Lompat ke konten

Panduan Utama untuk Pemasaran Pinterest

  • Rangga 
Panduan Utama untuk Pemasaran Pinterest

Pemasaran Pinterest sangat efektif. Pemasar menargetkan pengguna Pinterest dengan membagikan konten yang terlalu menarik untuk kita lewatkan. Dan dengan lebih dari 433 juta orang di Pinterest, mengapa pemasar tidak ingin berada di platform? Belum lagi 83% pengguna telah melakukan pembelian dari konten yang mereka lihat di Pinterest. Jadi, bagaimana bisnis Anda dapat menggunakan Pinterest sebagai taktik pemasaran untuk membantu meningkatkan kesadaran merek dan konversi Anda?

Dalam panduan ini, kami akan membahas jawaban atas pertanyaan itu serta cara kerja Pinterest, strategi pemasaran Pinterest mana yang harus Anda terapkan, bagaimana bisnis kecil dapat memperoleh manfaat dari platform, dan alat apa yang dapat Anda gunakan untuk memastikan strategi pemasaran Pinterest Anda berhasil. untuk bisnis Anda. Tetapi pertama-tama, kami akan meninjau apa itu platform dan bagaimana cara kerjanya — mari kita mulai.

Apa itu Pinterest?

Pinterest adalah platform media sosial tempat pengguna menjelajahi, berbagi, dan menyimpan konten visual yang mereka anggap menginspirasi, membantu, atau menghibur.

Pengguna menambahkan, atau menyematkan, konten pilihan mereka ke papan dengan tema umum agar tetap teratur sehingga pengguna lain dapat menemukan konten baru yang terkait dengan minat mereka.

Jika Anda belum membuka akun Pinterest, pelajari lebih lanjut tentang proses tersebut di sini. Setelah mendaftar, Anda dapat mulai berbagi konten dan, oleh karena itu, pemasaran media sosial di platform.

Untuk memaksimalkan platform, unggah konten bisnis Anda dari komputer atau perangkat seluler Anda, Sematkan konten yang Anda temukan di platform, dan tambahkan konten yang Anda temukan di web menggunakan tombol browser Pinterest.

Keterlibatan adalah kuncinya. Ikuti papan teman dan pesaing Anda, “Suka,” dan komentari pin orang lain, pin ulang (atau posting ulang) konten, dan bagikan tautan ke situs web dan blog Anda di pin Anda.

Penting untuk dicatat bahwa ada akun pribadi dan bisnis di Pinterest. Memilih akun bisnis akan memungkinkan Anda mendapatkan akses ke Pinterest Analytics dan fitur lainnya termasuk alat pencarian visual, pemutar video asli, dan kemampuan untuk menjalankan iklan Pinterest jika Anda mau — menjadikan platform ini ideal bagi pemasar.

Sekarang, mari kita tinjau beberapa strategi pemasaran Pinterest untuk membantu Anda meningkatkan pengaruh dan pengaruh Anda terhadap audiens Anda.

Cara Menggunakan Pinterest untuk Pemasaran

  1. Distribusikan konten Anda.
  2. Bangun komunitas.
  3. Mendidik pelanggan.
  4. Dorong lalu lintas situs web dan tingkatkan penjualan online.

Strategi ini mewakili cara untuk menambahkan Pinterest ke upaya pemasaran Anda yang lebih besar. Berikut adalah beberapa manfaat menggunakan Pinterest untuk pemasaran.

1. Distribusikan konten Anda.

85% Pinner mencari dan lebih menyukai konten visual. Ini menjadikan Pinterest sebagai tempat unik yang kuat untuk mendistribusikan semua jenis konten, termasuk konten blog tertulis. Tidak seperti Instagram, pengguna dapat mengklik tautan langsung.

Di Pinterest, Anda berbagi konten di papan Pinterest. Papan menyimpan semua pin Anda dan mendistribusikan konten Anda untuk dijelajahi pengikut Anda. Anda dapat memiliki papan sebanyak yang Anda inginkan, dan papan tersebut dapat diatur ke dalam tema, ide, rencana, atau jenis inspirasi untuk memudahkan audiens Anda menemukan konten yang mereka cari.

Anda juga dapat mengundang orang untuk bergabung dengan papan Anda — yang akan membuat papan Anda menjadi “papan grup” — jika Anda ingin kontributor lain menambahkan konten yang mereka yakini sesuai dengan tema papan Anda. Ini adalah cara yang bagus untuk meningkatkan keterlibatan dan interaksi di profil Anda.

2. Membangun komunitas.

Komunitas online menyatukan orang-orang yang berpikiran sama dan berfungsi sebagai hub yang bermanfaat untuk bisnis.

Dengan komunitas Pinterest, Anda dapat mengandalkan pengikut dan penggemar untuk berinteraksi dengan papan Anda, menggunakan konten Anda, dan menuju situs web Anda — mengarahkan lalu lintas dalam prosesnya.

Ada jutaan orang yang menggunakan Pinterest setiap bulan. Dengan memperlakukan papan Pinterest Anda sebagai jalan dua arah di mana Anda dapat berinteraksi dengan dan melibatkan pengguna (tidak seperti papan iklan satu arah), Anda dapat membangun komunitas setia pengguna Pinterest yang mungkin menjadi pelanggan juga.

Cara Membangun Pinterest Anda Mengikuti

Meskipun Anda dapat mencari dan menambahkan teman tertentu melalui nama mereka, akun Facebook, dan pengenal lainnya, ini memakan waktu dan hampir tidak mungkin untuk meningkatkan pengikut Anda secara substansial.

Sebagai gantinya, pertimbangkan metode berikut untuk membangun basis penggemar dan pengikut Anda di Pinterest.

  • Promosikan akun Pinterest Anda melalui jejaring sosial Anda yang lain.
  • Ikuti akun yang Anda yakini ingin mengikuti Anda kembali.
  • Perhatikan apa yang dilakukan pesaing Anda untuk meningkatkan basis pengikut mereka dan belajar dari teknik mereka.
  • Gunakan kata kunci di postingan Anda (kita akan membahas taktik ini lebih detail nanti).
  • Minta influencer untuk memposting ulang beberapa konten Anda untuk mendapatkan perhatian pengikut mereka.
  • Bayar akun iklan Pinterest untuk menjalankan iklan di platform.

3. Mendidik pelanggan.

Pinterest penuh dengan tutorial, infografis, petunjuk, dan tautan ke konten pendidikan tambahan. Mengingat kecenderungannya untuk konten visual, ini adalah saluran yang kuat untuk mendidik dan melibatkan pelanggan.

Saat membuat dan berbagi konten untuk profil Pinterest Anda dan pemasaran kepada pengguna, pastikan untuk mengingat audiens target Anda.

Mirip dengan cara Anda membuat produk baru, mengembangkan merek Anda, atau memposting ke jejaring sosial lain, Anda ingin memastikan bahwa Anda mendorong konten yang menarik bagi audiens target Anda, pelanggan saat ini, dan persona pembeli di Pinterest.

Anda dapat melakukannya dengan beberapa cara berbeda:

  • Teliti persona pembeli Anda untuk menentukan jenis konten apa yang paling membantu dan menarik bagi mereka.
  • Survei dan minta umpan balik dari pengikut dan pelanggan Anda saat ini tentang apa yang mereka inginkan dari perusahaan Anda di Pinterest.
  • Lihat apa yang dilakukan pesaing Anda dengan baik (atau tidak) untuk membantu Anda memikirkan cara baru untuk mendorong konten Anda dan membuatnya unik.
  • Lihat papan pengikut dan pelanggan Anda saat ini untuk membantu pemahaman Anda tentang siapa audiens Anda dan apa yang paling mereka minati.

4. Dorong lalu lintas situs web dan tingkatkan penjualan online.

Pinterest, tidak seperti Instagram, memungkinkan Anda menautkan konten visual Anda ke situs web lain — yaitu, situs web Anda. Fitur ini memungkinkan Anda untuk berbagi konten tertulis dan visual dan mengarahkan pengguna kembali ke situs web Anda dalam prosesnya.

Ini adalah tambahan yang kuat untuk pemasaran Anda karena dapat meningkatkan penjualan online juga. Banyak merek menggunakan Pinterest untuk menampilkan gambar produk sambil berbagi konten.

Misalnya, papan ini, yang dibuat oleh perusahaan pakaian Madewell, berfungsi sebagai sumber inspirasi perjalanan dan dipasangkan dengan produk nyata yang mereka jual untuk membuat audiens tertarik dengan merek mereka, gaya hidup yang mereka promosikan, dan ide untuk membeli beberapa pakaian.

Pemasaran Pinterest: papan inspirasi dari Madewell

Dengan mengintegrasikan Pinterest di situs web Anda, Anda akan dapat dengan mudah mengarahkan lalu lintas dari salah satu halaman web Anda langsung ke profil Pinterest Anda sehingga prospek dan pelanggan Anda dapat mulai melihat konten Anda dalam hitungan detik (dan semoga mengikuti Anda!).

Widget dan tombol Pinterest ini memungkinkan pengunjung situs web Anda untuk berinteraksi dengan halaman Pinterest Anda melalui situs web Anda dan memberi mereka kemampuan untuk melihat dan mengikuti profil Anda atau langsung membuka pin atau papan tertentu. Pembuat widget jaringan membantu Anda menyesuaikan, membuat, dan menambahkan fitur ini dengan cepat ke situs Anda.

tombol dan widget pinterest

9 strategi pemasaran Pinterest ini memiliki nilai untuk bisnis dengan ukuran berapa pun, di industri apa pun. Pendekatan universal untuk pemasaran ini adalah salah satu alasan Pinterest adalah alat media sosial yang sangat berharga.

1. Mendaftar untuk akun bisnis.

Untuk memasarkan ke audiens target Anda, Anda harus membuat akun bisnis Pinterest. Seperti yang disebutkan, akun gratis ini memberi Anda akses ke Pinterest Analytics (yang akan kami tinjau lebih detail segera) dan fitur pemasaran praktis lainnya seperti profil yang dengan jelas menyatakan bahwa Anda adalah bisnis, widget Pinterest, dan tag Pinterest. Jika Anda sudah memiliki akun Pinterest dan ingin mengubahnya menjadi akun bisnis Pinterest, Anda juga dapat melakukannya tanpa kehilangan konten atau pekerjaan Anda.

Catatan: Jika Anda ingin meningkatkan akun bisnis Anda dan menjalankan iklan di Pinterest, Anda dapat melakukannya dengan meningkatkan akun Anda — dan menyiapkan metode pembayaran Anda karena bagian Pinterest ini tidak gratis — untuk menargetkan audiens Anda secara lebih agresif dengan bantuan Manajer Iklan platform.

2. Pilih kategori yang tepat untuk konten Anda.

Dengan memilih kategori yang tepat untuk konten Anda yang akan dibagikan, pin dan papan Anda akan menjadi lebih mudah dicari oleh pengguna yang ingin menemukan konten yang serupa dengan bisnis Anda. Pengguna dapat mencari kategori tertentu di Pinterest atau cukup buka bagian “Kategori” dari profil mana pun di platform untuk melihat semua konten yang terkait dengan topik yang mereka cari.

Pemasaran Pinterest: mencari kategori populer di Pinterest

Beberapa kategori Pinterest yang paling populer termasuk perjalanan, kesehatan dan kebugaran, dan kecantikan.

3. Gunakan gambar dan video unik.

Mirip dengan jejaring sosial lainnya, Pinterest berisi banyak gambar dan video. Anda tidak hanya ingin memastikan bahwa Anda memposting gambar dan video yang akan membantu Anda mempromosikan merek dan memasarkan produk/layanan Anda, tetapi Anda juga ingin memastikan mereka menonjol dibandingkan yang lain di platform. Jika tidak, mengapa pengguna memilih untuk mengikuti Anda daripada pesaing Anda?

Berikut adalah beberapa cara untuk memastikan Anda berbagi konten visual yang bagus dan unik di Pinterest:

  • Buat dan bagikan video bermerek untuk mempromosikan produk dan perusahaan Anda. Pengguna Pinterest menonton hampir 1 miliar video per hari di platform.
  • Bagikan gambar dan video yang menunjukkan produk Anda beraksi sehingga pemirsa dapat lebih mudah membayangkan diri mereka menggunakannya.
  • Hindari ruang kosong (atau putih) yang berlebihan pada gambar Anda — gambar dengan ruang kosong 30% lebih sedikit di latar belakang paling banyak disematkan.
  • Buat video berdurasi antara 30-90 detik karena terbukti memiliki performa tertinggi.
  • Buat papan khusus untuk membagikan gambar visualisasi data dan infografis perusahaan Anda yang paling berguna jika Anda memilikinya untuk digunakan audiens Anda sebagai sumber daya untuk bisnis mereka.

4. Memanfaatkan kata kunci.

Dengan menggunakan kata kunci di seluruh profil, postingan, pin, dan papan Anda, kemungkinan besar Anda akan muncul secara organik di umpan dan pencarian pengguna. Kata kunci dan frasa di Pinterest terkait dengan niche tertentu yang dicari oleh pengguna.

Misalnya, jika Anda menjual koper, Anda dapat menggunakan kata kunci dan frasa seperti “liburan” atau “perjalanan” di seluruh profil dan pin Anda. Dengan cara ini, ketika pengguna mencari salah satu istilah tersebut, profil dan gambar koper Anda akan muncul di umpan mereka.

Saat melakukan penelitian kata kunci di Pinterest, mulailah dengan mencari istilah yang terkait dengan niche Anda di dalam platform itu sendiri.

Pada gambar di bawah, saya mencari istilah “perjalanan” dan tidak hanya menemukan konten yang terkait dengan niche tersebut, tetapi Pinterest juga menyediakan sejumlah kata kunci terkait di bagian atas layar. Ini memberi tahu Anda istilah terkait lainnya yang dicari pengguna untuk mendukung penelitian Anda.

Pemasaran Pinterest: cara melakukan penelitian kata kunci di Pinterest

Anda juga dapat menggunakan plugin Keywords Everywhere untuk melihat volume pencarian istilah di Pinterest. Ini membantu Anda memahami tingkat permintaan untuk kata kunci yang Anda gunakan.

Berikut adalah beberapa lokasi di mana Anda dapat memasukkan kata kunci di Pinterest untuk meningkatkan peluang Anda mendapatkan peringkat organik melalui pencarian:

  • Bio dan profil
  • Deskripsi pin
  • Judul papan
  • Deskripsi papan
  • Gambar-Alt-Teks

Bagi Anda yang memilih untuk membayar iklan Pinterest, ada juga opsi untuk menggunakan alat penargetan kata kunci platform untuk membantu Anda menjangkau audiens melalui iklan Anda.

5. Bagikan konten Anda di jejaring sosial lain.

Untuk mempromosikan akun dan konten Pinterest Anda, Anda harus membagikan pin, gambar, dan video Anda di area lain untuk meningkatkan peluang Anda dilihat dan diikuti. Misalnya, Anda dapat mengklaim akun Pinterest bisnis Anda di Etsy dan YouTube sehingga pengikut Anda dapat dengan mudah mempelajari platform lain tempat Anda berada dan bagaimana mereka dapat melihat lebih banyak konten Anda. Selain itu, mengklaim akun Anda akan memberikan akses ke analitik dan data pada semua pin ini sehingga Anda dapat melihat jaringan lain yang paling diminati audiens Anda.

Anda juga dapat menautkan profil Pinterest Anda ke akun Facebook dan Google sehingga Anda dapat dengan mudah menambah dan menemukan teman, berbagi konten di seluruh jaringan, mempercepat login Anda di semua akun, dan mencadangkan profil Anda jika Anda kehilangan atau lupa detail kata sandi Anda.

6. Ikuti, terlibat, dan berinteraksi dengan akun lain.

Saat Anda mengikuti dan berinteraksi dengan pengguna Pinterest lain dan akun mereka, Anda dapat memulai dan memelihara hubungan pribadi antara mereka dan bisnis Anda. Jenis keterlibatan ini berpotensi membuat pengikut Anda merasakan tingkat loyalitas terhadap merek Anda yang membuat mereka kembali ke profil Anda untuk mendapatkan inspirasi, ide, dan untuk membeli produk.

Berikut adalah empat cara Anda dapat membangun hubungan yang kuat dan langgeng dengan audiens target Anda melalui taktik pemasaran Anda di Pinterest:

  • Ikuti akun baru pengguna yang menyatakan atau menunjukkan bahwa mereka memiliki minat yang terkait dengan pekerjaan yang dilakukan bisnis Anda dan konten yang Anda posting (Anda dapat melakukannya dengan mencari kata kunci dan tagar atau meninjau orang-orang yang mengikuti anggota audiens Anda saat ini).
  • Pin ulang, Suka, dan komentari konten yang dibagikan pengikut dan penggemar Anda.
  • Tanggapi pesan yang ditulis pengikut Anda di konten Anda untuk mempersonalisasi pengalaman mereka di profil Anda dan membuat mereka merasa didengar.
  • Buat postingan menarik yang menunjukkan keahlian Anda dalam industri Anda, ajari pengikut Anda cara melakukan sesuatu, atau libatkan mereka (dalam hadiah atau kontes misalnya).

7. Gunakan praktik terbaik media sosial.

Saat menggunakan Pinterest, pastikan untuk mengikuti praktik media sosial yang sama dengan yang Anda lakukan di jejaring sosial lainnya. Contohnya termasuk mengingat untuk berinteraksi dan terlibat dengan pengikut Anda, memposting secara teratur ke (dan memperbarui) akun Anda, dan menghindari promosi diri secara terang-terangan yang terasa memaksa dan dipaksakan kepada audiens Anda.

Selain itu, Anda dapat berfokus pada lima praktik terbaik berikut untuk meningkatkan keterlibatan di Pinterest.

  • Dorong pengikut Anda untuk menampilkan merek Anda di konten mereka (dan mungkin menawarkan untuk memposting ulang atau menyematkan ulang konten mereka jika mereka melakukannya).
  • Berikan insentif kepada audiens Anda — seperti hadiah — karena memilih untuk mengikuti dan berinteraksi dengan Anda serta membuat postingan yang menampilkan produk dan branding Anda.
  • Tawarkan kode diskon kepada audiens Anda, kupon, serta detail tentang produk terbaru Anda, dan pembaruan untuk produk yang ada agar mereka selalu kembali ke profil Anda.
  • Pastikan konten Anda bermanfaat dan bermanfaat bagi anggota audiens Anda — semua konten harus memiliki tujuan dan/atau makna.

8. Analisis hasil Anda.

Jika Anda mengerahkan semua upaya ini ke dalam pemasaran di Pinterest, mungkin aman untuk berasumsi bahwa Anda ingin memastikan pekerjaan yang Anda lakukan meningkatkan konversi bisnis dan kesadaran merek Anda.

Jadi, Anda perlu menganalisis hasil upaya pemasaran Pinterest Anda untuk melacak lalu lintas rujukan Anda, jumlah keterlibatan, prospek yang dihasilkan, dan hal lain yang ingin Anda pelajari lebih lanjut. Cara termudah untuk melakukannya adalah melalui Pinterest Analytics.

Pinterest Analytics memberi Anda empat jenis informasi utama termasuk:

  • Metrik tentang profil Anda secara keseluruhan.
  • Wawasan tentang jumlah orang yang menyimpan dan menyematkan ulang konten Anda.
  • Metrik platform untuk memahami bagaimana orang berinteraksi dengan konten Anda melalui desktop atau seluler.
  • Data tentang Pin Anda yang paling populer.

Pinterest untuk Bisnis Kecil

Jika Anda memiliki bisnis kecil, Anda mungkin bertanya-tanya apakah mengerahkan semua upaya dan waktu ini untuk menerapkan strategi pemasaran Pinterest benar-benar sepadan.

Jawaban singkat? Ya itu.

Pinterest adalah salah satu alat pemasaran yang lebih serbaguna, terjangkau, dan berdampak untuk bisnis yang ingin mengonversi lebih banyak prospek, mengarahkan lalu lintas ke situs web mereka, dan meningkatkan kesadaran merek untuk digunakan.

Plus, pengguna Pinterest memiliki niat pembelian tertinggi dari pengguna media sosial lainnya. Mari kita bahas beberapa cara lagi bagi bisnis kecil, seperti milik Anda, untuk mendapatkan manfaat dari membuat kehadiran di Pinterest.

Ceritakan kisah visual.

Pinterest membantu Anda menceritakan kisah visual tentang merek Anda. Melalui gambar dan video, Anda dapat menunjukkan — alih-alih memberi tahu — audiens Anda tentang Anda sebagai perusahaan, hal-hal yang Anda hargai, apa dan siapa yang Anda dukung, dan jenis produk dan layanan yang Anda jual.

Pinterest memberi Anda cara yang unik dan menarik untuk memperkenalkan bisnis kecil Anda kepada pengguna platform.

Memanusiakan merek Anda.

Media sosial dalam bentuk apa pun dapat membantu Anda memanusiakan merek Anda dan memberinya kepribadian — Pinterest tidak terkecuali. Di platform, Anda dapat menjangkau langsung anggota audiens Anda, mengobrol dengan mereka satu lawan satu atau sebagai grup, dan membantu mereka melalui kesulitan atau hambatan apa pun yang mereka temui saat berbisnis dengan Anda.

Anda juga dapat menunjukkan kepada audiens dan pengikut Anda betapa berartinya dukungan dan bisnis mereka bagi Anda melalui hadiah, video pekerjaan di balik layar Anda, berita perusahaan terbaru, informasi produk, promosi, dan kode diskon.

Menciptakan dan mempertahankan rutinitas bisnis-ke-pelanggan ini sejak dini akan memanusiakan merek Anda, menetapkan nada untuk apa perusahaan Anda akan dikenal, dan menunjukkan kepada pelanggan bagaimana Anda berniat untuk tumbuh bersama mereka dalam pikiran.

Menampilkan posting blog Anda.

Anda dapat menggunakan Pinterest untuk menampilkan upaya pemasaran masuk Anda seperti posting blog atau penawaran konten Anda. Misalnya, Anda dapat menyematkan foto atau video ke papan dan menyertakan tautan ke postingan blog tentang konten visual tersebut. Ini tidak hanya mempromosikan posting blog Anda tetapi juga mengarahkan lalu lintas langsung ke situs web Anda.

tautan ke blog di pinterest

Tampilkan karya Anda dan tunjukkan keahlian Anda.

Pinterest adalah cara yang bagus untuk bisnis kecil Anda untuk menampilkan karya Anda dan menunjukkan keahlian Anda dalam industri Anda. Contohnya termasuk pin dengan gambar dan video karya Anda, infografis, visualisasi data, dan postingan blog.

Karena Anda mungkin belum menjadi merek yang dikenal, melakukan ini penting. Itu karena seiring pertumbuhan bisnis Anda dan Anda menjadi lebih terkenal, Anda akan lebih mungkin dikenali sebagai pemimpin industri dan bisnis dengan konten yang bermanfaat dan dapat diterapkan untuk anggota audiens.

Arahkan lalu lintas ke situs web Anda.

Pinterest adalah cara yang bagus untuk mengarahkan lalu lintas ke situs web bisnis Anda — ini akan membantu bisnis kecil Anda menghasilkan prospek dan konversi. Anda dapat membagikan URL di profil Anda serta di pin dan papan Anda. Misalnya, Anda dapat memilih untuk memposting konten dengan tautan ke halaman pendaftaran email Anda, halaman “Tentang Kami”, atau blog.

Melakukan riset pasar.

Pinterest adalah sumber yang bagus untuk melakukan riset pasar. Ini sangat membantu untuk bisnis kecil yang mungkin belum memiliki banyak pengikut atau pengalaman untuk mengetahui dengan tepat apa yang diharapkan dan diinginkan oleh anggota audiens mereka dalam hal konten.

Dengan Pinterest, Anda dapat dengan mudah meninjau apa yang dilakukan pesaing Anda — dan perusahaan di industri Anda yang lebih mapan daripada Anda —. Ini akan memungkinkan Anda menemukan taktik mana yang mereka gunakan di platform dan melihat apa yang berhasil untuk anggota audiens mereka. Anda juga dapat melihat konten yang dipin audiens Anda serta dengan siapa mereka mengikuti dan berinteraksi.

Alat Pemasaran Pinterest

Ada sejumlah alat yang dapat Anda gunakan untuk membantu Anda menjangkau audiens target dan melibatkan pengguna di Pinterest. Ada tiga jenis sumber daya utama untuk membantu Anda mencapai hal ini — alat manajemen akun, alat desain dan pembuatan gambar, serta alat jumlah pengikut dan pertumbuhan komunitas.

1. Alat Manajemen Media Sosial

Alat manajemen media sosial membantu Anda menjadwalkan posting dan mengatur konten Anda di jejaring sosial apa pun, termasuk Pinterest, sebelum benar-benar mempostingnya.

Dengan cara ini, Anda dapat memastikan semuanya dibagikan dan didorong keluar sesuai rencana. Alat manajemen media sosial sering kali memiliki kemampuan analitik juga, yang dapat Anda gunakan bersama-sama dengan Pinterest Analytics.

Beberapa media sosial populer dan alat manajemen Pinterest meliputi:

  • Hootsuite memberi Anda kemampuan untuk menjadwalkan pin Anda terlebih dahulu, mendapatkan wawasan tentang data dan analitik Anda, dan mengukur hasil Anda di Pinterest.
  • Tailwind memberi Anda analitik tentang profil Pinterest Anda, sistem pelaporan data untuk membantu Anda menentukan apa yang berhasil dengan anggota audiens Anda, dan saran tentang hari dan waktu terbaik untuk membagikan pin Anda.
  • Sprout Social memungkinkan Anda memanfaatkan berbagai fitur untuk membantu Anda menjangkau audiens target dan persona pembeli melalui Pinterest. Ini termasuk analisis platform, alat keterlibatan, kemampuan pasca-penjadwalan, dan detail tentang jenis konten yang diinginkan audiens Anda.

Pinterest juga telah meluncurkan alat penjadwalannya sendiri, yang memungkinkan pengguna Bisnis untuk menjadwalkan sebelumnya konten mereka di dalam platform.

2. Alat Desain dan Pembuatan Gambar Pinterest

Alat desain dan pembuatan gambar Pinterest memungkinkan Anda merancang, mengedit, membuat, dan menerbitkan foto dan gambar yang terlihat profesional untuk platform (bersama dengan situs media sosial lainnya dan situs web Anda).

Mengingat Pinterest adalah jaringan sosial visual tempat pengguna menemukan gambar dan video yang menarik, indah, dan kreatif, penting agar konten Anda terlihat sempurna sehingga Anda dapat menarik lebih banyak pengikut dan keterlibatan di profil Anda.

Tiga alat berikut sangat bagus untuk siapa saja yang tidak harus memiliki latar belakang di bidang seperti desain grafis atau seni tetapi masih ingin berbagi konten yang unik dan halus di profil mereka.

  • Canva memungkinkan Anda membuat gambar profesional untuk Pinterest dengan lebih dari 1 juta gambar, grafik, template, dan ikon yang tersedia untuk dipilih.
  • Pablo memberi Anda cara untuk membuat gambar yang indah untuk Pinterest dalam waktu kurang dari 30 detik dengan efek dan template yang mudah digunakan.
  • PicMonkey memberi Anda kemampuan untuk membuat dan mengedit gambar dan memiliki alat pengeditan gambar canggih seperti masking, mirroring, dan eksposur ganda.
  • AdobeExpress menawarkan alat dan template intuitif, dan efek berkualitas Photoshop untuk membuat gambar yang dirancang secara ahli untuk pengguna dari semua tingkat keahlian.

3. Alat Penghitung Pengikut dan Pertumbuhan Komunitas

Jumlah pengikut dan alat pertumbuhan komunitas di Pinterest tersedia untuk membantu Anda mempromosikan profil dan konten Anda serta meningkatkan jumlah pengikut dan keterlibatan Anda. Tiga alat berikut dibuat untuk membantu Anda mencapai ini secara khusus di Pinterest.

  • PINGROUPIE memberi Anda jumlah Pin, pengguna, dan pengikut di papan grup yang berbeda di platform sehingga Anda dapat menentukan apakah Anda ingin bergabung dan menyematkan konten Anda di sana atau tidak.
  • Loop88 membantu Anda membuat konten yang dapat dibagikan yang menurut mereka ideal untuk Pinterest untuk membantu Anda menarik audiens target dan menumbuhkan pengikut Anda.

Mulai Pemasaran Di Pinterest

Pinterest adalah alat pemasaran yang kuat dengan kemampuan untuk membantu Anda secara organik meningkatkan kesadaran merek, meningkatkan konversi, meningkatkan penjualan, dan menciptakan hubungan jangka panjang dengan audiens target dan persona pembeli Anda.

Anda dapat mencapai semua hal ini untuk bisnis Anda dengan mengikuti strategi pemasaran Pinterest yang kami tinjau dan menggabungkan alat dan sumber daya yang tersedia untuk membantu Anda sukses sebagai bisnis di platform.

Baca Juga: Jasa Pembuatan Website Company Profile Gresik

Tinggalkan Balasan

WeCreativez WhatsApp Support
Our customer support team is here to answer your questions. Ask us anything!
👋 Hi, how can I help?