Lompat ke konten

Panduan Utama untuk Hubungan Masyarakat pada tahun 2022

  • Rangga 
Panduan Utama untuk Hubungan Masyarakat pada tahun 2022

Hubungan masyarakat berjalan di antara kreativitas, persuasi, dan strategi. Jika Anda tahu bagaimana melakukan PR, Anda dapat memengaruhi setiap bagian dari bisnis atau merek.

Apakah Anda ingin memperluas jangkauan merek Anda? Apakah Anda ingin mengekspos bisnis Anda kepada orang baru yang mungkin ingin mencoba produk atau layanan Anda?

Selamat datang di dunia hubungan masyarakat.

 

Apa itu hubungan masyarakat?

Hubungan masyarakat (PR) adalah praktik menggunakan saluran media untuk mempromosikan organisasi Anda dan menumbuhkan persepsi publik yang positif. PR juga merupakan proses pengelolaan merek dan komunikasi organisasi Anda — terutama di saat krisis.

PR adalah bagaimana brand mengelola penyebaran informasi mereka, jadi mirip dengan branding. Perbedaan utamanya adalah PR berfokus pada komunikasi dan reputasi, sedangkan branding bergantung pada elemen visual seperti logo, situs web, dan materi pemasaran.

Mengapa hubungan masyarakat itu penting?

Hubungan masyarakat mendefinisikan bagaimana perusahaan berkomunikasi dengan orang — pelanggan, mitra, jurnalis, dermawan, politisi, dan masyarakat umum.

Semua bisnis membutuhkan hubungan masyarakat, terlepas dari ukuran atau industrinya.

Menurut Pew Research Center, hanya 27% orang dewasa AS yang mempercayai informasi yang mereka temukan di media sosial. Tetapi 56% mempercayai media berita nasional, dan 75% mempercayai outlet berita lokal.

Profesional PR adalah pendongeng yang ahli. Mereka menemukan strategi bagaimana menyampaikan cerita Anda di depan orang-orang yang ingin Anda lihat, di media yang membangun kepercayaan.

Mengapa? Karena, saat ini, pelanggan ingin memercayai merek tempat mereka berbisnis — dan tidak ada yang membangun dan menumbuhkan kepercayaan seperti hubungan masyarakat.

Apa itu strategi PR?

Strategi PR membantu bisnis menciptakan, mengatur, dan mengukur efektivitas taktik hubungan masyarakatnya dari waktu ke waktu. Ini terpisah dari rencana pemasaran tetapi harus mendukung upaya pemasaran.

Strategi hubungan masyarakat dapat mencakup satu tahun penuh kampanye atau membahas satu tujuan, seperti peluncuran produk.

Mengembangkan strategi PR otentik membutuhkan pendekatan kolaboratif untuk komunikasi. Berbagi sudut pandang tentang perubahan iklim, keragaman, kesetaraan, dan inklusi tidak lagi opsional untuk merek.

Komunikasi internal dan karyawan juga memainkan peran yang lebih penting. 46% profesional PR pada tahun 2021 melapor langsung kepada CEO mereka, naik dari 34% pada tahun 2014. Angka ini menunjukkan semakin pentingnya PR dalam operasi bisnis dan persepsi merek.

Sangat mudah untuk memanfaatkan peluang satu kali untuk mendapatkan perhatian media. Tetapi jika Anda ingin tahu bagaimana melakukan PR dengan benar, mulailah dengan strategi hubungan masyarakat.

Bagaimana Membangun Strategi PR

1. Teliti faktor merek internal dan eksternal.

Mulailah dengan apa yang berjalan baik di masa lalu untuk bisnis Anda, dan upaya apa yang tidak berhasil. Ini dapat mencakup:

  • Media pelacakan menyebutkan
  • Meninjau hubungan dan hasil influencer
  • Mengevaluasi keterlibatan media sosial dan lalu lintas KPI
  • Tinjau persona pembeli dan wawasan pelanggan

Selanjutnya, lakukan beberapa analisis kompetitif untuk mencari tahu apa yang paling cocok untuk bisnis lain di industri Anda. Alat mendengarkan sosial dapat membantu mempercepat proses ini.

Saat Anda menutup penelitian Anda, buatlah daftar faktor internal atau eksternal yang dapat berdampak pada merek Anda. Ini mungkin termasuk:

  • Fitur, produk, atau perubahan harga
  • Pergeseran distribusi
  • Pemangku kepentingan dan perubahan kepemimpinan
  • Sentimen karyawan
  • Faktor hukum
  • Iklim politik
  • Pergeseran ekonomi
  • Tren
  • Kemajuan teknologi

2. Garis besar tujuan Anda.

Mungkin tergoda untuk menggunakan taktik yang Anda perhatikan selama penelitian, tetapi pertama-tama, putuskan tujuan. Apakah Anda sedang menangani krisis lokal atau merencanakan satu tahun pembangunan citra hubungan masyarakat, langkah ini sangat penting.

Bahkan garis besar tujuan dapat cukup untuk mengarahkan Anda dan tim Anda ke arah taktik yang tepat.

Ada beberapa hal yang harus disertakan dalam setiap rencana PR. Pertama, putuskan siapa audiens target Anda untuk setiap kampanye. Selanjutnya, pilih pesan utama yang ingin Anda komunikasikan kepada audiens tersebut.

Terakhir, jangan lupa untuk menyertakan metrik yang Anda rencanakan untuk dilacak. Pelacakan analitik harus menjadi bagian dari penyiapan kampanye, bukan sesuatu yang Anda tambahkan setelah kampanye diluncurkan.

Membentuk fondasi yang kuat untuk hubungan masyarakat Anda akan lebih memungkinkan kesuksesan Anda daripada upaya satu kali. Cobalah untuk membuat setiap tujuan menjadi tujuan SMART.

Template rencana PR ini dapat membantu Anda memastikan bahwa strategi Anda mencakup pesan utama Anda dan tujuan lainnya.

3. Buat garis waktu untuk kampanye PR Anda.

Keberhasilan PR bergantung pada pesan yang tepat pada waktu yang tepat. Jadi, buat kalender yang jelas untuk inisiatif jangka pendek dan jangka panjang.

Pastikan untuk mencatat hari libur nasional dan tanggal industri penting. Misalnya, akhir November adalah waktu yang penting dalam setahun bagi sebagian besar bisnis e-niaga.

4. Pilih taktik hubungan masyarakat yang tepat.

Setelah Anda tahu kapan dan mengapa, inilah saatnya untuk menentukan taktik mana yang terbaik untuk diterapkan pada strategi Anda. Daftar lengkap ini menguraikan taktik hubungan masyarakat yang berguna. Mungkin juga membantu untuk melihat beberapa contoh PR untuk mendapatkan inspirasi.

5. Lacak hasil Anda.

Setelah Anda memutuskan taktik, putuskan bagaimana Anda akan mengukur hasil. Hubungan masyarakat bukanlah ilmu pasti, dan mengukur persepsi bisa jadi rumit. Jika memungkinkan, selaraskan metrik PR Anda dengan tujuan bisnis. Ini dapat membantu Anda menarik hubungan yang jelas antara upaya hubungan masyarakat dan ROI.

Catatan penting: Manajer hubungan masyarakat sering kali memandu strategi seputar media yang diperoleh. Tapi mereka bisa lebih efektif dengan strategi multichannel, menghubungkan topik yang tepat ke audiens yang tepat.

Merek mengelola PR mereka — atau komunikasi dan reputasi — melalui berbagai saluran media. Strategi hubungan masyarakat yang hebat biasanya mencakup tiga jenis media.

Media: Dimiliki vs. Dibayar vs. Diperoleh

Jenis humas, yang akan segera kami ulas, terbagi dalam tiga kategori utama: media yang dimiliki, dibayar, dan diperoleh. Setiap jenis bekerja menuju tujuan yang sama untuk membangun reputasi merek yang positif, tetapi mereka menggunakan strategi yang berbeda untuk mencapainya.

Strategi PR Anda harus mencakup ketiganya, karena semuanya memberikan cara berbeda untuk menjangkau, melibatkan, dan membangun kepercayaan dengan audiens Anda.

Media yang dimiliki

Media yang dimiliki adalah konten apa pun yang dikontrol bisnis Anda. Ini sering menjadi strategi masuk untuk bisnis yang ingin membangun kampanye PR.

What is PR? Using owned media like this blog example to promote your brand.

Memang benar, karena ini bisa dibilang jenis media terkait PR yang paling penting yang harus Anda fokuskan. Ini karena Anda memiliki kendali penuh — tidak seperti dua taktik media lainnya.

Media yang dimiliki antara lain:

  • Postingan media sosial
  • konten blog
  • Salinan situs web
  • Buletin email

Media yang dimiliki bertindak sebagai “basis rumah” untuk aktivitas PR Anda. Saat orang menulis tentang merek atau produk Anda, mereka kemungkinan akan merujuk (yaitu menautkan ke) media milik Anda dalam liputan mereka.

media berbayar

Tidak jarang membayar untuk mempromosikan konten Anda di dunia pemasaran, dan tidak berbeda dengan PR.

What is PR? Promotion on paid media, like this ad on Facebook.

Media berbayar mengacu pada pembayaran untuk membuat konten Anda terlihat. Ini adalah praktik standar untuk mempromosikan media yang dimiliki.

Media berbayar meliputi:

  • Iklan media sosial
  • Pemasaran influencer
  • Bayar per klik (PPC)

Menempatkan sejumlah dana untuk meningkatkan konten PR menjadi semakin populer. Karena sebagian besar platform sosial mengurangi jangkauan organik untuk akun bisnis, media berbayar adalah cara yang fantastis untuk memastikan konten Anda tampil di depan orang-orang yang ingin Anda lihat.

Media yang diterima

Media yang diperoleh adalah taktik yang digunakan untuk meningkatkan percakapan seputar merek Anda. Ini pada dasarnya dari mulut ke mulut dan bisa dibilang merupakan taktik PR terbaik untuk membangun reputasi Anda.

 

Earned media adalah jenis media PR yang paling sulit didapatkan. Dibutuhkan banyak usaha, konsistensi, dan kerja keras untuk membangunnya — itulah mengapa itu “diperoleh.”

Media yang diperoleh meliputi:

  • Disebutkan dalam berita dan ulasan industri
  • Pujian dari pelanggan di media sosial
  • Peringkat tinggi di mesin pencari

Semua jalur media ini menyediakan cara untuk menggunakan PR untuk membangun kesadaran merek, menghasilkan prospek, dan mengubah prospek tersebut menjadi pelanggan yang membayar — mirip dengan pemasaran Anda. Sekarang, mari kita bahas perbedaannya.

Hubungan Masyarakat vs. Pemasaran

Hubungan masyarakat dan pemasaran serupa dalam tindakan dan taktik mereka, tetapi tujuan mereka sangat berbeda. Tujuan utama PR adalah untuk meningkatkan reputasi merek Anda. Di sisi lain, tujuan utama pemasaran adalah mendorong penjualan.

Tidak seperti pemasaran, PR tidak selalu berdampak pada penjualan. Biasanya secara tidak langsung mempromosikan produk atau layanan Anda melalui aktivitas seperti distribusi siaran pers dan berbicara di acara industri. Atau, alih-alih meningkatkan persepsi bisnis Anda, kampanye pemasaran berfokus pada mendorong pendapatan dan meningkatkan laba.

Orang tidak membeli produk, mereka membeli merek. Untuk alasan ini, menggunakan PR dan pemasaran bersama-sama mendorong hasil terbaik: biasanya, seseorang terhubung dengan merek Anda sebagai hasil dari upaya PR Anda dan berubah menjadi pelanggan sebagai hasil dari taktik pemasaran Anda.

Misalnya, 33% pemasar menggunakan media berbayar pada tahun 2021 untuk meningkatkan kesadaran merek.

Sekarang, mari kita bahas jenis PR yang dapat Anda gunakan saat Anda mempromosikan organisasi Anda dan membangun serta mengelola reputasi Anda.

Strategi dan Taktik PR

  1. Acara Bisnis
  2. Hubungan Masyarakat
  3. Tanggung Jawab Perusahaan dan Sosial
  4. Manajemen Krisis
  5. Intelijen Ancaman Cyber
  6. Hubungan Karyawan
  7. Hubungan Influencer
  8. Hubungan media
  9. Pemasaran media sosial

1. Acara Bisnis

Acara bisnis adalah peluang untuk memasarkan produk atau layanan Anda dan mendapatkan eksposur untuk merek Anda.

Contoh taktik hubungan masyarakat: American Express

Baik diselenggarakan atau dihadiri oleh perusahaan Anda, acara juga merupakan peluang penjualan yang penting. Acara memberi Anda kesempatan untuk bertemu calon pelanggan dan menyenangkan pelanggan saat ini secara langsung.

Keterlibatan berbicara di acara-acara juga membantu untuk meningkatkan kesadaran merek dan berbagi kepemimpinan pemikiran yang unik atau informasi berbasis data yang dapat membantu meningkatkan merek Anda.

2. Hubungan Masyarakat

Hubungan masyarakat mengacu pada membangun hubungan positif dengan komunitas lokal di sekitar bisnis Anda.

Contoh taktik hubungan masyarakat: Target

Ini dapat mencakup kegiatan amal, donasi, diskon khusus, atau apa pun yang membangun hubungan yang kuat dengan komunitas dan memperkuat loyalitas pelanggan.

3. Tanggung Jawab Perusahaan dan Sosial

Contoh taktik hubungan masyarakat: Hewlett Packard

Tanggung jawab perusahaan dan sosial mirip dengan hubungan masyarakat, tetapi lebih menekankan pada praktik bisnis yang etis, tanggung jawab lingkungan, dan filantropi — secara lokal, regional, dan global. Ini adalah area penting PR karena secara langsung memengaruhi persepsi publik tentang merek Anda.

4. Manajemen Krisis

Contoh taktik hubungan masyarakat: Burger King

Manajemen krisis adalah praktik mengakui, mengelola, dan bekerja untuk membalikkan komunikasi dan persepsi negatif seputar krisis bisnis. PR biasanya menangani apa pun yang dapat membahayakan atau merusak reputasi merek Anda.

Kelola, rencanakan, dan komunikasikan selama krisis perusahaan Anda dengan kit komunikasi manajemen krisis gratis ini.

Manajemen krisis merupakan fungsi penting PR dan harus ditangani dengan cepat, konsisten, dan strategis. Dengan alat PR tertentu, Anda dapat mencegah krisis melalui pemantauan obrolan online dan pemeriksaan kualitas materi pemasaran atau promosi apa pun yang mungkin disalahpahami atau disalahartikan.

5. Intelijen Ancaman Cyber

Contoh taktik hubungan masyarakat: Microsoft

Hanya 41% bisnis AS yang memiliki rencana aktif untuk intelijen ancaman. Tetapi keamanan siber berada dalam lima risiko global teratas dalam Laporan Risiko 2021 Forum Ekonomi Dunia.

Selain tantangan finansial yang ditimbulkan oleh serangan siber, ada juga tantangan persepsi. Ini bisa merusak reputasi merek jika tidak ditangani dengan terampil.

Masalah-masalah ini akan membutuhkan keahlian manajemen krisis PR. Ini juga merupakan ide yang baik untuk membangun hubungan dengan pakar teknologi dan pemimpin pemikiran di industri ini. Ini dapat memberi Anda keahlian yang Anda butuhkan untuk membatasi dampak reputasi dari serangan yang semakin sering ini.

6. Hubungan Karyawan

Hubungan karyawan, juga dikenal sebagai PR internal, adalah praktik berkomunikasi dengan dan menumbuhkan persepsi karyawan yang positif tentang perusahaan Anda.

Contoh taktik hubungan masyarakat: Prancis Terbuka

Proses ini dapat mencakup buletin atau komunikasi karyawan khusus, tunjangan dan tunjangan karyawan, pelatihan gratis dan peluang peningkatan keterampilan, acara penghargaan karyawan, dan bekerja dengan serikat pekerja atau kelompok karyawan.

Hubungan karyawan tidak hanya membuat karyawan Anda termotivasi, bekerja keras, dan setia, tetapi juga mendorong mereka untuk mengadvokasi bisnis Anda — yang dapat mendatangkan pelanggan dan lebih banyak karyawan berkualitas tinggi.

7. Hubungan Influencer

Contoh taktik hubungan masyarakat: Dior

Influencer memainkan peran yang kuat dalam PR dan pemasaran. Menurut Statista, pasar influencer bernilai 13,8 miliar pada tahun 2021, lebih dari dua kali lipat nilainya pada tahun 2019. Itu termasuk influencer mikro dan nano, yang mewakili lebih dari 60% influencer Instagram.

Di banyak bisnis, tim hubungan masyarakat juga mengelola hubungan influencer. kadang-kadang tim pemasaran, media sosial, dan PR berbagi tanggung jawab ini. Dibutuhkan kerja keras dan pengalaman untuk berkolaborasi secara kreatif dengan setiap influencer untuk memastikan Anda mendapatkan hasil yang diinginkan dari otoritasnya.

8. Media Hubungan

Hubungan media mengacu pada membangun hubungan positif dengan jurnalis, publikasi, dan outlet berita lainnya.

Contoh taktik humas: Flora & Noor

Proses ini biasanya mencakup menulis siaran pers, mengatur siaran pers, dan menjadwalkan wawancara. Ini tidak hanya mendapatkan eksposur untuk bisnis dan produk Anda, tetapi juga mendorong media untuk memasarkan merek Anda secara gratis.

Unduh Kit Siaran Pers Masuk gratis kami untuk mengakses templat langkah demi langkah untuk membuat siaran pers dan rencana promosi.

9. Pemasaran Media Sosial

Media sosial dapat menjadi taktik PR yang diperoleh dan dibayar.

Contoh taktik hubungan masyarakat: Chrissy Teigen

Bagi sebagian besar perusahaan, media sosial dapat menjadi alat PR (dan pemasaran) yang membantu — ini adalah cara yang efektif untuk mengumpulkan pengikut, mengonversi pelanggan, membagikan konten Anda, dan menyelesaikan krisis.

Baik Anda berbagi postingan dengan audiens atau berinteraksi dengan satu pelanggan, aktivitas media sosial Anda terbuka untuk umum. Itulah mengapa sangat penting untuk memiliki strategi media sosial yang menjaga komunikasi Anda tetap konsisten, positif, dan akurat.

Sekarang, mari kita bicara tentang siapa yang bertanggung jawab atas berbagai jenis PR ini: manajer hubungan masyarakat Anda.

Apa yang dilakukan manajer hubungan masyarakat?

Manajer PR bertanggung jawab untuk membangun, melaksanakan, dan memantau strategi dan taktik PR Anda. Mereka biasanya menangani komunikasi krisis, menulis siaran pers, dan memimpin tim profesional PR lain yang mengelola kehadiran publik merek Anda. Anda dapat menyewa manajer hubungan masyarakat untuk menangani PR untuk bisnis Anda, atau bekerja dengan Agensi PR.

Mari kita bahas keterampilan dan tugas yang akan diketahui oleh manajer hubungan masyarakat Anda.

Keterampilan Manajer PR

Manajer hubungan masyarakat yang sukses memiliki seperangkat keterampilan tertentu. Selain fleksibel dan terbuka terhadap perubahan, ini adalah beberapa keterampilan yang paling penting.

Komunikasi Hebat

Salah satu fokus utama PR adalah membangun reputasi bisnis Anda. Untuk melakukan ini, manajer PR menghabiskan banyak waktu mereka untuk membangun dan mempertahankan hubungan.

Selain berbicara tentang perusahaan Anda di acara publik, konferensi pers, dan acara lainnya, tim hubungan masyarakat Anda juga terhubung dengan reporter, influencer, dan pemangku kepentingan lainnya.

Untuk alasan ini, komunikasi yang baik adalah keterampilan utama bagi manajer PR.

Kemampuan menulis

Manajer humas juga harus mampu berkomunikasi dengan baik dalam bentuk tertulis.

Karena manajer PR bertanggung jawab untuk menulis siaran pers dan berita terkait perusahaan, keterampilan menulis yang kuat akan membantu menyampaikan pesan yang tepat untuk mempromosikan perusahaan Anda. Ini sangat berguna untuk PR online di mana Anda harus membuat posting blog, konten situs web, dan siaran pers untuk mendapatkan liputan.

Kreativitas

Seperti pemasaran, kreativitas berjalan jauh di dunia hubungan masyarakat. Manajer PR yang hebat kreatif dan tahu cara membuat strategi yang menonjol dari yang lain, yang penting karena cerita atau perspektif yang unik akan mendorong liputan PR.

Keterampilan Penelitian yang Kuat

Hubungan masyarakat adalah industri sosial, dan orang mungkin membicarakan merek Anda tanpa menyebutkannya secara langsung. Keterampilan penelitian yang baik akan membantu manajer hubungan masyarakat menemukan dan menggunakan peluang ini.

Seorang manajer hubungan masyarakat harus mengikuti tren dan pembaruan pemasaran digital. Profesional PR tidak dapat beroperasi dalam gelembung dan harus tetap waspada terhadap pencarian dan perubahan media sosial agar strategi mereka berhasil.

Mereka menawarkan pengetahuan ahli dan perspektif baru untuk mempertahankan kehadiran di outlet media yang kompetitif.

Manajer hubungan masyarakat juga perlu melakukan penelitian ketika merencanakan strategi PR. Karena mereka mungkin memerlukan informasi, statistik, dan poin data tambahan untuk meningkatkan kekuatan media yang mereka miliki, keterampilan riset yang kuat sangat penting.

Tugas Manajer PR

Tugas sehari-hari manajer PR Anda dapat bervariasi tergantung pada industri Anda, kampanye PR aktif, ukuran tim PR, dan faktor lainnya. Namun, inilah yang sering mereka sertakan:

  • Menulis siaran pers untuk mengumumkan berita terkait perusahaan
  • Membuat lembar fakta dan kit media tentang perusahaan untuk dikirim ke tim media untuk membangun merek
  • Memberikan pelatihan media kepada tim internal dan eksternal
  • Menghadiri dan berbicara di acara industri dan mewakili merek di pameran dagang, acara perekrutan, dll.
  • Menemukan dan menganalisis liputan media dan mempromosikan konten tersebut melalui saluran media milik dan berbayar

Manajer hubungan masyarakat juga bertanggung jawab untuk melacak dan mengukur upaya PR mereka. Indikator kinerja utama (KPI) berikut dapat membantu manajer hubungan masyarakat Anda menganalisis dan meningkatkan strategi PR Anda.

Pengukuran PR: 10 KPI Humas untuk Dilacak

  1. Liputan Media dan Penyebutan Merek
  2. Berbagi Suara
  3. Interaksi Pitch
  4. Sentimen
  5. Keterlibatan Media Sosial
  6. Berbagi Sosial
  7. Lalu Lintas Situs
  8. Metrik SEO
  9. Konversi
  10. AVE

Sasaran terukur yang jelas adalah satu-satunya cara untuk memastikan bahwa strategi PR Anda efektif. Dalam dunia bisnis yang semakin fokus pada hasil berbasis data, KPI yang tepat dapat membuat atau menghancurkan program PR Anda.

Sebagian besar metrik PR mengukur persepsi, sehingga sulit untuk menghubungkan kemenangan perusahaan secara langsung dengan kampanye hubungan masyarakat. Untuk alasan ini, Anda harus memilih rentang KPI yang selaras langsung dengan tujuan bisnis Anda.

Misalnya, katakanlah bisnis Anda ingin meningkatkan kesadaran merek. KPI seperti peningkatan pangsa suara dan lalu lintas situs web di samping penyebutan merek baru-baru ini dapat menunjukkan hubungan yang lebih langsung antara upaya PR dan tujuan bisnis.

KPI ini akan membantu Anda melacak upaya PR Anda dan menentukan efektivitas strategi PR Anda.

1. Liputan Media dan Penyebutan Merek

Penyebutan merek terjadi ketika seseorang menyebutkan merek Anda. Liputan media melacak jumlah perolehan berita media yang ditayangkan. Metrik ini penting karena membantu Anda mengukur kesadaran merek Anda dan ceritanya.

Anda mungkin melihat penyebutan merek dalam liputan berita tradisional, di blog bisnis atau pribadi lainnya, dalam ulasan, atau di media sosial. Beberapa media mungkin memberi tag atau hyperlink ke sumbernya. Orang lain mungkin tidak menautkan kembali ke merek atau situs web Anda, yang berarti Anda harus mencarinya. Lihat bagian alat PR untuk beberapa alat perangkat lunak yang bermanfaat.

Catatan: Penting untuk membaca penyebutan merek dan liputan media untuk konteksnya. Ingat, Anda ingin orang mengatakan hal-hal baik tentang merek Anda, dan tidak selalu mudah untuk memahami nilai liputan sampai Anda membaca keseluruhannya.

2. Berbagi Suara

Ini adalah KPI penting untuk PR. Pangsa suara mengukur kesadaran merek yang kompetitif. Metrik ini membantu bisnis Anda memahami skala pelanggan di industri Anda dan di mana merek Anda cocok di dalamnya. Ini juga melacak reputasi merek Anda.

3. Interaksi Pitch

Pitch adalah metrik penting lainnya untuk PR. Terkadang butuh waktu lebih lama dari yang diharapkan agar sebuah karya bisa ditayangkan. Jadi, lacak jumlah penawaran yang Anda kirim dan balas. Anda juga ingin melacak berapa banyak email yang dibuka dan klik yang Anda dapatkan dari promosi. Metrik PR ini dapat membantu Anda membuat saluran untuk mendapatkan sebutan media.

Ini dapat membantu Anda lebih memahami upaya mana yang menghasilkan nilai paling banyak, serta cara terbaik untuk meningkatkan skala strategi Anda.

4. Sentimen

Sentimen, yang merupakan sinonim dari sudut pandang atau opini, mengukur sikap dalam penyebutan merek. Sementara penyebutan merek dan tautan balik biasanya meningkatkan kesadaran merek dan SEO Anda, sentimenlah yang membedakan penyebutan positif dari yang negatif.

Anda mungkin pernah mendengar pepatah, “Tidak ada publisitas yang buruk.” Apakah Anda setuju atau tidak setuju, adalah praktik yang baik untuk menyadari pers negatif.

Melacak sentimen dapat membantu Anda memahami apa yang dikatakan audiens tentang merek Anda dan apakah Anda perlu mengatasi masalah atau kekhawatiran apa pun.

5. Keterlibatan Media Sosial

Keterlibatan media sosial mencakup beberapa jenis aktivitas: tampilan, tayangan, suka, bagikan, dan komentar.

Informasi ini menunjukkan tingkat kesadaran merek dan keterlibatan di antara anggota audiens Anda. Ini juga memberi tahu Anda kapan audiens Anda paling aktif, yaitu kapan Anda harus memposting dan berinteraksi dengan pengikut Anda.

6. Berbagi Sosial

Berbagi sosial berbeda dari keterlibatan media sosial. Berbagi sosial mengacu pada saat audiens Anda membagikan sesuatu dari situs web atau blog Anda di media sosial mereka.

Ini adalah metrik penting karena memberi tahu Anda bahwa audiens Anda cukup menikmati konten Anda untuk menjaminnya di saluran sosial mereka. Ini adalah ukuran yang sangat jelas dari reputasi merek Anda di antara audiens Anda.

Saat melihat pembagian sosial, perhatikan jenis konten yang paling sering dibagikan orang. Ini akan memberi Anda gambaran tentang apa yang paling disukai audiens Anda dan jenis konten apa yang harus dibuat lebih banyak.

7. Lalu Lintas Situs

Lalu lintas situs adalah tanda upaya PR yang berhasil. Jika orang mendengar tentang merek Anda melalui media yang diperoleh dan menuju ke situs Anda, upaya PR Anda menjangkau audiens Anda.

Saat Anda menjalankan kampanye PR, lacak lalu lintas situs Anda setelah siaran pers dan upaya lainnya ditayangkan. Gunakan analitik situs Anda untuk memeriksa sumber rujukan pengunjung Anda (bagaimana mereka menuju ke situs web Anda) dan bertujuan untuk mereplikasi ini di masa mendatang.

8. Metrik SEO

Ada beberapa metrik SEO yang juga dapat membantu Anda dengan pengukuran PR.

Otoritas domain mengacu pada peringkat SEO situs web Anda dan bagaimana kinerjanya di hasil pencarian.

Ini peringkat dari 1 hingga 100 (dengan 100 menjadi yang tertinggi) dan merupakan ukuran berharga tentang bagaimana situs web Anda dibandingkan dengan pesaing Anda. Semakin tinggi otoritas domain Anda, semakin baik peringkat situs web Anda di hasil pencarian.

Otoritas domain terdiri dari tiga faktor utama: tautan ke situs Anda (tautan balik), tautan dari situs Anda ke situs web lain yang berperingkat baik, dan usia situs Anda. Meskipun Anda tidak dapat secara ajaib membuat situs web Anda lebih tua, Anda dapat menggunakan PR untuk menarik tautan balik dan menempatkan tautan di konten Anda.

Moz menawarkan alat gratis untuk memeriksa otoritas domain, peringkat halaman, dan ukuran situs web penting lainnya.

Tautan balik membantu Anda menemukan sebutan merek. Dengan backlink, situs yang menyebutkan merek Anda telah tertaut ke situs web Anda, memudahkan pembaca untuk mengeklik dan mengunjungi situs web Anda.

Dan bukan hanya lalu lintas baru yang akan Anda manfaatkan saat mengumpulkan tautan balik — Anda juga dapat melihat peningkatan peringkat SEO Anda.

9. Konversi

Meskipun volume pelanggan baru yang datang langsung dari aktivitas PR Anda tidak mudah diukur, ini pasti patut diselidiki.

Anda dapat menemukan dari mana pelanggan Anda berasal baik dengan mensurvei pelanggan setelah mereka membeli dan menanyakan bagaimana mereka mendengar tentang Anda atau dengan menggunakan alat seperti Google Analytics untuk mempelajari tentang jalur konversi pelanggan Anda (alias rute mereka untuk membeli).

Catatan: Meskipun ini adalah metrik yang menarik untuk dilacak, jangan berkecil hati jika Anda tidak melihat arus lalu lintas situs yang siap konversi. Ingat, tujuan hubungan masyarakat adalah untuk meningkatkan kesadaran merek, menyebarkan gagasan pemimpin pemikiran internal Anda, dan mengomunikasikan gagasan merek Anda. Pengunjung situs baru tersebut selalu dapat kembali dan melakukan pembelian di masa mendatang setelah mereka mengetahui merek Anda karena PR Anda.

10. Nilai Iklan Setara (AVE)

AVE sama dengan biaya untuk membeli ruang untuk penempatan media yang diperoleh jika itu adalah iklan. Pada satu titik ini adalah satu-satunya KPI untuk hubungan masyarakat. Tetapi banyak profesional industri merasa bahwa ini adalah KPI yang ketinggalan zaman dan cara yang tidak akurat untuk mengukur PR.

Tergantung pada bisnis Anda, Anda mungkin masih ingin melacak KPI ini. Pada tahun 2021, 41% profesional PR melacak AVE untuk perencanaan, dan 34% menggunakan metrik ini untuk membenarkan biaya dan anggaran.

Sekarang, mari kita tinjau beberapa alat PR SaaS yang dapat membantu Anda menerapkan strategi PR Anda dan melacak KPI ini.

Alat Hubungan Masyarakat

Kami telah mengumpulkan beberapa alat PR yang berguna untuk membantu Anda menjalankan kampanye hubungan masyarakat dan mengukur dampak serta kinerja Anda.

1. Merek24

Brand24 membantu Anda memantau penyebutan online tentang merek, produk, atau layanan Anda, dan mengukur hasil kampanye PR Anda. Integrasi kendur dan sistem notifikasi akan membantu Anda bereaksi tepat waktu untuk mencegah krisis PR.

2. Solusi PR Agility

Agility PR Solutions adalah alat berbayar yang menyediakan solusi yang kuat namun mudah digunakan untuk database media, pemantauan, dan analitik Anda. Solusi ini membantu mengidentifikasi dan terhubung dengan influencer, menangkap cakupan, dan mengukur dampak.

3. Tip baru

Anewstip adalah alat pencarian, pemantauan, dan manajemen hubungan media. Anda dapat menggunakannya untuk mencari sebutan media berdasarkan kata kunci atau pegangan, menjangkau jurnalis dan influencer di seluruh dunia, dan membuat basis data media dari kontak kampanye PR yang penting. Ini menawarkan opsi paket berbayar dan gratis.

4. Buku Cakupan

CoverageBook adalah alat berbayar yang membantu Anda menemukan dan mengumpulkan liputan konten PR Anda. Ini adalah alat yang hebat untuk agensi PR yang membuat laporan liputan untuk klien mereka.

5. Pers Tertutup

Covered Press adalah alat berbayar yang menyederhanakan pelacakan pers, pelaporan, dan analitik, menggabungkan tiga alat penting ke dalam satu platform PR all-in-one. Ini juga menawarkan pelaporan label putih sehingga humas dapat memberi merek portal analitik mereka sendiri dan laporan untuk klien.

6. Pamer

Flaunter adalah alat berbayar yang memberi Anda akses media ke konten merek dan sampel PR. Sebagai sebuah bisnis, ini adalah tempat untuk mempublikasikan citra merek dan produk berkualitas tinggi sehingga jurnalis, influencer, dan blogger dapat membagikannya.

7. Google Alerts

Google Alerts adalah alat gratis yang mudah digunakan yang memungkinkan Anda mengatur peringatan email untuk penyebutan kata kunci tertentu. Saat nama, kata kunci, atau tautan disebutkan secara online, Google mengirimi Anda email intisari yang memperingatkan Anda tentang penyebutan tersebut.

8. Sebutkan

Mention membantu Anda melacak siapa yang menyebut merek Anda di media dan media sosial. Anda juga dapat menggunakan alat ini untuk mempublikasikan di media sosial Anda dan mengelola komunikasi krisis. Ini menawarkan opsi paket gratis dan berbayar.

9. Pantau Tautan Balik

Monitor Tautan Balik adalah alat gratis yang membantu Anda melacak siapa yang menyebutkan merek Anda dalam liputan dan menambahkan tautan balik ke situs Anda. Ini juga berharga untuk memantau dan menolak tautan balik yang buruk dan menjaga otoritas SEO dan domain situs web Anda pada puncaknya.

10. Rak Kotoran

Muck Rack adalah alat berbayar yang memungkinkan Anda menemukan dan menghubungi anggota media yang mungkin ingin meliput kisah PR Anda.

11. Kebakaran PR

PR Fire adalah alat berbayar yang membantu Anda mendistribusikan siaran pers Anda kepada jurnalis dan menerima laporan kinerja dan jangkauan mereka. Ini ideal untuk tim internal yang melakukan PR mereka sendiri.

12. Hitungan Bersama

SharedCount menunjukkan data keterlibatan untuk media sosial, blog, atau URL situs web apa pun. Setelah Anda memasukkan URL, alat akan menghitung suka, bagikan, komentar, dan ukuran keterlibatan lainnya. Ini menawarkan opsi paket gratis dan berbayar.

13. TweetDeck

TweetDeck adalah alat gratis (dibuat oleh Twitter) yang memantau aktivitas Twitter. Anda dapat mengatur aliran Twitter yang melacak kata kunci, akun, tren, atau filter tertentu lainnya.

Ini hanyalah beberapa alat PR yang berguna, dan jika Anda tidak melihat apa yang Anda cari di sini, ada lebih banyak alat PR hebat untuk dipertimbangkan.

Mulailah Membangun Strategi Hubungan Masyarakat Anda

Dengan semua taktik, alat, dan kiat membangun strategi ini, apakah Anda siap untuk memulai strategi PR baru Anda? Saat Anda menggali lebih dalam, ingatlah bahwa PR adalah strategi berulang yang berkelanjutan — bukan tugas satu kali. Seperti pemasaran, perlu beberapa saat untuk melihat hasilnya.

Tetapi dengan strategi yang solid dan komitmen untuk menyebarkan berita tentang perusahaan Anda, Anda akan segera melihat lebih banyak sebutan, tautan balik, dan buzz umum. Maka Anda akan siap untuk langkah selanjutnya untuk mengembangkan bisnis Anda dengan lebih baik.

Tinggalkan Balasan

WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
👋 Hi, how can I help?