Lompat ke konten

Cara Mendapatkan Pengikut di Pinterest: 25 Tips Untuk 2022

  • Rangga 
Pinterest

Cara Mendapatkan Pengikut di Pinterest – Platform media sosial dan mesin pencari yang setara, Pinterest memiliki lebih dari 431 juta pengguna aktif bulanan pada awal 2022. Namun popularitas platform berarti ruang yang ramai, dan tugas mendapatkan pengikut di Pinterest bisa terasa menakutkan.

Untungnya, ada taktik yang dapat Anda terapkan sekarang untuk meningkatkan jumlah pengikut nyata Anda di Pinterest untuk meningkatkan lalu lintas web, mendorong penjualan, dan membantu otoritas perolehan besar Anda.

Di sini, kami akan membahas semua yang perlu Anda ketahui untuk menumbuhkan pemirsa Pinterest Anda hari ini.

Cara Mendapatkan Lebih Banyak Pengikut di Pinterest

  1. Gunakan akun bisnis Pinterest.
  2. Optimalkan nama pengguna dan bio Pinterest Anda.
  3. Pasang Pin Ide.
  4. Sertakan teks pada Pin Ide Anda.
  5. Fokus pada audiens tertentu.
  6. Posting gambar asli.
  7. Sertakan tag topik yang relevan untuk meningkatkan jangkauan video.
  8. Buat merek yang kohesif untuk pengakuan di platform.
  9. Posting infografis untuk mempromosikan data kepemilikan untuk perusahaan Anda.
  10. Gunakan kata kunci dalam nama papan dan deskripsi pin Anda.
  11. Sertakan juga kata kunci yang relevan dalam nama Pinterest Anda.
  12. Gunakan Tren Pinterest untuk merencanakan konten Anda.
  13. Bagikan konten baru setiap minggu.
  14. Jadilah aktif dan terlibat di Pinterest.
  15. Ikuti pengguna lain.
  16. Tambahkan tombol ikuti Pinterest ke buletin atau situs web Anda.
  17. Gunakan bagian Pinterest untuk mengatur papan Anda.
  18. Promosikan pin Anda.
  19. Uji A/B pin Anda untuk melihat apa yang berhasil.
  20. Gunakan alat belanja gratis Pinterest.
  21. Bergabunglah dengan program pedagang terverifikasi.
  22. Terapkan untuk Pin Kaya.
  23. Sematkan ulang konten lama.
  24. Klaim situs web Anda di Pinterest.
  25. Jadwalkan pin Anda.

1. Gunakan akun bisnis Pinterest.

Di Pinterest, akun bisnis memiliki akses ke alat seperti format konten unik, analitik lanjutan, fitur belanja, dan kemampuan untuk membuat akun iklan untuk mempromosikan konten Anda.

Saat membuat akun baru, Anda dapat memilih untuk mengubahnya menjadi akun bisnis selama proses penyiapan. Jika Anda memiliki akun yang sudah ada, Anda dapat mengubahnya menjadi akun bisnis untuk mempertahankan otoritas.

2. Optimalkan nama pengguna dan bio Pinterest Anda.

Nama pengguna dan bio Anda sepenuhnya dapat dicari. Pastikan Anda menyertakan istilah pencarian yang terkait dengan niche Anda yang mungkin dicari pelanggan Anda di Pinterest untuk meningkatkan visibilitas profil.

Misalnya, pembuat konten Chelsea Clark menambahkan kata kunci “kesehatan nabati” ke profil Pinterest-nya, membuat kontennya lebih mungkin muncul untuk pengguna yang menyertakan istilah “berbasis tanaman” dalam pencarian Pinterest mereka.

Cara Mendapatkan Pengikut Pinterest: Optimalkan bio dan nama Pinterest Anda dengan kata kunci

3. Pasang Pin Ide.

Pin Ide adalah format berbasis video multi-halaman yang diluncurkan Pinterest secara global pada tahun 2021. Versi beta dari fitur ini diluncurkan pada tahun 2020 dan disebut Pin Cerita, dan pada awalnya digunakan mirip dengan Cerita Instagram.

Sekarang, fitur Pin Ide memungkinkan pembuat dan bisnis untuk merekam, mengedit, dan berbagi hingga 20 halaman konten dalam satu posting. Fitur Pin Ide Penting mencakup kemampuan untuk merekam sulih suara, menambahkan transisi, menandai akun lain, dan menambahkan musik.

Karena Pin Ide tidak kedaluwarsa setelah 24 jam seperti fitur cerita di platform media sosial lainnya, pembuat konten dapat menggunakan fitur tersebut untuk mengembangkan jangkauan dan keterlibatan mereka.

4. Sertakan teks pada Pin Ide Anda.

Setelah Anda memahami cara membuat Pin Ide, coba sertakan hamparan teks untuk membuat konten Anda lebih mudah diakses, dan mudah dipahami. Teks pada Pin Ide juga dapat dicari di Pinterest, jadi pastikan Anda menyertakan kata kunci yang dicari oleh calon pengikut.

5. Fokus pada audiens tertentu.

Bahkan jika produk atau layanan Anda, secara teori, dapat dibeli oleh siapa pun, Anda harus memfokuskan strategi pemasaran Pinterest Anda dengan laser. Anda akan menemukan bahwa saat Anda mempersempit target Anda, semakin baik Anda dapat membuat konten yang benar-benar sesuai dengan mereka. Dengan mengidentifikasi ceruk dan mendominasinya, Anda dapat memperluas jangkauan saat konten Anda dikonsumsi, dibagikan, dan dikenali.

Menciptakan persona pembeli adalah langkah pertama untuk mendefinisikan audiens Anda, memanusiakan mereka, dan memahami kebutuhan mereka.

6. Posting gambar asli.

84% Pinner menggunakan Pinterest untuk memutuskan apa yang akan dibeli — yang berarti penting bagi Anda untuk memposisikan diri di depan mereka dengan membuat konten asli untuk merek Anda. Coba posting infografis, grafik, atau foto asli yang mencerminkan pesan merek Anda. Selain itu, saat Anda melakukan pin ulang, pastikan Anda menyematkan ulang konten yang selaras dengan merek Anda sendiri.

7. Sertakan tag topik yang relevan untuk meningkatkan jangkauan video.

Pinterest tidak lagi mendorong penggunaan tagar dan sebaliknya merekomendasikan pembuat konten menggunakan tag topik untuk mengkategorikan konten mereka dan meningkatkan jangkauan. Inilah cara Anda dapat menggunakan fitur tag topik:

8. Buat merek yang kohesif untuk diakui di platform.

Orang-orang berbisnis dengan orang yang mereka sukai, kenal, dan percayai, jadi tujuannya adalah untuk berubah dari orang asing di mata calon pelanggan menjadi dikenal dan dipercaya. Di Pinterest, itu berarti meningkatkan jumlah tayangan yang diperoleh konten Anda dari audiens target Anda. Sebuah “kesan” mengacu pada setiap kali prospek “melihat” Anda atau merek Anda. Jika Anda tidak memiliki tampilan dan nuansa yang konsisten, konten Anda tidak akan dikenali sebagai terkait, yang berarti Anda tidak pernah membangun kepercayaan itu.

Menurut Forbes, warna meningkatkan pengenalan merek hingga 80%, dan presentasi merek yang konsisten di seluruh platform meningkatkan pendapatan hingga 23%. Kesimpulan utamanya adalah identitas merek yang konsisten (dan dapat dikenali) sangat penting untuk meningkatkan ROI untuk upaya pemasaran Pinterest Anda. Dengan membangun identitas merek, audiens target Anda akan mulai mengenali Anda di ceruk pasar, yang merupakan langkah pertama untuk membangun kepercayaan.

9. Posting infografis untuk mempromosikan data kepemilikan perusahaan Anda.

Infografis adalah perpaduan sempurna antara data, visual, dan konten tertulis, menjadikannya sangat mudah dibagikan. Untuk alasan ini, 40% pemasar melaporkan bahwa infografis adalah jenis konten visual yang membantu mereka mencapai tujuan pemasaran mereka pada tahun 2021 menurut Venngage.

Infografis bekerja dengan baik di Pinterest, khususnya, karena ini adalah platform visual dengan kemampuan menampilkan gambar vertikal yang panjang. Dengan membuat infografis bermerek khusus dan membagikannya di Pinterest, Anda membangun kredibilitas dengan mendidik audiens Anda. Ini juga memberikan kesempatan lain untuk “kesan” untuk meningkatkan pengenalan merek Anda jika infografis dicap dengan benar.

10. Gunakan kata kunci dalam nama papan dan deskripsi pin Anda.

Pengguna Pinterest biasanya menemukan merek melalui tagar dan pencarian, jadi penting bagi Anda untuk menyertakan keduanya dalam deskripsi dan gambar.

Saat menulis deskripsi pin Anda, penting bagi Anda untuk tetap spesifik dan deskriptif. Ini memastikan peluang tertinggi bahwa pin Anda akan cocok dengan maksud pencarian pengguna yang sebenarnya. Misalnya, katakanlah Anda memiliki pin untuk resep makan malam yang sehat. Anda lebih mungkin membuat pengguna menemukan dan terlibat dengan pin Anda jika disimpan ke papan berjudul “Resep Sehat” (yang kemungkinan besar mereka cari) daripada sesuatu yang tidak jelas seperti “Sehat”.

11. Sertakan juga kata kunci yang relevan dalam nama Pinterest Anda.

Pemasaran Pinterest tidak hanya sampai pada kemampuan berbagi posting individu tetapi juga kemampuan untuk ditemukan. Anda ingin memposisikan merek Anda di depan pengguna Pinterest yang benar-benar mencari konten Anda. Dengan memasukkan beberapa kata kunci yang relevan ke dalam nama Pinterest Anda, akun Anda lebih mungkin muncul untuk pencari yang tertarik.

12. Gunakan Tren Pinterest untuk merencanakan konten Anda.

Mereka yang menggunakan akun bisnis Pinterest memiliki akses ke alat yang disebut Pinterest Trends, yang menunjukkan kata kunci dan topik mana yang sedang tren di berbagai area khusus. Gunakan alat tren untuk menemukan apa yang dicari oleh calon pelanggan Anda dan biarkan hasil ini menginformasikan konten apa yang Anda bagikan.

Pinterest juga membuat laporan tahunan yang disebut Pinterest Predicts, yang menguraikan topik mana yang kemungkinan akan menjadi tren di Pinterest untuk tahun mendatang berdasarkan pola pencarian dan data unik.

13. Bagikan konten baru setiap minggu.

Menurut Pinterest, irama posting yang disarankan adalah setidaknya satu pin asli per minggu. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari lalu lintas Pinterest Anda, pastikan pin Anda mengarah kembali ke situs web Anda (atau Anda menautkan Pin Ide Anda ke produk Anda).

14. Aktif dan terlibat di Pinterest.

Seperti situs media sosial lainnya, Pinterest menyukai akun yang aktif. Ini termasuk memastikan Anda memasang pin secara teratur, menyematkan pin orang lain secara manual, dan mengikuti papan lain. Jika Anda kesulitan mengikuti aktivitas Pinterest Anda, buat kalender media sosial untuk memiliki strategi penerbitan yang lebih fokus dan terorganisir. Anda juga dapat mencoba menggunakan alat seperti Tailwind, yang memungkinkan Anda menjadwalkan pin Pinterest sebelumnya.

Sangat penting Anda sering melakukan pin ulang. Pertimbangkan untuk membuka halaman “Jelajahi” dan “Tren” dan pasang kembali pin dari sana. Semakin banyak Anda menyematkan ulang dan terlibat dengan papan lain, semakin besar kemungkinan Anda meningkatkan jangkauan.

15. Ikuti pengguna lain.

Jika seseorang mengikuti bisnis dengan konten yang mirip dengan bisnis Anda, kemungkinan besar mereka juga akan menjadi pengikut yang baik untuk Anda. Luangkan waktu untuk meneliti pesaing dan ikuti pengikut mereka — jika konten Anda up-to-par, kemungkinan besar mereka akan mengikuti Anda kembali.

Atau, mungkin ada bisnis dengan produk atau layanan yang bekerja dengan baik bersama dengan bisnis Anda sendiri. Misalnya, katakanlah Anda seorang desainer interior, dan Anda menemukan perusahaan yang menjual furnitur buatan tangan di Pinterest. Anda mungkin mengikuti beberapa pengikut mereka karena pengikut mereka mungkin tertarik untuk mendekorasi atau merapikan rumah mereka.

16. Tambahkan tombol ikuti Pinterest ke buletin atau situs web Anda.

Anda mungkin dapat meningkatkan lalu lintas ke akun Pinterest Anda jika Anda menyematkan tombol ikuti Pinterest di buletin email atau di situs web Anda. Karena lalu lintas ke situs Anda, atau pelanggan buletin Anda, mungkin sudah tertarik dengan produk atau layanan Anda, mereka adalah audiens yang kuat untuk ditargetkan.

PLUS, TERGANTUNG DI MANA MEREKA DALAM PERJALANAN PEMBELI, AKUN PINTEREST ANDA BISA MEMBANTU MEREKA MEMUTUSKAN APAKAH BISNIS ANDA COCOK UNTUK MEREKA.

17. Gunakan bagian Pinterest untuk mengatur papan Anda.

Bagian Pinterest mirip dengan bagian H2 dari posting blog Anda — mereka memungkinkan Anda untuk mengatur papan Pinterest lengkap Anda ke dalam kategori, sehingga pengguna dapat lebih mudah menemukan apa yang mereka cari.

Misalnya, lihat papan Blog Twins Mommy:

halaman yang menampilkan bagian pinterest

Sementara papan lengkapnya adalah tentang “Memulai Blog”, ini kemudian dibagi menjadi lima bagian, termasuk cara menghasilkan uang dari blogging dan tip lalu lintas blog. Seorang pengguna mungkin hanya memeriksa bagian menghasilkan uang dan menyematkan kembali konten itu tanpa perlu melihat atau menyematkan kembali sisa papan.

Bagian, kemudian, membuat konten individual Anda lebih mungkin ditemukan dan disematkan kembali.

18. Promosikan pin Anda.

Jika Anda memiliki akun bisnis di Pinterest, Anda dapat mempertimbangkan untuk memasukkan uang ke dalam pin untuk meningkatkan visibilitas dan jangkauan — mirip dengan membayar iklan di Facebook.

Misalnya, lihat apa yang saya lihat ketika saya mengetik “perjalanan” ke Pinterest:

halaman yang menampilkan pin Promosi Pinterest

Salah satu pin pertama, yang ditampilkan dengan jelas di bawah istilah pencarian “Perjalanan”, adalah pin “Cara Bepergian Seperti Pro” yang dipromosikan Wikibuy. Pin yang dipromosikan telah terbukti berhasil — faktanya, 50% pengguna Pinterest telah melakukan pembelian setelah melihat pin Promosi, dan pin Promosi disematkan ulang rata-rata 11 kali.

Untuk meningkatkan visibilitas dan jangkauan, mengapa tidak?

19. Uji A/B pin Anda untuk melihat apa yang berhasil.

Anda tidak perlu melempar spageti ke dinding untuk melihat apa yang menempel. Dengan menguji variabel yang berbeda dengan audiens Anda, Anda dapat terus meningkatkan kampanye saat Anda mempelajari lebih lanjut tentang apa yang sesuai dengan mereka.

Berikut adalah beberapa variabel berbeda untuk dibandingkan di Pinterest:

  • Judul alternatif untuk judul pin Anda
  • Gambar mini alternatif untuk pin Anda
  • Salinan pos alternatif untuk deskripsi pin Anda

Pastikan untuk hanya menguji satu variabel pada satu waktu. Tetapkan periode waktu untuk menjalankan pengujian, lalu bandingkan kinerja setiap postingan menggunakan analitik Pinterest. Pastikan saja hasil pengujian A/B Anda signifikan secara statistik sebelum Anda membuat keputusan apa pun untuk pengujian berikutnya.

20. Gunakan alat belanja gratis Pinterest.

Jika Anda ingin mengarahkan lalu lintas ke produk tertentu, Anda dapat membuat Pin Produk yang memiliki metadata tambahan untuk membuatnya lebih mudah dicari sehingga meningkatkan peluang Anda untuk ditemukan oleh pengguna di platform.

21. Bergabung dengan program pedagang terverifikasi.

Tingkatkan kredibilitas perusahaan Anda dengan menjadi pedagang terverifikasi di Pinterest. Akun yang merupakan bagian dari program menerima tanda centang terverifikasi yang didambakan yang mengonfirmasi bahwa akun tersebut telah diperiksa oleh Pinterest, memiliki produk yang muncul di bawah istilah pencarian terkait, dapat mengaktifkan tab “toko” profil, dan dapat mengakses wawasan unik untuk dilihat data konversi.

22. Terapkan untuk Pin Kaya.

Jika Anda mengantisipasi pengguna menyematkan konten langsung dari situs web Anda, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk mengajukan Pin Kaya.

Pin kaya secara otomatis menarik data penting dari situs web Anda saat Pin Pinterest dibuat, dan memungkinkan pin yang ada tetap terbarui dengan apa yang tercantum di situs web Anda. Ada tiga jenis pin kaya:

  • Pin Kaya Produk menarik informasi inventaris dan ketersediaan produk yang akurat dari situs web Anda.
  • Pin Kaya Resep yang menyertakan nama resep, daftar bahan, dan informasi memasak terkait yang diambil dari posting blog yang menampilkan resep.
  • Artikel Kaya Pin yang menyertakan judul artikel, deskripsi meta, dan informasi penulis.

Pin Kaya gratis untuk digunakan. Untuk memulai, tambahkan tag meta yang diperlukan yang disediakan oleh Pinterest ke situs web Anda, lalu kirimkan aplikasi.

23. Sematkan ulang konten lama.

Pin Pinterest memiliki masa pakai sekitar empat bulan, yang secara signifikan lebih lama daripada platform media sosial lainnya seperti rentang 15 menit dari tweet, atau rentang 48 jam dari posting Instagram.

Dengan mengingat hal ini, jangan takut untuk menyematkan konten lama ke papan baru untuk melanjutkan masa pakainya lebih jauh dan terlibat dengan audiens yang sama sekali baru.

Jika Anda memutuskan untuk membuat pin dari konten lama, pastikan Anda menyegarkan gambar untuk interaksi yang lebih baik.

24. Klaim situs web Anda di Pinterest.

Jika Anda belum melakukannya, pastikan situs web perusahaan Anda diklaim oleh akun resmi Pinterest. Menurut Tailwind, 80% akun Pinterest dengan keterlibatan tinggi telah mengklaim situs web mereka di Pinterest.

Pada gambar di bawah, Anda dapat melihat publikasi The Good Trade telah mengklaim situs webnya dengan simbol globe dan tanda centang di sebelah URL perusahaan.

Cara mendapatkan Pengikut di Pinterest: klaim situs web Anda untuk meningkatkan keterlibatan

25. Jadwalkan pin Anda.

Seperti kebanyakan platform media sosial, kunci sukses di Pinterest adalah konsistensi. Untuk membuat berbagi ke Pinterest menjadi sederhana dan mudah, pertimbangkan untuk menjadwalkan pin Anda terlebih dahulu sehingga pin dapat ditayangkan saat audiens Anda kemungkinan besar akan terlibat.

Anda dapat menggunakan perangkat lunak populer seperti Tailwind untuk menjadwalkan pin Anda atau menggunakan alat penjadwalan dalam platform Pinterest.

Baca Juga:Jasa Pembuatan Website Company Profile Gresik

Alasan Hindari Membeli Pengikut Pinterest

Tentu, ada alat yang dapat Anda gunakan untuk membeli pengikut Pinterest tetapi metode ini bukan untuk kepentingan terbaik Anda.

Membeli pengikut Pinterest pada dasarnya berarti Anda membeli akun palsu untuk meningkatkan jumlah pengikut yang Anda miliki, yang akan membuat bisnis Anda terlihat populer di Pinterest. Ini bisa menggoda — mengapa kerja keras untuk mendapatkan pengikut, ketika Anda dapat membayar kurang dari $20 untuk 1.000 pengikut, secara instan?

Sayangnya, membeli pengikut lebih banyak ruginya daripada manfaatnya. Inilah alasannya.

1. Ini bertentangan dengan pedoman Pinterest.

Bahkan, perusahaan Anda dapat diblokir dari situs tersebut jika Pinterest mengetahui bahwa Anda telah membeli pengikut sesuai dengan pedoman mereka.

2. Anda akan mengurangi keterlibatan Anda (dan juga kinerja keseluruhan).

Meningkatkan jumlah pengikut sebenarnya dapat membahayakan kesuksesan Anda di Pinterest karena algoritme Pinterest tidak hanya mengukur jumlah pengikut — tetapi juga mengukur metrik keterlibatan.

Misalnya, katakanlah Anda memiliki 100 pengikut asli dan 1.000 pengikut palsu. Anda memposting pin yang disematkan ulang 10 kali. Dari pengikut Anda yang sebenarnya, itu 10% — jumlah keterlibatan yang sangat bagus. Tetapi Pinterest menghitung 10 pin ulang dari 1.100, yang kurang dari satu persen.

Pada akhirnya, lebih banyak pengikut dapat menurunkan metrik keterlibatan Anda, yang akan membuat Pinterest dan pengikut Anda yang sebenarnya percaya bahwa konten Anda sebenarnya tidak sebagus itu.

3. Membeli pengikut tidak menghasilkan ROI.

Pengikut palsu itu tidak akan pernah menjadi pelanggan nyata. Anda akan menjadi jauh lebih sukses di platform jika Anda meluangkan waktu dan sumber daya yang Anda dedikasikan untuk membeli pengikut dan menggunakannya untuk menerapkan beberapa strategi yang tercantum di atas.

Sangat penting bagi Anda untuk bekerja dengan tekun untuk menemukan dan terlibat dengan orang-orang nyata — karena hanya orang-orang nyata yang dapat membantu Anda mengetahui apa yang diharapkan dan disukai calon pelanggan Anda di masa depan dari konten online mereka.

Tinggalkan Balasan

WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
👋 Hi, how can I help?