Lompat ke konten

Apa Itu Kata Kunci? Mengapa Anda Perlu Tahu Cara Menemukannya

  • Rangga 
Apa Itu Kata Kunci? (Mengapa Anda Perlu Tahu Cara Menemukannya)

Apa Itu Kata Kunci – Apa yang Anda lakukan ketika Anda memiliki pertanyaan atau ingin menemukan sesuatu? Dengan cepat.

Jika Anda seperti kebanyakan, Anda membuka laptop atau membuka kunci ponsel, membuka browser web, dan menuju bilah pencarian. Setelah Anda mengucapkan atau mengetik beberapa kata dan menekan “enter”, Anda menelusuri hasilnya sampai Anda mengklik halaman yang terlihat menjanjikan.

Kata-kata yang Anda ketikkan ke mesin pencari berperan dalam seberapa mudah Anda menemukan blog atau halaman web – dan hal yang sama berlaku untuk cara orang menemukan situs web Anda. Jika Anda ingin orang menemukan situs web Anda, Anda harus memahami apa itu kata kunci, mengapa itu penting, dan praktik terbaik tentang cara menemukannya. Dalam posting ini, Anda akan belajar bagaimana melakukannya dengan sukses dan memperkuat strategi konten Anda dengan istilah (pencarian) Anda sendiri.

Arahkan ke apa yang perlu Anda ketahui terlebih dahulu tentang kata kunci:

  • Apa itu kata kunci?
  • Mengapa kata kunci penting?
  • Apa kata kunci yang bagus?
  • Pertimbangan untuk Memilih Kata Kunci
  • Berapa banyak kata kunci yang harus saya gunakan?
  • Cara Menemukan Kata Kunci dengan Cara yang Benar
  • Cara Membuat Konten Unik Melalui Kata Kunci Niche

Apa itu kata kunci?

Kata kunci adalah kata atau frasa yang diketik pengguna ke mesin pencari untuk menemukan konten yang relevan untuk kueri mereka. Karena kata kunci berasal dari kueri pencarian, memasukkan istilah-istilah ini ke dalam strategi konten Anda membantu mesin pencari memberi peringkat pada halaman situs web Anda dan pengguna menemukan konten Anda saat mencarinya. Jadi, penting untuk mengetahui cara melakukan riset kata kunci untuk menemukan kata kunci yang terkait dengan topik di situs web Anda dan membuat strategi periklanan SEO (optimasi mesin telusur) dan PPC (bayar per klik) yang baik.

Misalnya, jika Anda mengetik “sepeda” ke mesin pencari, hasilnya akan menunjukkan berbagai hasil yang berkorelasi dengan kata kunci tersebut:

Apa Itu kata kunci : Hasil untuk kata kunci pendek di serp

Di sini, istilah “sepeda” adalah contoh kata kunci pendek; Anda dapat mengandalkan panjang kata kunci untuk dibagi menjadi dua kategori:

  1. Kata kunci pendek yang mengandung satu atau dua istilah
  2. Kata kunci ekor panjang yang biasanya berisi tiga istilah atau lebih

Akibatnya, kata kunci pendek umumnya membahas topik yang luas, sedangkan kata kunci ekor panjang semuanya tentang kekhususan. Lihatlah seperti apa versi “sepeda” ekor panjang jika Anda mencari “sepeda gunung untuk pemula”:

Hasil untuk kata kunci ekor panjang pada serp

Oleh karena itu, memahami jenis kata kunci mana yang akan digunakan di situs web atau blog Anda memerlukan beberapa penyelidikan. Saat Anda memulai riset kata kunci, Anda akan mulai melihat perbedaan antara memilih kata kunci terkait dan menulis untuk maksud pengguna.

3 Jenis Maksud Pencarian Umum

Di balik setiap kata kunci adalah alasan pengguna membuat permintaan pencarian di tempat pertama. Ini dikenal sebagai maksud pencarian yang terbagi dalam 3 kategori: informasional, navigasi, dan transaksional.

Lihat kata kunci Anda dan pikirkan apa yang sebenarnya ditanyakan pengguna dengan membuat kueri mereka:

  • Jika mereka mencari, “apa itu nfts” mereka mungkin mencari konten informasi yang akan menjelaskan topik ini secara rinci.
  • Jika mereka mencari “nft marketplace”, mereka cenderung mencari konten navigasi untuk membawa mereka ke platform NFT.
  • Jika mereka mengetik “nfts terbaik untuk dibeli sekarang”, mereka mungkin mencoba menemukan konten transaksional yang akan membantu mereka menyelesaikan keputusan pembelian.

Dengan berbicara tentang “mengapa” dari kueri pencarian, Anda dapat menyesuaikan setiap halaman konten untuk sepenuhnya memberikan nilai kepada pengguna dan memberikan pengalaman terbaik. Tetapi untuk memahami sepenuhnya bagaimana memberikan nilai ini, Anda perlu mengetahui dampak kata kunci dan mengapa kata kunci itu penting bagi situs web Anda.

Sekarang, sementara kata kunci masih merupakan alat yang berguna untuk membuat konsep dan merencanakan strategi konten Anda, efektivitasnya sepenuhnya berakar pada konteks.

Mengapa kata kunci penting?

Kata kunci penting karena membantu Anda memahami apa yang dicari pengguna dan konten yang perlu Anda sediakan untuk memenuhi kebutuhan mereka. Kata kunci yang Anda pilih membantu menentukan strategi konten Anda dan topik apa yang akan disertakan di situs web Anda. Ini berarti memasukkan istilah yang paling relevan untuk meningkatkan kemampuan Anda untuk menentukan peringkat dan, pada gilirannya, meningkatkan lalu lintas situs web.

Misalnya, Anda telah menulis blog SEO tentang berbagai aspek perangkat lunak. Jika Anda telah menyempurnakan kluster topik untuk menunjukkan otoritas konten Anda, Google akan memiliki konteks yang dibutuhkan saat memeringkat situs web seperti milik Anda.

Konten pilar yang terhubung dengan konten cluster melalui hyperlink untuk membuat cluster topik

Kata kunci yang Anda sertakan di halaman pilar dan klaster akan memandu Anda untuk menghasilkan konten pada berbagai minat pengguna. Tetapi dengan paradoks pilihan, bagaimana Anda memilih kata kunci yang baik? Keputusan Anda akan bergantung pada saluran pemasaran yang Anda tulis dan tujuan jangka pendek atau jangka panjang Anda.

Mari selami cara menentukan kata kunci yang baik di seluruh saluran SEO dan PPC untuk menempatkan Anda pada posisi terbaik untuk mendapatkan manfaat dari konten Anda.

Apa kata kunci yang bagus?

Apa yang memenuhi syarat sebagai kata kunci yang baik dalam SEO berbeda dari apa yang membuat target yang tepat di PPC. Tapi bagaimana kata kunci SEO berbeda dari kata kunci untuk PPC di SERP?

Memahami perbedaan ini membutuhkan pembelajaran bagaimana menggunakan kata kunci SEO dan PPC untuk keuntungan situs web Anda.

Menggunakan Kata Kunci dalam SEO

Kata kunci SEO yang baik mencapai keseimbangan ideal antara volume kata kunci, persaingan, relevansi, dan niat berdasarkan otoritas situs web Anda. Oleh karena itu, menambahkan kata kunci yang mencakup faktor-faktor ini, akan memungkinkan Anda untuk menentukan peringkat dan mengarahkan lalu lintas dalam jangka panjang.

Plus, karena kata kunci SEO gratis – untuk menentukan peringkat dan ketika pengguna mengklik konten Anda – Anda dapat menerima nilai tinggi dari konten yang Anda hasilkan.

Sementara daftar berkisar baik di dalam dan di luar halaman, konten SEO meliputi:

Tidak seperti bentuk lainnya, kata kunci dalam metadata bukanlah faktor peringkat. Tetapi praktik terbaik adalah memasukkan kata kunci yang Anda targetkan ke dalam tag judul dan deskripsi. Lihatlah bagaimana metadata muncul di SERP dengan tag judul yang digarisbawahi dengan warna merah dan deskripsi dengan warna biru di bawah ini:

Karakteristik metadata pada serp

Apa yang istimewa tentang menemukan kata kunci yang tepat, adalah memungkinkan Anda untuk menulis konten yang kaya seputar apa yang diminati orang dan memuaskan E.A.T. prinsip — pembaruan inti Google utama dari 2019. Kata kunci Anda akan menjadi panduan Anda untuk menulis karya yang memenuhi mesin pencari seperti harapan Google tentang:

  • Keahlian
  • Kewibawaan
  • Keterpercayaan

Jadi sebelum Anda mendalami kata kunci, mulailah dengan memikirkan topik yang penting bagi situs web Anda. Apa saja hal yang mungkin dicari audiens Anda yang akan mengarahkan mereka kepada Anda? Memiliki beberapa ide dalam pikiran? Mulai dari sana.

Menggunakan Kata Kunci di PPC

Di sisi lain Pencarian adalah kata kunci PPC. Kata kunci PPC adalah istilah yang Anda pilih untuk diperingkat untuk meningkatkan visibilitas merek dan mendorong pertumbuhan situs web. Anda dapat menawar pada pilihan kata kunci Anda, dan ketika Anda memenangkan tawaran Anda, Anda akan mendapat peringkat di bagian atas SERP seperti bisnis di bawah ini:

Iklan pencarian berbayar di halaman hasil mesin pencari

Jadi, Anda dapat menggunakan kata kunci untuk membuat iklan PPC yang mempromosikan produk atau layanan Anda melalui platform seperti Google Ads dan Microsoft Ads. Kemudian, ketika pengguna memilih iklan Anda, Anda membayar untuk setiap klik yang Anda terima.

Sekarang, ada dua jenis utama kata kunci PPC:

  • Kata kunci bermerek adalah kata dan frasa yang menyertakan nama merek Anda. Tujuan mereka adalah untuk menarik pelanggan di audiens Anda yang mendekati keputusan pembelian.
  • Kata kunci tidak bermerek adalah kata atau frasa yang tidak menyertakan nama merek Anda. Mereka membantu Anda mendapatkan pelanggan baru yang mungkin mencari apa yang Anda tawarkan tetapi belum mengetahuinya.

Pada dasarnya, iklan bayar per klik menghasilkan lalu lintas langsung yang dapat dikonversi menjadi prospek atau penjualan. Selanjutnya, konversi ini memberikan laba atas investasi yang lebih cepat untuk uang dan waktu yang Anda masukkan ke dalam iklan Anda. Anda akan menggunakan kata kunci PPC untuk menyesuaikan konten Anda dengan audiens yang Anda putuskan untuk ditargetkan.

Ketika tiba saatnya untuk menerapkan SEO versus iklan PPC, itu tergantung pada tujuan bisnis Anda. Akankah bisnis Anda mendapat manfaat dari dampak jangka panjang Penelusuran Organik atau hasil jangka pendek Penelusuran Berbayar? Saat Anda merenungkan hal ini, ingat konten SEO berkonsentrasi untuk memberikan nilai kepada pembaca, sementara konten PPC berfokus pada mempromosikan produk atau layanan Anda.

Namun, bagian yang sulit adalah bahwa internet adalah tempat yang sibuk — membuatnya hampir tidak mungkin untuk menjadi satu-satunya orang yang menulis tentang topik tertentu. Jadi, bahkan jika Anda membuat konten yang kaya dengan kata kunci dan menyediakan konteks untuk mesin telusur untuk memahaminya, bagaimana Anda menonjol dari yang lain?

Nah, di sinilah pertimbangan kata kunci berikut berperan.

Pertimbangan untuk Memilih Kata Kunci

Volume Pencarian Bulanan

Volume pencarian bulanan (MSV) adalah berapa kali orang mencari kata kunci tertentu dalam sebulan. Dengan mempertimbangkan popularitas kata kunci, Anda dapat menyesuaikan strategi konten Anda dan menulis tentang peluang konten baru.

Untuk mengetahui berapa banyak orang yang mencari kata kunci tertentu, Anda dapat menggunakan alat penelitian kata kunci seperti di bawah ini dari Ahrefs. Misalnya, saat Anda mengetikkan kata “asuransi”, alat ini memberikan perkiraan MSV berikut yang digarisbawahi dengan warna merah:

 

Apa itu kesulitan kata kunci?

Kesulitan kata kunci, atau dikenal sebagai persaingan kata kunci, mengukur seberapa menantangnya peringkat yang baik untuk kata kunci tertentu. Selain berapa banyak bagian yang sudah diberi peringkat untuk kata kunci, otoritas domain Anda dan faktor volume pencarian berbayar menjadi kesulitan kata kunci untuk setiap permintaan pencarian yang diberikan. Semakin rendah kesulitannya, semakin mudah untuk menentukan peringkat untuk istilah itu.

Seringkali, kata kunci kompetitif dengan kesulitan yang lebih tinggi adalah kata kunci yang diinginkan semua orang dalam suatu industri. Misalnya, kata kunci yang luas seperti “asuransi”, “pemasaran”, atau “teknologi” semuanya akan menjadi sangat kompetitif karena memiliki volume penelusuran bulanan yang tinggi. Ada juga kumpulan konten tertulis tentang topik ini yang bersaing untuk mendapatkan peringkat kata kunci.

Volume pencarian bulanan kata kunci di ahrefs

Pasar untuk istilah pencarian luas ini dan yang serupa benar-benar jenuh. Jadi, mendapatkan pijakan untuk istilah pencarian seperti “pemasaran” akan seperti membangun kedai kopi umum antara Starbucks dan Dunkin’ Donuts — Anda mungkin mendapatkan sedikit bisnis jika pelanggan memperhatikan Anda di daerah Anda, tetapi mereka lebih kemungkinan akan pergi ke salah satu bisnis mapan yang mereka kenal.

Agar bisnis Anda benar-benar mendapatkan peringkat SEO, penting untuk mempertimbangkan kata kunci yang kurang kompetitif. Berfokus pada persaingan kata kunci yang lebih sedikit memungkinkan Anda menunjukkan apa yang membuat Anda berbeda dan menjangkau audiens terbaik untuk bisnis Anda.

Jika kita kembali ke contoh kedai kopi kita, berkonsentrasi pada kata kunci yang kurang kompetitif seperti mencap diri Anda sebagai satu-satunya ‘kafe kucing khusus’ di kota. Dalam situasi ini, lebih mudah untuk menonjol karena Anda berfokus pada apa yang membuat Anda unik bagi persona pembeli target Anda.

Lagi pula, orang yang mencari kafe kucing untuk duduk dan bersantai mungkin bukan orang yang sama yang menginginkan secangkir kopi dalam perjalanan ke tempat kerja — sama seperti seseorang yang mencari “teknologi” bukanlah orang yang sama yang mencari “kecil layanan pengaturan teknologi bisnis.”

Maksud & Relevansi

Kami telah menetapkan bahwa maksud pencarian adalah “mengapa” di balik istilah pencarian pengguna, tetapi tahukah Anda bahwa mesin pencari menggunakan maksud ini untuk menentukan peringkat konten? Hubungan ini disebut relevansi kata kunci: seberapa dekat keterkaitan kata kunci atau frasa dengan konten.

Misalnya, Anda memiliki situs web tentang memanggang dan Anda ingin menargetkan kata kunci “resep kue mudah” di konten Anda. Tapi alih-alih menulis artikel menyeluruh tentang resep ini, Anda lebih banyak menulis tentang sejarah kue. Meskipun artikel ini mungkin menarik, artikel ini tidak relevan dengan kata kunci utama Anda— dan kemungkinan Anda tidak akan mendapat peringkat untuk target Anda. Jadi, pastikan untuk selalu mengingat maksud dan relevansi kata kunci saat Anda melakukan riset.

Berapa banyak kata kunci yang harus saya gunakan?

Ini adalah pertanyaan yang telah bertahan dalam ujian waktu (dihabiskan untuk pemasaran digital): berapa jumlah kata kunci yang optimal untuk konten SEO?

Nah, untuk waktu yang lama pemasar digital mengatur seluruh kalender konten mereka di sekitar kata kunci tertentu — dan berapa kali untuk memasukkan kata kunci ini di halaman. Mereka akan bekerja dengan tim mereka untuk melakukan brainstorming fokus kata kunci yang relevan dengan produk atau layanan mereka menggunakan alat penelitian kata kunci. Kemudian analisis semua variasi kata kunci yang paling mungkin menjadi sumber lalu lintas situs web.

Sayangnya, seiring berjalannya waktu, publikasi mulai memasukkan kata kunci; menerbitkan konten yang tidak relevan dan ditulis dengan buruk dengan kata kunci tertentu hanya untuk mengarahkan lalu lintas. Akhirnya, mesin pencari — sebagian besar dipimpin oleh Google, dan algoritma pencarian Google yang terus berubah — menjadi lebih maju. Sebaliknya, pendekatan berbasis kontekstual untuk konten digital lebih disukai daripada jumlah kata kunci saja.

Detail faktor peringkat Google untuk konten di halaman hasil mesin pencari

Jadi ketika kekuatan kata kunci terus bergeser, begitu juga pentingnya seberapa sering Anda menggunakannya. Namun, memutuskan berapa banyak kata kunci yang harus Anda gunakan adalah

masih layak dipertimbangkan karena ini adalah masalah kepadatan kata kunci: rasio kata kunci pada halaman Anda versus jumlah kata keseluruhan dari potongan tersebut.

Selain menggunakan rumus untuk menghitung rasio ini, Anda juga dapat melakukan analisis kompetitif untuk menguji kepadatan kata kunci untuk kata kunci tertentu yang menjadi target pesaing Anda.

Tidak ada trik sulap untuk berada di halaman pertama Google dalam hal SEO. Untuk mendapatkan peringkat yang baik di mesin pencari, Anda harus secara konsisten membuat konten SEO yang kaya dan memikirkan bagaimana hal itu cocok bersama dalam jangka panjang. Anda juga harus jelas tentang strategi konten Anda dan kata kunci yang Anda gunakan untuk memandunya.

Memanfaatkan kata kunci untuk membangun fondasi konten Anda memperkaya strategi pemasaran konten Anda dan mengajari Anda cara mendapatkan lalu lintas ke situs web Anda — sekarang, kami akan memberi tahu Anda cara menemukannya.

Cara Menemukan Kata Kunci dengan Cara yang Benar

  1. Tentukan dengan jelas persona pembeli target Anda
  2. Persempit fokus Anda dan selidiki persaingan kata kunci
  3. Kumpulkan data, analisis hasil penelitian kata kunci, dan ulangi

1. Tentukan dengan jelas persona pembeli target Anda.

Memiliki pemahaman yang jelas tentang audiens ideal Anda adalah kunci untuk setiap upaya pemasaran. Dengan riset kata kunci, Anda harus memahami pertanyaan apa yang dapat Anda jawab atau masalah yang dapat Anda pecahkan untuk persona pembeli target ini. Pada titik ini, tidak apa-apa untuk berpikir dalam istilah pencarian yang luas mengenai apa masalah atau pertanyaan itu.

Misalnya, jika Anda adalah agen PR, Anda perlu mencari prospek yang tertarik untuk menyewa pihak ketiga untuk membantu mereka menjalankan kampanye PR. Untuk melakukan ini, mungkin Anda mulai dengan menulis konten digital yang menjawab pertanyaan “Bagaimana menjalankan kampanye PR yang sukses”.

Topik konten yang lebih luas adalah titik awal yang baik untuk membangun halaman pilar untuk kluster topik Anda.

2. Persempit fokus Anda dan selidiki persaingan kata kunci.

Setelah Anda menentukan pertanyaan atau masalah menyeluruh untuk ditangani, inilah saatnya untuk lebih spesifik. Menjadi lebih spesifik memungkinkan Anda untuk memenuhi konten Anda ke audiens target Anda, dan ini membantu Anda memanfaatkan kata kunci yang kurang kompetitif.

Saya suka mempersempit kata kunci fokus saya dengan menggunakan lsigraph.com. LSI, atau pengindeksan semantik laten, adalah proses menghasilkan variasi kueri penelusuran dengan menentukan seberapa dekat istilah penelusuran tertentu terkait dengan istilah penelusuran lainnya. Pikirkan alat pengindeksan semantik laten sebagai cara bertukar pikiran dan menghasilkan banyak ide kata kunci dengan cepat dan mudah.

Alat penelitian kata kunci pengindeksan semantik laten LSIGraph untuk brainstorming dan menghasilkan ide

Dari sana, gunakan alat kata kunci seperti Perencana Kata Kunci Google untuk menganalisis kata kunci yang kompetitif. Analisis ini memungkinkan Anda untuk menentukan kata kunci mana yang paling potensial untuk bisnis Anda.

3. Kumpulkan data, analisis hasil penelitian kata kunci, dan ulangi.

Saat Anda membuat konten seputar kata kunci tertentu, ingatlah bahwa ahli strategi konten yang hebat tidak hanya membuang konten secara acak untuk melihat apa yang cocok. Pertimbangkan untuk menggunakan alat seperti Google Search Console untuk melacak kinerja situs web Anda untuk kata kunci Anda.

Google Search Console juga dapat membantu Anda melihat apakah lalu lintas Anda meningkat dari kata kunci yang tidak Anda rencanakan untuk diperingkat dan ini menginformasikan strategi konten digital Anda di masa mendatang. Memiliki pengetahuan ini sangat penting untuk lebih menyempurnakan perencanaan kata kunci Anda dan mengidentifikasi kesenjangan konten yang memiliki potensi signifikan untuk membawa Anda pelanggan baru.

Cara Membuat Konten Unik Melalui Kata Kunci Niche

Apa yang hebat tentang bersandar pada kata kunci yang kurang kompetitif adalah memungkinkan Anda membangun otoritas merek Anda dalam bidang tertentu melalui konten niche yang jelas. Konten niche adalah topik penulisan khusus yang melibatkan minat audiens tertentu untuk membuat dampak yang layak di pasar konten industri Anda.

Jika kita memeriksa kembali contoh “pemasaran” kita di atas, kita melihat betapa sulitnya membuat dampak dengan menulis konten umum tentang “pemasaran” di pasar yang begitu jenuh. Tetapi bagaimana jika konten Anda menargetkan frasa kunci yang lebih panjang dan lebih spesifik seperti “contoh portofolio pemasaran” dan audiens pemasar yang mencoba membangun atau meningkatkan portofolio pemasaran mereka?

Membuat konten khusus dengan meneliti kata kunci yang kurang kompetitif

Seperti yang Anda lihat, meskipun volume pencarian bulanan untuk kata kunci ini secara signifikan lebih rendah, akan lebih mudah bagi Anda untuk mendapatkan pijakan di pasar berkat tingkat kesulitan kata kunci yang lebih rendah dari frasa ini. Untuk menjadi lebih berwibawa di ruang Anda, Anda perlu memasukkan kata kunci ekor panjang ke dalam strategi konten Anda.

Karena kata kunci ini memiliki persaingan SEO yang lebih sedikit, lebih mudah untuk menetapkan diri Anda sebagai otoritas konten pada subjek tertentu — yang sangat berharga dalam SEO.

Baik Anda baru saja memulai perencanaan kata kunci atau ingin memperkuat upaya konten Anda saat ini, tetap ingat persona pelanggan Anda, dan jangan takut untuk mengkalibrasi ulang strategi konten saat Anda mengumpulkan lebih banyak data. Pemasaran masuk yang hebat adalah tentang memiliki konten yang tepat menjangkau pelanggan potensial ideal Anda saat mereka membutuhkannya, dan menjadi pintar dengan pendekatan kata kunci Anda adalah cara yang fantastis untuk melakukannya.

Baca Juga: Jasa Pembuatan Website Company Profile Gresik

Tinggalkan Balasan

WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
👋 Hi, how can I help?