Lompat ke konten

Website Adalah Menurut Para Ahli, Beserta Jenis Dan Manfaatnya

  • Rangga 
Apa Itu Website

Website Menurut Para Ahli – Website adalah sekumpulan halaman situs yang terdapat dalam domain atau subdomain yang ada di World Wide Web (WWW) di internet. Alasan seseorang mengunjungi sebuah website adalah karena konten yang tersedia di website tersebut.

Di era digital saat ini, internet merupakan salah satu alat yang banyak digunakan untuk memudahkan berbagai aktivitas.

Setiap orang dapat mengakses informasi terbaru dari manapun melalui website dengan menggunakan berbagai perangkat mulai dari smartphone, tablet, laptop hingga PC hanya dengan menggunakan koneksi internet.

Website Adalah?

Website merupakan salah satu platform yang paling sering diakses untuk mencari berbagai informasi dan sarana komunikasi. Apalagi saat ini sudah banyak aplikasi dan tutorial cara membuat website sendiri dari awal tanpa coding yang membuat proses pembuatan web menjadi lebih mudah dan pertumbuhan jumlah website yang selalu meningkat di Indonesia.

Penyebaran informasi melalui website sangat cepat dan mencakup wilayah yang luas serta tidak dibatasi oleh jarak dan waktu. Untuk alasan ini, website merupakan sarana penting untuk memperoleh dan mengelola informasi.

Pengertian Website Menurut Para Ahli

Ada beberapa Pengertian website menurut para ahli sebagai berikut.

1. Gregorius (2000)

Website adalah sekelompok halaman web yang saling berhubungan dan semua file saling berhubungan. Web terdiri dari halaman atau halaman dan kumpulan halaman yang disebut homepage. Beranda ada di bagian atas dengan halaman terkait di bawahnya. Biasanya setiap halaman di bawah homepage (halaman anak) berisi hyperlink ke halaman lain dalam web.

2. Hakim Lukmanul (2004)

Website adalah fasilitas internet yang menghubungkan dokumen secara lokal dan jarak jauh. Dokumen pada website disebut halaman web dan link pada website memungkinkan pengguna untuk berpindah dari satu halaman ke halaman lainnya (hypertext), baik antar halaman yang tersimpan di server yang sama maupun server di seluruh dunia. Halaman dapat diakses dan dibaca melalui browser seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, dan lain-lain.

3. Sholechul Azis (2013)

Website adalah halaman informasi yang disediakan melalui internet sehingga dapat diakses di seluruh dunia selama terhubung dengan internet. Website adalah sebuah komponen atau sekumpulan komponen yang terdiri dari teks, gambar, suara, dan animasi sehingga menarik untuk dikunjungi.

Sejarah Website

Website ini pertama kali ditemukan oleh seorang ilmuwan Inggris bernama Tim Berners-Lee, dia juga anak seorang ilmuwan komputer di era awal komputasi.

tim-berners-lee Penemu Website

Tim Berners-Lee membuat website dengan tujuan untuk memudahkan para peneliti bertukar informasi di tempat kerja mereka. Sebelum tahun 1990, Tim Berners-Lee menulis tentang tiga teknologi dasar website, yaitu:

  • HTML (Hyper Text Markup Language) yang merupakan bahasa markup atau format untuk halaman web.
  • URI (Uniform Resource Identifier) merupakan sebuah alamat unik untuk membuka halaman situs. URI ini berfungsi untuk mengidentifikasi sumber daya yang ada di web. URI saat ini sering di sebut dengan URL (Uniform Resource Locator)
  • HTTP (Hyper Text Transfer Protocol) yang memungkinkan seseorang mengambil kembali sumber daya yang terhubung dengan semua situs web.
    Pada tanggal 30 april 1993, CERN yang merupakan laboratorium fisika di Swiss, dengan resmi menyatakan situs web perilisan secara gratis.

Unsur-Unsur Website

Ada unsur yang sangat penting dalam sebuah website. Tanpa adanya unsur ini, website tidak dapat ditemukan atau diakses oleh pengguna internet. Nah, kelima unsur website tersebut adalah:

1. Domain

Domain adalah alamat sebuah website. Tercatat dalam sejarah domain, awalnya untuk mengunjungi sebuah website Anda perlu mengetahui alamat IP atau IP Address yang ditandai dengan deretan angka.

Karena alamat IP sangat sulit untuk diingat, dibuatlah sistem “penamaan” alamat website.

2. Hosting

Hosting adalah server tempat semua file website Anda disimpan dan dapat diakses serta dikelola melalui internet.

Web hosting bisa diibaratkan sebuah rumah dan website adalah seluruh isi rumah, mulai dari gambar, video, teks, dan lain-lain.

3. Konten

Anda tentu mengunjungi sebuah website dengan tujuan tertentu bukan? Bisa untuk mencari informasi, toko, atau lainnya.

Semua informasi itu disediakan dalam bentuk konten website. Dengan adanya konten, pengunjung dapat mengetahui informasi pada sebuah website baik berupa gambar, video, atau bahkan teks.

Oleh karena itu, konten yang ditampilkan adalah penjelasan berbagai produk di beberapa landing page, informasi penggunaan produk dan topik terkait produk dalam bentuk blog, hingga halaman kursus yang memberikan nilai lebih kepada konsumen.

4. Bahasa Pemrograman (Kode)

Seiring berkembangnya dunia coding, beberapa bahasa pemrograman lain juga diciptakan. Coding adalah proses menulis kode untuk membangun sebuah website.

Beberapa bahasa yang dapat dikodekan antara lain CSS untuk mengatur tampilan elemen website, JavaScript untuk membuat website lebih dinamis dan interaktif, dan lain-lain.

Selain ketiga bahasa pemrograman tersebut, banyak website menarik mulai bermunculan dan melahirkan banyak programmer hebat yang mampu membuat website dengan baik.

Namun, teknologi website terus berkembang sehingga masyarakat yang tidak memiliki kemampuan bahasa pemrograman dapat membuat website dengan CMS atau Content Management System yaitu software untuk mengelola konten website.

Persentase CMS

Saat ini pilihan CMS yang bisa Anda gunakan semakin banyak. WordPress merupakan CMS yang paling populer saat ini, dimana telah digunakan oleh lebih dari 30 juta website atau setara dengan 60% website di dunia.

5. Tampilan

Informasi dalam sebuah website memang penting, namun tampilan yang baik juga diinginkan oleh pengunjung. Bahkan, 48% pengguna internet menyebutkan bahwa desain website menjadi faktor penentu kredibilitasnya, terutama untuk situs bisnis.

Tampilan website tidak hanya menarik, tetapi juga user friendly. Artinya, Menarik berkat perpaduan warna yang pas dengan struktur yang rapi sehingga memudahkan akses pengguna di semua perangkat.

Jenis Website

Berdasarkan buku CMM Interactive Website MCMS Joomla (CMS), jenis website dibagi berdasarkan sifat, tujuan, dan bahasa pemrograman. Jenis-jenis website berdasarkan sifatnya adalah:

  • Website dinamis, yaitu website yang menyediakan content atau konten yang selalu berubah setiap saat. Contoh website dinamis adalah media berita online.
  • Website statis adalah website yang kontennya jarang diubah. Misalnya, profil organisasi dan sebagainya. Berdasarkan tujuannya, jenis-jenis website dibedakan sebagai berikut:

Berdasarkan tujuannya, jenis-jenis website dibedakan sebagai berikut:

  • Website pribadi, yaitu situs web yang berisi informasi pribadi seseorang.
  • Corporate web, merupakan website yang dimiliki oleh perusahaan.
    Website portal, yaitu website yang memiliki banyak layanan, seperti layanan berita, email, dan layanan lainnya.
  • Website forum, yaitu website yang bertujuan untuk menjadi sarana diskusi bagi para pengunjungnya.
  • Selain itu, ada website pemerintah, e-banking, e-payment, e-procurement dan sebagainya.

Dilihat dari segi bahasa pemrograman yang digunakan, jenis website dibedakan menjadi dua, yaitu:

  • Server side, merupakan website yang menggunakan bahasa pemrograman yang bergantung pada ketersediaan server, seperti PHP, ASP, dan sebagainya. Jika tidak ada server, maka website yang dibangun dengan menggunakan bahasa pemrograman tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya.
  • Client side, yaitu website yang tidak membutuhkan server untuk menjalankannya, dapat diakses melalui browser.

7+ Manfaat Website Yang Perlu Diketahui

website memiliki banyak manfaat untuk kehidupan sehari-hari, baik untuk urusan pribadi, bisnis, bahkan masyarakat. Nah, apa saja manfaat dari sebuah website?

1. Menjadi Media Berbagi Wawasan

Jika Anda memiliki hobi, pengetahuan, dan pengalaman di bidang tertentu, Anda bisa menjadikannya sebagai niche blog Anda.
Dengan begitu, Anda bisa berbagi informasi dengan banyak orang sekaligus berkomunikasi dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama untuk berbagi pengalaman.

2. Menjadi sumber penghasilan

manfaat dari web adalah menjadi sumber penghasilan. Caranya cukup banyak, melalui media blog Anda bisa mendapatkan penghasilan dari iklan Google AdSense, membuat postingan berbayar sebagai blogger atau mempromosikan produk tertentu sebagai influencer.

Bahkan, bisa jadi ada cara lain untuk mendapatkan uang dari website yang bisa Anda buat sendiri sesuai keahlian Anda.

3. Menjadi Platform Bisnis

Selanjutnya, manfaat web adalah sebagai alat untuk berbisnis online.

Misalnya, meskipun Anda sudah memiliki toko offline, Anda bisa membuka toko online untuk memudahkan calon pelanggan membeli produk Anda kapan saja dan di mana saja.

Tidak hanya sebagai referensi informasi terupdate seputar produk bagi konsumen, website bisa menjadi tempat paling ideal untuk melakukan berbagai promosi menarik.

4. Membangun Brand

Manfaat website juga bisa digunakan untuk membangun branding bisnis. Itu karena website dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis yang menjelaskan identitas online Anda. Misalnya, Anda dapat menambahkan logo, identitas merek, dll.

Tidak hanya untuk bisnis, website juga bisa digunakan untuk membangun personal branding. Anda bisa mengisi website dengan berbagai karya atau artikel tentang keahlian yang Anda kuasai.

Misalnya, Anda dapat menggunakan Website untuk membuat portofolio pribadi. Sangat berguna untuk menemukan pekerjaan atau proyek tertentu.

5. Meningkatkan Kredibilitas Bisnis

Dengan memiliki website resmi, konsumen akan mengetahui bahwa bisnis Anda benar-benar ada. Konsumen tahu di mana mencari informasi tentang produk, menghubungi layanan pelanggan, dan sebagainya. Dengan begitu, kredibilitas bisnis bisa terjaga.

6. Menjadi Sarana Pemasaran Bisnis

Website merupakan media untuk melakukan berbagai upaya pemasaran. Misalnya, upaya pemasaran digital, Search Engine Marketing, atau strategi periklanan berbayar di mesin pencari, SEO atau optimalisasi agar berada di halaman teratas pencarian Google, dan lainnya.

7. Menjadi sumber informasi

Berdasarkan riset Hootsuite, 202,6 juta orang di Indonesia mencari informasi di internet atau setara dengan 73,7% dari total populasi. Artinya, salah satu manfaat website adalah sebagai sumber informasi, baik website berita, website komunitas, blog, dan lain-lain.

8. Mengakses Layanan Publik

Website dapat digunakan oleh siapa saja, termasuk lembaga yang menyediakan layanan publik, seperti rumah sakit, bank, kantor polisi, kantor pajak, dan lain sebagainya. Dengan begitu, masyarakat dapat mengakses layanan dengan lebih mudah dan cepat.

9. Menggalang Aksi Sosial

Tidak sedikit website yang didedikasikan untuk menyelenggarakan acara sosial sebagai salah satu jenis website komunitas atau semacamnya.

Salah satu contohnya adalah KitaBisa.com, sebuah website di mana orang dapat berpartisipasi dalam penggalangan dana untuk membantu orang yang membutuhkan.

Selain itu, ada situs change.org yang menjadi wadah solidaritas dengan menandatangani petisi, dan lain-lain.

Bagaimana Cara Membuat Website?

Tidak perlu menyewa Jasa web developer, Anda juga dapat membuat website! Gampang kok, kenapa? Anda hanya perlu mengikuti beberapa cara berikut untuk membuat website singkat:

1. Tentukan Jenis Website

Langkah pertama dalam pengembangan website adalah menentukan jenis website. Sebab, jenis yang berbeda membutuhkan halaman, menu, fitur, dan tampilan yang berbeda.

2. Pilih Hosting dan Domain

Langkah kedua dalam membuat website adalah memilih hosting dan domain. Pastikan Anda memilih hosting yang Terpercaya dengan keamanan, kecepatan, dan kemudahan penggunaan.

Selain hosting, Anda perlu memilih domain yang sesuai dengan fungsi website dan brand yang ingin Anda bangun. Karena domain adalah identitas Anda di dunia online.

3. Lakukan Instalasi dan Konfigurasi WordPress

Install WordPress

Langkah ketiga dalam membangun website adalah menginstal WordPress di hosting untuk mengelola konten website dengan lebih mudah. Caranya, Anda hanya perlu masuk ke cPanel dan memilih opsi WordPress.

Setelah WordPress terinstal, Anda perlu melakukan beberapa konfigurasi seperti menginstal tema, menginstal plugin, membuat halaman baru, dan mengoptimalkan situs web.

4. Menerbitkan Konten

Langkah terakhir dalam membuat website adalah mengisinya dengan konten. Anda bisa mulai memublikasikan konten di website Anda, baik berupa artikel, podcast, maupun gambar dan video.

Baca Juga: Jasa Pembuatan Website Company Profile Gresik

Nah, jika konten yang akan Anda publikasikan berfokus pada jenis artikel, maka pastikan Anda menulis artikel yang SEO friendly. Jadi, artikel Anda bisa bersaing di mesin pencari Google.

Dan jangan lupa untuk konsisten memposting konten sesuai dengan niche website, ya. Dengan begitu, mesin pencari Google dapat mendeteksi bahwa website Anda cocok dengan topik yang Anda cari.

Tinggalkan Balasan

WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
👋 Hi, how can I help?