+62 81330 199 100

admin@matadigital.net

Follow Us:

Panduan Utama untuk Strategi Pemasaran & Cara Meningkatkan Kehadiran Digital Anda

Apakah benar menganggap sebagian besar strategi pemasaran Anda saat ini adalah digital? Mungkin.

Konsumen dan bisnis hampir selalu online dan dalam perjalanan – dan Anda ingin dapat menjangkau mereka dan mengamati perilaku mereka di mana mereka menghabiskan waktu mereka.

Tetapi ketika Anda mengembangkan bisnis, lanskap digital yang terus berubah ini dapat dengan cepat menjadi luar biasa. Dengan sejumlah tanggung jawab dan tugas lain yang perlu Anda lakukan, bagaimana Anda juga dapat membuat, menyempurnakan, dan mempertahankan strategi pemasaran digital yang gesit secara efisien?

Kami telah menyusun panduan tentang strategi pemasaran ini untuk membantu Anda meningkatkan kehadiran digital Anda dan tumbuh lebih baik.

Apa itu strategi pemasaran?

Strategi pemasaran adalah rencana untuk mencapai tujuan (atau sasaran) terkait pemasaran tertentu dengan cara yang terfokus dan dapat dicapai. Ini mempertimbangkan apa bisnis Anda saat ini berjalan dengan baik dan apa yang Anda lewatkan sehubungan dengan tujuan yang Anda tetapkan, sehingga Anda lebih mungkin untuk mencapainya.

Jika Anda adalah bisnis kecil dan Anda tidak yakin bagaimana memulai strategi Anda, template strategi pemasaran digital ini akan membantu Anda mencapainya. Ini mencakup tip dan template yang dapat ditindaklanjuti untuk menyiapkan Anda meraih kesuksesan.

Sekarang kembali ke ini — apakah Anda bingung tentang perbedaan antara strategi pemasaran dan taktik pemasaran? Kami membahasnya di bawah ini.

Strategi vs. Taktik

Strategi adalah tujuan Anda — ini adalah rencana yang dapat dicapai dan terfokus untuk membawa Anda ke target Anda. Taktik adalah langkah konkret dan dapat ditentukan dalam strategi Anda yang memastikan Anda mencapai tujuan Anda.

Pemasaran atau tidak, ada tiga bagian dari strategi apa pun:

  1. Diagnosis tantangan Anda
  2. Kebijakan panduan untuk menghadapi tantangan
  3. Serangkaian tindakan yang ditargetkan yang diperlukan untuk mencapai kebijakan

Bergantung pada skala bisnis Anda, strategi pemasaran Anda dapat mencakup beberapa bagian yang bergerak, masing-masing dengan tujuan yang berbeda. Dengan itu, mengerjakan strategi Anda kadang-kadang bisa menjadi sesuatu yang menakutkan.

Jadi, jika Anda merasa kewalahan dengan strategi pemasaran Anda, lihat tiga langkah ini untuk membuat Anda tetap fokus dalam mencapai tujuan Anda.

Sekarang, mari kita lihat strategi pemasaran digital.

Apa itu strategi pemasaran digital?

Strategi pemasaran digital adalah rencana untuk membangun kehadiran internet melalui saluran online seperti pencarian organik, media sosial, iklan berbayar, dan media berbasis web lainnya seperti situs web Anda. Tujuan dari strategi pemasaran digital adalah untuk meningkatkan kesadaran tentang bisnis Anda dan menarik pelanggan baru ke merek Anda.

Strategi pemasaran digital yang kuat membantu bisnis Anda mencapai tujuan digital tertentu melalui media yang dipilih dengan cermat. Mirip dengan strategi pemasaran versus taktik pemasaran, “strategi pemasaran digital” dan “kampanye pemasaran digital” juga sering dipertukarkan. Jadi, bagaimana mereka berbeda?

Kami membahasnya di bagian berikut.

Apa itu kampanye pemasaran digital?

Kampanye pemasaran digital adalah blok bangunan dan tindakan dalam strategi pemasaran digital Anda yang menggerakkan Anda menuju tujuan akhir tertentu.

Misalnya, jika tujuan menyeluruh dari strategi pemasaran digital Anda adalah untuk menghasilkan lebih banyak prospek melalui media sosial, Anda dapat menjalankan kampanye pemasaran digital di Twitter. Anda dapat membagikan beberapa konten tertutup dengan kinerja terbaik bisnis Anda di Twitter untuk menghasilkan lebih banyak prospek melalui saluran.

Cara Membuat Strategi Pemasaran Digital

  1. Bangun persona pembeli Anda.
  2. Identifikasi tujuan Anda dan alat pemasaran digital yang Anda perlukan.
  3. Evaluasi saluran dan aset digital Anda yang ada.
  4. Audit dan rencanakan kampanye media milik Anda.
  5. Identifikasi tujuan Anda dan alat pemasaran digital yang Anda perlukan.
  6. Memantau dan melaporkan.

1. Bangun persona pembeli Anda.

Untuk strategi pemasaran apa pun – digital atau tidak – Anda perlu tahu kepada siapa Anda memasarkan. Strategi pemasaran digital terbaik dibangun di atas persona pembeli yang terperinci, dan langkah pertama Anda adalah membuatnya.

Atur segmen audiens Anda dan perkuat pemasaran Anda dengan template untuk membangun persona pembeli Anda.

templat persona pembeli hubspot

Persona pembeli mewakili pelanggan ideal Anda dan dapat dibuat dengan meneliti, mensurvei, dan mewawancarai audiens target bisnis Anda.

Penting untuk dicatat bahwa informasi ini harus didasarkan pada data nyata bila memungkinkan, karena membuat asumsi tentang audiens Anda dapat menyebabkan strategi pemasaran Anda bergerak ke arah yang salah.

Untuk mendapatkan gambaran menyeluruh tentang persona Anda, kumpulan penelitian Anda harus mencakup campuran pelanggan, prospek, dan orang-orang di luar basis data kontak Anda yang selaras dengan audiens target Anda.

Tetapi informasi seperti apa yang harus Anda kumpulkan untuk persona pembeli Anda sendiri untuk menginformasikan strategi pemasaran digital Anda?

Itu tergantung pada bisnis Anda — kemungkinan akan bervariasi tergantung pada apakah Anda B2B atau B2C, atau apakah Anda menjual produk berbiaya tinggi atau rendah.

Berikut adalah beberapa titik awal yang dapat Anda sesuaikan dan sesuaikan dengan bisnis khusus Anda.

Informasi Kuantitatif dan Demografis

  • Lokasi: Gunakan alat analisis web untuk mengidentifikasi dengan mudah dari mana lalu lintas situs web Anda berasal.
  • Umur: Tergantung pada bisnis Anda, ini mungkin atau mungkin bukan informasi yang relevan. Tetapi jika ya, yang terbaik adalah mengumpulkan data ini dengan mengidentifikasi tren dalam basis data prospek dan kontak Anda yang ada.
  • Pendapatan: Yang terbaik adalah mengumpulkan informasi sensitif seperti pendapatan pribadi melalui wawancara penelitian persona, karena orang mungkin tidak mau membagikan detail ini melalui formulir online.
  • Judul Pekerjaan: Ini adalah sesuatu yang bisa Anda dapatkan gambaran kasar dari basis pelanggan Anda yang ada dan paling relevan untuk perusahaan B2B.

Informasi Kualitatif dan Psikografis

  • Sasaran: Bergantung pada tantangan apa yang dipecahkan produk atau layanan Anda, Anda mungkin sudah memiliki gagasan bagus tentang tujuan persona pembeli Anda. Perkuat asumsi Anda dengan berbicara kepada pelanggan nyata dan penjualan internal serta perwakilan layanan pelanggan.
  • Tantangan: Bicaralah dengan pelanggan, perwakilan penjualan dan layanan pelanggan, dan karyawan lain yang menghadapi pelanggan untuk mendapatkan gambaran tentang tantangan umum yang dihadapi anggota audiens Anda.
  • Hobi/Minat: Tanyakan kepada pelanggan dan mereka yang sejalan dengan audiens target Anda tentang hobi dan minat mereka. Jika Anda adalah merek fesyen, misalnya, akan sangat membantu untuk mengetahui apakah sebagian besar audiens Anda juga tertarik pada kebugaran dan kesejahteraan untuk menginformasikan konten dan kemitraan di masa mendatang.
  • Prioritas: Bicaralah dengan pelanggan dan anggota audiens target untuk mencari tahu apa yang paling penting bagi mereka dalam kaitannya dengan bisnis Anda. Misalnya, jika Anda adalah perusahaan perangkat lunak B2B, mengetahui bahwa audiens Anda menghargai dukungan pelanggan dengan harga yang kompetitif adalah informasi yang sangat berharga.

Dengan menggabungkan semua detail ini, Anda akan dapat membuat persona pembeli yang akurat dan sangat berharga untuk bisnis Anda.

2. Identifikasi tujuan Anda dan alat pemasaran digital yang Anda perlukan.

Tujuan pemasaran Anda harus selalu dikaitkan dengan tujuan mendasar bisnis Anda.

Misalnya, jika tujuan bisnis Anda adalah meningkatkan pendapatan online sebesar 20%, tujuan tim pemasaran Anda mungkin adalah menghasilkan 50% lebih banyak prospek melalui situs web daripada tahun sebelumnya untuk berkontribusi pada kesuksesan tersebut.

Gunakan templat rencana pemasaran tingkat tinggi untuk menguraikan strategi pemasaran tahunan Anda, mengidentifikasi prioritas utama, dan banyak lagi.

Apa pun tujuan pemasaran digital menyeluruh Anda, Anda harus dapat mengukur keberhasilan strategi Anda di sepanjang jalan dengan alat pemasaran digital yang tepat.

Misalnya, Dasbor Pelaporan di HubSpot membawa semua data pemasaran dan penjualan Anda ke satu tempat, sehingga Anda dapat dengan cepat menentukan apa yang berhasil dan apa yang tidak untuk meningkatkan strategi Anda di masa depan.

3. Evaluasi saluran dan aset digital Anda yang ada.

Saat meninjau saluran dan aset pemasaran digital Anda yang ada untuk menentukan apa yang harus dimasukkan ke dalam strategi Anda, sebaiknya pertimbangkan terlebih dahulu gambaran besarnya — ini akan mencegah Anda merasa kewalahan atau bingung.

Kumpulkan apa yang Anda miliki, dan kategorikan setiap kendaraan atau aset dalam spreadsheet, sehingga Anda memiliki gambaran yang jelas tentang media yang dimiliki, diperoleh, dan dibayar.

Kerangka Media yang Dimiliki, Diperoleh, Berbayar

Untuk melakukan ini secara efektif, gunakan kerangka kerja media yang dimiliki, diperoleh, dan dibayar untuk mengkategorikan “kendaraan”, aset, atau saluran digital yang sudah Anda gunakan dan putuskan apa yang cocok untuk strategi Anda.

Media yang Dimiliki

Ini mengacu pada aset digital yang dimiliki merek atau perusahaan Anda — baik itu situs web, profil media sosial, konten blog, atau citra Anda. Saluran yang dimiliki adalah apa yang bisnis Anda kendalikan sepenuhnya.

Ini juga dapat mencakup beberapa konten di luar situs milik Anda yang tidak dihosting di situs web Anda (mis. blog yang Anda terbitkan di Medium).

Media yang diterima

Media yang diperoleh mengacu pada eksposur yang Anda peroleh melalui pemasaran dari mulut ke mulut. Baik itu konten yang Anda distribusikan di situs web lain (mis. posting tamu), pekerjaan PR yang Anda lakukan, atau pengalaman pelanggan yang Anda berikan. Media yang diperoleh adalah pengakuan yang Anda terima sebagai hasil dari upaya ini.

Anda dapat memperoleh media dengan mendapatkan sebutan pers dan ulasan positif serta oleh orang-orang yang membagikan konten Anda melalui jaringan mereka (mis. saluran media sosial).

Media Berbayar

Media berbayar mengacu pada kendaraan atau saluran apa pun yang Anda gunakan untuk menghabiskan uang untuk menarik perhatian persona pembeli Anda.

Ini termasuk hal-hal seperti Google AdWords, posting media sosial berbayar, iklan asli (mis.

Karena Anda memiliki pemahaman yang lebih baik tentang kerangka kerja ini, mari kita lihat sebuah contoh.

Katakanlah Anda memiliki konten milik sendiri di halaman arahan di situs web Anda yang dibuat untuk membantu Anda menghasilkan prospek. Anda tahu bahwa Anda ingin menggabungkan berbagai bagian kerangka kerja daripada hanya bekerja dengan media yang dimiliki, diperoleh, atau dibayar saja.

Untuk meningkatkan jumlah prospek yang dihasilkan konten, Anda berusaha memastikannya dapat dibagikan sehingga audiens Anda dapat mendistribusikannya melalui profil media sosial mereka. Sebagai imbalannya, ini akan meningkatkan lalu lintas ke halaman arahan Anda. Ini adalah komponen media yang diperoleh.

Untuk mendukung kesuksesan konten Anda, Anda dapat memposting tentang konten di halaman Facebook Anda dan membayar agar dapat dilihat oleh lebih banyak orang di audiens target Anda.

Beginilah cara ketiga bagian kerangka kerja dapat bekerja sama — meskipun, itu tidak perlu untuk sukses. Misalnya, jika media yang Anda miliki dan hasilkan sudah sama-sama berhasil, Anda mungkin tidak perlu berinvestasi dalam media berbayar. Jadi, evaluasi solusi terbaik untuk membantu Anda mencapai tujuan Anda, lalu gabungkan saluran yang paling sesuai untuk bisnis Anda ke dalam strategi pemasaran digital Anda.

Sekarang Anda tahu apa yang sudah digunakan, Anda bisa mulai memikirkan apa yang harus disimpan dan apa yang harus dipotong.

Pantau upaya media berbayar Anda dengan Template Media Berbayar gratis ini.

templat media berbayar hubspot

4. Audit dan rencanakan kampanye media yang Anda miliki.

Inti dari pemasaran digital adalah media yang dimiliki — dan hampir selalu hadir dalam bentuk konten. Itu karena hampir setiap pesan yang disiarkan merek Anda dapat diklasifikasikan sebagai konten, baik itu halaman situs Tentang Kami, deskripsi produk, postingan blog, ebook, infografis, podcast, atau postingan media sosial.

Konten membantu mengubah pengunjung situs web Anda menjadi prospek dan pelanggan sekaligus meningkatkan kehadiran online merek Anda. Dan ketika konten ini dioptimalkan oleh mesin pencari (SEO), itu dapat meningkatkan lalu lintas pencarian dan organik Anda.

Apa pun tujuan strategi pemasaran digital Anda, Anda pasti ingin memasukkan konten yang dimiliki. Untuk memulai, putuskan konten apa yang akan membantu Anda mencapai tujuan Anda.

Jika tujuan Anda adalah untuk menghasilkan 50% lebih banyak prospek melalui situs web daripada tahun lalu, halaman Tentang Kami kemungkinan besar tidak akan disertakan dalam strategi Anda, kecuali jika halaman itu entah bagaimana telah menjadi mesin penghasil prospek di masa lalu.

Berikut adalah proses singkat yang dapat Anda ikuti untuk mencari tahu konten apa yang Anda butuhkan untuk memenuhi tujuan strategi pemasaran digital Anda.

Audit konten Anda yang ada.

Buat daftar konten milik Anda yang ada, dan beri peringkat setiap item menurut apa yang sebelumnya memiliki kinerja terbaik dalam kaitannya dengan tujuan Anda saat ini.

Misalnya, jika tujuan Anda adalah menghasilkan prospek, beri peringkat konten Anda menurut bagian mana yang menghasilkan prospek paling banyak selama setahun terakhir (seperti posting blog, ebook, atau halaman situs).

Idenya di sini adalah untuk mencari tahu apa yang saat ini berhasil, dan apa yang tidak, sehingga Anda dapat menyiapkan diri untuk sukses saat merencanakan konten di masa mendatang.

Identifikasi kesenjangan dalam konten Anda yang ada.

Berdasarkan persona pembeli Anda, identifikasi celah apa pun dalam konten yang Anda miliki.

Misalnya, jika Anda adalah perusahaan les matematika dan mengetahui melalui penelitian bahwa tantangan utama bagi persona Anda adalah menemukan cara belajar yang efektif, buatlah beberapa.

Dengan melihat audit konten Anda, Anda mungkin menemukan bahwa eBook yang dihosting pada jenis halaman arahan tertentu dikonversi dengan sangat baik (lebih baik daripada webinar, misalnya).

Dalam kasus perusahaan les matematika ini, Anda mungkin membuat keputusan untuk menambahkan ebook tentang “cara membuat belajar lebih efektif” ke rencana pembuatan konten Anda.

Buat rencana pembuatan konten.

Berdasarkan temuan Anda dan kesenjangan yang telah Anda identifikasi, buatlah rencana pembuatan konten yang menguraikan konten yang diperlukan untuk membantu Anda mencapai tujuan Anda.

Ini harus mencakup:

  • Sebuah judul
  • Format
  • Sebuah tujuan
  • Saluran promosi
  • Mengapa Anda membuat konten
  • Tingkat prioritas konten

Ini bisa berupa spreadsheet sederhana, dan juga harus menyertakan informasi anggaran jika Anda berencana untuk mengalihdayakan pembuatan konten, atau perkiraan waktu jika Anda memproduksinya sendiri.

5. Audit dan rencanakan kampanye media yang Anda peroleh.

Mengevaluasi media yang Anda peroleh sebelumnya terhadap sasaran Anda saat ini dapat membantu Anda mendapatkan ide tentang di mana harus memfokuskan waktu Anda. Lihat dari mana lalu lintas dan prospek Anda berasal (jika itu tujuan Anda) dan urutkan setiap sumber media yang diperoleh dari yang paling efektif hingga yang paling tidak efektif.

Anda dapat memperoleh informasi ini menggunakan alat seperti laporan Sumber di alat Analisis Lalu Lintas HubSpot.

alat analisis lalu lintas hubspot

Anda mungkin menemukan artikel tertentu yang Anda sumbangkan ke pers industri mendorong banyak lalu lintas berkualitas ke situs web Anda, yang mendorong konversi. Atau, Anda mungkin menemukan LinkedIn adalah tempat Anda melihat sebagian besar orang berbagi konten, yang meningkatkan lalu lintas.

Idenya adalah untuk membangun gambaran tentang jenis media yang diperoleh akan membantu Anda mencapai tujuan Anda (dan apa yang tidak) berdasarkan data historis. Namun, jika ada hal baru yang ingin Anda coba, jangan mengesampingkannya hanya karena belum pernah dilakukan sebelumnya.

6. Audit dan rencanakan kampanye media berbayar Anda.

Proses ini melibatkan banyak proses yang sama: Anda perlu mengevaluasi media berbayar yang ada di setiap platform (misalnya Google AdWords, Facebook, Twitter, dll.) untuk mencari tahu apa yang paling mungkin membantu Anda memenuhi tujuan Anda saat ini.

Jika Anda telah menghabiskan banyak uang di AdWords dan belum melihat hasil yang Anda harapkan, mungkin inilah saatnya untuk menyempurnakan pendekatan Anda, atau membuangnya sama sekali dan fokus pada platform lain yang tampaknya memberikan hasil yang lebih baik.

Gunakan panduan gratis ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang cara memanfaatkan AdWords untuk strategi pemasaran digital Anda.

Pada akhir proses, Anda harus memiliki gagasan yang jelas tentang platform media berbayar mana yang ingin terus Anda gunakan, dan mana (jika ada) yang ingin Anda hapus dari strategi Anda.

7. Satukan kampanye pemasaran digital Anda.

Anda telah melakukan perencanaan dan penelitian, dan sekarang Anda memiliki visi yang kuat tentang elemen-elemen yang akan membentuk strategi pemasaran digital Anda.

Untuk meninjau, inilah yang seharusnya Anda perkuat sejauh ini:

  • Hapus profil persona pembeli Anda
  • Satu atau lebih tujuan khusus pemasaran digital
  • Inventaris media yang dimiliki, diperoleh, dan dibayar saat ini
  • Audit atas media yang dimiliki, diperoleh, dan dibayar saat ini
  • Rencana pembuatan konten atau daftar keinginan yang dimiliki

Untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang apa yang diperlukan oleh strategi digital, lihat daftar strategi pemasaran dasar berikut yang biasa digunakan oleh tim di berbagai industri.

Strategi Pemasaran Digital

1. Publikasikan blog.

Blogging adalah salah satu cara utama Anda dapat memasarkan bisnis Anda secara digital. Sementara beberapa perbedaan pendapat mengklaim bahwa blogging adalah “buang-buang waktu Anda”, itu masih merupakan permainan besar bagi bisnis yang ingin menarik pelanggan yang benar-benar tertarik dengan produk dan layanan mereka.

Mengapa? Karena posting blog yang ditulis dengan baik dan diteliti dengan baik sering kali menjawab kebutuhan mendesak akan pelanggan potensial. Misalnya, HubSpot menjual perangkat lunak pemasaran, dan pengguna kami biasanya adalah profesional pemasaran yang membuat rencana, kampanye, dan kalender editorial untuk perusahaan mereka.

Jangan ngeblog hanya karena; blog dengan maksud untuk memecahkan untuk pelanggan. Untuk melakukannya secara efektif, penting untuk memahami audiens target Anda dan poin rasa sakit mereka. Dengan begitu, Anda dapat menulis konten yang sangat bertarget yang benar-benar bermanfaat bagi pembaca.

2. Beriklan di platform tertentu (mis. Iklan Google, Iklan Facebook, atau Iklan Instagram).

Strategi blogging organik hanyalah sebagian dari cerita. Sama pentingnya untuk menerapkan permainan non-organik, seperti iklan berbayar. Ini tidak hanya akan membantu Anda mendorong lebih banyak kesadaran merek, tetapi juga membantu Anda menjangkau audiens yang belum dapat menemukan bisnis Anda secara organik.

Ini adalah strategi penting untuk diterapkan ketika Anda masih mengembangkan blog dan belum mendapatkan lalu lintas sebanyak yang Anda inginkan. Ada beberapa jenis iklan yang harus Anda pertimbangkan untuk ditambahkan ke strategi digital Anda:

Hampir setiap platform memiliki opsi untuk Anda beriklan — baik melalui jaringan tampilan (seperti milik Google) atau melalui sistem iklan bawaannya (seperti portal iklan layanan mandiri Instagram, Facebook, dan LinkedIn).

Berikut salah satu contoh iklan di LinkedIn:

contoh strategi pemasaran digital: linkedin ad

Manfaat beriklan adalah tidak bergantung pada konten atau strategi SEO. Anda hanya perlu menulis beberapa baris salinan, memutuskan citra, dan meluncurkan kampanye iklan Anda. Untuk memastikan kampanye Anda sukses, Anda sebaiknya membuat rencana periklanan yang menguraikan siapa yang Anda targetkan, saluran mana yang akan Anda gunakan, dan berapa banyak yang Anda rencanakan untuk dibelanjakan.

 

3. Menawarkan sumber daya pendidikan gratis.

Upaya pemasaran digital Anda tidak berhenti ketika Anda membuat orang mengunjungi situs web Anda atau mengklik iklan Anda. Anda juga perlu menawarkan nilai tambah sebagai imbalan atas email mereka. Sementara konten yang terjaga keamanannya gratis, pengguna “membayar” dengan informasi kontak mereka. Praktik ini disebut lead generation, dan ini penting jika Anda menginginkan kesempatan untuk membina pengunjung menjadi pelanggan akhirnya.

Untuk menawarkan sumber daya gratis, Anda akan membuat halaman arahan yang menawarkan satu sumber daya pendidikan: ebook, panduan, template, atau kit. Pikirkan tentang apa yang dibutuhkan pelanggan Anda sehari-hari untuk melakukan pekerjaan mereka dengan sukses. Buat sumber daya yang akan membantu mereka melakukan hal itu.

4. Mesin pencari mengoptimalkan konten digital Anda.

SEO adalah salah satu permainan terpenting yang dapat Anda lakukan dalam strategi digital Anda. Ini akan membantu Anda menentukan peringkat untuk kata kunci yang terkait dengan produk Anda dan mendapatkan lebih banyak perhatian pada konten blog Anda, serta penawaran pendidikan Anda.

Jika halaman produk Anda tidak menghasilkan lalu lintas, SEO adalah taruhan terbaik Anda untuk menampilkan halaman tersebut di depan mereka yang mencari produk dan layanan tersebut. Untuk memastikan bahwa konten Anda melibatkan dan mengonversi pengguna, penting untuk berinvestasi dalam strategi SEO di halaman.

5. Buat giveaway dan/atau kontes online.

contoh strategi pemasaran digital: giveaway di instagram

Hadiah dan kontes adalah cara lain untuk menghasilkan kesadaran merek secara online dan meningkatkan strategi digital Anda. Sebagai imbalan atas produk gratis, Anda akan mendapatkan ratusan, bahkan ribuan, pengikut dan prospek baru yang dapat dikembangkan untuk menjadi pelanggan.

Metode ini sangat berguna jika Anda menjual produk konsumen atau jika Anda menyediakan layanan dengan hasil fisik. Misalnya, merek kecantikan mungkin memilih untuk memberikan produk kecantikan, sementara fotografer mungkin memilih untuk memberikan sesi potret gratis. Bisnis yang mungkin tidak mendapat manfaat dari strategi ini termasuk bisnis atau produsen B2B — meskipun Anda pasti dapat memutarnya untuk memenuhi kebutuhan Anda, seperti menyertakan satu kotak produk gratis untuk pelanggan pertama yang mendaftar ke milis Anda. Itu salah satu contoh potensial.

6. Menyelenggarakan webinar.

Jika Anda merasa kontes tidak cocok untuk bisnis Anda, maka webinar adalah pilihan terbaik berikutnya — terutama jika Anda adalah perusahaan B2B. Mereka penting untuk mengedukasi publik tentang produk dan layanan Anda, serta memberi prospek yang tertarik kesempatan untuk mendengar tentang penawaran Anda langsung dari perwakilan perusahaan. Dengan begitu, mereka bisa bertanya dan mendapatkan jawaban secara real time.

contoh strategi pemasaran digital: perpustakaan webinar

Jual produk yang rumit? Kemudian pertimbangkan untuk membuat halaman webinar khusus di situs web Anda, tempat Anda mencantumkan webinar yang akan datang dan yang lalu. Pelanggan Anda akan dapat mengakses konten pendidikan yang bermanfaat bagi mereka, dan prospek akan dapat mempelajari lebih lanjut tentang produk Anda dalam format yang lebih interaktif daripada posting blog sederhana atau studi kasus.

7. Menghasilkan podcast.

Pemasaran audio telah meningkat — yang harus Anda lakukan adalah melihat cara Clubhouse dan Twitter Spaces saling berhadapan untuk mendapatkan pangsa pasar. Meskipun platform seperti Clubhouse berbeda dari podcasting, idenya sama: Anda dapat mendidik dan melibatkan audiens saat mereka sedang bepergian. Yang mereka butuhkan hanyalah perangkat yang memutar audio.

Untuk inspirasi, lihat Jaringan Podcast HubSpot:

contoh strategi pemasaran digital: jaringan podcast hubspot

Podcast dapat menjadi elemen penting dalam strategi digital Anda, memungkinkan Anda menjangkau orang-orang di platform selain mesin telusur dan saluran media sosial. Plus, ini adalah media alami yang jauh lebih tidak terencana — meskipun tentu saja Anda harus merencanakan setiap episode dengan hati-hati dan memastikan Anda mengirimkan konten yang benar-benar melayani pembaca Anda.

8. Buat kampanye pemasaran email.

Pemasaran email adalah salah satu strategi digital terpenting yang dapat Anda terapkan hari ini. Ini memberi Anda banyak peluang untuk memelihara pelanggan yang sangat tertarik dengan produk Anda. Lagi pula, Anda tidak akan berlangganan buletin merek yang tidak menarik minat Anda, dan bisnis tidak seharusnya mengirim email kepada pelanggan yang belum mendaftar ke milisnya. Tidak, kecuali jika ingin mengambil risiko mengurangi kemampuan pengiriman email.

Anda bisa mendapatkan pelanggan melalui blog Anda, melalui kontes, dan bahkan melalui webinar. Setiap kali seseorang memberi Anda email mereka — dan setiap kali mereka memberikan persetujuan untuk menerima komunikasi dari Anda — Anda memiliki izin penuh untuk menargetkan mereka dengan kampanye pemasaran email.

Sumber Daya Unggulan: Template Perencanaan Pemasaran Email

sumber daya strategi pemasaran digital: template pemasaran email

Bacaan yang Direkomendasikan

Sekarang saatnya menyatukan semua ini untuk membentuk dokumen strategi pemasaran yang kohesif. Dokumen strategi Anda harus memetakan serangkaian tindakan yang akan Anda ambil untuk mencapai tujuan Anda, berdasarkan penelitian Anda hingga saat ini.

Template Strategi Pemasaran Digital

Meskipun spreadsheet dapat menjadi format yang efisien untuk memetakan strategi pemasaran digital Anda, pendekatan itu dapat dengan cepat menjadi berantakan dan berlebihan.

Untuk merencanakan strategi Anda untuk jangka panjang – biasanya antara enam hingga 12 bulan, Anda memerlukan dokumen strategi pemasaran digital yang andal. Tapi, di mana untuk memulai? Dengan template rencana pemasaran digital gratis kami.

Template ini akan memandu Anda melalui ringkasan dan inisiatif bisnis Anda, membantu Anda membangun target pasar dan informasi pesaing Anda, dan menyempurnakan strategi pemasaran Anda — termasuk anggaran dan saluran serta metrik spesifik Anda.

templat rencana bisnis hubspot untuk strategi pemasaran

Gunakan templat strategi digital ini untuk membangun strategi dan taktik pemasaran digital tahunan Anda. Dengan merencanakan rencana tahunan ini, Anda dapat melakukan overlay saat Anda dan tim Anda akan melaksanakan setiap tindakan. Sebagai contoh:

  • Pada bulan Januari, Anda akan memulai sebuah blog yang akan terus diperbarui seminggu sekali, sepanjang tahun.
  • Pada bulan Maret, Anda akan meluncurkan ebook baru, disertai dengan promosi berbayar.
  • Pada bulan Juli, Anda akan mempersiapkan bulan bisnis terbesar Anda — apa yang Anda harapkan telah diamati pada saat ini yang akan memengaruhi konten yang Anda hasilkan untuk mendukungnya?
  • Pada bulan September, Anda akan fokus pada media yang diperoleh dalam bentuk PR untuk mengarahkan lalu lintas tambahan selama run-up.

Pendekatan ini memberikan garis waktu terstruktur untuk aktivitas Anda yang akan membantu mengomunikasikan rencana di antara rekan kerja.

Terakhir, berikut adalah beberapa contoh kampanye pemasaran digital dan strateginya untuk menginspirasi Anda.

Contoh Kampanye Pemasaran Digital

1. Beis: Iklan Berbayar

Merek aksesori perjalanan, Béis, baru-baru ini meluncurkan kampanye media sosial untuk mengumumkan pembaruan fitur pada salah satu produknya. Dan mereka melakukannya dengan cara terbaik: dengan menunjukkan alih-alih memberi tahu.

merek menunjukkan bagaimana kinerja produk mereka sebelumnya dan bagaimana kinerjanya sekarang setelah beberapa perubahan pada bahan.

Ini adalah kampanye yang luar biasa karena tidak hanya menyoroti peningkatan pada suatu produk, tetapi juga menunjukkan kepada pelanggan bahwa merek tersebut terus berulang dan meningkat. Kedua, mereka memastikan untuk menyertakan teks dalam video untuk memastikan bahwa itu dapat diakses tanpa suara.

2. Omsom: Media Sosial

Merek makanan Asia Omsom memanfaatkan profil TikTok untuk berbagi konten di balik layar, resep, dan konten yang relevan secara budaya.

Dalam sebuah video baru-baru ini, salah satu pendiri merek berbagi bagaimana sumber salah satu bahan utamanya dan bagaimana mereka memilih rute yang lebih sulit untuk menjaga integritas merek.

@weareomsomhere’s why we choose to make our lives harder as food founders! #business #sourcing♬ original sound – Omsom
Inilah yang dilakukan Omsom dengan benar: Mereka menyoroti nilai merek mereka sambil tetap membangun kegembiraan seputar produk. Berbagi konten di balik layar adalah cara yang bagus untuk terhubung dengan audiens Anda dan berbagi detail yang secara bersamaan akan menyoroti misi dan/atau nilai Anda.

3. Jenderal: Iklan Berbayar

Setelah laporan bahwa konsumen menganggap merek tersebut tidak dapat dipercaya karena iklan anggaran rendah, The General memutuskan untuk mengubah seluruh strategi pemasarannya.

Dalam iklan yang menampilkan superstar bola basket, Shaq, merek tersebut berbicara kepada gajah di dalam ruangan dan memperkenalkan tampilan baru dan lebih baik.

Selain itu, mereka juga menekankan kredibilitas mereka dengan menyebutkan berapa lama mereka telah berbisnis dan berapa banyak orang yang telah mereka bantu.

Dengan mengatasi persepsi negatif secara langsung, merek tidak hanya dapat mengubah cara konsumen memandang mereka, tetapi juga menunjukkan bahwa mereka selaras dengan audiens target mereka.

Tumbuh Lebih Baik Dengan Strategi Pemasaran yang Meningkatkan Kehadiran Digital Anda

Dokumen strategi Anda akan sangat individual untuk bisnis Anda, itulah sebabnya hampir tidak mungkin bagi kami untuk membuat template strategi pemasaran digital satu ukuran untuk semua.

Ingat, tujuan dari dokumen strategi Anda adalah untuk memetakan tindakan yang akan Anda ambil untuk mencapai tujuan Anda selama periode waktu tertentu — selama itu mengomunikasikannya, maka Anda telah memahami dasar-dasar pembuatan strategi digital.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact Info

Quick Links

Testimonials

Pricing

Single Project

Single Prost

Portfolio

Support Links

Single Prost

Pricing

Single Project

Portfolio

Testimonials

Information

Pricing

Testimonials

Portfolio

Single Prost

Single Project

© 2022 Created with Mata Digital Indonesia