Lompat ke konten

100+ Istilah Penting SEO yang Harus Dilihat Pemasar di 2022

  • Rangga 
Istilah Penting SEO

Istilah Penting SEO yang Harus Dilihat Pemasar – Apakah Anda ingin mengoptimalkan situs web Anda tetapi mengalami kesulitan berkomunikasi dengan orang-orang teknis yang menjalankannya? Kemudian, Anda memerlukan glosarium SEO.

Jargon saja seharusnya tidak menghentikan Anda untuk membuat situs Anda menjadi alat pemasaran yang hebat.

 

Ini adalah daftar istilah optimisasi mesin pencari (SEO) yang paling penting untuk membantu pemasar berkomunikasi dengan pengembang dan memahami cara mengoptimalkan situs web mereka.

# | A | B | C | D | E | F | G | H | I | J | K | L | M | N | O | P | Q | R | S | T | U | W | X |

40 Istilah SEO yang Harus Anda Ketahui!

Angka

2xx kode status – Kode yang dikirim oleh server untuk menyatakan bahwa permintaan berhasil.

301 Redirect – Proses mengarahkan ulang halaman web secara permanen dari satu URL ke URL lainnya.

302 Redirect – Proses pengalihan sementara halaman web dari satu URL ke URL lainnya.

Kode status 4xx – Kode yang dikirim oleh server untuk menyatakan bahwa permintaan tidak berhasil dan informasi tidak ditemukan.

Kode status 5xx – Kode yang dikirim oleh server untuk menyatakan bahwa ada masalah dengan server.

A

Accelerated Mobile Pages (AMP) – Proyek open source oleh Google untuk membantu penerbit membuat halaman web dan konten yang dioptimalkan untuk semua perangkat.

ALT Text/Alt Attribute – Deskripsi gambar di HTML situs Anda. Tidak seperti manusia, mesin pencari hanya membaca teks ALT dari gambar, bukan gambar itu sendiri. Tambahkan teks ALT ke gambar bila memungkinkan.

Anchor Text – Teks sebenarnya dari tautan ke halaman web. Di sebagian besar situs web, teks ini biasanya berwarna biru tua dan digarisbawahi, atau ungu jika Anda pernah mengunjungi tautan sebelumnya. Anchor text membantu mesin pencari memahami tentang halaman tujuan, ini menjelaskan apa yang akan Anda lihat jika Anda mengkliknya.

Otoritas – Seberapa andal situs web berdasarkan algoritme mesin telusur.

B

Backlink – Tautan yang mengarah ke halaman web eksternal.

Black Hat – Praktik yang bertentangan dengan pedoman webmaster Google.

Blog – Halaman web yang menyertakan posting blog yang terkait dengan topik dan/atau industri tertentu.

Bookmark – Tautan ke situs web yang disimpan untuk referensi nanti di browser web atau komputer Anda.

Bot – Aplikasi perangkat lunak yang diprogram untuk menyelesaikan tugas tertentu.

Rasio Pentalan – Jumlah pengguna yang meninggalkan halaman web setelah hanya melihat satu halaman.

Kata Kunci Bermerek – Permintaan pencarian (kata kunci) yang mengacu pada merek tertentu. Misalnya: “Sepatu Nike”

Breadcrumb – Tautan web yang memberi tahu Anda di mana Anda berada di situs web dan seberapa jauh Anda dari beranda.

Tautan Rusak – Tautan yang mengarah ke halaman kesalahan 404. Ini dapat terjadi jika halaman web dihapus tanpa pengalihan. (Lihat kode status 4xx)

Browser – Software yang memungkinkan Anda untuk mengakses informasi dan data di internet. Peramban yang paling umum termasuk Google Chrome, Safari, dan FireFox.

C

Cache – Lokasi penyimpanan yang mengumpulkan data sementara untuk membantu situs web, aplikasi, dan browser memuat lebih cepat.

URL Kanonik – URL kanonik adalah alamat terbaik tempat pengguna dapat menemukan informasi. Terkadang Anda mungkin mengalami situasi di mana konten halaman yang sama dapat diakses di lebih dari satu alamat. Menentukan URL kanonik membantu mesin telusur memahami alamat mana untuk suatu konten yang terbaik.

ccTLD – Singkatan dari domain tingkat atas kode negara dan digunakan untuk menentukan domain untuk negara atau wilayah tertentu. Misalnya. www.situssaya.co.uk

Penyelubungan – Praktek topi hitam yang digunakan untuk menampilkan informasi yang berbeda pada halaman web dari yang diharapkan.

Formulir Konversi – Formulir yang digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang pengunjung situs Anda. Formulir konversi mengubah lalu lintas menjadi prospek. Mengumpulkan informasi kontak membantu Anda menindaklanjuti prospek ini.

Crawler – Program yang digunakan oleh mesin pencari untuk mengumpulkan informasi di situs web dan mengindeksnya secara akurat.

CSS (Cascading Style Sheets) – Bagian dari kode Anda yang menentukan tampilan berbagai elemen situs Anda (contoh: header, link).

D

Tautan Dalam – Ini dapat merujuk ke dua hal: Tautan yang mengarah ke konten di aplikasi seluler atau tautan yang mengarah ke laman web selain beranda.

De-Index – Saat mesin pencari menghapus situs web atau halaman web dari hasil pencarian.

Tolak – Saat Anda memberi tahu Google untuk mengabaikan tautan karena berkualitas rendah, spam, atau buatan.

Do-follow – Sebuah hyperlink yang memerintahkan mesin pencari untuk mengikuti link, bukan atribut “nofollow”. (Lihat nofollow)

Domain – Alamat web utama situs Anda (contoh: www.yoursite.com).

E

Tautan eksternal – Hyperlink yang mengarah ke halaman web di domain lain. Ini juga dikenal sebagai tautan balik. (Lihat tautan balik).

F

Cuplikan Unggulan – Kutipan yang disorot yang muncul di bagian atas beberapa hasil pencarian Google, yang dikenal sebagai posisi 0.

The Fold – “Fold” adalah titik di situs web Anda di mana halaman terpotong oleh bagian bawah monitor pengguna atau jendela browser. Apa pun di paro bawah dapat digulir ke tetapi tidak langsung terlihat. Mesin pencari menempatkan beberapa prioritas pada konten di paro atas karena akan langsung dilihat oleh pengunjung baru.

G

Google Bisnisku – Direktori bisnis lokal dari Google.

Google Search Console – Alat Google gratis yang memungkinkan Anda memantau kinerja situs web.

Guest Blogging – Praktik menerbitkan posting blog di situs web milik orang lain.

H

Tag header – Kode yang digunakan untuk menandai heading dan subheading dari paragraf.

Tajuk – Tajuk bagian di situs web Anda yang ditempatkan di dalam tag tajuk, seperti H1 atau H2. Teks ini sering disajikan dalam font yang lebih besar dan lebih kuat daripada teks lain di halaman.

HTML – Bagian kode situs web Anda yang dibaca oleh mesin telusur. Jaga agar HTML Anda sebersih mungkin sehingga mesin pencari membaca situs Anda dengan mudah dan sering. Masukkan sebanyak mungkin kode terkait tata letak di CSS Anda, bukan di HTML Anda.

I

Kompresi Gambar – Praktik mengurangi ukuran file gambar untuk mempercepat halaman web.

Pengindeksan – Proses yang digunakan oleh mesin pencari untuk menganalisis konten situs web dan file katalog.

Tautan Masuk – Tautan dari situs web lain ke situs Anda.

Tautan Internal – Tautan dari satu halaman ke halaman lain di situs web yang sama, seperti dari beranda ke halaman produk Anda.

Halaman Terindeks – Halaman situs web Anda yang disimpan oleh mesin pencari.

J

Javascript – Bahasa skrip yang memungkinkan administrator situs web menerapkan berbagai efek atau perubahan pada konten situs web mereka saat pengguna menjelajahinya.

K

Kata Kunci – Kata yang dimasukkan pengguna dalam pencarian. Setiap halaman web harus dioptimalkan dengan tujuan menarik pengunjung yang telah mencari kata kunci tertentu.

Kesulitan Kata Kunci – Mengacu pada seberapa kompetitif kata kunci dan seberapa sulitnya untuk menentukan peringkatnya.

Riset Kata Kunci – Proses pencarian kata kunci untuk ditargetkan dalam konten Anda berdasarkan volume, tingkat kesulitan kata kunci, dan faktor lainnya.

Keyword Stuffing – Penggunaan kata kunci yang berlebihan dalam konten Anda dalam upaya untuk peringkat lebih tinggi.

L

Lazy Loading – Metode yang digunakan untuk meningkatkan kecepatan halaman dengan menunda pemuatan objek hingga diperlukan. Contohnya adalah gulir tak terbatas di situs web.

Pembuatan Tautan – Aktivitas dan proses mendapatkan lebih banyak tautan masuk ke situs web Anda untuk meningkatkan peringkat mesin telusur.

Jus Tautan – Nilai atau otoritas yang diperoleh situs web saat menerima tautan balik dari situs web otoritas tinggi. (Lihat tautan balik.)

Skema Tautan – Apa yang didefinisikan Google sebagai taktik spam yang digunakan untuk mengelabui PageRank Google dan meningkatkan peringkat pencarian dengan membeli atau menjual tautan, tautan silang yang berlebihan, atau taktik manipulatif lainnya.

Kata Kunci Long Tail – Kueri yang lebih panjang dan lebih spesifik yang mencakup lebih dari tiga kata.

M

Metadata – Data yang memberi tahu mesin pencari tentang situs web Anda.

Meta Description – Deskripsi singkat kurang dari 160 karakter dari isi halaman dan mengapa seseorang ingin mengunjunginya. Ini ditampilkan pada halaman hasil mesin pencari di bawah judul halaman sebagai contoh konten pada halaman.

Kata Kunci Meta – Sebelumnya digunakan oleh mesin pencari di tahun 90-an dan awal 00-an untuk membantu menentukan tentang halaman web, tag kata kunci meta tidak lagi digunakan oleh mesin pencari utama mana pun.

Minifikasi – Praktik menghapus karakter yang tidak perlu dalam kode sumber untuk membantu pemuatan halaman lebih cepat tanpa memengaruhi fungsionalitas.

Pengindeksan Mobile-first – Ini merujuk pada Google terutama yang menggunakan versi seluler dari halaman web untuk pengindeksan dan peringkat. Di masa lalu, desktop adalah pilihan.

N

Nofollow – Ketika tautan dari satu situs tidak memberikan kredit SEO ke yang lain.

O

Lalu lintas organik – Mengacu pada pengunjung yang menemukan situs web Anda di SERP alih-alih iklan berbayar.

P

Kecepatan Halaman – Mengacu pada seberapa cepat halaman web dimuat. Faktor yang mempengaruhi termasuk ukuran file, kode sumber, dan server web.

Judul Halaman – Nama yang Anda berikan pada halaman web Anda, yang terlihat di bagian atas jendela browser Anda. Judul halaman harus berisi kata kunci yang terkait dengan bisnis Anda. Kata-kata di awal judul halaman Anda lebih berbobot daripada kata-kata di akhir.

PageRank – Angka dari 0-10, ditetapkan oleh Google, menunjukkan seberapa baik SEO Anda secara keseluruhan. Secara teknis dikenal sebagai ‘Toolbar PageRank.’

Pagination – Ketika serangkaian konten dipecah menjadi daftar multi-halaman. Pikirkan halaman kategori di situs e-niaga.

Panda – Sebelumnya merupakan algoritme Google yang terpisah untuk melacak taktik topi hitam, tetapi sekarang menjadi bagian dari algoritme inti Google.

Orang Juga Bertanya – Fitur yang dapat muncul di SERP untuk menampilkan pertanyaan dan jawaban terkait atas suatu kueri.

PPC (Pay-Per-Click) – Metode periklanan di mana pengiklan memasang iklan di tempat iklan online dan membayar tempat itu setiap kali pengunjung mengklik iklannya. Google AdWords adalah contoh klasiknya.

Q

Query – Kata-kata atau frase yang dimasukkan pengguna ke dalam mesin pencari.

R

Rank Brain – Komponen pembelajaran mesin dari algoritme Google yang berfungsi untuk memahami kueri dan memberikan hasil terbaik.

Faktor Peringkat – Faktor-faktor yang mempengaruhi peringkat situs web di mesin pencari.

Redirection – Saat URL dipindahkan dari satu lokasi ke lokasi lain. (Lihat Pengalihan 301 dan 302).

String Perujuk – Sepotong informasi yang dikirim oleh browser pengguna saat mereka menavigasi dari halaman ke halaman di web. Ini mencakup informasi tentang dari mana mereka berasal sebelumnya, yang membantu webmaster memahami bagaimana pengguna menemukan situs web mereka.

Rel=canonical – Tag HTML yang memberi tahu mesin telusur versi halaman web mana yang asli dan mana yang merupakan duplikat ketika ada beberapa halaman dengan konten serupa. (Lihat kanonik)

Desain responsif – Praktik desain yang memungkinkan situs web beradaptasi dengan perangkat apa pun yang digunakan untuk melihatnya, menjadikannya pengalaman pengguna yang lebih baik.

Robots.txt – File teks yang memberi tahu perayap mesin telusur area mana dari situs web Anda yang dapat diakses dan mana yang harus diabaikan.

Umpan RSS – RSS adalah singkatan dari ‘sindikasi yang sangat sederhana.’ Ini adalah cara berbasis langganan untuk mendapatkan pembaruan pada konten baru dari sumber web. Siapkan umpan RSS untuk situs web atau blog Anda untuk membantu pengikut Anda tetap diperbarui saat Anda merilis konten baru.

S

Search Intent – Mengacu pada alasan mengapa pengguna melakukan pencarian.

Volume Pencarian – Berapa kali kata kunci dicari dalam periode tertentu, biasanya sebulan.

Tren Musiman – Peningkatan dan penurunan alami kata kunci selama waktu tertentu dalam setahun. Misalnya: Kata kunci “Kostum Halloween” mengalami peningkatan pada bulan-bulan musim gugur dan penurunan pada musim semi dan musim panas.

Kata Kunci Benih – Kata kunci ekor pendek, juga dikenal sebagai kata kunci root, yang merupakan kata kunci utama yang ingin Anda rangking dan dianggap sebagai istilah umum.

SEO – Singkatan dari optimasi mesin pencari dan mengacu pada taktik yang digunakan untuk mengoptimalkan halaman situs web Anda untuk mencapai dan mempertahankan peringkat tinggi di mesin pencari untuk kata kunci tertentu.

SERP (Halaman Peringkat Mesin Pencari) – Halaman yang Anda kirimi setelah Anda menjalankan kueri di mesin pencari. Biasanya memiliki 10 hasil, tetapi ini dapat bervariasi tergantung pada kueri dan mesin pencari yang dimaksud.

Peta Situs – Dokumen khusus yang dibuat oleh webmaster atau perangkat lunak yang menyediakan peta semua halaman di situs web untuk memudahkan mesin telusur mengindeks situs web tersebut.

Media Sosial – Jejaring sosial online yang digunakan untuk membuat komunitas online.

Spider – Juga dikenal sebagai perayap web, ini adalah program komputer yang menjelajahi internet dan mengumpulkan informasi tentang situs web. (Lihat perayap)

Sertifikat SSL – Singkatan dari “Secure Sockets Layer” dan digunakan untuk mengenkripsi data yang melewati antara server web dan browser. Situs web tanpa sertifikat SSL rentan terhadap peretas yang dapat memperoleh akses ke informasi rahasia.

Kode Status – Kode respons yang dikirim oleh server setelah permintaan. (Lihat kode status umum)

Data Terstruktur – Kumpulan data apa pun yang diatur dan diberi tag untuk membantu mesin telusur memahami informasi.

Subdomain – Subbagian dari domain primer yang digunakan untuk mengatur situs web Anda dengan lebih baik dan memungkinkan navigasi yang lebih mudah.

T

Lalu Lintas – Jumlah kunjungan ke situs web Anda.

Tag Judul – Judul halaman di situs web Anda, yang diapit oleh tag HTML <title>, di dalam bagian kepala halaman. Itu muncul di hasil mesin pencari dan di bagian atas browser web pengguna ketika mereka berada di halaman itu.

Traffic Rank – Peringkat berapa banyak lalu lintas yang didapat situs Anda dibandingkan dengan semua situs lain di internet.

U

Tautan Tidak Wajar – Apa yang Google gambarkan sebagai membuat tautan yang tidak dijamin atau ditempatkan oleh pemilik situs karena alasan editorial. (Lihat skema tautan).

URL – Alamat web halaman di situs Anda (contoh: www.yoursite.com/contact).

Pengalaman Pengguna (UX) – Mengacu pada perasaan yang dimiliki pengguna saat berinteraksi dengan produk, layanan, atau (dalam konteks SEO) situs web atau aplikasi seluler.

W

White Hat – Taktik SEO yang mematuhi praktik terbaik dan tidak memanipulasi mesin telusur.

Navigasi Situs Web – Elemen dan komponen pada halaman yang memungkinkan Anda mengakses berbagai halaman web dengan mudah di situs web.

X

XML – Singkatan dari bahasa markup yang dapat diperluas yang digunakan oleh mesin pencari untuk memahami data situs web.

XML Sitemap – File yang mencantumkan halaman penting situs web sehingga mesin pencari dapat dengan mudah menemukan dan merayapinya.

Baca Juga: Jasa Pembuatan Website Company Profile Gresik

Tinggalkan Balasan

WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
👋 Hi, how can I help?