Apa Itu Brand Awareness?

Brand Awareness Adalah?

Apa itu Kesadaran Merek?, Brand Awareness Adalah dalam bahasa Indonesia yang berarti kesadaran merek adalah istilah pemasaran yang menggambarkan tingkat pengenalan konsumen terhadap suatu produk dengan namanya.

Mempromosikan produk baru atau menghidupkan kembali brand lama merupakan langkah yang dapat dilakukan untuk menciptakan brand awareness.

Brand Awareness Adalah?

Brand Awareness Adalah?
Brand Awareness Adalah?

Berdasarkan informasi dari Investopedia (22/4/2019), idealnya brand awareness dapat mencakup kualitas yang membedakan produk dengan kompetitornya. Produk dan layanan yang mempertahankan tingkat kesadaran merek (Brand-Awareness) yang tinggi cenderung menghasilkan lebih banyak penjualan. Pasalnya, lebih banyak konsumen yang membeli produk dari merek terkenal daripada yang tidak mereka ketahui.

Jika dalam hal air mineral. Banyak orang menyebut air mineral berbagai merek dengan satu merek, “Aqua”. Itu terjadi bukan tanpa alasan. Raksasa di industri ini mengandalkan kesadaran merek untuk membuat merek mereka dapat dijangkau konsumen.

Selama bertahun-tahun, perusahaan telah menggunakan strategi periklanan dan pemasaran yang telah meningkatkan kesadaran merek pada konsumen, dan secara langsung diterjemahkan ke dalam penjualan yang lebih tinggi.

Jadi dalam menciptakan brand awareness, banyak perusahaan yang memanfaatkan media sosial atau platform yang menjadi daya tarik konsumen. Misalnya di Facebook, Snapchat, atau Instagram.

Platform ini telah mengarah pada bentuk promosi baru di mana konsumen sendiri menghasilkan diskusi tentang produk dan layanan yang mereka sukai dan gunakan. Di sana, konsumen juga enggan untuk berbagi pengalaman yang tidak menyenangkan, dan pemasar beradaptasi dengan fakta itu. Dengan begitu, menanggapi ulasan negatif dan menawarkan solusi atas masalah yang dikeluhkan pelanggan menjadi penting bagi perusahaan.

Baca juga: Pemasaran Media Sosial

Saat konsumen melihat dan berinteraksi dengan postingan dan pembaruan media sosial, kesadaran merek akan meningkat. Agar kesadaran merek menjadi paling produktif, konsumen harus dapat terhubung ke situs web perusahaan secara mulus dari platform media sosial.

Selain itu anda juga harus beriklan, sponsorship acara juga merupakan cara lain yang efektif untuk menciptakan brand-awareness. Acara amal, acara olahraga, dan penggalangan dana memungkinkan visibilitas yang luar biasa dari nama dan logo perusahaan.

Refrensi: Wikipedia.org/Brand_awareness, wartaekonomi.co.id.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here