimbangkan untuk menjalankan survei tentang produk Anda dan mengembalikan umpan balik itu ke tim pemasaran, penjualan, layanan, dan produk.
  • Laporkan Kemajuan Anda: Setelah pelanggan atau prospek memberi Anda umpan balik, buat rencana pemasaran yang menyoroti peningkatan yang telah Anda buat di sekitar produk Anda setelah menerima umpan balik. Ini akan menunjukkan kepada pelanggan dan prospek bahwa Anda bertindak berdasarkan kebutuhan mereka dan bahwa mereka memiliki suara ketika mereka ingin meminta perubahan.
  • Fitur yang Dapat Disesuaikan: Kustomisasi mungkin tidak membuat pelanggan Anda merasa seperti pemangku kepentingan, tetapi memiliki manfaat yang serupa. Ketika pengguna dapat menyesuaikan bagaimana produk online terlihat, terasa, dan bekerja di sekitar preferensi dan tujuan mereka, mereka mungkin merasa lebih terikat pada produk Anda daripada yang tidak memungkinkan penyesuaian. Tanyakan pada diri Anda, “Apakah ada cara agar saya dapat membantu pelanggan saya membuat pengalaman hebat mereka sendiri dengan penawaran saya?”

Lebih Banyak Perusahaan Akan Berinvestasi dalam Insentif

Sementara insentif telah ada selama beberapa waktu, teknologi blockchain akan memudahkan merek untuk melacak dan memberi insentif kepada pengguna dan keterlibatan komunitas di Web 3.

Bayangkan pergi ke situs web dan dibayar untuk menghabiskan waktu di sana, atau masuk ke aplikasi dan menerima poin yang dapat Anda tukarkan dengan sesuatu yang berharga nanti – seperti cryptocurrency atau bahkan NFT. Ini adalah jenis taktik yang berpotensi dimanfaatkan oleh merek untuk mendapatkan pertumbuhan yang solid.

“Ketika Anda memikirkan perbedaan antara generasi terakhir, internet, dan internet generasi berikutnya – pahami bahwa ini adalah perubahan besar dalam insentif dan kemampuan untuk memberi insentif,” kata Bodnar.

Kieran Flanagan, SVP Pemasaran HubSpot juga menjelaskan, “Di Web 2, untuk [mendapatkan] prospek dan hal-hal seperti itu, kami memiliki biaya per akuisisi dan freemium. Anda membuat produk gratis, sehingga biaya per akuisisi Anda turun.”

“Di Web 3, saya pikir insentif Anda mengubahnya secara drastis, sekali lagi, karena Anda memiliki efek roda gila melalui insentif Anda. Saya tidak tahu bagaimana itu berubah. … Tapi saya pikir bagaimana Anda berpikir tentang mendapatkan pelanggan dan biaya untuk melakukannya itu sangat berubah ketika Anda menggunakan insentif atau token yang berbeda ini untuk membangun bisnis Anda,” tambah Flanagan.

Sementara itu, Bodnar menambahkan bahwa insentif akan menjadi lebih dari proposisi ekonomi di Web 3.

“Sementara biaya cara lama melakukan [akuisisi] semakin tinggi sehingga Anda dapat mengambil lebih banyak risiko untuk melakukan cara baru (karena cara lama menjadi tidak dapat dipertahankan). Dan kemudian, dapatkah saya mengambil jumlah uang yang sama, memberi insentif kepada komunitas saya untuk mendorong rujukan, dan menjadi advokat untuk menyebarkan berita dari mulut ke mulut untuk mendorong merek? Dan dapatkah saya memperhitungkan biaya akuisisi pelanggan di atas itu?” kata Bodnar.

“Kami tidak akan melepaskan biaya akuisisi pelanggan,” jelas Bodnar. “Apa yang kami katakan adalah, biaya akuisisi komunitas akan menjadi pendahulunya. Kami akan mencari tahu ekonomi dari memperoleh orang melalui komunitas, dan bahwa biaya akuisisi pelanggan pada dasarnya akan menjadi metrik keluaran tentang seberapa efektif kami strategi komunitas adalah.”

Salah satu contoh startup yang sudah menggunakan insentif digital (dan saat ini digunakan oleh Flanagan) adalah STEPN, sebuah aplikasi yang memberi Anda penghargaan dalam NFT saat Anda membuat pencapaian saat aplikasi diaktifkan.

“STEPN adalah aplikasi gaya hidup Web 3 dengan elemen Social-Fi dan Game-Fi. Pengguna yang dilengkapi dengan NFT Sneakers – berjalan, joging, atau berlari di luar ruangan untuk mendapatkan GST, yang dapat digunakan untuk naik level dan mencetak Sneakers baru,” catat situs web , menambahkan bahwa pemain dapat “memilih untuk menyewakan atau menjual Sepatu NFT mereka di Marketplace dalam aplikasi; penghasilan GST pengguna disimpan di Dompet dalam aplikasi, yang memiliki fungsi Swap bawaan.”

Sementara orang-orang mendapatkan NFT dengan menjalankan aplikasi, STEPN mendapat manfaat dari pengumpulan data yang disepakati saat pertama kali menggunakan aplikasi, biaya transaksi dari pembelian dan penjualan produk NFT, dan biaya yang dibayarkan konsumen untuk menyewa sepatu kets NFT.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang STEPN, lihat demo ini yang menampilkan STEPN di situs resminya.

Pada akhirnya, model bisnisnya sederhana: Pengguna membayar untuk membeli produk untuk bergabung dengan aplikasi, mereka disuguhi koin atau NFT karena menghabiskan waktu di aplikasi, dan bisnis menghasilkan uang dari perdagangan, transaksi, dan pembelian yang dilakukan di aplikasi setelah model loyalitas pengguna telah membawa mereka masuk.

Merangkul Insentif Menjelang Web 3

Ingin memanfaatkan insentif tanpa membangun pengalaman Web 3? Ada banyak cara untuk melakukan ini.

Salah satu contoh insentif Web2 adalah platform HubFans kami. Dengan platform, pelanggan dan mitra HubSpot dapat membantu HubSpot dalam beberapa cara dengan menyelesaikan “Tantangan” untuk hadiah dan lencana digital.

Tantangan HubFans yang membantu HubSpot, dapat mencakup campuran pertanyaan kecil dan besar, seperti mempromosikan merek kami, mengisi survei umpan balik kami, atau bertemu dengan tim yang ingin mengobrol dengan pelanggan. Saat Anda menyelesaikan lebih banyak tantangan, Anda pindah ke tingkat status HubFans yang lebih tinggi dan dapat mulai mengakses hadiah seperti undangan acara, sesi jaringan, dan kemungkinan undangan untuk bergabung dengan dewan HubFans.

Halaman-Hubfans-menyoroti-manfaat-dari-tingkatan-hubfans

Meskipun HubFans tidak melibatkan Web 3, ini adalah contoh yang bagus dari peluang berbasis insentif digital yang dapat membantu merek mendapatkan wawasan dari mitra dan pelanggannya tentang berbagai inisiatif, membangun komunitas berbasis penggemar yang kuat, dan – yang paling penting – memberi penghargaan kepada pelanggan dan mitra yang hebat atas kesetiaan mereka terhadap merek.

Crypto, NFT, dan Teknologi Blockchain Akan Mendapatkan Penggunaan Lebih Luas

Meskipun Anda tidak boleh hanya mengubah seluruh model bisnis atau fitur pembayaran Anda untuk mengakomodasi kripto, minat yang meningkat pada mata uang ini layak untuk tetap di radar Anda jika bisnis Anda menarik bagi audiens yang telah berinvestasi dalam koin digital.

Seiring dengan meningkatnya minat terhadap cryptocurrency dan transaksi berbasis blockchain, banyak merek – termasuk perusahaan B2B telah menggunakan fitur pembayaran berbasis crypto di situs web atau platform mereka untuk beberapa waktu – dan tidak hanya untuk pembelian NFT. Diantaranya adalah Overstock.com, Home Depot, Starbucks, dan Whole Foods. Selain itu, platform pembayaran – seperti PayPal – telah beradaptasi untuk menerima pembayaran berbasis kripto.

Jika menurut Anda masuk akal bagi merek Anda untuk mulai menerima pembayaran cryptocurrency, tidak ada salahnya untuk mulai mencari perusahaan kredibel yang menawarkan plugin situs web untuk ini, serta platform yang dapat membantu Anda mengelola dan memantau cryptocurrency perusahaan Anda. Anda juga perlu membaca undang-undang dan peraturan apa pun yang mungkin dimiliki perusahaan atau negara Anda tentang penggunaan kripto dan perpajakan untuk bisnis.

Jika Anda tinggal di Amerika Serikat, Anda dapat menemukan daftar undang-undang berbasis negara bagian untuk Amerika Serikat di sini. Namun, Anda juga harus ingat bahwa peraturan mungkin berbeda saat melakukan transaksi dengan pelanggan di negara di luar AS.

Konten dan Layanan Bermerek Akan Lebih Berpengalaman

Selama sekitar lima tahun terakhir, pengalaman pemasaran dan produk telah meningkat. Dan ketika pandemi COVID-19 membuat salah satu dari kita terkunci, jutaan orang beralih ke konten pengalaman jarak jauh dengan platform VR dan AR.

Di bidang pemasaran dan penjualan, merek seperti Walmart dan BestBuy sudah mengidentifikasi cara mereka dapat menjual produk melalui toko VR (lengkap dengan perwakilan penjualan yang juga masuk ke metaverse VR.

Sementara itu, perusahaan seperti Mercedes sudah memanfaatkan AR dengan platform asisten virtual. Melalui platform seperti ini, pelanggan dapat memindai elemen kendaraan atau produk mereka dan menjelaskan fungsinya kepada mereka. Mereka juga dapat mengajukan pertanyaan tentang masalah atau kesalahan dalam pengoperasiannya. Dikombinasikan dengan chatbot AI, elemen AR asisten membuatnya jauh lebih ramah pengguna.

aplikasi mercedes memungkinkan Anda untuk memindai bagian dari mobil Anda dan mempelajarinya.                                                     Source: PTC

Dengan konektivitas, kecepatan, dan kemajuan Web 3, minat, dan keterlibatan dalam konten pengalaman virtual hanya dapat tumbuh.

Cara Mempersiapkan Internet yang Lebih Berpengalaman

Meskipun sebagian besar bisnis belum dapat membangun pengalaman VR atau AR atau bahkan acara pengalaman fisik dengan harga terjangkau, mungkin ada peluang yang lebih mudah diakses untuk beriklan, membangun komunitas, berbicara dengan pelanggan Anda, atau bahkan menawarkan layanan di lingkungan yang lebih berpengalaman yang muncul untuk Anda seiring berkembangnya teknologi.

Misalnya, merek sudah dapat bekerja sama dengan bisnis seperti Snap, agensi teknologi, atau perusahaan software untuk membuat pengalaman AR/VR bagi mereka.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang pengalaman atau pemasaran VR secara khusus, lihat postingan ini dan postingan ini.

Komunitas akan menjadi Kunci Pertumbuhan Bisnis

Dengan Web 1, kami masih fokus membangun komunitas dari mulut ke mulut dalam batasan internet. Di Web 2, kami menemukan dampak pembangunan komunitas pada platform media sosial utama seperti Facebook, Reddit, Discord, dan Twitter.

Sekarang, banyak manajer komunitas dan pemimpin perusahaan hanya menunggu dengan napas tertahan untuk melihat bagaimana mereka dapat berinvestasi dalam pembangunan komunitas di Web 3.

“Konvergensi merek dan komunitas akan menjadi salah satu tren terbesar dalam pemasaran selama dekade berikutnya,” kata Bodnar.

“Alasan komunitas menjadi lebih penting adalah karena melalui perantara untuk menjangkau orang-orang secara langsung seperti Google dan Facebook menjadi jauh lebih mahal,” jelas Bodnar.

Selain itu, dengan peluang insentif berbasis blockchain Web 3, “Anda sekarang dapat memberi insentif dengan benar kepada anggota komunitas Anda untuk berbagi kesuksesan bisnis Anda dengan Anda dengan cara yang tidak dapat Anda lakukan sebelumnya – melalui penggunaan token, NFT, dan banyak hal.”

Membangun Komunitas (Bahkan di Web 2)

Meskipun Anda tidak harus menjadi pakar, pembuat kode, atau pengembang Web 3 untuk memenangkan audiens di era baru, membangun komunitas web yang aktif dan efektif dapat menjadi prioritas utama untuk merek Anda di tahun-tahun mendatang.

Jika Anda memiliki basis pengikut dan bahkan beberapa saluran sekarang, Anda sudah dapat mulai menggunakan taktik seperti ini untuk membangun komunitas dan jaringan online yang terlibat yang dapat Anda bawa ke era Web 3.

Berikut adalah beberapa cara cepat untuk mulai mengembangkan rasa kebersamaan.

  • Penuhi target Anda di tempat mereka berada: Apakah audiens, pelanggan, atau target Anda menghabiskan waktu di satu saluran atau platform media sosial di atas yang lain? Fokus pada menumbuhkan komunitas Anda dan membangun keterlibatan di sana terlebih dahulu.
  • Buat konten yang hebat: “Objek inti dari sebagian besar komunitas adalah konten. Ini semacam cerita, semacam pertukaran ide. Jika Anda ingin membangun merek yang luar biasa melalui komunitas, pertama-tama Anda harus memiliki konten dan cerita yang luar biasa. .  Di komunitas Anda,” kata Bodnar.
  • Jangan takut dengan taruhan jangka panjang: Komunitas tidak hanya muncul dalam semalam dan membutuhkan waktu dan energi untuk membangun. “Saya pikir taruhan ini jangka panjang. Bukan untuk enam bulan ke depan. Ini untuk 12, 24, 36 bulan ke depan,” saran Bodnar.

Ingin mempelajari lebih lanjut tentang pemasaran komunitas atau membangun komunitas yang dapat meningkatkan bisnis? Lihat panduan ini.

Kapan Mulai Memikirkan Web 3

Banyak pecinta teknologi akan sering memberi tahu Anda, “era Web 3 akan datang, apakah kita siap atau tidak.”

Dan sementara iterasi baru internet akan datang, evolusi membutuhkan waktu bertahun-tahun atau bahkan puluhan tahun sebelum era baru menjadi jelas.

Seperti teknologi baru lainnya, peluncuran ini akan berlangsung cepat untuk beberapa bisnis, tetapi terjadi dalam waktu yang lebih lama untuk bisnis lainnya.

Apakah Anda memiliki pelanggan yang sangat paham teknologi yang tertarik dengan teknologi kripto dan blockchain? Atau, apakah penawaran Anda sudah menyertakan platform buatan pengguna, insentif token, layanan blockchain, penawaran metaverse, keamanan teknologi, atau sesuatu yang sangat terkait dengan Web 3? jika tidak, Anda tidak perlu mengubah seluruh rencana bisnis Anda atau mengambil taruhan besar lainnya pada prediksi masa depan

Di era mana pun, hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah memikirkan pelanggan atau pembeli target Anda dan pengalaman mereka dan mengidentifikasi apa yang perlu Anda lakukan untuk menemui mereka di tempat mereka berada.

Pada akhirnya, ketika Anda menanggapi pelanggan Anda dan menciptakan pengalaman bagi mereka yang tidak dapat dilakukan oleh pesaing – Anda akan tetap berada di depan kurva.

Baca Juga: Jasa Pembuatan Website Company Profile Gresik

Tinggalkan Balasan

WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
👋 Hi, how can I help?