Jangan Sepelekan! Ini 5 Cara Sukses Social Media Management

Jangan Disepelekan! Ini Arti Penting Dan Cara Sukses Social Media Management! Pada dasarnya, pengelolaan akun sosial media tentu merupakan hal yang sangat berkaitan erat dengan media social marketing. Namun sangat disayangkan tidak banyak dari pemilik bisnis yang menyadari betapa pentingnya mengelola akun sosial media untuk menarik perhatian pelanggan.

Oleh karena itu, di samping melakukan berbagai strategi pemasaran melalui media sosial, setiap pelaku bisnis juga sudah seharusnya melakukan pengelolaan pada akun sosial media bisnis yang dimilikinya. Hal itu karena kedua hal tersebut memiliki pengaruh masing-masing yang pada akhirnya sangat memberi dampak pada keberhasilan promosi penjualan produk yang dilakukan.

Arti Penting Social Media Management

Social Media Management
Social Media Management imade credit techngn.com

Tidak jarang pelaku bisnis menganggap bahwa melakukan trik-trik media social marketing sudah cukup padahal nyatanya hal itu tidak akan berhasil tanpa adanya pengelolaan akun sosial media yang baik. Jika tidak percaya, simak sejumlah arti penting pengelolaan sosial media atau yang juga dikenal dengan istilah social media management berikut ini.

Media Untuk Memperkenalkan Produk Secara Lebih Luas

Tentu sudah disadari bahwa semakin berjalannya waktu pengguna sosial media sudah semakin banyak. Maka, pelaku usaha yang melakukan promosi melalui sosial media sama saja berarti bahwa perusahaan tersebut sedang memperkenalkan produknya secara lebih luas ke banyak orang. Oleh karena itu, penting untuk mengelola sosial media karena itulah yang nantinya akan menjadi media pertama bagi pelanggan untuk mengenal suatu produk.

Mengenal Audience Dengan Lebih Baik dalam social media management

Dengan melakukan Social media management, maka pelaku bisnis bisa mengetahui dengan jelas dan mudah orang-orang yang mengikuti atau tertarik dengan produk yang ditawarkan. Mulai dari gender, usia, domisili, hingga pekerjaan yang dimiliki. Hal itu tentu saja bisa menjadi bahan di database awal perusahaan. Pada akhirnya, berkat hal itulah pelaku usaha bisa menyesuaikan produk yang ditawarkan dengan hasil data audience yang ditemukan.

Social Media Management Dapat Memudahkan Melakukan Kontrol

Pada dasarnya, orang-orang bisa berkomentar dengan bebas melalui sosial media. Untuk memastikan agar reputasi brand tetap dinilai baik, maka mengelola sosial media adalah solusinya. Hal itu karena dengan pengelolaan sosial media, maka pelaku usaha bisa melakukan monitor komentar yang dibagikan orang lain pada akun sosial media bisnis yang dimiliki sehingga reputasi perusahaan akan tetap terjaga dengan baik.

Meningkatkan Penjualan

Social media management akan membantu tercapainya strategi dalam social media marketing. Misalnya saja dalam mengunggah konten yang menarik, tentu hal itu tidak cukup berhasil jika tidak didukung dengan adanya pengelolaan akun sosial media. Pada akhirnya, jika kedua hal itu sudah dilakukan, maka secara perlahan tingkat penjualan tentu akan mengalami peningkatan.

Cara Sukses Mengelola Sosial Media

Social media manajemen
SMM Tool Social Media

Sama seperti pemasaran melalui media sosial, maka pengelolaan akun sosial media pun ada ilmunya tersendiri. Jika tidak dipahami dengan baik, maka kemungkinan besar tujuan yang diharapkan tidak dapat tercapai secara maksimal. Oleh karena itu, bagi pelaku usaha yang memang belum begitu memiliki pengetahuan tentang hal itu, maka simak cara pengelolaan sosial media berikut ini.

1. Postinglah Konten Yang Relevan Dengan Produk

Pada dasarnya, akun sosial media bisnis dan pribadi tentu berbeda sehingga tidak boleh digunakan secara sembarangan dalam mengunggah konten. Apalagi tujuan dari sosial media bisnis adalah untuk menarik perhatian orang untuk membeli suatu produk. Oleh karena itu, dalam social media management sebisa mungkin hindari konten negatif yang dapat memicu kontroversi.

Sebaiknya postinglah konten yang relevan dengan produk yang ditawarkan. Konten tersebut pun jangan melulu hanya berupa promosi saja, tetapi sesekali sajikan informasi yang bermanfaat yang sekiranya masih memiliki kaitan dengan produk. Misalnya, jika menjual produk kesehatan, maka unggahlah konten-konten yang berisi tentang tips kesehatan.

2. Buatlah Tampilan Visual Semenarik Mungkin

Membuat konten saja nyatanya tidak cukup tanpa adanya dukungan berupa tampilan visual yang menarik. Hal itu didasarkan pada sejumlah penelitian yang menyatakan bahwa konten yang berisi gambar dengan penjelasan singkat dapat lebih menggugah dan menarik minat dibandingkan penjelasan yang panjang. Oleh karena itu, dalam social media management, konten perlu disajikan dalam bentuk visual yang unik dan menarik.

Selain memiliki tampilan dengan unsur visual yang menarik, maka perlu diperhatikan pula bahwa tambahan caption yang digunakan tidak terlalu bertele-tele. Terkait hal ini, pelaku usaha memang perlu berkreasi agar konten yang diunggah juga bisa bervariasi dan akhirnya tidak terkesan membosankan.

3. Jangan Melakukan Spam

Konsisten mengunggah konten tentu merupakan hal yang sangat baik dalam social media management, tetapi itu bukan berarti pelaku bisnis harus terus memposting dalam jangka waktu yang terlalu sering. Sebab, hal itu justru akan dikhawatirkan menganggu pengikut sosial media. Pada akhirnya, bukan keberhasilan yang diperoleh melainkan banyak orang yang justru akan meninggalkan akun sosial media tersebut.

Oleh karena itu, sebaiknya postinglah konten maksimal tiga hingga empat kali saja sehari dalam jadwal yang tetap. Pastikan pula pilih waktu posting yang memungkinkan banyak orang aktif pada saat itu, misalnya pada jam makan siang dan pada malam hari setelah jam kantor selesai.

4. Gunakan Username Yang Tepat Dan Manfaatkan Penggunaan Hastag

Meskipun terlihat remeh, tetapi penggunaan hastag dan username nyatanya memiliki pengaruh yang cukup penting dalam social media management. Tanpa disadari, username juga kadang menjadi faktor orang lain akhirnya memilih mengikuti atau mengabaikan akun sosial media. Oleh karena itu, hindari nama yang terkesan alay dan sebaiknya gunakan nama yang mencerminkan nama bisnis atau produk yang dijual.

Sebab, hal itu dapat membuat akun sosial media terlihat lebih profesional. Adapun mengenai hastag, maka penggunaannya sangat penting untuk memudahkan orang menemukan suatu postingan. Meski demikian, gunakan hastag yang sesuai dengan isi postingan dan hindari menggunakan hastag pancingan karena hal itu justru menimbulkan kesan menipu dan tidak profesional.

5. Gunakan Jasa Social Media Tools

Meski memiliki akun sosial media yang banyak juga tidak begitu baik dalam social media management, tetapi idealnya brand perlu memiliki setidaknya dua hingga tiga akun untuk kegiatan pemasaran. Permasalahannya adalah untuk mengelola semua akun tersebut tentu tidak mudah, maka sebagai solusinya pelaku usaha bisa memanfaatkan berbagai social media tools baik yang gratis maupun yang berbayar jika ingin hasilnya lebih optimal.

Selain itu, pelaku usaha juga bisa menggunakan jasa staf khusus untuk menangani pengelolaan media sosial atau yang biasa dikenal dengan istilah social media manager. Hal itu tentu sangat membantu terutama bagi pelaku usaha yang memang belum begitu paham mengenai pengelolaan sosial media. 

baca juga: Apa Itu Digital Marketing

Demikian informasi seputar arti penting dan cara sukses social media management. Dengan melakukan berbagai upaya termasuk pengelolaan akun sosial media, maka hal itu tentu akan membantu proses pemasaran produk yang pada akhirnya dapat berpengaruh terhadap tingkat penjualan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here