Apa Itu Google Ads?

Apa Itu Google Ads?
Apa Itu Google Ads?

Apa Itu Google Ads? – Google Ads adalah program periklanan online dari Google. Dengan Google Ads, kita dapat membuat iklan online untuk menjangkau orang-orang tepat saat mereka tertarik dengan produk dan layanan yang kita jual atau tawarkan.

Google ads sebelum bernama ADWORD dan sekarang berganti nama menjasi Ads Google.  Menurut wikipedia, Google AdWords adalah produk periklanan yang dibuat oleh Google yang masih menjadi sumber pendapatan utama Google di bidang periklanan.

Apa Itu Google Ads?

Google AdWords merupakan strategi pemasaran periklanan baru yang menggunakan mesin pencari Google sebagai rekomendasi periklanan, juga biasa disebut sebagai Search Engine Marketing atau pemasaran berbasis mesin pencari.

Buat apa Google Ads?

  1. Google Ads adalah produk yang dapat Anda gunakan untuk mempromosikan bisnis Anda, membantu menjual produk atau layanan Anda, meningkatkan kesadaran, dan meningkatkan lalu lintas ke situs Anda.
  2. Akun Google Ads Anda dikelola secara online, sehingga Anda dapat membuat dan mengubah kampanye iklan kapan saja, termasuk teks iklan, setelan, dan anggaran.
  3. Tidak ada komitmen pembelanjaan minimum dan Anda mengatur dan mengontrol anggaran Anda sendiri. Anda dapat memilih di mana iklan Anda muncul, menetapkan anggaran yang tepat untuk Anda, dan dengan mudah mengukur dampak iklan Anda.

Berapa biaya untuk beriklan di Google Ads?

Untuk biaya pasang iklan di Google Adwords atau Google Ads paling murah adalah kurang dari Rp. 500,- atau lebih jika kata kunci adalah merek perusahaan itu sendiri. Kata kunci memainkan peran penting dalam mempengaruhi biaya iklan di Google.

Perbedan antara AdSense dan Google Ads

Perbendaan penerbit iklan atau penayang iklan dengan pengiklan atau advertisers

Logo Google Adsense - Apa Itu Google Ads?
Logo Google Adsense

Google AdSense

Google AdSense adalah untuk penerbit. Jika Anda adalah pemilik atau pengelola situs, blog, atau forum, dan ingin memonetisasinya, program Google AdSense mungkin tepat untuk Anda.

Iklan akan muncul di properti digital Anda, dan Anda dapat memperoleh pendapatan berdasarkan pada jumlah orang yang melihat atau berinteraksi dengan iklan tersebut. . Platform lain untuk penayang termasuk Google Ad Manager dan AdMob.

Program Google Ads ditujukan untuk pengiklan. Jika Anda ingin mengiklankan produk atau layanan Anda di situs atau aplikasi Anda, dengan tujuan untuk mengembangkan bisnis atau penjualan Anda, Google Ads adalah untuk Anda. Iklan Anda akan muncul di hasil pencarian Google dan jaringan situs penerbit kami. Pelajari lebih lanjut tentang Google Ads dan mulai beriklan dengan membuka ads.google.com.

Panduan Menggunakan Google Ads Lengkap untuk Pemula

Metode periklanan Google Adwords (Google Ads) dinilai memiliki prospek yang baik untuk berbagai kategori bisnis, dari skala kecil, menengah, hingga besar

Khususnya bagi para pengusaha pemula, meningkatkan awareness atau membuat produk dan jasa dikenal banyak orang adalah salah satu target utama untuk membuka pintu profit.

Oleh karena itu, pelajari panduan penggunaan Google Ads terutama bagi pemula yang ingin mulai mengiklankan bisnisnya dan menjangkau target pelanggan yang lebih luas.

Apa itu Iklan Google?

Menulis catatan yang menunjukkan Seo dan AdWords. Foto bisnis yang menampilkan Bayar per klik Pemasaran digital Google Adsense Jepitan pakaian memegang kertas karton ide pesan komunikasi yang penting Penggunaan kata kunci SEO yang tepat dalam iklan melalui Google Ads meningkatkan peluang produk bisnis muncul di pencarian teratas halaman

Google Ads adalah fitur iklan berbayar yang muncul di pencarian Google. Untuk menampilkan iklan pencarian berbayar ini, pengiklan harus membayar agar iklan mereka ditampilkan menggunakan kata kunci tertentu yang relevan dengan produk dan layanan mereka.

Di sinilah penting untuk membuat kata kunci yang ditargetkan secara spesifik saat beriklan melalui perantara Google Adwords, sehingga hasil pencarian untuk produk bisnis Anda bertengger di pencarian teratas Google.

Semakin tinggi posisi hasil pencarian di halaman Google menggunakan pencarian berbayar, semakin besar kemungkinan iklan akan dilihat oleh lebih banyak orang sekaligus meningkatkan peluang mendapatkan pelanggan.

Panduan Menggunakan Google Ads

Pengusaha pemula harus mulai belajar dan menyesuaikan diri dengan tren bisnis di era layanan digital seperti sekarang ini. Anda perlu memahami konsep Google Adwords yang efektif. Berikut adalah dasar-dasar yang perlu dikuasai pengusaha pemula sebelum memutuskan untuk mengiklankan produk atau layanan mereka melalui Google Adwords:

1. Cara Kerja dan Efektif Google Adwords

Mari kita analogikan cara kerja Google Adwords secara sederhana. Misalnya, ketika calon konsumen mencari kebutuhannya melalui kata kunci atau kata kunci di kolom pencarian Google, maka produk atau layanan Anda juga akan ditampilkan di halaman pencarian Google.

Misalnya ketika orang mencari kata kunci ‘sepatu murah’. Jika Anda mengoptimalkan fitur Google Adwords dengan pilihan kata kunci terbaik dari pencarian organik, maka kemungkinan orang akan mengunjungi situs Anda sangat tinggi.

Nah, jika Anda berhasil membuat situs iklan ‘nangkring’ di posisi teratas, maka tingkat kredibilitas dan kepercayaan calon konsumen akan meningkat pula. Itu bisa membuat mereka tertarik untuk membeli produk Anda atau menggunakan layanan Anda.

2. Bayar Iklan di Google Adwords

Ada 3 cara membayar iklan Google Ads agar pengiklan tidak mendapatkan bonus dan salah memilih yaitu Cost per 1,000 Impressions, Cost Per Click, dan Cost Per Conversion.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengiklankan Google Ads. Salah satunya adalah tidak membiarkan modal iklan lebih besar dari pendapatan dalam jangka waktu yang lama. Jadi, lakukan evaluasi secara berkala dan detail.

Selain itu, Anda hanya membayar iklan saat orang mengklik dan mengunjungi situs bisnis Anda. Ada tiga istilah yang perlu dipahami agar periklanan lebih efektif dengan teknik periklanan berikut:

– Bayar per Seribu Tayangan

Anda hanya akan dikenakan biaya setiap kali ada 1.000 orang yang melihat iklan yang ‘hang’ di halaman pencarian Google. Ini adalah cara yang efektif jika Anda ingin melihat peningkatan yang signifikan dan efek iklan ke omset Anda.

– Biaya Per Klik (Bayar per Klik)

Anda diharuskan membayar hanya jika calon pelanggan mengeklik iklan Anda. Di sisi lain, jika mereka hanya melihat iklan tanpa klik, Google tidak akan mengenakan biaya.

– Biaya Per Konversi (Bayar per Konversi)

Cara yang satu ini dianggap paling efektif, karena Anda hanya diharuskan membayar Google saat calon pelanggan memenuhi target Anda, seperti mereka benar-benar mengakses situs iklan Anda yang bisa dilihat dari berapa lama mereka berada di situs Anda, lalu apakah calon pelanggan masuk produk Anda di keranjang belanja dan sebagainya.

3. Cara Daftar Akun Google Adwords dan Transaksi Pembayaran

Gmail Persyaratan awal untuk beriklan adalah memiliki akun Gmail dan mendaftarkan akun tersebut ke Google Adwords.  Jika Anda sudah memahami konsep dan cara kerja Google AdWords, langkah selanjutnya adalah mendaftar atau mendaftar akun Google AdWords.

Berikut proses pendaftaran dan pembayarannya:

  • Buka browser dan mulai mengakses situs Google Ads
  • Jangan lupa untuk masuk ke akun Google Anda yang digunakan sebagai akun Google Adwords Anda
  • Kemudian klik menu ‘Mulai’ atau ‘mulai sekarang’ dan pilih salah satu dari tiga tujuann iklan Anda.
  • Tulis jawaban Anda di kolom deskripsi bisnis dan masukkan URL situs iklan.
  • Isi radius jangkauan konsumen yang Anda targetkan.
  • Tentukan kata kunci atau kata kunci pencarian untuk produk atau layanan.
  • Isi lima kolom yang menyertakan judul dan deskripsi iklan.
  • Masukkan nomor handphone yang akan ditampilkan di iklan Google, sehingga calon konsumen akan menghubungi nomor yang tertera.
  • Akan ada tiga pilihan anggaran atau rencana pembayaran dari Google yang akan Anda bayarkan per bulan, selain itu Anda diberikan kebebasan untuk mengatur anggaran Anda sendiri.
  • Informasi transaksi pembayaran yang lengkap

4. Manfaat Menggunakan Google Adwords untuk Pengusaha

Keuntungan menggunakan Google Ads bagi para pengusaha pemula adalah biaya iklan terpantau dan dapat meningkatkan omzet penjualan. Saat memasang iklan di Google, akan ada beberapa feedback yang akan diterima meski tidak secara langsung dan cepat. Kecepatan itu tergantung pada bagaimana Anda mengoptimalkan pencarian yang ada.

Berikut adalah manfaat menggunakan fitur Google Adwords untuk pengusaha pemula:

– Biaya Iklan Dapat Dimonitor

Sistem PPC yang digunakan oleh Google Adwords memudahkan pemilik iklan untuk mengelola dan memantau biaya iklan sesuai anggaran. Jadi Anda tidak perlu khawatir dengan biaya iklan yang membengkak.

– Tingkatkan Omset

Secara tidak langsung, iklan yang telah dipasang di Google akan memunculkan banyak calon konsumen, meski tidak menjamin kesuksesan bisnis 100 persen. Pasalnya, tingkat keberhasilan ini disesuaikan dengan pemilihan dan pengelolaan kata kunci atau keyword yang tepat. Kesesuaian anggaran juga sangat berpengaruh.

– Opsi Format Iklan Tidak Monoton

Ada banyak jenis format iklan yang bisa dipilih, mulai dari teks, visual, dan audio. Namun hal ini tentunya disesuaikan dengan budget yang ditawarkan.

– Target Konsumen yang Tepat

Dengan teknik pencarian di Google yang bermain dengan kata kunci, calon konsumen juga akan terpetakan dengan baik. Orang yang ingin membeli sepatu pasti akan disuguhkan dengan iklan yang menjual sepatu Anda.

– Reputasi Penjualan Situs Meningkat Seiring dengan SEO Website

Optimasi SEO dengan pencarian kata kunci yang banyak dicari akan cepat terdeteksi di indeks pencarian Google.

Jika anda mengalami kesulitan untuk memulai beriklan di ads google anda bisa menghubungki kami CV Mata Digital Indonesia via WA silakan klik ico WA di pojok kanan bawah.

Sumber: support.google.com, wikipedia.org, cnnindonesia.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here