Lompat ke konten

Panduan Pemasar Untuk Codec Video

  • Rangga 
Panduan Pemasar Untuk Codec Video

Streaming ada di mana-mana. Dari layanan seperti Netflix hingga konten buatan pengguna di YouTube, kami semua melakukan streaming video secara online. Karena pelanggan menggunakan lebih banyak konten video, pemasaran video telah menjadi bagian dari strategi pemasaran. Semua ini dimungkinkan oleh codec.

Kami akan menjelaskan apa itu codec, mengapa Anda membutuhkannya dan bagaimana memungkinkan untuk streaming konten berkualitas tinggi.

Apa itu codec?

Codec adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan program komputer yang dapat mengkodekan dan mendekode data. Tujuan utamanya adalah untuk mengompresi data, terutama media. Tanpa itu, file audio dan video akan terlalu besar untuk ditransfer melalui internet.

Gabungan “enbersama“hari”Desemberoder, ”codec digunakan untuk mengkodekan data ke dalam format yang dapat disimpan atau ditransmisikan dan dilihat nanti dengan dekoder yang sesuai. Pada dasarnya Anda tidak akan dapat memutar file audio atau video kecuali jika dipasangkan dengan dekoder yang cocok.

Apa itu codec video?

Codec video mengompres dan mendekompresi file video digital. Perangkat lunak ini mengambil file video besar dan mengompresnya sehingga menggunakan lebih sedikit ruang di komputer atau perangkat Anda. Codec video yang populer adalah MPEG, yang dibuat oleh Moving Picture Experts Group. Paket codec MPEG adalah pilihan yang populer karena tampilan video berkualitas tinggi dengan kecepatan data yang relatif rendah.

Jenis Codec Umum Lainnya

1. MP3

Sebagian besar dari kita akrab dengan MP3. Codec audio populer ini telah mengubah industri musik, memungkinkan orang untuk mendengarkan dan berbagi musik secara online, menyimpannya di ponsel dan komputer mereka.

2. WAV

Dibuat oleh IBM dan Microsoft, Waveform (WAV) adalah format audio yang tidak terkompresi. Tidak seperti MP3, ini tidak dimaksudkan untuk berbagi file audio secara online karena memakan terlalu banyak ruang. Di sisi lain WAV paling cocok untuk digunakan di area yang membutuhkan audio berkualitas tinggi seperti radio, televisi, dan pengeditan musik.

3. HEVC

High Efficiency Video Encoding (HEVC) adalah format video terkompresi yang populer. Faktanya, banyak ponsel pintar dan TV sudah memiliki perangkat keras bawaan untuk mendukung pemutaran HEVC. Karena tidak membutuhkan banyak bandwidth, HEVC menjadi format pilihan untuk streaming. Codec H.264 digunakan oleh Vimeo dan YouTube.

Kompresi Lossy vs Lossless

Perbedaan penting antara codec adalah apakah mereka menggunakan kompresi lossless atau lossy. Dengan kompresi lossy, beberapa data visual dibiarkan untuk mengurangi ukuran data video atau audio. Kerugian ini biasanya kecil dan layak ditukar dengan ukuran yang lebih kecil.

File media menggunakan kompresi lossy sangat umum; MP3 adalah contoh yang bagus dari kompresi lossy karena dapat dikompresi pada beberapa bit rate yang berbeda tergantung pada ukuran file yang Anda inginkan.

Kompresi loss-free mengurangi ukuran file dengan mengidentifikasi pola redundan dalam video atau audio, yang memastikan tidak ada data yang hilang. File bebas kerugian mempertahankan bit rate dari aliran data asli yang menghasilkan file besar dan berkualitas tinggi. File WAV adalah contoh file audio lossless. Gunakan video bebas-rugi ketika kualitas di atas segalanya, seperti salinan akhir dari bagian video yang Anda buat untuk tujuan siaran.

Mengapa pemasar membutuhkan codec?

Bekerja dengan video menjadi keterampilan yang harus dimiliki daripada keterampilan hebat yang harus dimiliki pemasar. Meskipun Anda tidak perlu merekam konten video, Anda pasti perlu membagikan dan menyimpannya.

Saat memulai dengan video online, Anda mungkin mempertimbangkan untuk menggunakan kamera murah, melakukan beberapa pengeditan kecil dan memposting video di blog atau media sosial Anda. Karena kualitas dan nilai produksi menjadi lebih penting, penting untuk memahami codec.

Anda perlu memastikan bahwa Anda menggunakan format yang tepat untuk mengompres dan membagikan konten pemasaran video. Namun, jumlah opsi codec bisa sangat banyak jika Anda baru mengenalnya. Untungnya ada paket codec, yang datang dengan berbagai codec, yang memungkinkan Anda mengunduh paket dan pergi.

alat paket codec Paket Codec K-Lite

  • K-Lite: K-Lite hadir dalam versi Basic, Standard, Full atau Mega. Set ini adalah pilihan yang baik untuk pemula karena tingkat Dasar mencakup sebagian besar format video dan audio.
  • Pemutar Media: Paket ini mendukung sebagian besar format video dan audio, serta menawarkan opsi penginstalan untuk pemula dan mereka yang membutuhkan opsi lanjutan. Mendukung definisi standar hingga 4K.
  • Wonderfox HD Video Converter Factory Pro: Meskipun ini bukan paket codec, ini adalah pilihan terbaik untuk sebagian besar kebutuhan audio dan video Anda. Alat ini dapat digunakan untuk mengedit video selain untuk mengubah format video.

Mengapa Codec Penting

Meskipun video online menyenangkan untuk ditonton dan merupakan bagian penting dari strategi pemasaran konten masuk Anda, itu memerlukan sedikit pengetahuan teknis untuk dijalankan dengan baik. Codec terlibat dalam banyak tahap produksi dan distribusi video, bekerja di belakang layar untuk memberikan pengalaman visual yang lebih baik bagi audiens Anda.

Baca Juga: Jasa Pembuatan Website Company Profile Gresik

Tinggalkan Balasan

WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
👋 Hi, how can I help?