Apa itu Channel Marketing?

Apa itu Channel Marketing?
Apa itu Channel Marketing?

Apa Channel Marketing itu? Pertanyaan ini dalam beberapa tahun terakhir telah menjadi sering terdengar. Hal ini bisa terjadi karena saat ini dunia digital marketing sedang mengalami perkembangan yang sangat pesat.

Sebelum Membahas Channel marketing kita balik sejenak ke Apa Itu Digital Marketing?. Digital Marketing adalah cara pemasaran produk dan jasa dengan menggunakan teknologi khususnya melalui internet. Saat ini pemasaran menjadi sangat penting bagi setiap bisnis dan sebagai manajer pemasaran.

Anda harus dapat menganalisis setiap aspek dengan benar sebelum berinvestasi di Saluran Pemasaran Digital apa pun. Ada begitu banyak saluran yang tersedia, tetapi di sini kita akan membahas 5 Saluran Pemasaran Digital terbaik yang harus digunakan setiap bisnis untuk mendorong penjualan.

Bahkan ada berbagai cara yang bisa dilakukan agar kegiatan digital marketing tersebut berjalan dengan lancar. Penggunaan media sosial marketing mungkin menjadi salah satu cara yang sedang populer belakangan ini.

Terlebih lagi, jangkauan pasar yang luas akan memudahkan Anda untuk mendapatkan keuntungan. Anda bahkan dapat menggunakan influencer untuk membantu mempromosikan bisnis.

Mengapa Channel Marketing itu Penting?

Mengapa Channel Marketing itu Penting?
Mengapa Channel Marketing itu Penting?

Sangat penting untuk mengetahui bagaimana barang anda sampai ke pelanggan agar anda memiliki gambaran umum tentang barang anda dari awal dibuat hingga di jual. Alur ini mencakup setiap titik yang dilalui oleh sereal tersebut

Namun, ada cara lain yang bisa digunakan untuk meningkatkan promosi bisnis secara maksimal. Salah satunya melalui channel marketing. Model pemasaran seperti ini sudah tidak asing lagi bagi kebanyakan orang.

Hanya saja Anda mungkin baru pertama kali mendengarnya. Jenis pemasaran digital ini akan memberikan peluang untuk mendapatkan lebih banyak keuntungan. Terlebih lagi, bisnis Anda akan menyebar dari mulut ke mulut sehingga orang lain bisa lebih mudah mengenal Anda.

Apa itu Channel Marketing ?

Sebagian besar dari Anda pasti masih bertanya-tanya apa sebenarnya saluran pemasaran itu bukan? channel marketing atau pemasaran saluran itu sendiri adalah proses pendistribusian produk dan jasa dari awal hingga akhir.

Adapun proses terdiri dari sekelompok orang, aktivitas dan berbagai organisasi yang mengantarkan barang dari produsen ke pelanggan. Dimana kehadiran mitra saluran pemasaran akan membantu Anda menjual keunggulan suatu produk kepada pelanggan.

Mitra saluran pemasaran dapat berupa grup distributor, reseller, afiliasi, konsultan, agen hingga jenis perusahaan pihak ketiga lainnya. Mereka memiliki peran yang cukup penting dalam meningkatkan popularitas bisnis Anda.

Sedangkan kunci dari channel marketing adalah hubungan saling menguntungkan yang terjadi antara Anda dan mitra yang bersangkutan. Boleh dibilang, Anda memiliki bisnis terpisah tetapi menjual produk yang sama.

Ada banyak manfaat dari adanya saluran pemasaran seperti itu. Namun, manfaat utamanya adalah dapat menjangkau audiens yang sebelumnya tidak memiliki akses ke produk yang Anda miliki.

Pasangan Anda biasanya juga akan mendapatkan keuntungan yang berasal dari persentase penjualan produk atau diskon untuk melakukan pembelian dalam jumlah banyak. Ini adalah salah satu cara untuk mencapai tujuan bersama.

Jenis Mitra dalam Channel Marketing

Sudah tahu apa itu channel marketing? Seperti tampilan sebelumnya, channel marketing ini sendiri memiliki beberapa partner kerja di dalamnya. Yang akan membantu untuk meningkatkan bisnis yang Anda miliki. Apa saja jenis-jenis mitra? Lihat komentar di bawah ini.

Reseler

Adalah mitra yang akan membuat harga mereka sendiri dan akan mengelola akun mereka sendiri. Mereka akan mendapatkan keuntungan dari menggunakan produk Anda serta hasil dari penjualan produk tersebut ke jaringan pribadi.

Pengecer di sini dapat memberi label pada layanan Anda seperti menghapus merek Anda untuk dijual sebagai milik mereka. Kemudian akan mempromosikan bisnis mereka sendiri.

Afiliasi

Afiliasi selanjutnya adalah saluran pemasaran yang memungkinkan siapa saja untuk memberikan referensi melalui tautan ke situs web yang sudah disediakan oleh perusahaan.

Anda akan memberi mereka tautan atau tautan web khusus agar mereka dapat bervariasi melalui situs web, iklan, dan konten yang mereka miliki. Afiliasi itu sendiri akan mendapatkan komisi keuntungan berdasarkan berapa banyak tautan yang telah dikunjungi oleh audiens.

Konsultan

Jenis mitra pemasaran saluran lainnya adalah konsultan, di mana mereka akan bekerja secara langsung dengan pelanggan potensial bisnis Anda. Mereka akan membantu mereka bagaimana menggunakan layanan Anda dengan cara yang paling efektif.

Selain itu, mereka memiliki kontribusi terhadap kegiatan promosi bisnis Anda dengan menjadi sumber ahli yang dapat memberikan referensi kepada pelanggan, membuat konten tamu untuk mengadakan acara tertentu.

Untuk mengembangkan dan meningkatkan penjualan pada produk bisnis yang Anda miliki, perlu mempertimbangkan model saluran pemasaran. Sudah tahu apa itu channel marketing? Saatnya mencari partner kerja yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

7 Saluran Pemasaran Digital (Channel Marketing)

Apa itu Channel Marketing?
Apa itu Channel Marketing?

Di bawah ini adalah Saluran Pemasaran Digital yang perlu Anda ketahui dan terapkan pada bisnis Anda.

1. SEO (Optimasi Mesin Pencari) – Channel Marketing

SEO adalah cara mengoptimalkan situs web untuk mendapatkan peringkat terbaik dalam hasil pencarian oleh Mesin Pencari dan dapat meningkatkan reputasi bisnis sehingga mendorong penjualan.

Peringkat terbaik adalah jika website berada di halaman pertama Search Engine sehingga berpeluang lebih besar untuk diklik oleh orang yang mencarinya. SEO adalah cara terbaik untuk berinvestasi bagi pemilik bisnis karena umumnya tidak memerlukan biaya besar dan jika berhasil bisa menjadi investasi jangka panjang.

2. Email Marketing – Channel Marketing

Email Marketing adalah cara promosi digital dengan mengirimkan email ke banyak orang sehingga dapat menghemat biaya. Email marketing dapat digunakan untuk mengirimkan informasi tentang produk terbaru, menawarkan promosi atau diskon. Hal ini akan memberikan kesempatan bagi pelanggan untuk kembali ke website Anda.

3. Pemasaran Media Sosial

Social Media Marketing adalah salah satu cara pemasaran digital yang paling efektif untuk membantu Anda menciptakan hubungan yang baik antara bisnis Anda dan pelanggan Anda. Melalui media sosial maka Anda dapat mempromosikan brand dan konten Anda untuk meningkatkan brand awareness, mendapatkan traffic website dan menghasilkan leads.

4. Bayar Per Klik (PPC)

PPC adalah model periklanan di internet untuk mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda dengan membayar penerbit setiap kali iklan Anda diklik. Salah satu PPC yang paling populer adalah Google Adwords.

5. Mobile Marketing

Mobile Marketing adalah metode pemasaran kepada konsumen yang ditargetkan melalui perangkat mobile. Mobile Marketing tidak hanya memungkinkan orang untuk terhubung ke internet melalui ponsel mereka, tetapi juga memperkuat berbagai media komunikasi dalam saluran yang mudah dan efisien.

Media komunikasi yang digunakan adalah teks sederhana, mendorong konsumen untuk mengunjungi situs seluler atau memotivasi mereka untuk berpartisipasi dalam kampanye berbasis audiens.

6. Video Marketing (youtube, tiktok, Instagram dll)

Pemasaran konten video adalah cara pemasaran dengan menggunakan video sebagai kontennya. Tahukah Anda bahwa 80% orang di Amerika Serikat yang menggunakan internet sebenarnya menonton setidaknya satu video internet per bulan? Itu berarti 2 miliar tampilan video setiap hari.

Sebagai pemasar atau pemilik bisnis, Anda perlu memahami dan memasukkan ini ke dalam strategi Pemasaran Digital Anda. Untuk ini, Anda hanya perlu menetapkan tujuan dan membuat rencana yang perlu Anda kerjakan.

Semua saluran pemasaran yang disebutkan di atas membantu memenuhi tujuan ini, jadi, Anda dapat berinvestasi di dalamnya. Ini dapat membantu Anda mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda dengan cepat dan akurat.

7. Google Bisnisku

Google Bisnisku (Google My Business) adalah layanan dari google bebasis map yang akan menetukan lokasi bisnis anda di aplikasi google map. Dengan google bisnisku anda akan dengan cepat dan mudah mempromosikan produk. Dengan mempromosikan lokasi bisnis yang akurat di google map akan menambah trust kepada calon pelanggan bisnis anda.

Melalui dasbor Google Bisnisku, Anda dapat: Mengelola informasi terkini tentang bisnis Anda di Google. Bangun loyalitas pelanggan menggunakan Laman Google Bisnisku (google my Business).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here