Lompat ke konten

Influencer Marketing: Pengertian, Manfaat, dan Cara Memilihnya

Influencer marketing digunakan para pebisnis untuk meningkatkan penjualan di era digital seperti sekarang ini.

Influencer marketing digunakan para pebisnis untuk meningkatkan penjualan di era digital seperti sekarang ini. Hal ini tidak terlepas dari kepiawaian para influencer yang rela menarik banyak target audiens untuk menjelajahinya di media sosial. Hasilnya, bisnis yang berkolaborasi dengan influencer dapat menjangkau pengikutnya.

Karena influencer yang berintegritas ingin meningkatkan minat followers terhadap produk yang diiklankan. Ini jelas merupakan bisnis yang menguntungkan, apalagi saat ini influencer marketing memiliki hasil yang relatif lebih efisien.

influencer marketing sekarang jadi yang utama dalam online marketing. Itu telah menjadi kata kunci untuk sementara waktu sekarang, dan media arus utama secara teratur merujuknya.

Namun, masih ada orang yang tidak begitu mengerti apa itu influencer marketing. Memang, beberapa orang pertama kali menemukan ungkapan tersebut dan langsung bertanya, “Apa itu influencer marketing?”

Biar lebih jelas, yuk gaes ikuti ulasan lengkap tentang influencer marketing disini!

Sebelum kita bahas tentang influencer marketing mari kita pahami dulu apa itu Influencer?. Influencer Adalah istilah yang mungkin sudah sering kita dengar, terutama bagi mereka yang berkecimpung di dunia digital marketing.

Apa itu influencer dan bagaimana cara kerjanya?

Dikutip dari Influencer Marketing Hub, seorang influencer adalah sosok yang memiliki kekuatan untuk mempengaruhi keputusan pembelian orang lain karena otoritas, pengetahuan, posisi, atau hubungannya dengan audiensnya.

Sedangkan dalam bisnis atau digital marketing, influencer adalah mereka yang dapat mempengaruhi orang untuk membeli produk tertentu.

Apa itu influencer marketing?

Influencer marketing adalah sebuah strategi pemasaran/marketing di mana perusahaan bekerja sama dengan influencer guna meningkatkan brand awareness serta penjualan sesuai dengan target pasar yang telah ditentukan.

Apa saja Jenis Pemasaran Influencer?

Besarnya pengaruh influencer untuk pemasaran digital membuat banyak pelaku bisnis tertarik untuk menggunakan jasa mereka. Namun sebelum membahasnya lebih jauh, ada beberapa jenis influencer marketing berdasarkan jumlah followers yang perlu Anda ketahui.

Influencer marketing digunakan para pebisnis untuk meningkatkan penjualan di era digital seperti sekarang ini.

influencer marketing ilustrasi via canva

Berikut jenis-jenis influencer marketing berdasarkan jumlah followers:

1. Mega influencer

Jika dilihat dari jumlah followers, maka mega influencer memiliki jumlah followers yang banyak di media sosial. Influencer jenis ini setidaknya memiliki lebih dari 1 juta pengikut.

Kebanyakan dari jenis influencer ini berprofesi sebagai public figure seperti selebritis, artis, artis dan lainnya. Sebab, tarif kerjasama relatif mahal dan bisa mencapai 16 juta untuk sekali pos.

2. Makro influencer

Di bawah mega influencer ada macro influencer dengan total 40.000 hingga 1 juta followers. Influencer jenis ini sebagian dikuasai oleh selebriti yang tidak terlalu terkenal.

Selain itu, ada juga pakar online yang berhasil membangun pengikut yang signifikan. Biasanya mereka lebih mau bekerja sama. Namun sebelum itu, Anda perlu memastikan bahwa pengikut mereka adalah akun asli atau bukan akun palsu.

3. Mikro-influencer

Mempersempit ada mikro influencer yang memiliki ceruk pasar tertentu. Influencer jenis ini memiliki pengikut mulai dari 1.000 hingga 40 ribu pengikut.

Dengan jumlah followers yang banyak, beberapa mikro influencer merasa tidak bisa mempengaruhi orang lain. Oleh karena itu, mikro influencer terkadang mempromosikan produk secara gratis.

4. Nano influencer

Terakhir, nano influencer tidak memiliki terlalu banyak pengikut, tetapi mereka ahli dalam bidang tertentu. Jumlah followers biasanya kurang dari 1000 followers.

Meski begitu, followers mereka biasanya lebih tertarik untuk mendengarkan atau menonton konten yang dibuat.

Mengapa Bisnis Harus Menggunakan Influencer Marketing?

Influencer marketing membantu bisnis berhasil dalam pemasaran digital. Dimana metode pemasaran ini lebih memudahkan dalam membangun brand awareness dan kepercayaan pelanggan. dari laman Qontak, masih ada alasan bisnis perlu bekerja sama dengan influencer berdasarkan hasil statistik berikut ini:

  • Pemasaran influencer telah berkembang menjadi $13,8 miliar pada tahun 2021.
  • Bisnis menghasilkan ROI $5,78 untuk setiap $1 yang dibelanjakan untuk pemasaran influencer.
  • Ada peningkatan 465% dalam pencarian kata kunci “influencer marketing” di Google sejak 2016.
  • 90% responden survei percaya bahwa pemasaran influencer adalah bentuk pemasaran yang efektif.
  • Hampir 49 persen konsumen mengandalkan rekomendasi influencer untuk kebutuhan pembelian mereka.

Apa Manfaat Influencer Marketing untuk Bisnis?

influencer marketing Adalah

Iinfluencer marketing Adalah?

Berikut manfaat influencer marketing untuk bisnis:

1. Tingkatkan Kesadaran Merek

Influencer marketing berguna untuk memperluas jangkauan dan posisi Anda di pasar. Pengguna media sosial dapat mempelajari lebih lanjut tentang merek Anda, kisah Anda, dan produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Kontribusi yang diberikan oleh influencer dalam menumbuhkan kesadaran merek Anda adalah salah satu manfaat pemasaran media sosial yang paling menonjol.

Perlu Anda ketahui bahwa bermitralah dengan influencer yang mampu menggerakkan emosi dan dekat dengan audiens setianya, sehingga dapat dipengaruhi bahwa brand Anda adalah pemimpin di industri Anda.

2. Membantu Menjangkau Audiens Anda dengan Mudah

Sebelum Anda memutuskan untuk berkolaborasi dengan seorang influencer, tentunya Anda telah mempelajari ciri-ciri konten influencer tersebut. Selanjutnya, tentu Anda paham apakah produk atau jasa yang Anda jual relevan dengan hal tersebut.

Intinya, influencer yang menyebut merek Anda di media sosial pasti akan mendorong penjualan. Karena semakin banyak di sini, konsumen juga mencari influencer untuk mencari saran tentang produk atau layanan apa yang harus mereka beli.

Karena media sosial telah menjadi “rumah kedua”, Anda memiliki peluang besar untuk menjangkau audiens target Anda. Jika brand Anda ingin meningkatkan penjualan, influencer marketing dapat membantu Anda meningkatkan angka penjualan secara substansial.

3. Influencer Menghubungkan Anda dengan Milenial dan Gen Z

Milenial semakin menyukai dan berkontribusi terhadap popularitas media digital. Jadi, jika ingin menarik pasar milenial atau Gen Z, influencer marketing sangat penting di era digital first world saat ini.

Menarik konsumen dari segmen pemirsa ini memberikan nilai luar biasa bagi merek Anda dan akses yang tak ternilai ke salah satu demografi yang paling menguntungkan.

Generasi milenial memandang media sosial sebagai sumber informasi untuk berbelanja. Sebuah studi oleh Animoto menyatakan bahwa 75% keputusan membeli pada generasi milenial dipengaruhi oleh media sosial suatu brand.

Selain itu, generasi Z juga saat ini mulai dipandang penting karena telah melewati Milenial sebagai generasi terbesar yang masih hidup, mewah atau 40 persen konsumen global.

Pertumbuhan populasi Generasi Z dan daya beli sebesar $143 miliar menjadikannya salah satu kekuatan konsumen paling berpengaruh di pasar saat ini.

4. Memberikan Manfaat Jangka Panjang

Mirip dengan SEO, pemasaran influencer bersifat jangka panjang. Jangan berharap melihat efek instan terkait angka penjualan Anda dari satu postingan influencer.

Merek harus melihat investasi dalam pemasaran influencer sebagai strategi jangka panjang karena ini merupakan bagian penting dalam membangun hubungan, bukan hanya promosi (penjualan keras).

Membangun kepercayaan antara merek dan konsumen Anda membutuhkan waktu, dan hal yang sama berlaku untuk influencer dalam pemasaran influencer.

5. Bangun Kredibilitas Kepercayaan

Influencer telah membangun hubungan, kepercayaan, dan kredibilitas dengan penggemar mereka. Orang-orang menghormati konten dan rekomendasi dari influencer.

Penelitian menunjukkan bahwa jumlah pengguna remaja yang terhubung dengan influencer, bukan selebriti tradisional, adalah 70%. Dan 60% pengguna mengonfirmasi bahwa mereka lebih menyukai ulasan tentang YouTuber favorit mereka daripada bintang TV dan film arus utama.

Dengan membagikan konten influencer, Anda akan langsung mendapatkan perhatian audiens mereka. Dengan mendapatkan perhatian audiens, maka mereka dapat membagikan konten Anda, sehingga ada engagement dan rasa percaya terhadap brand Anda.

6. Hemat Anggaran

Saat ini, bisnis semakin sulit untuk mempromosikan produk atau jasa karena biaya iklan berbayar terus meningkat. Namun di sinilah pemasaran influencer dapat membantu mengurangi biaya.

Biaya influencer sangat bergantung pada ukuran audiens. Selain itu, influencer marketing membuka peluang baru bagi brand untuk bersaing dengan strategi yang lebih efisien dan optimal di situs media sosial seperti YouTube dan Instagram.

Influencer marketing dapat membantu Anda mendapatkan ROI yang besar, meningkatkan penjualan, dan menghemat lebih banyak uang. Cara umum untuk menurunkan biaya dengan pemasaran influencer adalah menegosiasikan perjanjian kolaborasi di mana influencer mendapatkan komisi berbasis kinerja.

7. Membantu Strategi Pemasaran Konten

Memproduksi konten baru dan menarik tidak selalu mudah. Jika Anda kehabisan ide, influencer dapat membantu proses pengembangan konten Anda.

Anda dapat bekerja dengan influencer untuk membuat konten berkualitas tinggi dan estetis untuk audiens Anda.

8. Hemat Waktu

Untuk membuat kampanye iklan, Anda membutuhkan waktu lama untuk menghasilkan gambar, menggandakannya, dan menjadwalkan iklan di seluruh platform. Bekerja dengan influencer akan membantu Anda mengalihkan pekerjaan di atas dan menghemat banyak waktu.

Influencer marketing akan membuat brand Anda dipromosikan setiap hari di berbagai channel oleh orang-orang populer. Apalagi di saat stagnasi pasar, konten yang dibuat oleh influencer menjadi semakin populer.

Banyak influencer memproduksi konten dari rumah atau studio mereka, yang pada gilirannya, kolaborasi pemasaran influencer akan membantu merek untuk terus membuat konten baru dari jarak jauh setiap saat.

Selain itu, konten bermerek yang dibuat oleh influencer juga dapat diposkan ulang atau digunakan kembali oleh perusahaan untuk kampanye pemasaran mereka.

Ini juga dapat menghemat banyak waktu dan uang. Dilansir Engaiodigital, dengan melibatkan pembuat konten, 41% pengiklan telah menghemat anggaran untuk produksi konten.

9. Memberikan Nilai Lebih

Influencer marketing bertujuan untuk menyediakan konten yang menawarkan solusi dari suatu masalah sehingga dapat merangsang emosi audiens Anda. Influencer peka terhadap kebutuhan pengikut dan penggemar mereka sehingga mereka dapat dengan mudah membuat konten yang juga menawarkan nilai kepada target konsumen Anda.

10. Cocok untuk Semua Bisnis

Influencer biasanya memiliki keahlian di bidangnya masing-masing. Contohnya adalah kesehatan, fitnes, traveling, kuliner, kecantikan, bisnis, dan sebagainya.

Tidak peduli seberapa besar Anda dan di industri apa Anda berada, selalu ada ruang untuk semua orang, selama Anda mengidentifikasi influencer yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca Juga: social media management Gresik

Bagaimana Memilih Influencer yang Tepat untuk Tips Bisnis?

Setelah Anda mempelajari lebih lanjut tentang pemasaran influencer, Anda mungkin tertarik untuk menggunakan layanan mereka. Namun, 61% pemasar setuju bahwa menemukan influencer terbaik relatif sulit. Oleh karena itu, Anda perlu mengikuti beberapa tips di bawah ini:

– Pilih nilai produk yang akan disorot
Manfaat utama pemasaran influencer adalah membangun kesadaran merek. Oleh karena itu, Anda harus memahami nilai produk atau merek Anda dibandingkan kompetitor.

Karena nilai tersebut akan dijadikan acuan untuk strategi marketing ke depan seperti konten yang akan dikembangkan, penentuan target pasar dan lain-lain.

– Tentukan target yang ingin dicapai
Setelah mengetahui nilainya

produk, Anda dapat menentukan sasaran atau target yang ingin Anda capai dalam metode pemasaran ini. Anda juga harus menentukan segmentasi pasar yang ingin Anda jangkau. Ini memudahkan Anda untuk melangkah ke level berikutnya.

– Buat daftar influencer
Influencer marketing terdiri dari berbagai jenis berdasarkan jumlah followers. Dari sana Anda dapat belajar tentang dengan siapa Anda akan bekerja.

Untuk memudahkan, Anda bisa membuat daftar influencer. Selanjutnya, Anda dapat meneliti siapa orang yang dapat mencerminkan dan mewakili merek Anda dan membawa dampak positif.

– Buat konten berkualitas
Beberapa influencer akan menanyakan konten seperti apa yang akan mereka promosikan. Anda perlu memastikan bahwa konten tersebut memiliki kualitas yang berbobot, sehingga dapat menarik pengikut mereka dan berdampak positif pada merek Anda.

Gunakan Influencer Marketing dan Tingkatkan Penjualan Anda!

Baca juga: Social Media management Gresik

Dari pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan influencer marketing dapat memberikan sejumlah keuntungan bagi bisnis. Misalnya seperti meningkatkan brand awareness, menjangkau target audiens, meningkatkan penjualan, dan meningkatkan kepercayaan konsumen.

 

 

Tinggalkan Balasan

WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
👋 Hi, how can I help?